Lebih Hemat dan Ramah Lingkungan dengan 10 Rekomendasi Menspad Cuci Ulang Ini (2021)

Lebih Hemat dan Ramah Lingkungan dengan 10 Rekomendasi Menspad Cuci Ulang Ini (2021)

Seruan ramah lingkungan kini mulai didengungkan dan diwujudkan dengan berbagai produk reusable alias bisa dipakai kembali. Termasuk menspad kain bagi kaum wanita yang lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia. Yuk, simak rekomendasi menspad cuci ulang terbaik dari BP-Guide dalam artikel berikut ini!

Saatnya Beralih ke Menspad Kain yang Lebih Aman dan Ramah Lingkungan

Berbagai inovasi baru tidak hentinya dikembangkan demi kenyamanan kaum wanita. Termasuk dengan hadirnya menspad kain yang bisa dicuci ulang. Seperti namanya, menspad kain adalah pembalut yang terbuat dari kain lembut seperti katun.

Menspad lebih nyaman digunakan dan lebih sehat karena bahannya yang breathable. Selain itu, pembalut ini juga tidak mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk kulit kita. Dengan menggunakan menspad kain, kulit di sekitar area kewanitaan akan terbebas dari gatal dan alergi.

Sama seperti pembalut sekali pakai, menspad kain juga hadir dalam berbagai macam pilihan ukuran yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

Tips Memilih Menspad Kain Terbaik

Pilih Tipe Sesuai Kebutuhan

Buat kamu yang belum pernah membeli menspad kain sebelumnya, mungkin kamu akan bingung dengan banyaknya tipe yang dijual di pasaran. Memilih tipe yang tepat sangat penting karena ini berpengaruh pada kenyamanan dan kemudahan ketika mencucinya.

Menspad kain tersedia dalam model menyatu yang dilengkapi kancing di kedua sisinya. Modelnya mirip dengan pembalut sekali pakai, namun biasanya bahan kainnya tebal sehingga sedikit sulit untuk dibersihkan.

Kemudian ada tipe lipat yang berbentuk persegi panjang dan harus dilipat 3 kali. Menspad model ini bisa dipakai dua kali dan sangat nyaman ketika aliran darah sedang deras-derasnya.

Terakhir ada pembalut kain dengan insert yang bisa diganti sesuai kebutuhan. Tipe terakhir ini sangat mudah untuk dipersihkan.

Pastikan Panjang Pembalut Pas

Semua wanita pasti tahu kalau ukuran pembalut yang tepat akan membuatmu lebih nyaman dalam menjalani aktivitas. Sama seperti pembalut sekali pakai, menspad kain juga hadir dalam berbagai macam ukuran berbeda.

Pastikan kamu membeli menspad yang bisa kamu pakai sesuai dengan derasnya aliran darah menstruasi. Jika kamu masih bingung dan belum yakin, biasanya menspad tersedia dalam satu paket sekaligus yang berisi pembalut siang, malam, dan pembalut ekstra panjang.

Perhatikan Bahan Pembuatnya

Bahan menspad kain yang terbaik tentu saja adalah bahan katun yang harus dan mampu menyerap keringat. Katun memastikan sirkulasi udara di sekitar area kewanitaan tetap lancar. Sayangnya, tidak semua menspad kain terbuat dari katun.

Oleh karena itu, kamu harus benar-benar pintar dalam memilih bahan yang tepat. Hindari bahan-bahan seperti sea sponge yang tipis karena berpotensi masih mengandung bakteri dan kotoran. Perhatikan dengan baik bahan pembuat menspad sebelum membelinya.

Beli Menspad dengan Motif Lucu Kesukaanmu

Ketika wanita sedang menstruasi, suasana hati mereka cenderung tidak menentu. Untuk membuat mood-mu sedikit lebih baik, pilih menspad dengan berbagai motif dan warna yang lucu. Melihatnya saja pasti akan membuatmu merasa senang. Selain bermotif, menspad juga hadir dalam warna polos atau warna putih yang klasik seperti pembalut sekali pakai.

Pastikan Pengganti Lapisannya Tersedia

Lapisan kain penyerap cairan di bagian dalam menspad bisa diganti ketika sudah terlalu lama digunakan. Penting untuk memastikan pengganti lapisan untuk menspad juga tersedia. Sebelum membeli menspad, cek dulu apakah mereka juga menjual pengganti lapisannya sehingga nantinya kamu tidak perlu kebingungan jika hanya ingin membeli lapisan dalamnya saja.

Cara Mencuci Pembalut Kain

Rendam dengan Air Dingin

Setelah selesai menggunakan menspad, siapkan air dingin dalam wadah khusus. Rendam menspad ke dalam air dingin, pastikan sisi yang terkena darah berada di bagian bawah untuk lebih mudah menghilangkan darah. Tidak perlu menambahkan sabun atau deterjen ke dalam air rendaman.

Cuci Menggunakan Sabun yang Ringan

Langkah kedua dalam mencuci menspad adalah membersihkan permukaannya. Jika bagian dalam menspad bisa dilepas, maka lepaskan dulu agar bisa dicuci dengan sempurna. Saat kamu mencuci menspad, gunakan sabun mandi yang formulanya lebih ringan. Oh iya, kamu tidak perlu mengucek menspad terlalu keras, cukup gosok saja perlahan agar tidak merusak permukaan kainnya.

Bilas dengan Air Mengalir

Pastikan menspad sudah benar-benar bersih dari darah menstruasi sebelum dibilas. Cara membilasnya mudah, yaitu di bawah air mengalir hingga bersih dan sama sekali tidak berbusa. Cukup tekan menspad secara perlahan untuk mengeluarkan semua airnya, lalu jemur hingga kering.

Rekomendasi Menspad Kain Cuci Ulang untuk Menemani Fase Bulananmu

Yuspin Super Night Use

Memilih menspad untuk malam hari harus ekstra hati-hati. Ketika tidur, tanpa sadar kamu akan banyak bergerak dan menyebabkan pembalut mudah bergeser. Oleh karena itu, pastikan menspad di malam hari lebih panjang dibandingkan dengan menspad yang dipakai di siang hari.

Yuspin Super Night Use bisa jadi pilihan yang tepat. Pembalut ini memiliki ukuran 35 cm dan cukup tipis sehingga lebih nyaman kamu pakai. Dengan menggunakan menspad ini, kamu tidak perlu khawatir terjadi kebocoran di malam hari.

Bahan pembuat menspad ini adalah kain katun yang berkualitas dan mampu menyerap keringat dengan baik. Selain itu, menspad ini juga dilengkapi dengan teknologi antibakteri khusus dari Jerman. Menspad yang satu ini bisa kamu pakai hingga 2 tahun lamanya.

Harga Rp. 100.000-150.000

Clubebe Menstrual Pad

Membawa menspad cadangan ketika sedang pergi ke luar rumah sangat penting untuk berjaga-jaga jika kamu harus berganti karena cairan sudah terlalu penuh. Untuk itu kamu perlu menspad yang berukuran kecil supaya mudah dibawa kemana-mana.

Clubebe Menstrual Pad siap menemani kamu selama beraktivitas. Menspad ini hadir dalam 2 ukuran yaitu 25 cm dan 33 cm serta bisa dilipat hingga ukuran kecil. Lapisan luar menspad terbuat dari bahan poliester yang dilaminasi untuk mencegah bocor.

Sementara insert-nya terbuat dari microfleece lembut yang bisa menyerap keringat dengan baik sehingga area kewanitaan tidak lembap.

Harga Rp. 20.000-40.000

BabyClo Menstrual Pad

Saat menstruasi, bau tidak sedap di area kewanitaan menjadi masalah tersendiri buat kaum wanita. Kamu pasti sering merasa tidak pede karena hal ini, bukan?

Tenang saja, ada BabyClo Menstrual Pad yang bisa kamu andalkan. Menspad ini terbuat daru bahan bamboo terry yang memastikan kamu tetap kering dan nyaman sepanjang hari. Bahan khusus ini bisa tetap kering meski aliran darah sedang deras-derasnya.

Kelebihan lain BabyClo Menstrual Pad tentu saja adalah mampu menteralkan berbagai macam aroma tidak sedap yang keluar ketika menstruasi. Menspad ini juga hadir dengan pilihan motif bunga cantik yang bisa kamu koleksi.

Harga Rp. 40.000-150.000

Hannahpad Medium

Hannahpad adalah merek menstrual pad yang sudah terkenal dan dipercaya, tidak hanya di Indonesia tetap juga di mancanegara. Menspad ini hadir dalam varian motif yang lucu dan terbuat dari bahan berkualitas unggul.

Bahan pembuat menspad adalah katun organik yang ramah pada kulit, dijamin tidak akan menyebabkan gatal dan kemerahan. Cocok banget nih untuk kamu yang punya kulit sensitif. Dengan memakai menspad ini, dipastikan area kewanitaanmu akan tetap kering dan kamu akan merasa lebih nyaman sepanjang hari.

Harga Rp. 300.000-350.000

Menstrual Pad Regular Baby Oz

Menstrual pad atau menspad dari bahan kain memang jauh lebih ramah lingkungan dan lebih sehat karena tidak mengandung bahan kimia apapun. Menstrual Pad Regular Baby Oz menjadi produk selanjutnya yang direkomendasikan untuk kamu.

Menspad ini dilengkapi dengan insert yang lembut dan nyaman di kulit sehingga tidak akan membuat kulit jadi iritasi. Kainnya juga sudah dilaminasi dengan lapisan waterproof untuk mencegah cairan agar tidak bocor. Kancing yang tersemat pada menspad juga memastikan posisinya tidak bergeser meskipun kamu banyak bergerak. Insert menspad juga bisa diganti ketika aliran darah sedang deras.

Harga Rp. 34.000-72.000

Queen-V Maxi Menspad

Pembalut kain atau menspad kain tidak sekadar ramah lingkungan dan bebas bahan kimia saja lho. Menggunakan menspad yang bisa dicuci ulang juga lebih hemat karena kamu tidak perlu membeli menspad baru setiap bulan. Setelah dipakai, kamu bisa mencucinya hingga bersih untuk dipakai lagi di kemudian hari.

Sama seperti Queen-V Maxi Menspad ini. Ini adalah menspad dengan panjang 35 cm untuk digunakan di malam hari. Dilengkapi dengan kancing yang dikaitkan agar pembalut tidak mudah bergeser saat dipakai. Menspad yang satu ini juga bisa dipakai sebanyak 36 kali!

Harga Rp. 15.000-80.000

Nadnad by Sakina Night Menspad

Kaum wanita sering khawatir di malam hari ketika mereka sedang menstruasi. Ini karena gerakan saat tidur tanpa disadari membuat menspad bergeser hingga menyebabkan tembus. Kini kamu bisa tidur dengan nyenyak karena ada Nadnad by Sakina Night Menspad.

Pembalut kain ini memiliki panjang 35 cm untuk memastikan kamu tetap terlindungi sepanjang malam. Menspad ini terbuat dari bahan katun dan diadora yang nyaman serta mampu menyerap keringat dengan baik. Kamu juga bisa membeli satu paket menspad yang terdiri dari pantyliner, pembalut siang, dam pembalut malam.

Harga Rp. 15.000-60.000

Demibumi Menstrual Pad

Jika kamu mencari menspad yang insert-nya mudah dilepas pasang, maka Demibumi Menstrual Pad bisa jadi pilihan yang tepat. Menspad ini tersedia dalam 3 ukuran yaitu 20 cm, 25 cm, dan 32 cm yang bisa kamu pakai sesuai kebutuhan. Kamu bisa memasukkan satu atau dua insert, sesuai dengan derasnya cairan pada saat itu.

Sementara untuk bahan pembuatnya, Demibumi Menstrual Pad terbuat dari bahan katun nan lembut dan berkualitas. Tidak diragukan lagi, produk ini tentunya ramah lingkungan dan bisa dicuci berulang kali.

Harga Rp. 60.000-200.000

KindKain Reusable Menstrual Pad

KindKain Reusable Menstrual Pad bisa jadi pilihan menspad yang tepat untukmu. Dengan misi untuk mengurangi sampah dan membuat kaum hawa tetap nyaman selama menstruasi, KindKain menghadirkan produk terbaik mereka.

Menspad kain ini dibuat secara khusus dengan bagian luar yang antiair untuk menjadikan pembalut ini tahan bocor. Sementara bagian dalam atau insert pembalut terbuat dari bahan microfleece yang nyaman dan aman untuk kulit sensitif kamu.

Dilengkapi juga dengan kantong tambahan untuk menambah insert ketika kamu merasa cairan sedang deras. Masa pakai pembalut ini adalah sekitar 2-7 tahun.

Harga Rp. 50.000-70.000

Faaza Night Menspad Pack

Faaza Night Menspad Pack menjadi produk pembalut cuci ulang terakhir yang direkomendasikan kepada kamu. Pembalut ini dirancang khusus untuk pemakaian di malam hari, sehingga kamu tetap bisa tidur dengan nyenyak tanpa khawatir. Satu pak terdiri dari 6 buah menspad kain yang bisa kamu pakai berulang kali.

Menspad ini didesain dengan sayap lebar agar tidak mudah bergeser dan tidak bocor ke samping. Pembalut kain ini juga relatif lebih aman karena tidak mengandung bahan kimia sama sekali.

Harga Rp. 34.000-170.000
From our editorial team

Jangan Lupa Bawa Cadangan Saat ke Luar Rumah

Setelah membaca rekomendasi BP-Guide di atas, kini kamu tahu bahwa menspad kain lebih aman, hemat, dan ramah lingkungan, bukan? Nah, ketika kamu akan bepergian ke luar rumah, jangan lupa untuk membawa cadangan insert pembalut ya. Sehingga jika kamu merasa pembalut sudah penuh, kamu bisa menambahkan insert ke dalamnya!