Main Game Sepuasnya dengan 10 Rekomendasi Tablet Gaming Terbaik 2018

Main Game Sepuasnya dengan 10 Rekomendasi Tablet Gaming Terbaik 2018

Seperti halnya smartphone, perangkat tablet yang awalnya hanya sebatas alat komunikasi kini mulai dibuat khusus untuk penggemar game. Dengan teknologi yang kian berkembang, tablet pun bahkan telah mampu untuk digunakan bermain game berspesifikasi tinggi sekalipun. Bagi penggemar game yang lebih suka layar lebar tablet ketimbang smartphone, rekomendasi tablet gaming berikut dijamin bikin kamu betah main berjam-jam.

Main Game Lebih Seru dengan Tablet Gaming yang Mumpuni

Di era modern ini, game telah menjadi hiburan yang digemari berbagai kalangan. Dari yang muda hingga tua, semuanya bermain demi melepas penat. Game online dan offline pun kini tak melulu menyasar konsol atau PC saja.

Perkembangan zaman yang pesat memunculkan teknologi canggih dan mumpuni. Hal tersebut membuat banyak produsen menciptakan perangkat tablet untuk berbagai keperluan, termasuk untuk "gaming". Hadirnya tablet khusus gaming juga tak lepas dari animo masyarakat terhadap permainan online yang menjamur saat ini.

Dengan layar yang lebih luas dari smartphone, perangkat tablet bisa membuat kita lebih nyaman dalam bermain game. Bentuknya yang kompatibel pun sangat menunjang fungsi mobilitas yang kian diperlukan penggunanya. Tentunya kita jadi tak perlu repot jika ingin bermain game di mana saja.

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Memilih Tablet Gaming

Memori RAM dan ROM

Dalam memilih tablet khusus gaming, ada beberapa poin yang perlu kamu catat. Hal pertama yang harus dipastikan ialah apakah perangkat kamu punya memori yang cukup.

Memori RAM (Random Access Memory) yang makin tinggi akan menunjang performa dalam menjalankan game berat. Hal tersebut juga berlaku padaROM (Read Only Memory) internal yang berguna untuk memuat data. Jika keduanya berkapasitas kecil, game yang dimainkan pun bisa-bisa jadi lemot nantinya.

Prosesor dan Grafis Hardware

Hal selanjutnya yang perlu kamu cermati saat memilih tablet adalah prosesornya. Ingatlah bahwa prosesor adalah "otak" dari perangkat itu sendiri. Makin andal prosesor yang disematkan, makin ringan tablet tersebut menjalankan aplikasi.

Selain itu, simak juga grafis hardware yang ditawarkan tablet tersebut. Grafis hardware yang canggih tentunya akan mendukung tampilan gambar yang maksimal. Produk seperti Adreno 205 dan Nvidia GeForce merupakan beberapa contoh unit grafis terbaik.

Resolusi Layar

Tablet gaming banyak dipilih gamer karena memiliki resolusi gambar yang besar. Faktor tersebut pastinya sangat membantu dalam mempersembahkan visual game yang terlihat jernih dan detail. Bahkan, respons yang didapat pun juga akan lebih cepat kala layar disentuh. Selain itu, resolusi yang tepat juga tak akan membuat mata cepat lelah.

Kapasitas Baterai

Sedang asyik main game tiba-tiba tabletnya mati? Hal tersebut pasti sangat menyebalkan. Jika tak ingin itu terjadi, usahakan memilih tablet yang memiliki daya baterai tinggi. Jika kapasitas baterainya besar, bermain game pun bisa lebih lama dan memuaskan. Selain itu, kamu jadi tak perlu bolak-balik untuk mengecas tablet. Tablet gaming yang bagus setidaknya berkapasitas 4000 hingga 5000 mAh.

10 Rekomendasi Tablet Gaming yang Oke untuk Dimainkan Setiap Saat

iPad Pro 10.5

Sumber gambar www.apple.com

Apple iPad Pro 10.5 merupakan produk yang dirilis pada Juni 2017. Hadir dengan layar 10,5 inci, tablet ini memiliki resolusi 1668 x 2224 piksel. Tak ketinggalan chipset Apple A10X Fusion yang semakin melengkapi kinerja tablet dengan RAM 4 GB ini.

Memori internalnya sendiri tersedia mulai dari 64 GB, 256 GB, hingga 512 GB. Soal memotret, ada kamera belakang 12 MP dengan autofocus dan dual tone flash. Sementara bagian depan disematkan kamera beresolusi 7 MP.

Dengan teknologi Multi-Touch, tablet ini dapat mendukung apa pun kegiatanmu. Selain itu, adanya fitur Advanced Retina Display mampu memberi kualitas layar yang cerah meski di luar ruangan sekalipun, sehingga pengalaman bermainmu akan menjadi lebih seru. Dapatkan segera unitnya di jd.id dengan harga Rp 9.699.000.

iPad Pro 12.9

Sumber gambar www.apple.com

Apple juga merilis versi iPad 12,9 inci bersamaan dengan produk sebelumnya. Dengan resolusi 2732 x 2048 piksel, tak lupa Apple menanamkan chipset A10X Fusion ke dalam produk berkapasitas RAM 4 GB tersebut. Memori internalnya pun bervariasi, mulai dari 64 hingga 512GB.

Tablet ini memiliki kamera depan beresolusi 7 MP dengan fitur pendeteksi wajah, HDR, serta panorama. Sedangkan kamera belakang beresolusi 12 MP memuat teknologi autofocus, dual tone flash, dan phase detection. Memakai baterai Non-removable Li-ion, tablet ini dapat bertahan hingga 10 jam. Selain itu, ada juga sensor sidik jari sehingga privasi datamu bisa lebih terjaga. Kamu bisa membelinya di situs Bhinneka dengan banderol Rp 15.109.000.

Samsung Galaxy Tab S3

Sumber gambar www.samsung.com

Samsung Galaxy Tab S3 merupakan tablet gaming keren yang dirilis pada April 2017. Mengusung layar Super Amoled seluas 9,7 inci, tablet ini memiliki resolusi 1536 x 2048 piksel. Produsen negeri gingeng tersebut juga memasangkan chipset Qualcomm MSM8996 Snapdragon 820 dan CPU Quad-core pada produk ini.

Kinerja tablet disokong RAM 4 GB dan memori internal 32 GB yang bisa ditambahkan eksternal hingga 256 GB. Tablet ini nyaman dibawa kemana saja karena desainnya yang tipis dengan berat hanya 429 gram. Kapasitas dayanya mencapai 6.000 mAh sehingga tangguh untuk dipakai bermain.

Dari segi kamera, tablet ini dibekali resolusi 13 MP pada bagian belakang dan 5 MP di depan serta disematkan fitur autofocus hingga LED Flash. Kamu bisa mendapatkannya di Tokopedia dengan harga Rp 8.990.000.

Xiaomi Mi Pad 3

Sumber gambar www.91mobiles.com

Mi Pad 3 cocok bagi para pencinta game karena performanya yang unggul. Hadir dengan layar 7,9 inci, gawai besutan Xiaomi ini memiliki resolusi 1536 x 2048 piksel dan memakai chipset Mediatek MT8176 serta CPU Hexa-core.

Selain RAM 4 GB, kinerja tablet ditunjang memori internal sebesar 64 GB. Terdapat pula kamera depan 5 MP dan kamera belakang 13 MP. Dayanya sendiri cukup besar karena dibekali baterai Non-removable Li-Po sebesar 6600 mAh. Produk ini dijual di Tokopedia dengan harga Rp 3.975.000.

Google Pixel C

Sumber gambar www.amazon.com

Dirilis pada Desember 2015, Pixel C memiliki lebar layar 10,2 inci dengan resolusi 2560 x 1800 piksel. Tablet keluaran Google ini sangat sesuai untuk game apa pun karena telah dilengkapi chipset Nvidia Tegra X1 dan CPU Quad-core serta grafis berkualitas dari Nvidia Maxwell.

Perangkat ini memiliki memori internal sebesar 64 GB dengan RAM 3 GB. Selain itu, terdapat kamera beresolusi 2 MP dan 8 MP di bagian depan dan belakang. Baterainya sendiri ialah Non-removable Li-Po berkapasitas 9240 mAh. Segera beli produk menarik ini di jd.id dengan harga Rp 11.999.000.

Nvidia Shield K1

Sumber gambar www.nvidia.com

Shield K1 sendiri memang ditujukan sebagai tablet gaming. Rilis pada November 2015, produk Nvidia ini menggunakan layar IPS (In-Plane Switching) LCD 8 inci dengan resolusi 1920 x 1200 piksel. Perangkat ini juga dipasangi chipset Nvidia Tegra K1 dan CPU Quad-core 2.2 GHz Cortex-A15.

Tablet ini dibekali RAM 2 GB dan ROM 16 GB yang bisa ditambahkan memori eksternal hingga 256 GB. Kamu juga bakalan betah bermain berkat kapasitas baterai Non-removable Li-Ion 5200 mAh. Kameranya sendiri beresolusi 5 MP pada bagian depan dan belakang. Kamu bisa membeli produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 4.500.000.

Asus ZenPad 3S 10

Sumber gambar www.bestbuy.com

ASUS ZenPad 3S 10 juga bisa jadi pilihan tepat untuk tablet gaming kamu. Memiliki layar 9,7 inci, tablet ini hadir dengan resolusi 2048 x 1536 piksel dan chipset Six-core Mediatek MT8176 serta sistem operasi Android 6.0 Marshmallow yang bisa ditingkatkan ke 7.0 Nougat.

Performanya didukung RAM 4 GB dengan opsi memori internal 32 GB dan 64 GB. Dari segi daya, tablet ini dibekali baterai Non-removable 5.900 mAh yang bisa dipakai bermain game berjam-jam lamanya. Desainnya yang ramping hanya 6,75 mm dengan berat 490 gram sehingga nyaman digenggam dan bisa dibawa ke mana saja. Kamera utama dan depan memiliki resolusi sebesar 8 MP dan 5 MP. Dapatkan produk ini di Amazon dengan harga USD 276.90 atau sekitar Rp 4.203.272.

Lenovo Yoga Tab 3 Pro

Sumber gambar www.lenovo.com

Lenovo Yoga Tab 3 Pro punya sejumlah keunggulan yang lain dari tablet umumnya. Berkat rangka kaki dengan lubang di tengahnya, perangkat ini dapat digantung atau pun berdiri tegak tanpa bantuan alat lainnya. Ditambah adanya fitur proyektor yang memungkinkan kamu menonton di layar atau dinding kamar.

Selain layar 10,1 inci beresolusi 1600 x 2560 piksel, tablet ini juga ditunjang Intel Atom x5-Z8500 dan prosesor Quad-core 1.4 GHz. Soal kapasitas memori, seri Yoga yang satu ini memiliki RAM sebesar 2 GB dan mampu menyimpan data hingga 32 GB tanpa memori eksternal. Gawai ini juga dilengkapi kamera depan 5 MP dan kamera belakang 13 MP.

Kapasitas baterainya pun sangat memuaskan, yakni sebesar 10200 mAh. Unit dengan sistem operasi Android Lollipop ini bisa kamu peroleh dengan harga Rp 7.500.000 di Tokopedia.

Huawei MediaPad M3 8.4

Sumber gambar www.amazon.co.uk

MediaPad M3 merupakan tablet yang dirilis pada Oktober 2016. Selain mengusung layar IPS LCD seluas 8,4 inci dengan resolusi layar 1600 x 2560 piksel, Huawei juga menanamkan chipset HiSilicon Kirin 950 dengan CPU Octa-core di dalamnya. Grafisnya sendiri didukung Mali-T880 MP4 sehingga kualitas gambar bisa lebih jernih.

Tak lupa tablet ini dipersenjatai RAM 4 GB dan pilihan memori internal 32 GB dan 64 GB. Kamu juga bisa menambahkan memori eksternal hingga 256 GB. Kamera depan dan belakangnya beresolusi 8 MP dengan tambahan fitur autofokus. Dari segi daya, MediaPad M3 menyimpan baterai Non-removable berkapasitas 5100 mAh. Produk ini tersedia di Tokopedia dengan harga Rp 5.999.999.

Acer Predator 8

Sumber gambar androidcommunity.com

Acer mencoba mengusung tablet gaming lewat Predator 8 yang diluncurkan pada November 2015. Hal tersebut langsung terlihat pada desainnya yang sangar dengan penempatan speaker di keempat sisi tablet. Gawai ini memiliki layar IPS LCD 8 inci dengan resolusi 1920 x 1200 piksel. Selain itu, perangChipset produk ini memakai Intel Atom x7-Z8700 dengan CPU Quad-core 1.6 GHz.

Untuk memorinya, ada RAM 2GB dengan dukungan memori internal 32 hingga 64GB yang bisa dipilih. Kameranya ada bagian depan dengan resolusi 2 MP dan bagian belakang 5 MP. Daya baterainya ada baterai non removable dengan kapasitas 4420mAh. Dapat dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 4.999.000.

From our editorial team

Pilih Tablet Berspesifikasi Tinggi bagi Pencinta Game

Kamu perlu cermat dalam memilih tablet yang dapat memainkan game berspesifikasi tinggi. Pasalnya, tidak semua tablet gaming menyebutkan kata “khusus gaming” di detail produknya. Meski hal tersebut bisa jadi acuanmu, hal utama yang perlu diperhatikan adalah seberapa mumpuninya peranti yang disematkan ke dalam tablet tersebut. Pilihlah produk yang punya kapasitas memori dan daya yang besar serta didukung oleh chipset dan CPU yang bersahabat untuk game berat sekalipun.

Tag