9 Inspirasi Kerajinan Tangan Sederhana Dengan Memanfaatkan Barang Bekas Untuk Mengasah Kreativitasmu

9 Inspirasi Kerajinan Tangan Sederhana Dengan Memanfaatkan Barang Bekas Untuk Mengasah Kreativitasmu

Mungkin tanpa kamu sadari ada banyak barang bekas yang tak terpakai di sekitarmu. Yuk ubah barang-barang tak terpakai tersebut menjadi lebih bermanfaat dengan mengubahnya menjadi kerajinan tangan mudah dan simpel seperti yang dirangkum BP-Guide berikut ini!

Jadi Kreatif Itu Tak Susah, Cobalah Membuat Kerajinan Tangan Dari Yang Mudah

Sumber gambar id.pinterest.com

Tak ada kata sulit untuk berkreasi. Orang yang ide kreatifnya tinggi bisa memanfaatkan barang apa saja untuk jadi sesuatu yang unik dan apik. Ide bisa didapat dari banyak hal semisal membaca, jalan-jalan, menonton televisi atau bahkan dari majalah.

Daripada diam dan tak menghasilkan apapun, cobalah berusaha menciptakan kerajinan tangan yang keren. Bisa dimulai dari yang mudah saja. Dan untuk bahan tak perlu cari yang mahal, ambil saja yang ada di sekitar kita agar lebih hemat.

Macam Macam Bahan Di Sekitar Kita Yang Bisa Dijadikan Kerajinan Tangan

Sumber gambar www.specadoc.com

Sering tak digubris, itulah yang terjadi pada benda-benda yang sudah tak dikenakan lagi. Beberapa benda bisa dimanfaatkan. Kamu jadi punya yang keren tanpa mahal dari benda bekas. Iklankan kreasimu biar dibeli dan diminati banyak orang. Nah tengok saja apakah kamu punya benda-benda dibawah ini dirumah? Kalau punya, jangan buang waktu lagi dan segera terapkan kreasimu.

Kardus

Sumber gambar sarungpreneur.com

Barang satu ini juga pasti selalu dijumpai di tiap rumah. Biasanya kardus langsung jadi penghuni gudang sampai ada tukang loak lewat, benar tidak? Nah mari mulai mencipta kerajinan tangan dari benda ini agar jadi barang manfaat dan tepat guna lain. Kamu bisa berkreasi dengan membuat barang dekorasi rumah seperti tempat lampu hias, boneka danbo, tempat pernik, hingga boneka gantung.

Koran Bekas

Yang berlangganan koran tentu hanya kebaca sehari lalu ditumpuk di meja ruang tamu. Koran yang menumpuk hingga menuhin meja pun beralih ke gudang. Mari manfaatkan mereka jadi barang kerajinan yang tak biasa. Ada aneka kerajinan tangan yang bisa diciptakan dari barang sepele satu ini mulai jadi tempat alat tulis, jadi bunga pajangan meja, sampai jadi hiasan dinding keren.

Sedotan

Sumber gambar www.bintang.com

Si mini satu ini bisa mudah didapat. Bisa beli dengan harga murah atau dapat yang bekas di kantin kantor dan sekolah atau warung makan. Sedotan ini jadi limbah yang sulit diurai saat sudah bekas. Mengapa tak mencoba menyelamatkan lingkungan dengan menggunakan sedotan bekas? Banyak kreasi kerajinan yang bisa dihasilkan loh. Bikin taplak meja dari sedotan misalnya atau bikin bunga serta pajangan dinding dari sedotan.

Kain Perca

Yang ini mungkin tak setiap rumah memilikinya. Bahan sederhana ini kerap dibuang. Kunjungi pabrik garmen atau penjahit untuk minta sisa bahan. Yuk olah benda ini jadi barang penghasil uang.

Kerajinan tangan mudah boleh dibuat dari bahan mudah ini. Nilai jualnya jadi tinggi kalau manfaat barangnya besar. Si perca bisa jadi gorden keren nan modis. Kamu harus pas mengkombinasikan warna dan bentuk potongan kainnya. kalau sudah jadi pasti puas karena kreasi sendiri.

Botol Bekas

Sumber gambar www.wirasejati.com

Bahan satu ini bisa jadi banyak sekali kerajinan tangan. Pastinya di rumahmu pun ada barang ini kan? Yang biasanya tergeletak begitu saja di pojok belakang rumah atau malah berakhir di tempat sampah. Yuk kumpulkan dan cuci bersih botol-botol itu lalu kreasikan deh.

Dari botol bekas bisa tercipta pot-pot bunga yang cantik. Mudah kok tinggal melubangi tengahnya dan isi dengan tanah dan tanaman. Biar menarik, cat saja botolnya. Botol plastik minuman soda bisa juga digunakan untuk menghias dinding kebunmu. Coba deh lukis batang pohon sakura. Untuk bunganya kamu tinggal celup bagian bawah botol pada cat pink lalu cetak pada gambar batang yang diinginkan. Jadi deh lukisan sakura cantik.

Beragam Kerajinan Tangan Yang Mudah Dibuat

Sumber gambar www.bisnisborneo.com

Siapa bilang berkreasi itu sulit dan ribet? Kitanya saja yang terlalu malas berkreasi. Jadi, yuk mulai semangat menyingkirkan rasa enggan dengan mengasah otak menciptakan aneka kerajinan. Jika kita sudah terampil, bukan tak mungkin kita malah kekurangan bahan bekas untuk dijadikan kerajinan sebagai hiasan rumah. Selain itu bisa jadi duit juga loh kalau barang kerajinan kita dilirik tetangga atau kerabat yang ingin punya kreasi yang sama. So, yuk segera buat ya.

Bunga Sedotan

Sumber gambar www.kopi-ireng.com

Sedotan ini gampang ditemukan dan biasanya jadi limbah di beberapa warung makan. Sedotan bekas bisa bernilai seni tinggi kalau saja kamu mau mengolahnya kembali. Keren dan unik, kerajinan tangan dari sedotan terbilang mudah dibuat loh.

Yuk segera siapkan kelopak serta putih bunga, pastinya sedotan bersih, lilin, lidi, lem, gunting, kertas pita, cutter serta kunci bekas tak dipakai lagi. Siapin 5 sedotan yang masing-masing dipotong 3 bagian. Ambil satu lalu lipat jadi dua. Next, silahkan gunting bagian bawah dan bikin lubang. Setelahnya bikin guntingan bentuk bulat di bagian atas sedotan tadi. Jangan lupa ya untuk menyisakan 1/2 cm dari lubang yang sudah dibikin sebelumnya. Balik si sedotan yang sudah digunting, arahkan keluar dengan bantuan kunci. Ulang proses ini untuk semua sedotan. Setelahnya tinggal dirangkai pakai putik deh. Oh ya untuk tangkainya bisa pakai lidi yang terbalut pita ya.

Boneka Dari Kain Perca

Sumber gambar masfikr.com

Mau dong ikutan punya pernik ala shabby chic yang sedang In sekarang. Tak perlu ribet dan mahal karena bahan ada di sekitar kita. Boneka hias perca bisa jadi dekor keren rumahmu. Segera browsing model boneka yang kamu mau lalu bikin polanya di HVS. Siapin flanel dan langsung terapkan pola sekalian digunting ya. Jahit atau lem flanel sesuai gambar dan tak lupa isi dakron biar empuk. Percanya bisa deh kamu tempel-tempel jadi mata, baju, hidung, rambut dan telinganya.

Celengan Kardus

Uang receh biasanya kita dapat saat ada kembalian. Malas kan menyimpan banyak uang koin di dompet. Maka ditabung aja deh biar dompet gak berat. Tapi celengannya jangan beli ya, bikin aja sendiri dari kardus, gampang kok.

Butuh kardus sepanjang 50 cm dengan lebar 40 cm, pengaris siku, pensil, gunting, paku dan tali warna.

Pertama gambar pola kubus dengan ukuran tiap persegi 10 x 10 cm. Biasanya kita membuat kubus dengan mengelem namun kali ini kita menggantinya dengan tali warna bisar menarik. Jadi bikin lubang ikatan di sisi pola ya. Kemudian lipat kardus sesuai pola dan buatlah bentuk kubus dengan menalinya dengan tali warna. Jangan lupa lubangi bagian atas kubus untuk menaruh uangmu.

Pajangan Dari Botol Bekas

Sumber gambar id.pinterest.com

Sulaplah para botol bekas penghuni gudang jadi indah. Perlu sedikit niat dan kreatifitas biar jadinya kece. Ambil dua saja botol soda lalu potong jadi dua ya. Setelahnya kamu hanya perlu gunakan yang bawah. Kalau sudah, silahkan dilem dua bagian bawah itu dan disatukan. Siapin cat putih dan hitam. Biar mudah, cat seluruhnya putih kalau kering baru deh pakai yang hitam. Oh ya, yang hitam untuk membentuk dan menggambar pinggiran boneka pinguin ya. Jangan kelupaan menambahkan mata dan paruh. Terakhir lem si botol bekas dengan hiasan perca.

Keranjang Koran Bekas

Mari membuat kerajinan tangan mudah yang bisa menghasilkan uang. Yang mudah dan cepat dengan bahan murah dan banyak tersedia ya keranjang dari koran bekas. Segera saja siapin lem, kardus, kertas koran, penjepit, cat dan gunting.

Cara Membuat

  • Siapkan 2 lembar koran memanjang yang digulung pakai lidi dan diberi lem diujungnya biar rekat.
  • Potong jadi 2. Lakukan hal yang sama hingga ada 10 buah.
  • Lalu bikin lagi gulungan koran panjang seperti awal sebanyak 8 buah.
  • Potong kardus bentuk oval, tempel gulungan koran pendek dengan lem lalu tutup dengan kardus oval kedua.
  • Anyamlah gulungan panjang koran. Pakai penjepit biar membuatnya lebih rapi.
  • Sambung ujung gulungan koran dengan yang lain jika sudah teranyam habis.
  • Kalau sudah selesai, rapikan sisa atas koran lalu warnai deh korannya sesuai kesukaanmu.

Burung Hantu Dari Kardus Bekas

Sumber gambar id.pinterest.com

Kardus di rumahmu sedang banyak-banyaknya? Yaudah bikin hiasan rumah dong. Simple dengan bahan seadanya dan alatnya cuma lem dan gunting.

Guntinglah kardus selebar 5 cm, sesuaikan panjangnya. Gulung kardus hingga diameter 7 cm. Buatlah 2 gulungan karena akan difungsikan sebagai matanya. Lalu ciptakan gulungan diameter 12 dan diameter 15 cm untuk badan burung hantu dan kepala burung hantu. Lalu satukan deh antara kepala, tubuh dan mata dengan lem. Kamu bisa menggambar bagian alis dan paruh si burung.

Tempat Aksesoris Dari Botol Bekas

Sumber gambar id.pinterest.com

Wanita senang mengkoleksi aksesoris. Pernik-pernik lucu ini berguna untuk menunjang penampilan. Sayangnya kadang kita terlalu ceroboh meletakkannya setelah memakai. Hingga kadang hilang atau lupa menaruhnya dimana.

Biar tak terulang lagi, manfaatkan botol bekas yang ada sebagai tempat aksesoris yuk. Sediakan sekitar 5 botol plastic dengan size sama. Langsung saja potong bagian bawah botol 5 cm dan lubangi tengah potongan botol itu. Kamu tinggal menyusun botol vertikal dan rekatkan dengan paku atau sekrup. Jadi deh tempat aksesorisnya.

Laptop Stand Dari Kardus Bekas

Sumber gambar id.pinterest.com

Yang suka banget main game di laptop dan suka nonton film berjam-jam menggunakan laptop, pasti tahu banget kebutuhan sirkulasi udara untuk laptopnya. Ya, saat digunakan dalam waktu lama, laptop akan jadi cepat panas kan. Untuk mengurangi panas di laptopmu kamu bisa nih bikin stand sederhana dari kardus.

Sediakan gunting, kardus, alat tulis, penggaris, dan tak lupa lem. Bentangkan kardus, gambar pola stand sesuai keinginan. Pastikan polanya berukuran sesuai laptop. Kemudian gunting polanya. Lalu rangai pola jadi stand dengan menyambungkan pola-pola yang sudah digunting menggunakan lem. Terakhir, cek lagi apakah si kardus stand kuat menahan beban laptopmu.

Bros Kain Perca

Sumber gambar i01.i.aliimg.com

Mari berkreasi kembali dengan perca. Sisa jahitan baju ini bisa jadi bros unik loh. Apalagi jika percanya didapat dari sisa bajumu, nah bisa jadi bros hijab yang pas ketika kamu pakai dengan bajunya kan. Siapkan saja percanya beserta sederet alat seperti benang, peniti, jarum dan kancing.

Kamu perlu bikin bentuk kotak dari perca-perca lalu lipat kotak perca jadi dua. Lanjutannya, tarik sudut segitiga perca yang bawah menuju atas dan tusuk pakai jarum. Kalau sudah banyak dan padat, sambungkan deh ujung awal dan akhir. Lem kancing di bagian tengah dan tempel deh dengan penitinya.

From our editorial team

Manfaatkan Barang Barang Di Sekelilingmu Menjadi Lebih Bermanfaat

Tanpa kita sadari ada banyak benda di sekeliling kita yang sering kita anggap sampah tetapi ternyata masih bisa dimanfaatkan menjadi benda recycle atau daur ulang yang unik seperti kardus atau koran bekas. Jika kamu punya banyak barang tak terpakai di rumahmu, kamu bisa menggunakannya untuk membuat kerajinan tangan. Tak perlu bingung, kamu bisa memulai kerajinan tanganmu dari yang paling mudah dan simpel. Selamat mencoba!