Etnik dan Unik dengan Dompet Batik serta 10 Rekomendasinya

Etnik dan Unik dengan Dompet Batik serta 10 Rekomendasinya

Kreasi batik semakin beragam. Batik kini disulap ke berbagai produk seperti dompet batik yang jadi incaran karena keindahan dan fungsinya. Selain modis dompet batik juga membuat pemakainya terlihat unik dan lebih berkarakter. Mau tahu apa saja ragam dompet batik yang bisa kamu miliki? Yuk cek di bawah ini.

Dompet Batik Melengkapi Kamu yang Hobi Pakai Aksesoris Etnik

Kamu penyuka style dengan sentuhan etnik? Sentuhan etnikmu tidak akan pernah lengkap jika kamu belum memasukkan batik dalam padu-padan gayamu. Iya, batik, kerajinan yang merupakan tradisi kuno Indonesia. Meski kuno, mengenakan batik bukan berarti ketinggalan jaman. Bahkan, pada tahun 2009, UNESCO sudah mengakui batik sebagai warisan budaya dunia. Sudah sepatutnya kan kita menjaga warisan dunia yang asli lokal ini?

Batik sendiri, seiring perkembangan jaman, tidak hanya tersedia dalam berbagai pilihan kain untuk dijadikan baju. Para pengrajin dari Yogyakarta misalnya, mereka mengubah kain-kain perca sisa batik dan menyulapnya menjadi kerajinan tangan berupa dompet. Nah, saatnya kamu melengkapi koleksi etnikmu dengan membeli dompet batik yang tidak hanya cantik, tapi berkualitas, ladies.

Dompet Batik Juga Bisa Jadi Suvenir yang Apik

Selain untuk melengkapi style bertema etnik milikmu, ternyata dompet batik juga populer untuk dijadikan souvernir pernikahan yang apik, ladies. Saat ini, masyarakat cenderung menjadikan dompet batik sebagai souvernir karena selain desainnya yang Indonesia banget, dompet batik dianggap jauh lebih bermanfaat dibanding barang-barang lainnya. Kamu setuju gak dengan anggapan ini?

Tidak salah jika dompet batik dipilih sebagai souvenir pernikahan yang populer. Selain kegunaannya yang sudah pasti, kamu bisa mendapatkan harga murah untuk souvernir satu ini. Loh, gimana caranya? Cara pertama adalah kamu bisa membelinya dalam jumlah banyak supaya mendapat diskon. Jika tidak, kamu bisa memesannya di jasa konveksi pembuatan dompet dengan memilih kain batik pilihanmu sendiri. Tertarik?

Ini 3 Jenis Dompet Wanita yang Harus Kamu Tahu

Saat ini, dompet juga merupakan kebutuhan fashion wajib bagi wanita. Kenapa? Tentunya semua wanita pengen tampil kece, tidak terkecuali untuk dompet yang selalu mereka bawa kemana-mana dan juga setiap saat. Berikut ini team kami sudah merangkum untuk kamu, 3 jenis dompet yang wajib kamu tahu untuk melengkapi fashionmu :

Compact

Jenis pertama adalah dompet compact. Dompet ini cocok bagi penyuka gaya apa pun. Gak percaya? Dompet jenis compact adalah dompet yang dilengkapi resleting di sekeliling dompet. Biasanya, dompet ini dilengkapi kantong-kantong untuk wadah paspor, pulpen, uang hingga ponsel. Bagi kamu yang nggak suka ribet, tentunya dompet ini bisa jadi pilihan karena bersifat all in one.

Dompet compact juga memiliki banyak ukuran, dari mini hingga yang lebih panjang menyerupai clutch. Untuk gaya formal, kamu bisa mengganti clutch dengan compact wallet berukuran panjang. Selain itu, untuk kamu yang termasuk ke dalam penyuka gaya girly, compact wallet berukuran mini dengan warna nude bisa juga menjadi pilihan tepat.

Wristlet

Sumber gambar www.pinterest.com

Selanjutnya ada dompet wrislet. Dompet wrislet ini memiliki tali pendek untuk kamu lingkarkan di pergelangan tanganmu. Karena hal tersebut, dompet ini populer dengan sebutan dompet kopling.

Meski berukuran besar layaknya clutch, orang-orang cenderung menganggapnya sebagai pengganti tas. Dilengkapi dengan tali panjang yang bisa lepas pasang, kamu bisa menjadikannya pilihan jika ingin terlihat fashionable tanpa menggunakan tas konvensional.

Meski begitu, dompet wrislet bisa memenuhi fungsi tas karena di dalamnya terdapat slot kartu, uang, buku tabungan, uang koin, handphone hingga tablet. Nah, simple but stylish banget kan?

Flap Wallet

Terakhir ada dompet flap. Berbeda dengan dua jenis sebelumnya yang memuat banyak barang, dompet ini cuma bisa kamu isi uang tunai dan kartu-kartu saja. Nama lain dompet flap adalah dompet bi-fold. Itu, loh, dompet tanpa resleting yang bisa kamu lipat di bagian tengahnya.

Dompet ini cocok bagi orang-orang simple yang sukar membawa banyak barang keluar rumah. Selain simple, dompet ini juga bisa kamu taruh di saku belakang celanamu layaknya dompet pria. Praktis kan? Kamu juga bisa tampil kece ketika menggenggamnya di tangan saat sedang jalan-jalan.

10 Rekomendasi Dompet Batik

Dompet Pandan Batik

Rekomendasi pertama untuk kamu ada dompet pandan batik dari Aceh! Tenang saja, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Aceh untuk membelinya. Tokopedia menjual dompet motif batik berbahan pandan ini dengan harga Rp 125.000 saja. Dompet dengan berbagai warna dan motif batik ini merupakan salah satu koleksi eksklusif dari Aceh, loh. Hanya dibuat dalam beberapa model yang eksklusif, apakah kamu tertarik memilikinya?

Bukuku Batik Yellow Dompet Kartu

Sumber gambar www.blibli.com

Berikutnya, kami merekomendasikan Bukuku Batik Yellow Dompet Kartu. Nah, sesuai namanya ya, dompet ini berfungsi sebagai tempat penyimpanan kartu nama. Bisa kamu jadikan dompet berisi kartu-kartu namamu atau rekan-rekanmu.

Dompet kartu dengan ukuran 7x10 cm yang pas banget buat tempat kartu ini bisa kamu dapatkan dengan harga Rp 60.000 di Blibli. Oh, ya dompet ini juga bermotif batik yang tentunya membuat tempat kartu namamu terlihat elegan namun tetap sederhana di saat bersamaan. Cocok banget deh buat yang pebisnis!

Marcellivo Batik Blue Dompet

Sumber gambar www.blibli.com

Dompet berukuran panjang menjadi salah satu yang populer di kalangan wanita. Alasannya karena bisa memuat lebih banyak uang! Untuk dompet panjang, kami merekomendasikan Marcellivo Batik Blue Dompet.

Dompet berwarna biru ini bisa kamu beli di Blibli secara online. Terbuat dari bahan polyester, harga dompet ini terjangkau yaitu Rp 75.000. Di dalam dompet berisi 4 kantong uang, cards slot dan juga zipper pocket untuk penyimpanan uang receh kamu.

Orange's Dompet HPO Batik Tali Panjang Merah

Sumber gambar www.blibli.com

Pernah dengar tentang dompet HPO? Dompet HPO merupakan jenis dompet berukuran lumayan besar. Fungsinya bukan hanya sebagai tempat uang dan kartu saja, tetapi sekaligus sebagai kantong HP. Dompet jenis ini sangat praktis sehingga kamu tidak perlu kerepotan membawa tas besar.

Dilengkapi dengan tali panjang yang bisa dilepas pasang, kami merekomendasikan Orange's Dompet HPO Batik Tali Panjang Merah. Warna yang tersedia adalah ungu dengan motif batik berbahan sutra yang pastinya berkualitas, lembut dan tebal. Nah, dompet ini cocok bagi yang ingin tampak elegan karena dilengkapi zipper berwarna gold. Harga yang dibanderol Blibli untuk dompet ini adalah Rp 100.000.

Smesco Trade Pouch Batik Motif Apel Kombinasi Hitam Ungu Dompet

Sumber gambar www.blibli.com

Salah satu jenis dompet adalah pouch. Pouch tidak hanya digunakan sebagai penyimpanan uang koin saja. Sekarang ini, kebanyakan ladies menggunakannya sebagai tempat kosmetik, seperti misalnya lipstik.

Buat kalian yang suka mengoleksi pouch, pouch bermotif apel batik bisa kamu jadikan koleksi barumu. Dibuat dengan campuran cotton, pouch multifungsi ini dibanderol dengan Rp 50.000. Kamu bisa membeli Smesco Trade Pouch Batik Motif Apel Komb. Hitam Ungu Dompet di Blibli. Oh ya, dengan membeli pouch ini kamu juga sekaligus membantu usaha milik KUKM lokal loh. Mengingat, SMESCO juga merupakan bagian dari KUKM.

Batik Bungah Peregrina S12.1-1 Brown Red Wallet

Sumber gambar www.blibli.com

Rekomendasi berikutnya adalah Batik Bungah Peregrina S12.1-1 Brown Red Wallet. Dompet dengan desain chic ini merupakan pilihan tepat bagi wanita dengan banyak kartu dan juga memiliki banyak lembaran uang tunai. Dijual dengan harga Rp 164.250, kamu bisa mendapatkannya di Blibli.

Susi Craft Dompet Batik

Sumber gambar www.blibli.com

Selanjutnya ada Susi Craft Dompet Batik. Berbentuk pouch bermotif batik bunga yang klasik, kamu bisa menggunakannya untuk menyimpan uang koinmu atau bahkan pernak-pernik kecil lainnya, seperti peniti misalnya. Dompet ini tersedia di Blibli dengan harga Rp 40.000.

Jejo Dompet HPO Batik Ungu Tali Panjang

Sumber gambar www.blibli.com

Dompet HPO lain yang kami rekomendasikan adalah Jejo Dompet HPO Batik Ungu Tali Panjang. Sesuai namanya, dompet ini tersedia dalam pilihan warna ungu cantik bermotif batik. Kamu bisa membelinya di Tokopedia seharga Rp 85.000.

Papercut Bags Arn013 Batik Mix Anyaman Pandan Sogan 1 Clutch - Brown

Sumber gambar www.blibli.com

Papercut Bags Arn013 Batik Mix Anyaman Pandan Sogan 1 Clutch - Brown merupakan rekomendasi dompet yang memadukan unsur anyaman dan batik sogan. Tahukah kamu batik sogan? Batik sogan ini merupakan batik khas keraton, baik itu Yogyakarta atau Solo. Nama sogan sendiri diambil dari nama pohon sogan yang dijadikan bahan pewarna alami untuk batik jenis ini. Nah, untuk mendapatkan dompet bergaya keraton ini, kamu tidak perlu jauh-jauh ke Yogyakarta atau Solo. Blibli membanderol dompet ini dengan harga Rp 62.500.

Djogja Klasik Craft Dompet Kulit Lukis - Batik Sekarjagad

Sumber gambar www.bukalapak.com

Masih dari Yogyakarta dan Solo, berikutnya ada dompet bermotif batik sekar jagad. Wih, penasaran Ladies? Motif sekar jagad ini bisa diartikan sebagai keanekaragaman dunia. Dibuat dengan menggunakan malam, motif batik ini mempesona karena menonjolkan unsur kecantikan dan keindahannya. Rekomendasi kami adalah Djogja Klasik Craft Dompet Kulit Lukis - Batik Sekarjagad yang berbahan kulit. Dengan Rp 75.000, kamu bisa membelinya online di Bukalapak.

From our editorial team

Rawat dompet batikmu agar tetap cantik nan awet

Karena dompet batik biasanya terbuat dari bahan kain yang mudah sekali menyerap debu dan kotoran, maka sebaiknya kamu menyimpannya dengan hati-hati. Jangan sampai dibiarkan di tempat terbuka, dan hindari dari sinar matahari langsung. Sayang sekali bukan kalau sampai dompet batik milikmu yang cantik sampai rusak.

Tag