8 Ide Kerajinan Tangan dari Kayu, Kreatif dan Mudah Dibuat di Waktu Senggang!

8 Ide Kerajinan Tangan dari Kayu, Kreatif dan Mudah Dibuat di Waktu Senggang!

Apa menurutmu membuat kerajinan tangan dari kayu sulit? Bisa jadi kamu salah loh, soalnya menurut ulasan BP-Guide membuat kerajinan tangan dari kayu tidak terlalu sulit. Coba yuk dilihat ide kerajinan tangan dari kayu yang bisa kamu buat sendiri ini.

Membuat kerajinan tangan dari kayu, tak sesulit yang dibayangkan

Kerajinan tangan bisa dibuat dari beragam benda di sekitar kita. Salah satu bahan yang banyak dibuat kerajinan tangan adalah kayu. Bahan satu ini perlu ketelitian dan ketelatenan penuh untuk mengolahnya. Alat yang memadai pun sangat diperlukan kala membuat kerajinan tangan satu ini.

Skill dan juga ketrampilan yang mumpuni juga dibutuhkan agar hasilnya lebih maksimal. Kerajinan kayu ini bisa jadi nilai seni tinggi yang berharga mahal. Dari hiasan dinding sampai miniatur dan aneka furniture rumah tangga bisa diciptakan dari kayu.

Kedengarannya memang sulit menciptakan kerajinan dari kayu. Namun ternyata membuat kerajinan kayu tak sesulit yang dibayangkan kok. Mari tengok ulasan BP Guide.

Jenis Kayu yang Bisa Dijadikan Kerajinan Tangan

Mau bikin kerajinan tangan dari kayu tentu butuh bahan utama kayu. Indonesia memiliki beragam jenis kayu yang bisa diolah jadi beragam barang. Tiap kayu kayu yang ada unik dan memiliki ciri khas sendiri. Selain itu kayu-kayu tersebut juga memiliki kegunaannya masing-masing.

Dari tekstur dan berat serta seratnya kayu yang berbeda bisa dijadikan kerajinan tangan yang berbeda juga. Biar kamu tak bingung, baca dulu nih jenis kayu yang bisa dipakai untuk kerajinan tangan.

Kayu jati

Sumber gambar jawarafurniture.com

Jenis yang pertama adalah kayu jati. Produk ini lebih awet dan kaut dari kayu lainnya. Corak warnanya cokelat muda hingga kehijauan. Jika dijadikan kerajinan tangan, maka kayu ini mempunyai nilai dekoratif yang tinggi. Inilah yang membuat banyak pengusaha mebel menyukai penggunaan kayu jati untuk produknya.

Kayu jati ini lebih mudah dikerjakan. Dengan daya retak rendah, kayu ini berserat lurus dan bertekstur agak kasar. Produk dari kayu jati ini terbilang lebih awet sehingga jangan kaget jika kayu ini disebut sebagai rajanya kayu. Kayu ini banyak didapati di Jawa Tengah serta Jawa Timur. Kayu ini dibanderol harga tinggi untuk satu log-nya karena kualitasnya yang nomor satu.

Kayu sonokeling

Mirip dengan kayu jati, produk kayu satu ini juga bernilai tinggi jika dijadikan karya seni. Kayu Sonkeling ini memiliki tekstur dan serat yang indah sehingga tampak mewah. Yang paling menarik perhatian adalah warnanya karena tak biasa. Warna kayu ini hitam keunguan membuatnya terlihat sangat unik.

Dewasa ini harga kayu sonokeling makin mahal. Dahulu harga kayunya murah namun seiring banyaknya dihasilkan kerajinan maka harga kayunya menanjak. Kekurangan dari kayu ini adalah sangat rentan diserang rayap.

Kayu akasia

Sumber gambar bahanpengawet.com

Jika dilihat dari bentuk dan tampilan mungkin sedikit sulit membedakannya dengan kayu jati. Dengan warna cokelat khas dan serat yang apik, kayu ini tergolong mudah diproses. Umumnya kayu ini digunakan sebagai bahan kertas namun makin lama banyak juga yang menjadikannya aneka barang kerajinan.

Kayu ini rapuh dan rentan jamur serta rayap. Lebih berat serta lebih keras jika dibanding dengan kayu jati. Harga kayunya lebih murah dari kayu jati

Kayu trembesi

Sumber gambar jawarafurniture.com

Kayu satu ini mudah didapati dimanapun. Ini karena kayunya bisa tumbuh di daerah mana saja asalkan tropis. Dengan warna apik putih di pinggir dan cokelat di tengah, kayu ini umumnya dipakai untuk membuat meja.

Untuk masalah awet dan kautnya, kayu jenis trembesi masih kalah dari kayu lainnya. Kayu yang juga disebut kayu suar ini juga kerap digunakan untuk bahan furniture karena harganya di bawah harga kayu jati.

Kayu mahoni

Sumber gambar saidgank.blogspot.hk

Kayu mahoni umumnya bisa didapat di daerah yang bermusim kering maupun basah. Dengan pohon mencapai 40 meter, diameter pohon ini bisa mencapai 100 sentimeter. Kayu mahoni sering dipakai untuk pembuatan mebel dan alat olahraga. Bisa juga dipakai untuk membuat alat musik serta aneka keperluan bangunan.

Jenis kayu ini berkualitas baik dengan tingkat ketahanan dan keawetan yang pas. Namun sayang kayu ini tak tahan rayap. Seringkali kayu mahoni jadi pilihan untuk pembuatan aneka barang kerajinan tangan.

Jangan lupa, ini hal yang harus kamu perhatikan saat memilih kayu

Jenis kayu

Saat memilih kayu untuk dibuat suatu kerajinan tangan tentu tak bisa semua kayu dipakai. Ada beberapa hal yang wajib diperhatikan kala memilih bahan baku berupa kayu. Yang pertama adalah perhatikan jenis kayunya.

Guna membuat kerajinan tangan yang berkualitas tentu jenis kayunya harus yang baik. Pilih yang kuat dan tahan rayap. Misalnya saja kayu jati atau kayu damar. Bisa juga pilih eboni atau ulin.

Kadar air dalam kayu

Perhatikan juga kadar air dalam kayu saat memilih bahan untuk kerajinan tangan. Bahan baku kayu ini tentu memiliki kadar air berbeda tiap jenisnya. Untuk itu keringkan dulu kayu sebelum dipakai dan dihasilkan kerajinan tangan.

Kamu wajib pastikan dulu bahwa kadar airnya benar-benar rendah. Sebab jika kadar air dalam kayu masih tinggi maka berpotensi membuat kayu mudah susut bahkan mudah retak. Untuk mengetahui kadar air dalam kayu bisa memakai alat tes kadar air khusus untuk kayu.

Ketahanan terhadap rayap

Jika ingin bahan kerajinan tangan awet tentu harus menggunakan kayu yang berkualitas. Gunakan kayu yang anti rayap sehingga kerajinan lebih awet dipajang. Jika kayunya tak begitu anti rayap bisa juga kamu gunakan bahan lapis anti rayap saat proses finishing.

Selain itu agar produk kerajinan tangan lebih tahan terhadap rayap selalu letakkan produk di tempat bersih. Lakukan perawatan terhadap produk secara berkala. Penggunaan produk anti rayap sangat disarankan.

Lingkungan sekitar

Pemilihan produk kayu untuk kerajinan tangan harus yang tepat. Salah satu kriteria yang pas adalah kayunya harus ramah lingkungan. Ini agar sumber daya hutan tak cepat habis dan bisa dimanfaatkan generasi selanjutnya.

Kayu-kayu limbah pun masih bisa dijadikan kerajinan tangan. Dengan memanfaatkan kayu limbah berarti juga ikut menjaga lingkungan sekitar kita. Sisa industri maupun adanya sisa furnitur kayu bisa dimanfaatkan ulang agar tak menjadi sampah bagi lingkungan.

Sebaiknya dioven terlebih dulu

Sesaat sebelum memakai kayu sebagai bahan kerajinan tangan ada proses yang harus dilakukan. Sebaiknya sebelum diolah kayu harus dioven dulu. Proses ini bertujuan untuk mengurangi kadar air agar produk yang dihasilkan tak cepat retak.

Umumnya kayu dioven sebulan dengan suhu 60 derajat celcius. Pengovenan ini juga diklaim bisa menghilangkan penyakit kayu. Selain itu kayu juga jadi lebih tahan lama dari serangan rayap.

8 Kerajinan tangan dari kayu yang mudah untuk dibuat

Asbak

Sumber gambar id.aliexpress.com

Mari membuat asbak dari kayu. Kamu bisa memakainya sendiri atau menjualnya untuk menghasilkan uang. Segera siapkan bahan dan alatnya yuk.

Kamu butuh bambu bekas dan papan bekas. Selain itu sediakan lem kayu dan amplas serta pernis. Untuk alatnya kamu butuh gergaji dan pisau serta gunting.

  • Pertama buatlah kerangka dengan membelah papan. Usahakan lebarnya 2,5 cm dan panjangnya 12 cm. Kemudian potong miring ujung papannya. Bikin 8 buah potongan supaya jadi 2 bentuk kotak. Lalu tempel semua bagian dengan lem.
  • Selanjutnya kamu bisa membelah bambu tipis saja. Potonglah dengan panjang 7cm.
  • Letakkan potongan bambu di sekeliling kerangka dalam dengan lem. Lalu tutup juga bagian bawah kerangka dan tempel bambu pada kerangka atas.
  • Kalau semua bagian asbak sudah terpasang saatnya kamu melumuri bagian asbak dengan lem lalu jika sudah kering silahkan diamplas hingga halus.
  • Pernislah asbaknya agar terlihat lebih menarik.
  • Selanjutnya tempelkan lis bambu di sekeliling asbak lalu tempel potongan bambu untuk tempat meletakkan rokok.

Tempat pensil

Sumber gambar www.kerajinanseni.com

Mau kan punya tempat pensil yang lain dari yang lain. Kalau mau yang unik bisa loh bikin sendiri. Kamu bisa buat tempat pensil dari kayu. Hasilnya bisa kamu letakkan di meja buat jadi hiasan juga.

Segera siapkan gergaji dan bor kecil. Kamu butuh juga kayu kecil untuk bahan utamanya. Selanjutnya kamu siap deh membuat kerajinan tempat pensil.

  • Potonglah kayu dengan lebar dan tinggi sesuai selera.
  • Buatlah sebuah lubang di atas kayu. Kamu bisa pakai bor dan membuat pola maupun mengebor secara acak.
  • Terakhir pernis tempat pensilnya dan kamu tinggal masukkan pensil kamu.

Lampu hias

Sumber gambar qlapa.com

Yang suka pernik vintage tak usah beli. Bikin saja sendiri di rumah itung-itung mengasah kreatifitas. Bikin lampu hias bahan kayu saja. Selain terlihat vintage, hiasan satu ini juga bermanfaat menerangi rumah kan.

Segera persiapkan gergaji dan lem serta bor dan paku. Selain itu kamu bisa siapkan juga cat dan amplas serta cutter. Kamu perlu juga palu dan triplek. Siapkan juga lampu dan tempat lampunya.

  • Bikin bodi lampu siapkan 4 buah potongan triplek ukuran 30 x 13 cm.
  • Siapkan juga lis bodi lampu dengan memotong 8 buah triplek dengan ukuran 14 x 3 cm.
  • Siapkan tempat fitting lampu dengan memotong 4 triplek ukuran 12 x 3 cm.
  • Dan potong lagi satu triplek ukuran 12 x 12 cm untuk tatakan lampu.
  • Selanjutnya segera lubangi semua triplek bodi lampu.
  • Rekatkan semua bagian dengan lem.
  • Perkuat semua bagian yang sudah di lem memakai paku.
  • Lalu amplas agar sisa kotoran pada kayu triplek hilang. Ini juga untuk membuat triplek lebih halus.
  • Silahkan mengecat tripleknya agar lebih menarik.
  • Setelahnya pasang lampu dan produk pun siap dipakai.

Kalender blok dari kayu bekas

Sumber gambar www.aliexpress.com

Ayo manfaatkan semua barang bekas yang ada di sekitar kita. Buat jadi barang yang lebih bermakna dan bernilai tinggi. Jika ada sisa kayu bekas tak terpakai, sebaiknya dibuat kalender balok kayu saja.

Tak cuma untuk menghias meja bisa juga jadi pengingat tanggal yang manis. Keren juga loh untuk hadiah. Yuk segera persiakan bahannya.

Kamu butuh 4 kotak kayu 1,4 inch. Selain itu siapkan cat dan kardus bekas dan gunting. Perlu juga lem serta spidol warna kesukaan.

  • Dari 4 kotak yang ada silahkan pilih warna yang kamu suka. Misalnya biru muda untuk tanggal dan putih untuk hari. Sementara warna cokelat untuk bulan. Lalu segera warnai dengan cat dan biarkan kering.
  • Ambil kardus lalu potong untuk alas dengan ukuran 6 x 2,4 inch. Ambil lagi dan potong untuk depan 6 x 1 inch. Untuk bagian belakang potonglah 6 x 2,6 inch dan untuk dudukannya buat 2 buah masing masing ukuran 6 x 1,4 inch.
  • Lemlah semua bagian kardus tersebut dan rapikan.
  • Ambil 2 buah kardus untuk menutup bagian samping dudukan kotak kalender. Lalu rekatkan untuk menutup bagian yang lubang.
  • Pilih warna selain yang tadi sudah kamu pilih untuk kotak kayu. Warnailah kardus tempat dudukan kalendernya.
  • Silahkan menulis angka pada kotak kalender. Pastikan cat pada kotak kayu sudah kering ya.
  • Biar lebih rapi gunakan pensil untuk mengukir dulu di kayunya baru setelah itu diwarna pakai spidol maupun cat.
  • Untuk kotak warna cokelat berikan tulisan bulannya.
  • Untuk kotak putih berikan tulisan harinya.
  • Kotak biru pertama beri angka 1-6.
  • Kotak biru kedua berikan angka 0, 1, 2, 7, 8, 9.

Fruit bowl / mangkuk buah

Sumber gambar qlapa.com

Mangkuk kayu sudah dikenal sejak jaman dimana manusia mulai kreatif menciptakan barang dari kayu. Mangkok kayu ini sangat berguna untuk peralatan dapur. Bisa juga dibikin sebagai tempat buah buahan.

Mari manfaatkan kayu yang ada untuk membuat mangkok satu ini. Tentu kamu harus mempersiapkan kayu dan kapak ya.

  • Belahlah kayu dengan mengambil titik tengahnya.
  • Buat sebanyak dua potongan kayu untuk pegangan mangkok.
  • Lalu belah potongan yang tadi kamu buat untuk dasar pegangan mangkok.
  • Ukir potongan kayu menjadi mangkok dengan pisau pahat.
  • Amplas mangkok kayu agar hasilnya lebih halus.

Alas panci / kopi panas

Sumber gambar www.bintangtop.com

Mau memperindah barang barang dirumah, mulai saja dari yang paling mudah. Yuk bikin alas panci dan tatakan kopi panas. Gunakan kayu yang ada di sekitar kita untuk membuatnya. Mudah dan murah selain itu bisa menguji kreatifitas juga.

Persiapkan sumpit bambu atau sumpit kayu sebanyak 20 buah. Selain itu kamu juga wajib menyiapkan lakban dan lem.

  • Taruh dua potongan lakban dengan rekatannya menghadap atas. Posisikan berjarak sesuai panjangnya sumpit.
  • Bariskan 20 sumpit diatas lakban dengan jarak 1 cm per sumpit.
  • Jika sudah berbaris rata tinggal memasang lagi lakban diatas sumpit tersebut.
  • Alas panci panas sudah siap.

Gelang kayu

Sumber gambar id.aliexpress.com

Mau tampil eksis dengan gaya etnik, bisa nih bikin pernik dari kayu sendiri. Kerajinan tangan satu ini mudah dibuat. Selain itu kalau kreatif kamu bisa menjualnya nih. Gelang nuansa etnik ini sudah pasti banyak peminatnya ya.

Siapkan 1 eyepin dengan panjang 4 cm. Selain itu siapkan kait untuk gelang dan ring dengan ukuran 0.6 mm. Kamu butuh juga manik kayu dengan bentuk donat gepeng dan charm. Untuk alatnya kamu butuh tang pemutar dan penjepit serta tang potong.

  • Masukkan eyepin dalam manik manik lalu tekuk sama panjang dan buat loop di ujung.
  • Ulangi cara tersebut hingga 5 beads.
  • Sambung semuanya dengan ring. Kamu bisa menambah charm pada ring biar makin keren.
  • Tambahkan kait udang pada ujung rangkaian gelang dan produk pun siap dipakai.

Casing smartphone kayu

Sumber gambar techno.okezone.com

Hias smartphone kamu yuk. Mungkin menggunakan casing biasa hingga bling bling sudah mainstream ya. Coba deh bikin casing smartphone dari kayu. Sudah pasti produk ini bakalan banyak diminati.

Siapkan saja gergaji dan busa sterofom. Selain itu siapkan juga double tape busa dan double tape biasa. Kamu juga perlu amplas, penggaris dan gunting. Siapkan pula lem dan binder clip serta cutter.

  • Lubangilah kayu dengan model smartphone yang diinginkan.
  • Lapisi kayu dengan double tape busa di bagian luar.
  • Campur semua kayu yag sudah dilapis busa sterom dengan lem dan jepitlah dengan binder klip. Tunggu lem kering selama 30 menit.
  • Jika seluruh bagian kayu telah dilem maka tinggal menghaluskannya dengan amplas di sisi sudut casing agar lebih nyaman dipegang.
From our editorial team

Membuat kerajinan tangan, mengisi waktu dengan kreativitas

Selain menggunakan waktu luang untuk bersantai, kamu bisa memanfaatkannya untuk membuat berbagai kerajinan tangan termasuk kerajinan tangan dari kayu. Waktu luangmu akan terisi dengan kegiatan yang bermanfaat, mengasah ketrampilan, kreatifitas, bahkan bisa mendatangkan keuntungan jika kamu jual loh. Jadi ayok coba mulai membuat kerajinan tanganmu sendiri.