10 Rekomendasi Pembalut yang Aman dan Tanpa Klorin agar Kamu Tenang Menggunakannya (2020)

10 Rekomendasi Pembalut yang Aman dan Tanpa Klorin agar Kamu Tenang Menggunakannya (2020)

Sumber gambar freepik.com

Penemuan kandungan klorin dalam produk pembalut wanita tentu sangat meresahkan karena zat ini berbahaya. Namun, dengan rekomendasi produk pembalut yang aman bebas klorin dari BP-Guide berikut ini, kamu pasti akan semakin nyaman dan tenang. Simak deh apa aja rekomendasinya.

Klorin yang Dipakai untuk Memutihkan Produk Kerap Digunakan pada Pembalut

Sumber gambar insider.com

Pembalut adalah kebutuhan wanita yang tidak bisa digantikan. Ketika siklus menstruasi datang tiap bulan, pembalut bertugas untuk menghalau aliran darah kotor dari area intim agar tidak tembus hingga ke pakaian. Karena bersentuhan langsung dengan organ vital, maka jenis pembalut yang dipilih harus benar-benar diperhatikan kualitasnya.

Kabar yang sempat beredar pada tahun 2015 lalu mengungkapkan bahwa pembalut wanita di Indonesia memiliki kandungan klorin atau zat pemutih yang berbahaya. Tentu saja kabar ini sangat meresahkan kaum wanita, karena klorin biasa digunakan untuk memutihkan baju dan kertas. Jika sampai menyentuh jaringan lunak pada tubuh seperti mata, paru-paru, dan tenggorokan maka dampaknya sangat berbahaya bagi kesehatan.

Oleh karena itu, sebelum memutuskan menggunakan merek pembalut tertentu, sebaiknya cari tahu dulu berbagai kandungannya. Organ vital sangat penting bagi wanita, sehingga kesehatan dan kebersihannya harus selalu dijaga.

Bahaya Klorin untuk Kesehatan

Masalah pada Kulit

Sumber gambar theconversation.com

Klorin adalah zat yang tergolong keras dan rentan menimbulkan alergi pada kulit, sistem pernapasan, dan mata. Zat ini juga banyak ditemukan di kolam renang untuk membersihkan bakteri yang ada di air. Kalau kamu sering mengalami ruam merah setelah berenang, itu artinya kamu mengalami alergi akibat klorin.

Alergi ini disebut juga dengan dermatitis kontak. Gejala-gejala dermatitis kontak yang harus diwaspadai antara lain adalah kulit kering dan pecah-pecah, terdapat bercak merah gatal pada kulit; kulit terasa terbakar dan panas, hingga yang paling parah adalah munculnya luka melepuh yang terasa menyakitkan.

Kesulitan Bernapas

Sumber gambar chemistanddruggies.co.uk

Seperti yang sudah disebutkan di atas, klorin bisa memberikan dampak negatif bagi pernapasan. Tidak heran jika salah satu dampak yang muncul akibat kontak dengan klorin adalah kesulitan bernapas.

Dulu klorin sempat digunakan untuk memutihkan tampon, namun penggunaan klorin pada produk pembalut dan pantyliner dihentikan mulai tahun 1990-an. Ini karena klorin bisa sangat berbahaya jika bersentuhan dengan selaput lendir pada organ kewanitaan karena salah satu akibat terburuknya adalah membuat kamu menjadi sulit bernapas.

Mual dan Muntah

Sumber gambar www.clevelandclinic.org

Paparan klorin yang berlebihan juga bisa memicu mual dan muntah. Tidak hanya itu, jika manusia terpapar klorin dalam jumlah besar maka beberapa gejala yang muncul antara lain adalah penglihatan kabur, sensasi nyeri terbakar pada kulit, kemerahan dan lecet jika langsung bersentuhan dengan klorin, hingga munculnya cairan pada paru-paru. Reaksi yang muncul akibat kontak dengan klorin harus segera ditangani agar tidak semakin bertambah parah.

Memicu Kanker

Fungsi lain dari zat klorin adalah sebagai bahan pembuat disinfektan yang sangat umum digunakan di seluruh dunia. Padahal klorin sudah terbukti berbahaya bagi kesehatan. Komposisi zat klorin dalam pembalut wanita juga dinilai tidak aman karena memiliki sifat karsinogenik atau mampu memicu kanker.

Jaga Kesehatan dan Kebersihan Area Kewanitaan Kamu

Membersihkan dengan Cermat

Sumber gambar hipandhealthy.com

Merawat kebersihan tubuh sama pentingnya dengan merawat kecantikan kulit wajah. Sayangnya, banyak wanita yang masih menganggap remeh kebersihan area intim mereka. Ketika menstruasi, sebaiknya ganti pembalut setiap 3 hingga 4 jam sekali untuk mencegah terjadinya kelembapan. Area yang lembap adalah tempat berkembang biak yang sangat nyaman untuk bakteri.Jika perdarahan banyak, maka pembalut harus lebih sering lagi diganti.

Setiap mandi, bersihkan organ intim dengan air mengalir. Lakukan hal yang sama juga ketika mengganti pembalut, sehabis buang air kecil, dan sehabis buang air besar.

Rajin Mengganti Celana Dalam

Sumber gambar lifealth.com

Sebagai area yang tertutup, organ intim memang rawan dengan kelembapan. Di sinilah jamur dan bakteri penyebab penyakit bisa berkembang biak dengan mudah. Agar area kewanitaan tetap kering dan bersih, rajinlah mengganti celana dalam meski tidak sedang mensturasi.

Jangan lupa juga untuk memiliki celana dalam yang terbuat dari bahan ringan, adem, dan menyerap keringat. Bahan celana dalam yang terbaik adalah kain katun. Pastikan celana dalam benar-benar kering dan bersih sebelum digunakan.

Rajin Minum Air Putih dan Makan Makanan Bernutrisi

Asupan makanan yang bergizi dan rajin minum air putih sangat penting untuk menjaga kesehatan organ intim. Makanan seperti sayur, kacang-kacangan, susu, dan telur sangat baik untuk menunjang kesehatan organ reproduksi wanita.

Setiap harinya, kamu juga harus minum yang cukup agar seluruh bagian tubuh terhidrasi dengan sempurna, tidak terkecuali organ kewanitaan. Buat kamu yang suka ngopi, batasi konsumsi kopi maksimal 2 cangkir sehari demi menjaga kesehatan organ intim.

Pilih Pembalut Tanpa Klorin

Sumber gambar freepik.com

Ini dia yang tidak kalah penting. Gunakanlah pembalut yang aman dan terasa nyaman karena benda ini akan bersentuhan langsung dengan area intimmu. Hindari produk yang mengandung bahan berbahaya seperti klorin, wewangian, dan bahan-bahan yang lainnya. Klorin dapat mengganggu kesehatan area intim, menyebabkan gatal-gatal, keputihan, hingga iritasi.

Rekomendai Produk Pembalut Tanpa Klorin yang Lebih Aman

Softex Daun Sirih Slim

Rekomendasi produk pertama datang dari Softex Daun Sirih Slim. Pembalut wanita yang satu ini dapat menyerap dan mengunci cairan seketika, menjaga area kewanitaan agar tetap kering selama menstruasi. Kandungan ekstrak daun sirih alami mencegah munculnya bau tidak sedap, membuatmu tetap segar dan percaya diri.

Pembalut ini juga mengandung antiseptik untuk mencegah pertumbuhan bakteri. Kamu pun tetap merasa nyaman dan bebas beraktivitas seharian. Keunggulan lain dari produk ini adalah sudah teruji hypoallergenic sehingga tidak menimbulkan alergi pada kulit.

Harga Rp. 3.900-7.000

Bagus Nina Night Wing

Menstruasi adalah sebuah siklus bulanan yang terjadi pada wanita usia produktif. Datangnya sebulan sekali dan berlangsung selama 5 sampai 7 hari. Selama itu, wanita harus menggunakan pembalut pada organ intimnya untuk menyerap perdarahan dari menstruasi. Pada periode ini, wanita juga mengalami ketidakstabilan hormon yang membuat mereka mudah marah, lebih sensitif, dan mudah lelah.

Akibatnya, semangat untuk beraktivitas ikut menurun. Namun dengan menggunakan pembalut yang tepat, kamu akan merasa nyaman meski harus tetap aktif selama menstruasi.

Bagus Nina Night Wing adalah pembalut yang aman dan berkualitas yang bisa kamu pilih. Varian yang satu ini dilengkapi dengan sayap untuk mencegahnya bergeser. Dengan daya serap ekstra yang tetap menjaga kamu tetap kering, tidak bocor, dan nyaman selama beraktivitas.

Harga Rp. 16.000-110.000

Laurier Healthy Skin Night Wing

Laurier termasuk pemain lama dalam pasar pembalut di Indonesia. Merek ini terus melakukan inovasi pada produk mereka demi memberikan yang terbaik bagi para konsumennya. Salah satu produknya adalah Laurier Healthy Skin Night Wing.

Keunggulan yang ditawarkan antara lain adalah inovasi 3D dengan pori-pori bergelombang yang mampu menyerap cairan seketika. Produk ini juga meningkatkan sirkulasi udara hingga 80% untuk menjaga permukaannya tetap kering dan tidak lembap.

Tersedia dalam 2 macam pilihan yaitu panjang 30 cm dan panjang 35 cm yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Bagian belakang pembalut dibuat lebih lebar untuk mencegah agar tidak tembus saat kamu tidur di malam hari.

Harga Rp. 12.300-12.500

Avail Feminine Comfort Day Use

Avail Feminine Comfort Day Use adalah produk berkualitas tinggi yang dibuat untuk kenyamanan dan menjaga kesehatan area intim wanita. Produk ini sudah terbukti tidak mengandung arsenik, timah, tembaga, E.coli, dan Salmonella.

Dibuat dengan 100% kapas berkualitas tinggi yang tidak mudah tembus, diperkaya gel untuk daya serap semakin maksimal. Pembalut ini juga tidak mengandung bahan pemutih, sehingga sangat aman digunakan. Kandungan antiseptik di dalamnya mampu membunuh kuman dan bakteri secara efektif. Tidak hanya itu, pembalut ini juga diperkaya dengan 17 jenis herbal alami yang berkhasiat untuk kesehatan.

Harga Rp. 24.000-39.500

Longrich Anion Superbklean Day Use

Produk yang satu ini memiliki manfaat yang luar biasa untuk kamu yang sedang menstruasi. Longrich Anion Superbklean Day Usedapat mencegah terjadinya bau tidak sedap, gatal-gatal, infeksi, miom, dan kanker serviks. Pembalut ini memiliki daya serap tinggi yang dijamin tidak mudah bocor dan menjaga area intim tetap kering dan nyaman sepanjang hari.

Kamu yang sering mengalami nyeri atau kram perut saat menstruasi juga disarankan menggunakan produk ini lho. Terbuat dari bahan arang bambu alami yang nyaman dan aman. Keunggulan lain dari produk ini adalah terdiri dari 8 lapisan yang masing-masing memiliki fungsi untuk menjaga kesehatanmu.

Harga Rp. 69.000-109.700

KK Indonesia Natesh Pembalut Herbal Night Use

Satu lagi nih pembalut herbal yang dikenal aman untuk digunakan selama menstruasi. KK Indonesia Natesh Pembalut Herbal Night Use bekerja melemahkan bakteri, jamur, virus, dan parasit yang berbahaya untuk organ kewanitaan. Diperkaya dengan kandungan herbal pada lapisan pembalutnya yang bisa mencegah terjadinya iritasi dan gatal-gatal.

Pembalut dan pantyliner dari merek ini juga sangat tipis, yaitu kurang dari 1 cm. Dijamin tidak akan mengganggu gerakmu karena terasa seperti tidak memakai pembalut. Lima kandungan bahan herbal yang ada di dalamnya antara lain adalah borneol, mint, lidah buaya, dan lain-lain yang membuatmu terasa sejuk dan segar.

Produk ini juga membantu mengurangi nyeri menstruasi berlebih, melancarkan haid, mencegah gatal, infeksi, bau tidak sedap, kista, dan mioma.

Harga Rp. 37.000-43.555

Kotex Maxi Wing Daun Sirih Pembalut Wanita

Kotex Maxi Wing Daun Sirih Pembalut Wanita adalah pembalut yang menawarkan Complete V Care sebagai unggulan utama. Membuatmu merasa tetap percaya diri dan aktif menjalani kegiatan meski aliran menstruasi sedang deras. Kamu pun bisa menjalani aktivitas tanpa takut bocor dan lembap.

Pembalut ini diperkaya dengan ekstrak daun sirih yang dapat melindungi area kewanitaan dari bau tidak sedap. Saluran antikerutnya dirancang untuk mencegah kebocoran dan menyerap cairan seketika. Bahan pembalut yang halus dan lembut ini akan membuatmu merasa nyaman seharian.

Harga Rp. 15.000-17.000

Charm Cooling Fresh Wing Pembalut

Rasa lembap dan basah di area kewanitaan memang membuat kamu risih saat menstruasi. Kini tidak perlu bingung lagi karena ada Charm Cooling Fresh Wing. Pembalut yang diperkaya dengan ekstrak mint ini akan membuatmu merasa segar, anti gerah, dan tidak lembap.

Diperkaya dengan pori serap ekstra yang maksimal untuk mencegah bocor meski aliran sedang deras. Ketebalannya pas sehingga tidak membuatmu merasa terganjal saat sedang menstruasi. Kamu pun akan tetap percaya diri menjalani semua aktivitasmu.

Harga Rp. 24.300-38.640

Hers Protex Soft Care Maxi Wing

Hers Protex Soft Care Maxi Wing dirancang khusus untuk kamu wanita aktif dengan banyak kegiatan setiap hari. Tersedia dalam 4 varian berbeda yang bisa kamu pilih sesuai kebutuhanmu. Pembalut ini diperkaya dengan kandungan triclosan yang membuatnya lebih higienis dan dapat mencegah bakteri dan anti iritasi. Bahan khusus perforated PE Film dapat menyerap cairan secara cepat dan seketika, membuatmu tetap kering sepanjang waktu.

Lapisan ultra gel berdaya serap tinggi mengikat cairan menjadi jelly sehingga permukaan pembalut tetap kering. Rasakan kenyamanannya dan kamu pun akan lupa kalau kamu sedang menstruasi!

Harga Rp. 5.200-7.000

LONGRICH PVC Superbklean Napkin Longrich Pembalut

Nyeri di perut adalah gangguan yang sangat tidak nyaman selama menstruasi. Ternyata kuman dan bakteri yang berkembang biak di pembalut bisa menjadi salah satu penyebab nyeri tersebut. Gunakan LONGRICH PVC Superbklean Napkin Longrich Pembalut yang dirancang khusus untuk memberi kenyamanan pada wanita.

Diperkaya dengan anion, Far Infrared, dan biomagnetik untuk membantu membunuh kuman dan bakteri di area vagina, mencegah iritasi dan bau, serta melindungi dan menyehatkan organ intim. Produk ini tersedia dalam 4 varian yaitu Day, Night, Panty, dan Night Flow.

Harga Rp. 338.400-346.000
From our editorial team

Jaga Kesehatan Organ Intim Mulai Sekarang Ya!

Kesehatan organ intim tidak boleh disepelekan lho. Pastikan organ ini tetap sehat dengan menggunakan pembalut yang aman dan bebas dari klorin. Berbagai produk rekomendasi BP-Guide di atas akan membuatmu semakin nyaman meski sedang datang bulang. Aktivitas pun tetap lancar seperti biasa.

Tag