Rekomendasi 16 Merek Laptop yang Berkualitas untuk Kamu di 2018

Rekomendasi 16 Merek Laptop yang Berkualitas untuk Kamu di 2018

Saat ini keberadaan laptop adalah suatu benda yang wajib. Bukan hanya kaum pekerja, tapi anak sekolah juga sudah mulai membutuhkan laptop. Karena itu makin banyak produk laptop di pasaran. Lalu mana yang terbaik? Silakan simak sampai habis artikel satu ini.

Laptop yang Bagus adalah Laptop yang Baru

Syarat pertama agar laptop yang Anda beli adalah laptop yang bagus adalah beli laptop baru. Hindari membeli produk second, karena tentu akan ada minusnya. Bila Anda memiliki dana terbatas, tentunya Anda bisa mempertimbangkan untuk membeli laptop dengan spesifikasi menengah ke bawah. Tentu, harganya juga agak miring. Bahkan, Anda bisa mendapatkan laptop baru dari brand terpercaya dengan bujet di bawah lima juta rupiah.

Bila Anda ingin memiliki laptop yang canggih, tentunya Anda musti mempersiapkan dana yang lebih besar. Biasanya, laptop dengan spesifikasi tinggi, terutama untuk programmer, desain grafis dan gamer, harganya juga cukup tinggi. Laptop dengan spesifikasi yang cukup mumpuni biasanya dibanderol dengan harga di atas Rp 9.000.000.

Jadi, sebelum membeli pertimbangkan dulu kegunaan dari laptop tersebut, lalu bandingkan pula dengan budget yang Anda miliki. Bila Anda menginginkan laptop untuk mengerjakan tugas, mengetik dan pekerjaan ringan lainnya, dan bujet Anda juga terbatas, tentu laptop dengan spesifikasi menengah bisa Anda pertimbangkan.

Alasan untuk Menghindari Membeli Laptop Bekas

Rawan Pemalsuan Produk Karena Sudah Diotak-atik

Kenapa Anda harus menghindari laptop second? Pertama, laptop tersebut kemungkinan sudah diotak-atik atau diganti hardware-nya. Tentunya, laptop tersebut sudah jauh berbeda dengan kemampuannya ketika baru buka segel, bukan?

Tidak hanya itu, laptop bekas juga musti dihindari karena nantinya Anda malah berpotensi mendapatkan produk kurang berkualitas, rusak dan sebagainya. Namun, harganya cukup tinggi, karena laptop tersebut berasal dari brand ternama. Jadinya, bila ingin membeli laptop bekas, benar-benar teliti melihat semua sudut dari laptop tersebut, yah.

Tidak Tahan Lama

Alasan kedua, kenapa Anda harus menghindari membeli laptop second adalah produk tersebut tidak tahan lama. Apalagi bila dibandingkan dengan laptop yang baru. Tidak hanya itu, laptop bekas biasanya memiliki masalah pada baterai, juga hardware lainnya. Jadi, alih-alih ingin untung, malah buntung.

Laptop baru memiliki garansi dari penjualnya. Jadi, apabila rusak, maka bisa segera diperbaiki dengan garansi tersebut. Berbeda dengan laptop second yang tentunya tidak memiliki garansi resmi. Jadinya, apabila baru beli dua atau tiga bulan langsung mendadak rusak, Anda terpaksa harus mengeluarkan banyak uang lagi untuk memperbaikinya.

Kualitas yang Jauh di Bawah yang Asli

Kualitas laptop second tentunya berada di bawah laptop yang baru. Bahkan, jauh di bawah produk baru. Itulah kenapa Anda harus menghindari pembelian laptop second, kecuali memang sangat urgent.

Biasanya, keperluan mendesak akan laptop, namun dana pas-pasan membuat seseorang terpaksa membeli laptop second. Apabila Anda berada di kondisi seperti itu, maka Anda musti melakukan penelitian lebih dalam terhadap laptop yang akan Anda beli.

Pastikan bahwa laptop tersebut masih dalam kondisi bagus, meski sudah tidak 100 persen lagi. Agar lebih aman dari risiko, tentunya membeli laptop baru menjadi pertimbangan utama.

16 Pilihan Merek Laptop Terbagus dan Terbaik untuk Kamu

Apple

Sumber gambar www.apple.com

Rekomendasi pertama adalah Macbook, varian laptop dari Apple. Apple merupakan salah satu produsen barang elektronik ternama dunia yang mengutamakan kepuasan konsumennya. Namun, harganya memang sedikit lebih tinggi dibandingkan kompetitornya. Itu sebanding dengan spesifikasi yang ditawarkan oleh setiap produknya.

Salah satu yang direkomendasikan adalah Apple Macbook Air. Produk satu ini didesain dengan sangat ringan, namun jangan remehkan spesifikasinya. dengan tubuh yang mungil dan ringan, namun Macbook Air satu ini diperkuat dengan prosesor Intel Core i5 1,8 GHz yang didukung oleh RAM 8GB DDR3. Jadinya, kinerjanya sangat baik, meski multitasking.

Tidak hanya itu, dengan dukungan VGA Intel HD Graphics 6.000, maka layar 13,3 inci LED dari Macbook Air menghasilkan gambar yang sangat tajam dan jernih. Dapatkan produk ini di Bhinneka seharga Rp 14.099.000.

Dell

Sumber gambar ph.priceprice.com

Selanjutnya, ada brand Dell. Brand satu ini termasuk salah satu yang banyak memiliki peminat karena teknologi dan spesifikasinya yang mumpuni. Bahkan, selama beberapa tahun terakhir, beberapa produknya termasuk yang terlaris di pasaran.

Salah satunya adalah Dell Inspiron 14-7460. Produk satu ini didesain dengan sangat elegan, dan sangat tipis, jadi mudah dibawa ke mana saja. Tidak hanya itu, meski ringan, tapi laptop yang satu ini kuat dan tangguh loh. Bicara masalah prosesor, tentunya Intel Core i5-7200U yang disematkan didalamnya menjadikan laptop satu ini mampu bergerak dan bekerja dengan sangat baik. Apalagi dipadukan dengan RAM DDR4 4GB, tentunya akan sangat pas mendukung kinerja Anda, bukan?

Grafisnya sangat baik dan jernih, berkat dukungan dari NVidia GeForce 940MX 2GB. Jadinya, menonton video, film atau bermain game, akan sangat jelas kualitas gambar yang muncul di layar 14 inch-nya.

Ditambah lagi dengan Hardisk 500GB dan SSD 128GB, menjadikan Anda bisa menyimpan banyak lagu dan film untuk hiburan di kala penat. Harganya cukup terjangkau loh, Anda bisa mendapatkannya di Lazada harga Rp 12.299.000.

Asus

Sumber gambar www.asus.com

Untuk menunjang kerja mahasiswa, siswa atau pekerja kantoran yang padat dan perlu laptop dengan spesifikasi yang mumpuni, laptop Asus bisa dijadikan pilihan yang jitu. Salah satunya yang direkomendasikan untuk Anda adalah ASUS x555BP-BX901D.

Laptop satu ini memiliki layar seluas 15,6 inci yang menghadirkan gambar yang jernih dengan dukungan RAdeon R4+AMD Radeon R5 M420. Prosesor AMD Dual Core yang mampu bergerak dengan kecepatan 3,0GHz bekerja optimal dengan dukungan RAM 4GB DDR3.

Laptop satu ini juga memiliki hardisk yang besar mencapai 500GB untuk penyimpanan file Anda. Dapatkan laptop ASUS satu ini di Blibli seharga Rp 6.999.000.

Lenovo

Sumber gambar www.blibli.com

Brand laptop dengan spesifikasi mumpuni berikutnya adalah Lenovo. Dengan performa yang menawan, serta harga yang cukup bersahabat, Lenovo menjadi salah satu dari 4 brand laptop yang merajai Asia, loh.

Produk dari Lenovo yang bisa Anda pertimbangkan adalah Lenovo Z40-75 AMD A10. Laptop dengan layar sebesar 14 inci ini menghadirkan gambar dengan jernih, berkat VGA AMD R6 M255 2GB yang disematkan di dalamnya.

Sementara itu, dengan dipersenjatai prosesor AMD A10-7300 Quad, menjadikan laptop ini sangat tangguh, apalagi dikolaborasikan dengan RAM 4GB DDR3. Harganya cukup terjangkau, Anda bisa membelinya di Blibli seharga Rp 6.200.000.

MSI

Sumber gambar www.jd.id

Bagi gamer, maka nama brand MSI sudah tidak asing lagi, bukan? Yah, produk dari MSI selalu memanjakan para gamer dengan spesifikasi yang mumpuni. Sehingga, mampu mengangkat game yang berat sekalipun dengan lancar jaya. Salah satu yang bisa Anda pertimbangkan adalah MSI GL62M 7Rex-858.

Laptop satu ini adalah jenis laptop gaming dengan spesifikasi tangguh, untuk game berat. Prosesor Intel i7-7700HQ berpadu dengan RAM 8GB menjadikan game berat yang Anda mainkan bisa tetap bergerak tanpa takut hang. Laptop dengan OS Dos ini memiliki layar sebesar 15,6 inci yang didukung oleh graphics NVidia GeForce GTX1050 Ti 2GB yang menjadikan gambarnya begitu nyata, tajam dan jelas. Anda bisa membeli laptop satu ini di JD.id seharga Rp 14.199.000.

Hewlett Packard

Sumber gambar www.pcmag.com

Ingin laptop dengan desain yang menarik dan stylish? Nah, brand Hewlett Packard HP adalah jawabannya. Tapi, tidak hanya sekadar bentuk yang bagus saja, produk laptop dari HP juga menawarkan spesifikasi yang tangguh loh. Jadinya, pekerjaan Anda bisa diselesaikan dengan serba cepat.

Salah satunya adalah HP Pavilion x2. Ini merupakan jenis notebook hybrid detachable yang bisa Anda fungsikan sebagai tablet, sekaligus laptop. Desainnya menarik, elegan, juga tipis dan ringan menjadikan Anda mudah membawanya ke mana saja. Layarnya cukup kecil, yakni 10,1 inch, namun gambar yang dihasilkan sangat detail.

Dengan dukungan Intel Atom Quad Core Z3745D yang disematkan di dalamnya, serta RAM 2GB DDR3L menjadikan kinerjanya cukup apik. Harganya cukup terjangkau, yakni Rp 3.720.000. Anda bisa menemukannya di Bhinneka.

Microsoft

Sumber gambar www.jd.id

Ingin rekomendasi laptop hybrid lainnya? Anda bisa juga mempertimbangkan produk dari brand Microsoft. Salah satunya Microsoft Surface Pro 5. Tablet dan juga laptop satu ini bisa Anda gunakan untuk mengerjakan banyak task tanpa takut hang, karena diperkuat dengan prosesor Intel Core i5 dan dukungan RAM memory 4GB.

Layar seluas 12,3 inci juga menghasilkan visual yang sangat menarik, berkat dukungan dari Intel HD Graphics 620. Tentunya, karena merupakan produk dari Microsoft, akan sangat pas bila Anda padukan dengan software dari Microsoft juga, seperti Windows 10. Anda bisa membeli laptop dengan daya tahan hingga 13,5 jam satu ini di JD.id seharga Rp 13.999.000.

Acer

Sumber gambar www.pricebook.co.id

Awalnya, Acer menjadi salah satu laptop yang dipandang sebelah mata. Namun, setelah terus memperlihatkan kualitasnya, Acer justru menjadi brand yang terpercaya saat ini. Kelebihan lain dari Acer selain memiliki performa yang mumpuni adalah harganya yang cukup terjangkau.

Salah satu laptop Acer yang direkomendasikan untuk Anda adalah Acer Aspire E1-451G. Laptop satu ini bisa digunakan untuk bekerja, juga bisa untuk bermain game, termasuk mendukung Anda yang ingin desain grafis, dan sebagainya.

Hal itu dikarenakan prosesor AMD Quad Core A8 yang dikolaborasikan dengan RAM DDR3 4GB menjadikan kinerjanya begitu tangguh. Kualitas gambar di layar 14 inci-nya juga mumpuni, dengan dukungan dari Radeon HD 8000.

Ditambah lagi storage mencapai 500 GB menjadikan laptop satu ini sangat pas untuk menjadi pilihan Anda. Harganya sekitar Rp 5 jutaan loh, terjangkau kan? Anda bisa mendapatkannya di sejumlah toko online ternama, salah satunya di Pricebook.

Samsung

Sumber gambar www.gadgetsnow.com

Tidak ada yang bisa meragukan kualitas produk besutan Samsung. Vendor produk elektronik asal Korea lSelatan yang satu ini selalu mengeluarkan produk dengan kualitas yang mumpuni. Salah satunya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Samsung Series 3.

Laptop yang satu ini merupakan pilihan tepat untuk Anda yang menginginkan laptop yang langsing dan ringan, namun performa tangguh. Bayangkan saja, laptop dengan berat tidak sampai 2 kg ini memiliki prosesor Intel Core i3 3110M-2,4GHz dengan dukungan RAM 4GB DDR3.

Layar seluas 14 inci menghasilkan gambar yang HD dengan dukungan dari Intel HD 4000-729 MB. Ditambah dengan penyimpanan 500GB HDD menjadikan laptop satu ini bisa menjadi pilihan jitu bagi Anda. Dapatkan produk ini di Lazada seharga Rp 6.299.000.

Toshiba

Sumber gambar www.toshiba.com

Toshiba menjadi salah satu brand yang perlu diperhitungkan dalam mencari laptop. Produknya terkenal awet, tangguh, serta begitu berkesan. Tidak hanya itu, produk dari Toshiba juga memiliki daya tahan baterai yang mumpuni sehingga bisa dibawa ke mana saja, tanpa terus-terusan mencari colokan listrik.

Salah satu yang direkomendasikan untuk Anda adalah Toshiba Portege A30. Laptop yang satu ini diperkuat dengan prosesor Intel Core i5 dengan kecepatan clock mencapai 2,5 GHz, dan bisa ditingkatkan menjadi 3,1 GHz dengan turbo boost 2.0 yang disematkan di dalamnya. Dukungan DDR4 8GB menjadikan laptop ini mampu menjadikan game berat bisa berjalan dengan lancar.

Apalagi, kualitas gambar yang menarik di layar 13,3 inch HD yang ditopang dengan VGA Intel HD 620. Untuk ruang penyimpanan, ada 1 TB HDD loh. Dapatkan produk satu ini di Bhinneka seharga Rp 20.790.000.

Fujitsu

Sumber gambar www.lazada.com

Fujitsu menjadi brand asal negeri sakura berikutnya yang memiliki produk berkualitas. Salah satunya Fujitsu Lifebook S936-408. Ini merupakan notebook yang ringan serta fungsional dengan baterai yang bisa bertahan hingga 21 jam. Tidak hanya itu, layar 13 inci WQHD anti-glare menghadirkan gambar yang super jernih, dengan Intel HD Graphics 520 yang diintegrasikan di dalamnya.

Di sektor pacu jantung, disematkan Intel Core i7-6500U dengan clock speed 2,5GHz. Dukungan dari RAM maksimal hingga 12GB, dan 8GB DDR4 menjadikan kinerja notebook satu ini begitu tangguh. Anda bisa membelinya di Lazada seharga Rp 26.299.000.

Sony

Laptop dari Sony tentunya sudah tidak asing di telinga Anda, bukan? Kualitas yang tangguh, desain yang stylish serta performa yang menawan adalah ciri khas dari produk besutan Sony. Masih ingat laptop Sony Vaio yang begitu fenomenal dan ikonik?

Ada satu Sony Vaio yang bisa Anda jadikan pilihan, yakni Sony Vaio SVE14E Series. Produk satu ini merupakan notebook yang desainnya berkelas dan elegan. Prosesor Intel Core i5 dengan clock speed 2,60GHz yang bisa ditingkatkan menjadi 3,20GHz dengan turbo boost, yang berpadu dengan RAM 4GB DDR3 menjadikan notebook satu ini pas untuk kerja multitasking Anda, juga untuk gaming.

Gambar yang menawan di layar 14 inch XGA LED adalah berkat dukungan dari dua VGA yang tersemat di dalamnya, antara lain Intel HD 4000 dan AMD Radeon 7670. Dapatkan produk ini di Bukalapak seharga Rp 5.550.000.

Axioo

Sumber gambar deltaitshop.blogspot.com

Kurang lengkap rasanya kalau tidak membahas produk asal tanah air, Axioo. Produk buatan negeri sendiri ini adalah salah satu brand yang mampu bersaing dengan para kompetitornya asal luar negeri. Ditambah dengan harganya yang terjangkau, tentunya menjadikan produk dari Axioo bisa menjadi pilihan tepat untuk Anda.

Salah satunya Axioo TNN 825, notebook tangguh dengan harga yang cukup miring, hanya Rp 2.990.000. Meski harganya cukup murah, namun jangan ragukan kualitas dan performanya. Intel Celeron Quadcore yang disematkan didalamnya, didukung oleh RAM 2GB DDR3 SATA 500GB menjadikan kinerja notebook satu ini begitu tangguh. Ditambah lagi dengan layar 14 inci yang jernih dengan dukungan Intel HD grafis menawarkan gambar yang begitu tajam. Anda bisa membelinya di Lazada.

Huawei

Sumber gambar www.naijatechguide.com

Setelah awalnya dikenal dengan produk handphone, smartphone dan modem, tentunya Anda sudah siap dengan produk laptop dari Huawei, bukan? Salah satu laptop dari Huawei yang bisa Anda jadikan pilihan jitu adalah Huawei MateBook W19. Kelebihannya adalah produk ini merupakan laptop tablet yang bisa menjadi laptop, juga bisa menjadi tablet. Desainnya keren dan stylish pas untuk menunjang gaya Anda.

Performanya mumpuni, dengan Intel Core M processor dan dukungan Memory 4GB RAM. Selain kinerja yang tangguh, daya tampunya juga cukup besar dengan total SSD 128GB. Anda bisa membeli laptop 2in1satu ini di JD.id seharga Rp 10.999.000.

LG

Sumber gambar aldeals.com

LG sudah lama dikenal sebagai produsen barang elektronik. Salah satu yang bisa Anda jadikan pilihan dari LG adalah LG Gram 15Z960. Meski memiliki ukuran yang cukup lebar, dengan layar 15,6 inci, tapi tahu tidak berat dari laptop satu ini tidak sampai 1 kg, loh. Laptop satu ini juga sangat tipis, hanya 0,7 inch. Tapi, jangan ragukan kekuatannya. Karena terbuat dari magnesium Alloy, menjadikan laptop ini tangguh dan tahan lama.

Prosesor yang disematkan di dalamnya adalah Intel Core i7-6500U yang memiliki clock speed hingga 3,1GHz. Ditunjang dengan RAM 8GB DDR3L menjadikan kinerjanya sangat tangguh dan mumpuni. Gambarnya jernih dan tajam seperti produk LG pada umumnya. Anda bisa membeli produk ini seharga $1.649 atau setara dengan Rp 22 jutaan di Amazon.

Razer

Sumber gambar www.jd.id

Untuk para gamers, produk yang pas jadi pilihan adalah dari brand Razer. Brand satu ini memang sudah terkenal dan terpercaya untuk urusan laptop gaming. Salah satunya yang bisa Anda pertimbangkan adalah Razer Blade 14.

Razer Blade 14 hadir untuk mengangkat game yang berat sekalipun dengan kualitas gambar yang jernih di layar 14 inci. Tentu saja, dukungan NVidia GeForce GTX 1060 6GB yang menjadikan gambarnya begitu berkelas, jernih dan tajam.

Laptop gaming satu ini dipersenjatai prosesor 7th Gen Intel Core i7-7700HQ dengan clock speed mencapai 3,8GHz. Ditambah dukungan RAM 16Gb menjadikan game apa saja yang Anda mainkan akan berjalan tanpa nge-lag. Anda bisa membeli produk ini di JD.id seharga Rp 36.999.000.

From our editorial team

Banyaklah Membaca Sebelum Membeli Laptop

Sebelum mengeluarkan uang untuk membeli sebuah laptop, baik mahal atau pun murah, biasakan diri Anda untuk banyak mencari tahu ulasan mengenai laptop tersebut baik dari internet atau pun dari teman. Jangan malu untuk bertanya pada orang yang mengerti mengenai laptop. Jangan sampai Anda mengeluarkan uang untuk sesuatu yang sia-sia, atau kurang dari ekspektasi Anda. Selamat mencari laptop!