10 Speaker Woofer Ini Mantap untuk Ruangan agar Kualitas Musik Makin Berkelas!

10 Speaker Woofer Ini Mantap untuk Ruangan agar Kualitas Musik Makin Berkelas!

Speaker woofer atau speaker dengan nada berfrekuensi rendah (sekitar 40 Hz-1 kHz) merupakan komponen yang wajib ada dalam sistem audio.

Speaker Woofer Adalah Komponen yang Sangat Penting dalam Sound System

Sumber gambar www.parts-express.com

Speaker woofer atau speaker dengan nada berfrekuensi rendah (sekitar 40 Hz-1 kHz) merupakan komponen yang wajib ada dalam sistem audio. Adapun audio Hi-Fi adalah jenis sound system yang paling membutuhkan speaker woofer, mengingat suara bass-nya yang khas dan penggunaannya yang lebih praktis. Kebutuhan speaker woofer yang integral pada sound system tersebut membuat BP-Guide perlu menyajikan saran-saran untuk memaksimalkan keempukan suara speaker woofer sekaligus berbagai jenis speaker ruangan ini yang recommended.

Cara Memaksimalkan Speaker Woofer supaya Empuk Didengar

Speaker yang ideal bukan hanya bersuara nyaring, tapi juga mantap sehingga hasil output suara yang dikeluarkan benar-benar maksimal. Sebagaimana bentuk-bentuk audio rumahan lainnya seperti car audio, kejelasan dan pitch yang dihasilkan speaker woofer merupakan dua di antara banyak tolok ukur yang harus kita pertimbangkan saat memilih speaker woofer yang cocok. Lebih dari sekadar kualitasnya, poin artikel BP-Guide kali ini akan memaparkan cara-cara memaksimalkan speaker woofer atau speaker rumahan yang kita miliki sehingga suaranya menjadi empuk dan enak didengar.

Lebih cocok digunakan di dalam ruangan

Sumber gambar www.ss-audio.com

Nada rendah yang menjadi ciri khas speaker woofer lebih optimal bila digunakan di dalam ruangan dibandingkan bila digunakan di luar ruangan. Suaranya yang empuk dan halus lebih cocok digunakan pada ruangan-ruangan yang mendukung sistem suara "3-way" untuk mendukung getaran dengan frekuensi di bawah 340 Hz seperti kebanyakan speaker woofer. Karena itulah, kita perlu menghindari pemasangan dan penggunaan speaker woofer di luar ruangan karena frekuensi rendahnya menjadi tidak responsif di luar ruangan. Akibatnya, nada rendahnya menjadi tidak sedap didengar.

Diameter speaker dan magnet mempengaruhi suara

Sumber gambar www.droidforums.net

Mengingat magnet speaker merupakan alat pengubah energi listrik yang menancap pada sound system dari speaker woofer, maka magnet menjadi sesuatu yang perlu dipermak sehingga speaker woofer mengeluarkan suara terbaiknya. Cara "mempermak" magnet ini adalah dengan memperbesar ukurannya. Selain magnet speaker, besarnya diameter speaker woofer juga perlu dipertimbangkan, yakni sekitar 8-10 inci untuk penggunaan dalam rumah. Ukuran diameter ini akan menghasilkan bunyi yang tidak berisik sehingga menjadi salah satu poin untuk cara memaksimalkan kekuatan speaker woofer pada artikel ini.

Merek sangat mempengaruhi

Sumber gambar 4.bp.blogspot.com

Bukan hanya desain unik dan menarik speaker saja yang perlu kita pertimbangkan, kita juga perlu memastikan merek produsen speaker tersebut, termasuk speaker woofer. Setiap produk memiliki spesialisasi tersendiri pada pembuatan speaker woofer. Tanda-tanda spesialisasi speaker woofer ini banyak. Contohnya adalah merek-merek yang memproduksi tiga buah speaker output kanal yang dapat menghasilkan frekuensi yang berbeda-beda pada jajaran speaker-nya. Selain itu, untuk memastikan merek tersebut merupakan merek terpercaya dalam menghasilkan speaker woofer beresonansi sempurna, kita dapat melihat pada bahan baku pembuat speaker-nya, seperti box berbahan bubuk kayu untuk speaker woofer atau speaker rumahan yang nge-bass.

10 Rekomendasi speaker woofer yang bisa dijadikan pilihan

Speaker tidak hanya menjadi "barang wajib punya" untuk para penggemar musik yang telinganya sensitif dengan suara. Saat ini, speaker dapat menjadi salah satu teknologi yang paling dibutuhkan oleh manusia untuk menunjang aktivitas mereka. Hal yang sama juga berlaku untuk speaker woofer pada artikel ini. Bagi kita yang penasaran dengan speaker woofer apa saja yang highly recommended, tidak ada salahnya membaca lebih lanjut pada poin-poin artikel BP-Guide berikut ini.

Boston Acoustics A 25

Sumber gambar www.bostonacoustics.com

Kita yang mengincar speaker woofer untuk tujuan menciptakan home theater dapat melirik produk Boston Acoustics A 25 yang tergolong speaker woofer berkualitas premium ini. Bukan hanya desainnya yang kompak, Boston Acoustics A 25 juga dilengkapi dengan penguat suara built-in di dalamnya dan cakram penguatan untuk menghasilkan suara yang jernih dan berkualitas tinggi. Bahan polimer atau serat keramik pada speaker rumahan seharga Rp 5.510.164 di Lazada ini juga turut menghasilkan nada bass yang lembut pada speaker woofer satu ini.

Soundcrest Portable Speaker 12" SC-2812AUS

Sumber gambar id-live-01.slatic.net

Desain portable yang terdapat pada produk speaker woofer bernama panjang Soundcrest Portable Speaker 12" SC-2812AUS ini membuatnya fleksibel untuk dipindah-pindah ke manapun kita pergi. Fasilitas radio yang terdapat pada speaker woofer berukuran 12 inci ini turut memberikan kemampuan untuk memainkan lagu-lagu lewat pemindahan data ke USB port maupun SD card. Speaker woofer yang berharga Rp 2.700.000 di Lazada ini juga memiliki microphone yang satu paket dengan harganya untuk membantu pengerasan suara sesuai yang kita inginkan.

Micca MB42

Sumber gambar cnet4.cbsistatic.com

Gaya tangguh, klasik, dan tekstur alamiah yang terdapat pada speaker rumahan woofer bernama Micca MB42 ini membuatnya cocok dipasangkan dalam setting indoor apapun, termasuk rumah orang-orang yang menginginkan pengalaman home theater. Kombinasi ukurannya yang tidak terlalu memakan tempat dan kualitas suara yang jernih pada speaker ini membuatnya cocok untuk melatarbelakangi musik suatu tempat dan menyajikan home theater dalam rumah. Harga Micca seri MB42 ini dibanderol pada Rp 998.379 di Ebay.

Boston Acoustics A 225C

Boston Acoustics A 225C merupakan speaker rumahan yang cocok untuk kita yang ingin menyajikan home theater dalam jangka waktu yang lama, mengingat ketahanan speaker berbahan polimer keramik dan kaca ini yang lama. Sensitivitasnya yang mencapai 89 dB membuat Boston Acoustics A 225C sanggup memainkan suara dalam film blu-ray, video games, atau musik favorit kita dengan leluasa. Bahan inovatif dan metode fabrikasi yang terdapat pada speaker woofer seharga Rp 2.500.000 di Audio Centre ini juga turut membuatnya menjadi salah satu speaker woofer recommendable pada artikel BP-Guide ini.

Lonpoo LP42

Sumber gambar ae01.alicdn.com

Suara jernih berfrekuensi 60 Hz-20 kHz pada speaker woofer Lonpoo LP42 menjadikan produk speaker rumahan ini sebagai salah satu speaker paling dinamis untuk penggunaan di dalam rumah. Sensitivitasnya yang mencapai 85 dB membuatnya mudah menghasilkan suara yang natural dan profesional. Selain itu, kayu hitam sebagai bahan utama pembentuk speaker woofer ini membuat speaker Lonpoo LP42 mampu menghasilkan nada bass yang siap menghibur pendengarnya. Harganya sendiri berada pada Rp 1.200.000 di Aliexpress.

Energy C50

Respons frekuensi datar pada 65 Hz hingga 20 kHz pada Energy C50 membuatnya dapat menghasilkan volume suara yang prima dan kualitas suara yang jernih sejernih kristal. Satu lagi kelebihan dari speaker rumahan seharga Rp 1.850.000 di Tokopedia ini adalah kemampuannya untuk dapat menempel pada dinding dengan bantuan Energy Macromount(TM) Bracket sebagai aksesoris pendukungnya. Bracket pada Energy C50 juga didukung dengan bemper karet untuk alas bagian bawahnya sehingga tidak akan menyusahkan bila hendak dipasang di rumah.

Energy C-200

Sumber gambar img.canuckaudiomart.com

Spesifikasi sistem Energy C-200 yang menitikberatkan pada bass reflex dan rear vented membuat salah satu speaker rumahan rekomendasi BP-Guide ini begitu cemerlang untuk menciptakan suara yang brilian. Speaker woofer komposit dengan bahan fiberglass dan bilik aluminium Hyperbolic(TM) ini juga memiliki kekuatan pada sensitivitas suaranya yang dapat mencapai 91 dB bila 2 speaker-nya digabung langsung dalam satu ruangan. Selain itu, speaker woofer dengan rentang frekuensi suara 48 Hz hingga 20 kHz ini melalui proses panjang dalam pembuatannya. Proses yang panjang membuat Energy C-200 memiliki teknologi suara yang menawan dan menjadikannya memiliki daya tarik tersendiri. Dengan membeli speaker yang berharga Rp 4.000.000 di Kaskus, Anda akan merasa nyaman dan aman karena suara yang dihasilkan sangat jernih sehingga menambah hiburan dalam rumah kita.

Micca MB42-C

Sumber gambar i.ytimg.com

Bila kita adalah penikmat film atau musik yang memiliki dekorasi rumah yang agak ribet, maka Micca MB42-C dengan keahliannya dalam menghasilkan suara jernih yang seimbang pada soundtrack film dan musik ini dapat menjadi pilihan kita. Kejernihan vokalnya yang sangat baik pada respons frekuensi 60 Hz-20 kHz dalam ruangan membuat pengalaman home theater dengan Micca MB42-C menjadi mirip dengan pengalaman dalam bioskop yang langsung dapat dinikmati dalam rumah. Desain klasiknya yang kompak dan teksturnya yang alami membuatnya cocok untuk dipasang di bagian ruangan dalam manapun, termasuk yang dekorasinya "beraneka ragam". Harganya sendiri adalah Rp 1.100.000 di Ebay.

Tascam VL-S5

TASCAM VL-S5 Powered Studio Monitor atau disingkat dengan Tascam VL-55 bukan hanya berguna sekadar menjadi speaker woofer untuk penggunaan rumahan. Alih-alih, statusnya sebagai "professional 2-way studio monitor" dan tenaga 5,25 Kevlar low woofer pada frekuensi rendah yang dimiliki Tascam VL-55 menjadikannya sebagai salah satu speaker woofer paling recommended untuk speaker yang tidak berisik di rumah. Speaker rumahan ini juga dilindungi dengan sirkuit pelindung RF interference, output, dan heat. Hal ini membuatnya makin aman saat hendak dioperasikan. Bila kita tertarik untuk membelinya, maka BP-Guide menyarankan untuk menyiapkan uang sebesar Rp 5.400.000 agar dapat membeli Tascam VL-55 ini di Bukalapak.

Dual Electronics SBX6502

Sumber gambar i.ebayimg.com

Selain Tascam VL-55, Dual Electronics SBX6502 yang berukuran 6,5 inci ini dapat menjadi alternatif two-way speaker yang dapat kita pertimbangkan. Fleksibilitas speaker bookshelf berdesain kompak dan ringan ini membuatnya mampu menghadirkan nuansa akustik yang khas saat kita memainkannya di dalam rumah. Kualitas suaranya yang jernih ini juga mampu mengakomodasi kebutuhan kita yang suka dengan hiburan musik nan menyenangkan dalam rumah. Speaker bisa dibeli dengan harga Rp 1.856.000 di Lazada

From our editorial team

Spewaker woover yang mantap bikin lagu makin greget!

Tidak bisa sembarangan untuk mendapatkan kualitas terbaik dari speaker woover kamu. Apalagi jika kamu memilih untuk digunakan dalam ruangan, tentu kualitasnya sangat terdengar jelas. Karena itu, semoga rekomendasi dari kami bisa jadi pilihan terbaikmu saat ini!