Maksimalkan Performa Laptop dengan 10+ Speaker Laptop Terbaru dan Terbaik di Kelasnya! (2018)

Maksimalkan Performa Laptop dengan 10+ Speaker Laptop Terbaru dan Terbaik di Kelasnya! (2018)

Sumber gambar pcmag.com

Bagi kamu yang sehari-hari menghabiskan banyak waktu di depan laptop, tentu mendambakan piranti penunjang yang bisa memaksimalkan performa. Terlebih bila profesimu membutuhkan speaker yang bisa meningkatkan performa kerja. Berikut rekomendasi 10 speaker untuk laptop di tahun 2018.

Speaker adalah Perangkat Keras yang Penting Untuk Laptop

Sumber gambar bhphotovideo.com

Speaker pada laptop atau komputer memiliki fungsi untuk mengeluarkan hasil proses CPU berupa suara atau audio ketika kamu memutar musik, menonton video atau memainkan permainan. Speaker pada laptop tidak bisa dianggap sepele mengingat kualitasnya akan memengaruhi segala proses yang melibatkan audio seperti merekam. Piranti ini tidak bisa dipisahkan dari laptop dan penentuan kualitas suara terbaik bergantung padanya.

Kualitas Musik atau Video Dipengaruhi oleh Speaker, Pilihlah yang Berkualitas

Sumber gambar cultofmac.com

Meski sebagian dari kita cukup puas dengan default alias pengeras suara bawaan dari laptop namun tidak ada salahnya jika melirik speaker tambahan untuk meningkatkan performa audio. Ini disebabkan, speaker bawaan terkadang tidak mampu memenuhi keinginan atau kebutuhan pemilik laptop yang mendambakan kualitas suara apik dan lebih baik. Apalagi jika pekerjaan kita berkaitan dengan penggunaan laptop dan speaker seperti pembuatan musik atau video. Tentunya akan lebih puas jika menggunakan pengeras suara berkualitas tinggi yang mampu menghasilkan suara jernih.

Tips Memilih Speaker untuk Laptop yang Tepat

Sumber gambar blogem.ruffalonl.com

Saat ini banyak speaker untuk laptop yang dijual di pasaran. Kamu pun mungkin bingung bagaimana memilih speaker yang tepat untuk laptop kesayangan. Simak tips berikut.

Sesuaikan dengan Kebutuhan

Sumber gambar peoplepeople.se

Perlu diingat bahwa spesifikasi antara speaker yang satu dan yang lain berbeda seperti daya magnet yang terdapat pada subwoofer, misalnya. Oleh sebab itu, kamu harus cermat memilih pengeras suara yang sesuai dengan kebutuhan kamu. Bila kamu memiliki mobilitas tinggi, kamu bisa memilih speaker yang menggunakan power atau USB. Tentunya, berbeda dengan pekerjaan yang mengharuskan kamu merekam suara atau video, kamu memerlukan speaker yang lebih bagus agar bisa menghasilkan suara tajam juga jernih.

Cobalah Speaker yang Berpelindung Magnet

Sumber gambar shop.fender.com

Ukuran magnet tidak bisa diremehkan. Benda yang berada di bagian belakang speaker ini bisa menghasilkan suara yang keras dan lebih awet tergantung ukuran. Untuk memilih pengeras suara yang baik, pilihlah speaker yang memiliki pelindung magnet. Jika tidak terdapat pelindungnya, dikhawatirkan akan mengganggu kinerja laptop. Kamu bisa memperoleh informasi soal ini dengan membaca informasi di majalah atau situs tertentu.

Perhatikan Ketajaman Suara

Sumber gambar dolphin-media.co.uk

Jangan lupa untuk mengetes speaker sebelum kamu bawa pulang. Cermati ketajaman suara yang dihasilkan oleh pengeras suara dan dengarkan apakah suara yang dihasilkan terdengar jernih atau malah pecah. Kamu juga bisa mengecek dengan menjajal beberapa tingkat suara dengan mengecilkan atau membesarkan volume suara. Bila tidak yakin, ajak seseorang yang sudah paham dengan kualitas speaker supaya memudahkan kamu dalam memilih pengeras suara ini.

Pilihlah Bentuk Speaker Sesuai Selera

Sumber gambar freshome.com

Walau kualitas adalah yang terpenting, memerhatikan bentuk speaker pun tidak ada salahnya. Selain bisa membuat tampilan ruangan terlihat lebih keren, memilih speaker dengan bentuk tertentu juga bisa memperlihatkan karaktermu. Apalagi speaker untuk laptop, kemungkinan bisa kamu bawa bepergian. Desain dan ukuran yang lebih mudah dibawa tentu lebih baik. Saat ini kamu bebas memilih karena ada banyak ragam desain speaker laptop mulai dari bentuk bulat, kotak, besar atau kecil yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Harga

Hal yang paling krusial adalah harga. Tentu kamu menginginkan pengeras suara yang apik dan sebisa mungkin sesuai dengan dana yang kamu miliki. Perlu diingat bahwa terkadang piranti yang bagus tidak dibanderol dengan harga murah. Kamu harus cermat memerhatikan spesifikasi, fitur, ketahanan, dan performa speaker saat melihat harga yang ditawarkan. Selain itu, perhatikan juga kecocokan speaker dengan laptop. Kamu bisa mulai dengan riset perbandingan harga jika membeli secara daring atau juga menanyakan informasi kepada teman yang mungkin tahu soal harga serta kualitas speaker untuk laptop.

10 Speaker yang Terbaik dan Terbaru untuk Laptop

Sumber gambar av2day.com

Jika kamu berencana untuk membeli speaker laptop dalam waktu dekat, kami menghadirkan referensi pengeras suara yang bisa dipilih berikut ini.

Simbadda Speaker CST-2500 CST-2500N

Sumber gambar tokopedia.com

Speaker untuk laptop keluaran Simbada satu ini memiliki fitur USB-SD Card dansemakin canggih dengan aster volume, pengaturan bass, serta treble. Mendukung konektivitas menggunakan jack RCA, pengeras suara satu ini merespons frekuensi bunyi pada rentang 30Hz-20KHz dengan tingkat sensitivitas berada di angka 60Db. Terdiri dari dua buah satelit dan subwoofer dengan nilai RMS sebesar 45 Watt, speaker ini dibanderol dengan harga mulai dari Rp 550.000 hingga Rp 689.000 dan bisa diperoleh melalui Pricebook juga Tokopedia.

Altec Lansing VS2621

Sumber gambar blibli.com

Hadir dengan desain simpel, speaker Altec Lansing VS2621 ini cocok bagi kamu yang menginginkan pengeras suara untuk musik. Tidak memakan banyak tempat, speaker dari Altec ini didukung oleh bentuk satelit yang mengantarkan suara langsung ke telinga serta subwoofer menghadap samping yang bisa memberikan frekuensi rendah lebih terasa.

Cocok diletakkan di meja, kamu bisa mendengarkan alunan musik-musik lembut seperti musik klasik atau Jazz karena speaker satu ini mampu memberi kualitas suara yang jernih. Pesan sekarang melalui Blibli dengan harga Rp 650.000 atau lewat Bukalapak seharga Rp 640.000.

Simbadda CST-9800N

Sumber gambar blibli.com

Buat kamu yang banyak beraktivitas menggunakan laptop mulai dari mendengwr musik sampai menonton film, speaker Simbadda CST-9800N ini bisa memuaskan kebutuhan kamu. Suara bass yang dihasilkan cukup menggelegar dan memiliki multifungsi yang dapat digunakan tak hanya untuk laptop tapi juga sound system home theatre.

Pengeras suara ini memiliki ukuran driver satelit sebesar tiga inci dengan nilai impedensi sebesar 4 Ohm, merespons frekuensi pada rentang 100HZ hingga 20KHz. Driver subwoofer pada speaker ini berukuran 6,5 inci dengan nilai impedensi sebsar 4 Ohm dan memiliki respon frekuensi pada rentang 20Hz hingga 200Hz. Bisa dibeli melalui Blibli seharga Rp 850.000 dan Pricebook dengan harga Rp 750.000.

Polytron XL 2900 Mini Hifi

Sumber gambar blibli.com

Merek yang sudah dikenal di Indonesia ini menghadirkan speaker berdesain mewah dengan warna hitam yang keren, Polytron XL 2900 Mini Hifi. Kompo ini dilengkapi dengan single logic deck tape dan single disc front loading yang bisa memutar DVD, VCD, CD, MP3, MPEG4, JPEG juga dapat dikoneksikan dengan gadget melalui input USB Port. Tersedia pula RCA cable dan remote control yang memudahkan kamu mengendalikan fitur-fitur pada speaker ini.

Jika kamu menginginkan kualitas suara yang jernih dengan efek bass yang berdentum kencang, speaker ini boleh masuk daftar. Tersedia di Lazada dan Price book dengan harga sekitar Rp 1.440.000.

Sonicgear Quatro 2

Sumber gambar lazada.com.my

Pengeras suara satu ini pas bagi kamu yang tinggal di kamar kos yang tidak terlalu luas. Sonicgear Quatro hadir dengan desain minimalis dan bentuk yang tidak terlalu besar sehingga cocok diletakkan pada sudut mana pun. Lengkap dengan 4 built-in bass reflex panels yang bisa menghasilkan suara berkualitas kuat dan dalam, speaker ini pun dapat dihubungkan ke laptop atau PC melalui port USB yang tersedia.

Unik dengan lima pilihan warna yang bisa disesuaikan dengan selera konsumen, bodi dari pengeras suara ini cukup kokoh dan tampil dengan sentuhan brush alumunium finishing. Merespons frekuensi mulai dari 50Hz hingga 20KHz, speaker ini juga dilengkapi dengan powerbank jika kamu ingin membawanya bepergian. Praktis bukan? Dapatkan sekarang melalui Shopee dengan harga Rp 95.000 atau Lazada seharga Rp 109.000.

Advance Duo 200

Sumber gambar bukalapak.com

Tidak hanya memiliki desain cantik dengan warna mencolok yang keren, speaker Advance Duo 200 ini memiliki kualitas suara jernih dengan subwoofer ukuran 2.04 inci juga satelit sebesar tiga inci. Tersedia fungsi radio FM yang bisa menemani aktivitas kamu, pengeras suara satu ini mendukung pemutaran musik dengan berbagai media seperti MP3 Player, flashdisk dan memory external SD. Bisa dihubungkan dengan laptop sampai televisi, speaker ini dilengkapi kabel AUX serta plug sebesar 3,5 milimeter. Kamu bisa memperolehnya di Pricebook dengan harga Rp 105.000 atau melalui Lazada dengan harga Rp 250.000.

Sonicgear Morro 2

Sumber gambar lazada.com.my

Masih dari Sonicgear yang kali ini mengusung speaker dengan subwoofer mampu menghadirkan suara sempurna, Sonicgear Morro 2. Tampil dengan desain grille ramping, pengeras suara satu ini dilengkapi dengan wood finishing superior yang bergungsi sebagai penutup subwoofer. Sonicgear Morro 2 juga didukung dengan USB port 5V dan berfungsi sebagai tempat mengisi ulang baterai.

Tak cuma tampilannya yang trendi, perangkat ini juga dipercanggih dengan dua buah satelit beserta driver berukuran 2,25 inci yang bernilai impdenesi sebesar 4 Ohm. Respons frekuensi pada satelit berada di rentang 170Hz hingga 20 KHz. Kamu bisa memesan di Pricebook dengan harga Rp 225.000 atau melalui Tokopedia seharga Rp 230.000.

Logitech Z213

Sumber gambar pcworld.co.uk

Salah satu pengeras suara dengan harga yang ramah di kantong adalah Logitech Z213 ini. Tak hanya bisa digunakan pada komputer kamu, pengeras suara ini juga bisa dihubungkan dengan ponsel pintar berbasis Android sebagai speaker eksternal. Memiliki satu buah subwoofer dengan kapasitas 4W, menjadikan kamu mudah mengontrol volume serta bass yang diinginkan. Tidak menyita banyak ruang juga cocok bagi kamu yang suka memainkan permainan di laptop, speaker ini tentu bisa menambah keseruan. Pesan sekarang melalui Lazada seharga Rp 399.000 dan Walmart dengan harga USD 33.09 atau sekitar Rp 472.000.

Sonicgear Titan 5

Sumber gambar leapfroglobal.com

Sonicgear sepertinya memang ingin memuaskan konsumen dengan menghadirkan speaker berkualitas yang diusung berbagai macam spesifikasi juga fitur. Hadir kembali, speaker satu ini dilengkapi dengan dua buah tweer dan satu buah subwoofer. Terdapat driver yang disematkan pada tweer berukuran tiga inci dan berukuran lima inci di subwoofer sehingga mampu menghasilkan suara bening juga bersih.

Tegangan listrik dari Sonicgear Titan 5 ini pun tidak terlalu besar yang mendukung kamu untuk hemat listrik. Merespons frekuensi pada 180Hz hingga 320 Khz, pengeras suara ini didesain elegan dengan dominasi warna hitam yang bergaya. Kamu bisa mendapatkan speaker ini melalui Lazada seharga Rp 309.000 dan Tokopedia dengan harga Rp 290.000.

Logitech Z313

Sumber gambar logitech.com

Buat kamu yang gemar mendengarkan instrument akustik, speaker ini adalah jawaban yang pas. Memiliki daya puncak dari 50 Watt hingga 25 Watt RMS, speaker Logitech Z313 ini menghadirkan kualitas bass yang lebih baik lewat subwoofer ringkas. Bisa dihubungkan ke tiap perangkat melalui input 3,5 milimeter, pengeras suara ini juga mudah disetel. Desainnya yang trendi dan dinamis juga bisa menambah keindahan gaya di ruangan kamu. Speaker ini dibanderol mulai dari Rp 539.000 di Lazada hingga Rp 559.000 di situs Logitech.

From our editorial team

Perhatikan Bentuk Speaker, Sesuaikan dengan Ruangan

Tidak sekadar meningkatkan performa laptop, desain speaker yang apik pun bisa menambah gaya pada interior ruangan. Agar tidak terasa menyesakkan, sebaiknya kamu memilih speaker yang sesuai dengan ukuran kamar atau ruangan. Jika akan diletakkan di atas meja, pastikan speaker yang kamu pilih memiliki bobot tidak terlalu berat. Untuk membuat ruang terasa lebih luas, kamu bisa memilih speaker dengan warna netral seperti putih atau bila ingin menyemarakkan kamar, kamu bisa memilih warna-warna ceria.