Mendengarkan Musik di Dalam Mobil Makin Asyik dengan Rekomendasi Speaker Mobil Terbaik 2018

Mendengarkan Musik di Dalam Mobil Makin Asyik dengan Rekomendasi Speaker Mobil Terbaik 2018

Mengendarai mobil akan lebih menyenangkan jika ditemani dengan lagu-lagu favorit. Akan lebih menyenangkan lagi jika alat-alat pendukungnya, seperti speaker, adalah yang terbaik di kelasnya.

Mendengarkan Musik dalam Mobil Dapat Menghilangkan Kejenuhan Saat Berkendara

Banyak hal yang dapat menimbulkan kejenuhan, mulai dari kemacetan yang seolah tak berujung hingga kurangnya fitur hiburan dalam mobil. Untuk menghindari kejenuhan dalam mobil, Anda dapat menghadirkan berbagai produk audio yang dapat memutar lagu-lagu sesuai genre yang Anda sukai.

Salah satu contoh produk audio yang akan dibahas pada artikel BP-Guide ini adalah speaker mobil. Di mana berbagai rekomendasi speaker mobil terbaik dalam artikel ini telah didukung dengan fitur-fitur canggih. Dapat menghilangkan rasa bosan saat Anda berada di dalam mobil.

Tips Mendengarkan Musik dengan Kualitas Terbaik di Mobil

Sebelum masuk lebih jauh pada pembahasan rekomendasi, artikel ini akan terlebih dahulu membahas mengenai tips untuk mendengarkan musik berkualitas terbaik lewat speaker mobil sebagai salah satu sistem audio mobil.

Secara umum, budget dan mahal-murahnya speaker mobil dapat Anda masukkan sebagai pertimbangan speaker mobil mana yang Anda pilih untuk kualitas suara terbaik. Mencakup biaya upgrade oleh tenaga ahli yang mungkin muncul. Selain itu, pastikan juga perangkat audio tersebut terinstal dengan benar. Karena instalasi yang benar juga memengaruhi suara yang timbul dari speaker mobil.

Headunit Diganti dengan Versi Digital

Headunit mobil sendiri adalah sistem stereo yang digunakan untuk memperdengarkan suara-suara di dalam mobil. Secara umum, headunit atau yang biasa disingkat dengan HU terdiri atas kontrol suara untuk menyesuaikan treble dan bass pada akustik mobil dengan berbagai filter-filter eksklusifnya. Termasuk mengatur power untuk men-drive beberapa unit speaker standar, dan output preamp, yakni kanal penghubung yang menghubungkan HU dengan amplifier eksternal untuk daya speaker dan subwoofer.

Bentuk headunit yang mendukung berbagai rekomendasi speaker mobil terbaik pada artikel ini adalah HU Digital. Mengingat teknologi canggih yang diusungnya mampu menghasilkan kualitas suara yang ramah di telinga. Selain itu, mutunya yang terkenal high-end dan desain yang rata-rata elegan juga membuat kendaraan yang menggunakan HU Digital terkesan lebih premium dibandingkan HU biasa atau standar, seperti tape CD mobile player.

Tambahkan Power Amplifier

Salah satu kesalahpahaman yang sering terjadi saat hendak menambahkan power amplifier pada sistem audio mobil adalah semakin banyak watt yang dibutuhkan maka semakin bagus kualitas suara yang dihasilkan. Padahal, ada standar frekuensi suara yang ideal untuk sebuah power amplifier, yakni 20 Hz hingga 50 Hz untuk amplifier dengan fitur subsonic atau 50 Hz hingga 150 Hz untuk amplifier dengan low-pass filter.

Pemilihan jenis amplifier seperti amplifier 4-channel, monoblock, atau 5-channel juga berdampak pada efisiensi penggunaannya bersama speaker dan subwoofer. Di mana ini juga menjadi salah satu yang perlu Anda pertimbangkan untuk menambah power amplifier.

Di atas segalanya, Anda juga perlu memastikan power amplifier yang ada merupakan power amplifier dengan kualitas yang sudah teruji dari merek yang terpercaya. Sehingga dapat menghasilkan kualitas musik yang optimal, enak didengar di telinga, dan sempurna untuk menghapus kejenuhan Anda saat berkendara.

Ganti Speaker Standar Mobil dan Tambahkan Subwoofer

Kini, saatnya Anda mengganti speaker standar asal pabrikan mobil dengan speaker lain semacam speaker coaxial atau speaker split yang dapat memaksimalkan output suara yang dikeluarkan. Dalam memilih speaker coaxial atau speaker split, Anda perlu mempertimbangkan apakah komponen 3-way atau 2-way yang hendak Anda gunakan. Disesuaikan dengan suara yang ingin Anda dengarkan.

Selain itu, pertimbangan merek-merek terpercaya seperti Bose, Harman Kadon, Hertz, Boston Original, atau sejenisnya juga penting supaya speaker-speaker ini dapat menghasilkan suara yang jernih. Agar bass-nya lebih mantap, Anda juga dapat menambahkan subwoofer double-coil berpapan mdf ukuran 18 mm dan memiliki slot lubang yang membuat suara bass menjadi lebih empuk dan lembut didengar.

Merek Speaker Mobil Terbaik yang Bisa Dijadikan Pilihan

Dari poin-poin uraian tips sebelumnya, paling tidak kini Anda telah mengetahui pentingnya memiliki speaker mobil untuk menambah kenyamanan berkendara di tengah-tengah kemacetan atau kepanasan yang melanda. Di tengah maraknya penjualan speaker mobil untuk mengakomodasi sistem stereo mobil, tetap saja ada beberapa yang termasuk terbaik.

Beberapa merek dan produk speaker mobil terbaik tersebut dapat Anda lihat pada uraian-uraian selanjutnya di artikel BP-Guide ini.

Harman Speaker

Sumber gambar www.amazon.com

Harman speaker yang dibuat oleh Harman Kordon merupakan salah satu speaker mobil berkualitas tinggi yang kompatibel dengan tablet Asus. Suara bass-nya booming benget. Dapat dilihat pada teknologi kerucut JBL Plus One yang memiliki satu woofer untuk mengeluarkan suara bass.

Selain itu, teknologi 3-way yang terdapat pada produk speaker Harman JBL GTO638 6.5-Inch 3-Way Speakers Pair ini mampu menghasilkan suara yang jernih. Hal ini juga yang membuat produk speaker mobil dengan kekuatan 180 Watt yang dapat diperoleh di Lazada seharga Rp 1.334.000 ini mampu menghadirkan pengalaman mendengarkan lagu yang indah.

Audio Bose

Sumber gambar www.bukalapak.com

Audio Bose yang bekerja sama dengan Chevrolet dan Maseratti merupakan salah satu merek produsen speaker mobil terbaik yang pernah ada. Sebelumnya, perusahaan Bose yang dipimpin oleh Dr. Amar G Bose ini juga bekerja sama dengan Mercedes, Audi, BMW, dan Acura. Menjadikannya sebagai salah satu speaker high-end bagi penggila audio mobil kelas atas.

Salah satu contoh produk jagoan Bose untuk menciptakan nada suara yang harmonis adalah Audio Bose AB-608 BL Speaker Mobil. Sebuah speaker coaxial dengan magnet besar, bahan-bahan berkualitas tinggi, dan woofer 160 mm yang dapat menciptakan suara bass yang mendalam.

Sensitivitas produknya yang mencapai 90 dB membuat produk Audio Bose AB-608 BL Speaker Mobil yang dapat diperoleh di Lazada atau Bukalapak seharga Rp 185.000 ini makin powerful dalam menghasilkan suara yang optimal.

Alpine

Sumber gambar www.lazada.co.id

Merek Alpine dengan HU yang cocok dipasangkan dengan mobil Jepang membuatnya menjadi salah satu alternatif speaker mobil terbaik yang dapat Anda pertimbangkan. Dengan subwoofer dan power amplifier yang dimilikinya, speaker mobil keluaran Alpine cocok bagi Anda dengan budget kecil. Tidak akan terlalu menguras dompet Anda.

Sebagaimana merek-merek lain yang memiliki produk unggulan, produk jagoan dari Alpine adalah Speaker Oval Alpine SPJ-691C3 dengan teknologi 3-way dan IMPP kerucut-nya yang mampu menghasilkan nada rendah, sedang, maupun tinggi dengan harmonis. Produk speaker mobil berukuran universal ini dapat Anda peroleh di Lazada, Bukalapak, atau Shopee seharga Rp. 600.000.

MTX Guntur

Sumber gambar www.crutchfield.com

Magnet berat yang menjadi ciri khas audio mobil MTX Guntur. Ditambah subwoofer berteknologi Spider Plateau Venting dan Assymetrical Linear Drive System membuat merek MTX Guntur dipercaya sebagai produsen speaker mobil terbaik untuk menghasilkan suara yang jernih, lantang, namun tidak merusak telinga. Beberapa produk keluaran MTX Guntur, seperti MTX Audio TN12, memiliki subwoofer yang tidak akan merusak bank suara, namun juga tahan lama berkat impendance kejernihan sebesar 4 Ohm yang dimilikinya.

Hal ini membuat produk speaker mobil dengan rentang frekuensi 24 Hz hingga 160 Hz ini direkomendasi untuk Anda yang termasuk audiophiles atau pecinta musik. Satu lagi, power speaker dari MTX Guntur yang mencapai dari 200 hingga 400 Watt ini juga turut membuat speaker yang dapat diperoleh di Audiomobilshop seharga Rp 748.000 ini menjadi salah satu yang terkuat untuk dipasangkan di dalam mobil.

Kicker

Sumber gambar www.amazon.com

Sejak awal perkenalannya pada 1980, Kicker telah menjadi salah satu merek audio dengan desain dan performa yang unik. Desain persegi L7-nya yang inovatif menjadi pionir untuk speaker-speaker mobil lainnya. Selain itu fitur-fitur uniknya seperti sisi lowrange-nya yang dapat meninggikan suara secara alami lewat amplifier juga membuat performa speaker mobil Kicker lebih impresif.

Salah satu produk jagoan Kicker adalah Kicker 43DSC3504 3,5 Inci 30W 2-Way Speakers DSC35. Speaker coaxial ini dilengkapi dengan kombinasi lapisan busa dan induksi UV yang dapat membuatnya tahan lama sekalipun terekspos sinar matahari.

Tambahan, produk Kicker 43DSC3504 3,5 Inci 30W 2-Way Speakers DSC35 yang dapat diperoleh di Lazada seharga Rp 1.024.000 ini juga memiliki upgrade coaxial drop-in, yang membuatnya fleksibel pada hampir semua pintu kendaraan. Sehingga pemasangan maupun perbaikannya tidak akan sulit.

JL Audio

Sumber gambar www.crutchfield.com

Anda yang memiliki mobil Audi dapat melirik merek speaker JL Audio yang memang kompatibel dengan mobil Audi. Suara jernih dengan dukungan bass-nya yang diperoleh dari subwoofer membuat speaker JL Audio juga cocok untuk menghadirkan suasana ala konser musik pada mobil Anda.

Anda dapat mempertimbangkan JL W Audio Subwoofer WX sebagai salah satu produk speaker mobil terbaik untuk menghasilkan suara bagus, jernih, dan nyaring di dalam mobil. JL W Audio Subwoofer WX dapat diperoleh di Lazada dan Jlaudio seharga Rp 1.019.999 dengan garansi 1 tahun dari service center lokal yang terotorisasi.

Pioneer

Sumber gambar uae.souq.com

Reputasinya sebagai penghasil audio di dunia otomotif membuat merek Pioneer yang berasal dari Jepang terpercaya untuk produk speaker mobil. Sejak tahun 1938, kualitas produk speaker mobil yang perusahaannya didirikan oleh Nozomu Matsumoto ini telah teruji dari sisi bass, treble, maupun amplifier-nya.
Kelas audionya termasuk Sound Quality SQ atau terbaik di kelasnya.

Di antara semua produk audio terbaik dari Pioneer, BP-Guide merekomendasikan satu set speaker coaxial bernama Pioneer TS-A1675S 300W yang termasuk seri A dari Pioneer. Produk Pioneer yang heat-resistant atau tahan panas ini juga memiliki desain kerucut Multilayer Mica Matrix yang efisien untuk mendengarkan nada suara dengan jernih pada tingkat volume berapapun. Anda tidak perlu ragu untuk memboyong produk Pioneer TS-A1675S 300W ini di Lazada seharga Rp 1.431.000.

Polk Audio

Sumber gambar www.crutchfield.com

Polk Audio merupakan merrk yang tidak perlu Anda ragukan dalam menyajikan produk speaker mobil berkualitas terbaik. Akrabnya merk Polk Audio di telinga para pecinta modifikasi kendaraan ini juga membuatnya cocok bagi Anda yang gemar memodifikasi kendaraan untuk tampilan yang lebih stylish namun fungsional.

Salah satu produknya, Polk Audio DB691 6-hingga-9 Inci, tergolong 3-way speakers yang memiliki bahan seimbang antara tweeter silk/polymer dome dan woofer mica cone untuk menghasilkan suara yang mulus dengan tingkat respons cepat pada volume berapapun. Selain itu, permukaan karet butil yang terdapat pada produk speaker yang dapat diperoleh di Lazada seharga Rp 3.472.873 ini dapat menangkap sinyal suara bass dengan baik.

Rockford Fosgate

Sumber gambar www.crutchfield.com

Rockford Fosgate punya moto "Dibentuk Oleh Fanatika Untuk Fanatika" ini menekankan pada kualitas dan kecepatan output suara speakernya yang sanggup menambah gairah pada orang-orang yang mendengarnya. Misalnya, produk speaker mobil Rockford Fosgate P1S4-10 Punch Series yang berstandar internasional dan memiliki woofer untuk bass yang dapat mentoleransi power hingga 500 Watt.

Selain woofer-nya yang dinobatkan sebagai "Woofer of Choice" sejak tahun 1980 hingga saat ini. Serat kevlar pendukung bass yang dilengkapi dengan teknologi VAST untuk menambah 25% area pengerucutan suara bass terdapat pada salah satu speaker mobil terbaik ini. Anda dapat memperolehnya di Bhinneka.com seharga Rp. 1.250.000 .

Sundown Audio

Sumber gambar www.pinterest.com

Sundown Audio merupakan salah satu merek speaker mobil terbaik dengan penampilan legendaris dan amplifier-nya dirancang sesuai dengan kebutuhan pelanggan. Konsep model 3D-nya yang detail dan bahan baku magnet berkualitas tinggi membuat merek ini menjadi salah satu pilihan yang recommended untuk speaker mobil terbaik.

Salah satu speaker terbaik dari Sundown Audio adalah TEAM Sundown 18" D0.5/0.7/1.4, dengan subwoofer terberat dan terbesar di kelasnya. Speaker TEAM Sundown 18" D0.5/0.7/1.4 yang dapat diperoleh di Down4soundshop seharga Rp 23.004.460 ini juga dilengkapi dengan bingkai custom-tooled yang mendukung subwoofer-nya dan teknologi penanganan jumlah termal yang sangat baik. Kedua teknologi ini tidak didapatkan pada speaker-speaker lain yang serupa.

From our editorial team

Sesuaikan dengan Headunit Maupun Perangkat Lainnya

Buat Anda yang berniat meng-upgrade perangkat audio mobil pastikan selalu mempunyai komponen yang sesuai satu sama lainnya. Jangan sampai perangkat yang dipasang justru membuat kualitas speaker yang dipakai tidak bisa menghasilkan suara yang sempurna.