Hobi Menggambar? Berikut 10 Tablet Terbaik untuk Mendukung Hobimu!

Hobi Menggambar? Berikut 10 Tablet Terbaik untuk Mendukung Hobimu!

Di era digital seperti sekarang ini, banyak bermunculan hobi dan profesi yang berhubungan dengan dunia maya, seperti desainer grafis dan ilustrator. Untuk menjalankan hobi dan profesinya, maka dibutuhkan drawing tablet yang baik. Jika kamu adalah termasuk orang yang hobi menggambar atau membutuhkan drawing tablet, maka artikel ini wajib kamu baca.

Graphic Tablet, Graphic Pad, atau Drawing Tablet Kini Dikenal di Kalangan Desain Grafis dan Ilustrator sebagai Pen Tablet

Dengan hadirnya gadget bernama tablet, tentu hidup jadi lebih ringan. Misalnya saja seorang desainer grafis yang membutuhkan gadget praktis untuk membantunya menggambar, maka drawing tablet hadir untuk mempermudah pekerjaannya. Tak hanya desainer grafis saja, llustrator pun pasti merasa sangat terbantu dengan adanya drawing tablet alias graphic tablet ini.

Dengan gadget tersebut kita akan lebih mudah menggambar dengan tangan maupun dengan pen tablet. Sebuah drawing tablet biasanya dilengkapi dengan digital pen untuk memudahkan menggambar. Digital pen tersebut akan mempermudah pekerjaan mengutak-atik gambar.

Nah, yuk ikuti tips dari BP-Guide untuk memilih pen tablet yang baik. Selanjutnya intip juga rekomendasi keren tentang tablet untuk menggambar dari kami.

Tips Memilih Pen Tablet

Spesifikasi

Bagi seorang desainer, pen tablet adalah benda yang sangat penting. Karena fungsinya bisa untuk meringankan pekerjaan, jadi dalam memilih pen tablet haruslah dengan benar dan teliti. Jangan asal saja karena salah memilih pen tablet berakibat ketidaknyamanan saat bekerja.

Hal yang paling penting untuk dipertimbangkan adalah spesifikasi dari pen tablet. Apakah pen tablet yang hendak kamu beli bisa memenuhi kebutuhanmu? Ini karena spesifikasi tiap pen tablet berbeda bergantung dari tipenya. Ada yang memakai aneka tombol yang dapat di setting sesuai kebutuhan, fitur touch, fitur wireless, dan banyak lagi yang lainnya.

Ukuran

Dalam memilih pen tablet, kamu juga wajib melihat dari segi ukurannya. Pen tablet untuk pemula dan juga untuk yang sudah profesional dalam bidang grafis pastinya berbeda spesifikasi.

Ukuran dari pen tablet beragam mulai dari A4 hingga A6. Dari ukuran tersebut pastinya akan mempengaruhi pergerakan kursor di monitor karena memang berfungsi sebagai pengganti mouse. Ukuran pen tablet juga wajib disesuaikan dengan ukuran monitor juga supaya seimbang dan mampu berfungsi dengan baik.

Merek dan Kualitas

Saat hendak membeli sebuah tablet, pasti pemikiran pertama kita adalah soal merek. Memang brand tertentu terkadang menjadi acuan kita untuk membeli suatu barang. Bisa karena nama baik brand tersebut, bisa juga karena memang kualitas dan harganya yang oke.

Mempertimbangkan merek dan kualitas dari produk yang akan kita beli adalah sebuah keharusan. Untuk pen tablet pun juga sama, pertimbangkan beberapa merek ternama. Ini karena merek yang sudah ternama pasti akan terus menjaga dan memperbaiki kualitas produk-produknya sehingga kamu tak perlu was-was lagi. Jangan ragu juga untuk membandingkan kualitas produk merek yang satu dengan yang lainnya. Ini supaya kamu bisa mendapatkan yang terbaik.

Kebutuhan

Kebutuhan seseorang akan pen tablet pasti berbeda. Maka kala membeli pen tablet sebaiknya kamu padankan dengan keperluan kamu dalam keseharian. Selain itu lihat juga bujet yang kamu miliki.

Pertimbangkan membeli pen tablet dari segi fungsinya. Pikirkan fitur apa saja yang kamu inginkan dari sebuah pen tablet. Hal tersebut akan membantu kamu memilih pen tablet yang tepat untuk kamu. Meski misalnya fitur yang kamu inginkan ternyata tidak hadir dari pen tablet bermerek terkenal, kamu tetap bisa menjadikannya pilihan utama karena bisa memenuhi kebutuhan kamu.

Bujet

Bicara soal pembelian pen tablet memang tak akan jauh dari bujet. Saat ini banyak vendor yang menawarkan pen tablet dengan berbagai penawaran harga menarik. Tentu kamu tak serta merta beli karena harganya yang miring saja. Kamu wajib pertimbangkan dari segi kualitasnya.

Jangan mudah tergiur dengan diskon karena belum tentu pen tablet yang didiskon memiliki kualitas oke. Pertimbangkan betul soal harga pen tablet yang kamu inginkan. Sesuaikan dengan bujet yang sudah kamu persiapkan. Jika kebutuhan kamu sudah mendesak namun bujet kamu belum mencukupi untuk membeli pen tablet yang kamu butuhkan, maka sebaiknya membeli pen tablet alternatif dulu sampai kamu bisa menabung dan membeli pen tablet yang kamu idamkan.

Rekomendasi Tablet untukmu yang Gemar Menggambar

Wacom CTL490

Sumber gambar Lazada

Wacom menjadi salah satu brand untuk drawing tablet yang ternama dan juga tepercaya. Keunggulan dari produk Wacom sudah banyak diakui karena kualitasnya memang luar biasa. Berbagai aplikasi seperti Adobe Photoshop hingga CorelDraw bisa dengan mudah dijalankan memakai produk dari brand ini.

Wacom CTL490 merupakan pen tablet yang tak membutuhkan baterai. Bisa digunakan para pemula yang ingin menjadi seniman digital. Tablet pen ini memiliki tingkat sensitif hingga 1024. Dengan ukuran kerja 152 x 95 mm, produk ini sudah lengkap dengan 4 Express Keys.

Apabila kamu membeli produk ini maka otomatis akan mendapatkan free softcase dan proskin antigores. Bisa dibeli di Lazada dengan harga Rp 1.049.000.

Genius EasyPen i405x

Sumber gambar Blibli

Genius Pen Tablet sangat dikenal user friendly sehingga nyaman dipakai. Memiliki fasilitas pressure yang besar sehingga cocok untuk kamu yang ingin mulai belajar menggunakan drawing tablet. Harganya terjangkau sehingga kamu tak perlu takut dana kamu kurang untuk membelinya.

Genius EasyPen i405X ini adalah graphic tablet untuk menggambar. Lengkap dengan pen klip desain, produk ini memiliki area kerja 4 x 5.5 inci, dengan resolusi 2560 LPI, produk ini memiliki 1024 pen pressure. Produk bisa dipakai untuk menggambar atau membuat tulisan secara efisien. Bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 635.000.

Huion H640P Digital Pen Tablet

Sumber gambar Blibli

Brand Huion tak mau kalah juga nih, mereka mengeluarkan pen tablet yang nyaman digunakan untuk para pemula. Ukurannya sangan minim sehingga tak akan memakan banyak ruang. Coba saja tengok Huion H640P Digital Pen Tablet berikut ini yang sudah kompatibel dengan komputer Windows dan Mac Book.

Pen tablet ini memiliki pressure sensitivity mencapai 8192 level loh. Produk ini support dengan aplikasi office sampai permainan seperti OSU. Dengan active area hingga 6,3 x 3,9 inch, produk ini memiliki 6 customizable press keys. Produk ini hadir dengan resolusi 5080 LPI sehingga lebih nyaman juga untuk dilihat. Mudah diaplikasikan untuk menggambar sehingga cocok bagi para pemula. Bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 799.000.

XP-Pen - G430

Sumber gambar Blibli

XP Pen Star G430 merupakan tablet pen yang bisa kamu pilih untuk menggambar desain. Cocok untuk pemula dan tangguh juga untuk mereka yang sudah profesional. Tablet pen ini sudah lengkap dengan stylus yang dirancang tidak memerlukan baterai.

Produk stylusnya nyaman di tangan dan sangat ringan sehingga menggambar jadi lebih mudah. Tablet ini memiliki 1 tombol untuk mengubah stylus ke mode menggambar sekaligus penghapus. Produk dibekali tingkat sensitivitas hingga 2048. Nyaman dibawa bepergian dan bisa dipakai bermain game dengan grafik yang baik. Tablet pen ini sudah kompatible dengan Windows dan Mac. Bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 778.700.

Gaomon S56K

Sumber gambar www.aliexpress.com

Gaomon S56K ini adalah tablet menggambar yang oke punya. Produk ini tabletnya berbahan karet tipis sehingga sangat fleksibel. Memiliki harga terjangkau, produk ini banyak dipilih para seniman digital pemula.

Hadir dalam dimensi tablet 205 x 207 mm, produk ini memiliki dimensi area kerja 160mm x 120mm. Memiliki desain flex dan ultra thin, dengan ketebalan area gambar 2mm. Nyaman dibawa kemana saja karena tinggal digulung. Bisa juga untuk bermain game karena lebih cepat dan lebih halus dibanding jika memakai mouse. Produk ini dibekali tingkat sensitivitas tekanan pena 2048 sehingga lebih mudah dikendalikan. Bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 495.000.

Xp-Pen XP N960

Sumber gambar Blibli

Xp-Pen XP N960 boleh juga kamu lirik sebagai andalan. Tablet ini bisa untuk para siswa dan juga untuk para professional. Produk juga nyaman untuk membuat tanda tangan digital pada dokumen dan email.

Produk ini dibanderol dengan harga yang lebih terjangkau. Produk sudah mendukung aplikasi Windows 7. Dapatkan pengalaman terbaik dari teknologi penulisan tulisan tangan dan menggambar dengan produk yang satu ini. Hadir dalam warna hitam, produk memiliki resolusi 5080 LPI. Produk memiliki tekanan hingga 2048 level sehingga nyaman dipakai. Produk ini bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 800.000.

Huion H610

Sumber gambar Lazada

Huion H610 sudah pasti banyak dilirik bagi mereka yang berkecimpung di dunia desain grafis. Produk ini memiliki ukuran lebih besar sehingga lebih leluasa saat dipakai. Dengan harga terjangkau, kualitas tablet ini juga sudah dilengkapi berbagai kemampuan istimewa.

Produk dengan ukuran 353 x 245 x 10 mm ini begitu ringan sehingga mudah dibawa kemana saja. Kompatibel untuk aneka sistem operasional komputer maupun aplikasi office dan nyaman untuk menggambar. Produk ini memiliki resolusi 4000 LPI dan memiliki pressure hingga 2048 yang nyaman untuk menggambar. Bisa digunakan untuk menyunting foto digital hingga melukis. Produk ini hadir lengkap dengan CD driver dan dudukan pena. Produk bisa dibeli di Lazada dengan harga Rp 677.000.

Lenovo Yoga Book

Sumber gambar Blibli

Lenovo Yoga Book Windows Notebook ini juga sangat pantang untuk dilewatkan. Produk yang satu ini memakai Intel Core Atom x5-Z8550 sehingga lebih nyaman dipakai sebagai drawing tablet. Dengan layar 10 inci, produk ini memiliki resolusi 1920 x 1080 piksel.

Produk ini memiliki memori 4 GB dengan memori internal 64 GB. Produk ini memakai Microsoft Windows 10 Home sebagai sistem operasinya. Lengkap dengan pulpen dan kanvas digital sehingga memungkinkan untuk digunakan sebagai media gambar. Bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 7.499.000.

XP-Pen Star 03PRO

Sumber gambar Lazada

XP Pen Star 03PRO Graphics Drawing Pen Drawing ini juga tak kalah menarik untuk digunakan. Dengan harganya yang terjangkau, kamu sudah bisa mendapatkan kualitas yang bahkan bisa digunakan oleh para profesional.

Hadir dengan dimensi 360 x 210 x 8mm produk ini beratnya 610 gram. Dengan tingkat sensitivitas 8192 sehingga lebih mudah dikontrol, produk ini memiliki resolusi 5080 LPI dan nyaman dipakai. Aman untuk anak dan juga untuk lingkungan. Bisa dimanfaatkan untuk menggambar anime dan lain sebagainya. Dijual di Lazada dengan harga Rp 725.000.

Gaomon M106K

Sumber gambar Tokopedia

Gaomon M106K ini adalah produk yang sempurna untuk kamu. Hadir dengan bahan plastik tapi tetap kokoh dan nyaman untuk dibawa kemana-mana. Produk ini mempunyai pen yang tahan hingga 350 jam pemakaian.

Ukuran produk tablet ini adalah 359.6 x 240 x 10.5mm dan memiliki resolusi 5080 LPI. Produk ini memiliki pen pressure 2048 levels dengan ekspress key sebanyak 12 dan function key sebanyak 16. Produk sudah lengkap dengan ArtPaint AP20 Pen dan juga Pen Tablet M106K. Ada USB Cable dan juga tip clip dalam paket ini. Bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 895.000.

From our editorial team

Tak Perlu Ragu Berinnvestasi untuk Hobimu

Apabila hobimu adalah menggambar atau mendesain sesuatu dan membutuhkan drawing tablet sebagai alat bantunya, maka kamu tak perlu ragu untuk membeli drawing tablet yang lebih mahal dan punya spesifikasi mumpuni. Hal ini tentunya dimaksudkan agar kamu bisa berkreasi lebih baik. Asalkan kamu tetap konsisten dengan hobimu dan terus mengasah kemampuanmu, maka anggaplah uang yang kamu keluarkan tersebut jadi investasi untuk masa depanmu.