Bebas Iritasi dengan 10 Rekomendasi Pembalut yang Nyaman dan Sehat (2020)

Bebas Iritasi dengan 10 Rekomendasi Pembalut yang Nyaman dan Sehat (2020)

Pemakaian pembalut setiap kali menstruasi jadi suatu keharusan bagi setiap wanita. Tak jarang, pembalut membuat kulit sekitar area kewanitaan menjadi iritasi yang jelas menimbulkan rasa perih dan tak nyaman. Untuk mengatasinya, pilihlah pembalut berkualitas yang terbuat dari bahan yang aman dan mampu mencegah iritasi kulit. Nah, simak rekomendasi pembalut ternyaman pilihan BP-Guide, yuk!

Menstruasi Merupakan Siklus Alamiah yang Dialami oleh Wanita Setiap Bulan

Memasuki usia remaja, wanita dengan sistem reproduksi sehat akan mengalami menstruasi setiap bulannya. Menstruasi merupakan siklus alami berupa keluarnya darah dari vagina. Darah yang keluar ini berasal dari peluruhan dinding rahim (endometrium). Dinding yang dipenuhi oleh pembuluh darah ini akan terus terbentuk dan luruh setiap siklusnya yang menandakan tidak terjadi kehamilan.

Dan sebaliknya, jika seorang wanita tidak mengalami menstruasi, bisa jadi ia sedang hamil atau malah mengalami gangguan sistem reproduksi. Untuk menghadapi siklus bulanan ini, setiap menstruasi para wanita akan menggunakan pembalut agar darah yang keluar tidak bocor dan menempel ke mana-mana.

Keunggulan Pembalut Dibandingkan Produk Lain

Memiliki Ragam Jenis

Pembalut menjadi kebutuhan pokok wanita setiap bulannya karena tanpa pembalut darah menstruasi akan menembus celana. Untuk menjawab kebutuhan para wanita, berbagai produk pembalut pun dihadirkan dengan banyak pilihan dan jenis yang beragam. Ada pembalut yang berbentuk biasa saja dan ada yang bersayap, yakni yang memiliki perekat kiri dan kanan untuk mencegah pembalut bergeser saat beraktivitas.

Ada pula pembalut yang tebalnya standar dan ada pula yang tipis bahkan ultra slim namun dengan daya serap yang tinggi. Untuk panjang pembalut sendiri juga sangat beragam. Setiap wanita pun bisa memilih pembalut ternyaman menurutnya yang sesuai dengan kebutuhan.

Mudah Digunakan

Pembalut yang berguna untuk menyerap darah menstruasi ini berbentuk persegi panjang. Sedangkan permukaannya lembut dengan bantalan seperti kapas yang halus. Untuk pemakaiannya pun sangat mudah dan praktis.

Cukup dengan menempelkan bagian pembalut yang memiliki perekat pada celana dalam. Setelah pembalut penuh oleh darah maka tinggal dilepas dan dibuang. Dalam sehari, pembalut harus sering diganti agar kebersihan organ kewanitaan terjaga.

Namun terdengar pula kabar bahwa tidak semua jenis pembalut yang aman digunakan karena beberapa produk pembalut malah mengandung zat kimia yang bisa memicu kanker rahim. Jadi, alangkah baiknya sebagai wanita kita lebih bijak dalam memilih produk pembalut, terlebih jika berhubungan langsung dengan kesehatan.

Mudah Didapatkan

Selain pembalut, masih ada produk lain yang dapat digunakan untuk menampung darah menstruasi yang dimasukkan ke dalam vagina. Namun, kebanyakan wanita lebih nyaman memakai pembalut yang lebih praktis digunakan kapan saja.

Selain itu, pembalut juga sangat mudah didapat karena bisa ditemukan di berbagai tempat perbelanjaan. Tentunya ini juga menjadi faktor mengapa banyak wanita memilih pembalut sekali pakai yang praktis dan antirepot ini.

Kekurangan Pembalut Dibandingkan Produk Lain

Dapat Menyebabkan Iritasi

Di balik keunggulan yang dimiliki pembalut, ternyata produk yang satu ini juga memiliki kekurangan. Yang mana pembalut dapat menyebabkan iritasi jika tidak digunakan dengan benar. Pembalut bisa menimbulkan iritasi pada area kewanitaan jika tidak diganti secara berkala. Setidaknya, gantilah pembalut setiap 6 jam sekali untuk menghindari iritasi.

Kondisi area kewanitaan yang lembab tidak hanya dapat memicu iritasi, tapi juga bisa mengundang bakteri yang bisa mengganggu kesehatan. Jadi, jangan sampai malas mengganti pembalut meski darah yang keluar tidak begitu banyak. Menjaga kebersihan daerah kewanitaan itu sangat penting, lho!

Penyumbang Limbah Sampah

Satu lagi kekurangan dari pembalut yang sulit terurai ini adalah turut menjadi penyumbang limbah sampah di dunia. Di Indonesia saja, sampah pembalut jumlahnya mencapai sekitar 1,4 miliar per bulannya. Hal ini dikarenakan banyak produk pembalut mengandung klorin, salah satu bahan kimia berbahaya yang sangat tidak ramah lingkungan.

Solusi untuk permasalahan ini, ada produk lain untuk menampung darah haid yang lebih ramah lingkungan dan diklaim lebih sehat. Karena itu, penting juga untuk memilih pembalut yang lebih sehat dan ramah lingkungan. Berikut ada beberapa rekomendasi pembalut ternyaman yang ada di Indonesia yang patut untuk kamu coba. Selain terbuat dari bahan yang berkualitas, pembalut ini juga aman dengan beragam manfaat kesehatan.

Rekomendasi Merek Pembalut Paling Nyaman di Indonesia

Whisper

Pembalut hadir dalam berbagai merek yang membuat para wanita terkadang bingung memilih. Salah satu pembalut ternyaman yang patut kamu coba adalah Whisper. Satu di antara banyak variannya adalah Whisper Regular Flow Wings ( 20 pads) yang bisa membuat kamu tetap nyaman, bersih, dan segar saat menstruasi.

Pembalut ini dapat menyerap cairan menstruasi dengan sempurna. Sayap pelindungnya akan mencegah kebocoran sehingga kamu tidak perlu khawatir. Ruang gerakmu tidak akan terganggu karena pembalut ini memiliki desain yang tipis.

Harga Rp. 26.000-35.000

Hibis

Hibis termasuk salah satu produk pembalut ternyaman namun masih sedikit asing bagi kebanyakan wanita. Hibis (Herb in Beauty is Sparkle) merupakan pembalut yang baik untuk kesehatan dengan kandungan bahan alami seperti aloevera, borneo champor, houttuynia cordata, yi mu cau, lavender, dan herba menthae. Pembalut dengan permukaan selembut kapas ini tidak hanya sekedar menampung darah haid, tapi juga memiliki banyak khasiat lainnya.

Seperti melancarkan peredaran darah saat haid, mempercepat pengeluaran darah saat nifas, membersihkan gumpalan darah, mengurangi nyeri haid, mencegah kista dan kanker leher rahim, menghilangkan bau amis saat haid, dan mengurangi kuman dan bakteri penyebab keputihan. Pembalut ini memiliki gel penyerap dan kertas sirkulasi udara dengan lapisan permukaan berupa kain yang nyaman.

Harga Rp. 16.740-20.000

V Class

Salah satu pembalut ternyaman dan aman untuk wanita adalah V Class dari Softex. Pembalut dengan bantalan elastis dan Double Block Line ini antikerut yang bantalannya akan kembali ke bentuk semua. Permukaan pembalut pun terasa lembut di kulit karena memiliki lapisan yang dapat menjaga sirkulasi udara sehingga area kewanitaan tetap kering.

Salah satu varian dari V Class yang bisa kamu coba adalah Nightwing Soft. Pembalut yang didesain khusus untuk penggunaan saat tidur di malam hari ini memiliki panjang 35 cm untuk mencegah bocor. Pembalut bersayap ini juga memiliki daya serap yang baik dan akan mengunci cairan berkat teknologi Triange Liquid Lock dan Center 3D Funnel.

Harga Rp. 9.500

Seventh Generation

Seventh Generation merupakan merk pembalut asal Amerika yang aman, sehat dan bebas klorin serta bahan kimia berbahaya lainnya. Pembalut dengan kandungan bahan alami ini juga bebas pewangi dan hipoalergenik.

Pembalut ternyaman ini memiliki permukaan yang sangat lembut dan dilengkapi dengan sayap berkontur untuk perlindungan maksimal. Pembalut yang ultra tipis ini pun hadir dengan PureFit Flexible Protection untuk kenyamanan ekstra dan bebas bocor.

Harga Rp. 149.000

Sco

Sco merupakan pembalut ternyaman dengan manfaat kesehatan yang juga wajib kamu coba. Produk yang dipasarkan oleh SCo Int. Indonesia diproses melalui teknologi tinggi oleh Dongguan Dongmei Paper Co.Ltd Chine. Pembalut herbal alami ini terbuat dari 100% kapas asli sehingga benar-benar aman untuk kesehatan.

Pembalut dengan kandungan 17 bio herbal alami ini memiliki daya serap yang tinggi dan dipastikan sehat dan higienis karena terbebas dari kandungan dioxin. Dioxin merupakan zat klorin yang umum digunakan dalam proses daur ulang bahan pembalut wanita. Dioxin ini juga diketahui dapat memicu masalah kesehatan seperti myom, kista, kanker serviks, dan kanker payudara.

Harga Rp. 14.500-15.500

Bagus Nina

Produk pembalut ternyaman lainnya adalah Bagus Nina dari Bagus Group. Pembalut wanita ini memiliki daya serap ultra karena dibekali dengan super gel sehingga membuat kamu tetap merasa kering. Teknologi Dry-Feel Surface juga akan membuat kamu merasa segar dan nyaman sepanjang hari.

Pembalut ini juga antibocor karena memiliki block line yang mencegah pembalut berkerut. Kamu juga tidak perlu khawatir kulit jadi iritasi karena pembalut juga didesian breathable yang dapat melepas udara lembab selama pemakaian.

Harga Rp. 13.600-160.600

Natesh

Natesh ini merupakan produk pembalut berkualitas dan menjadi produk best seller yang sudah meraih Golden Awards dari ICET, Taiwan, lho! Keunggulan produk Natesh adalah kandungan nano silver dan magnetnya yang dapat membunuh kuman sehingga mampu melindungi area kewanitaan dari infeksi jamur, virus, bakteri, dan parasit lainnya.

Teknologi Far Infra Red dan ion pada pembalut dapat melancarkan peredaran daerah sekitar area reproduksi. Daya serapnya yang tinggi membuat kamu tetap nyaman dan kering tanpa merasa gatal. Lapisan pembalut juga dirancang breathable untuk mencegah lembab, iritasi, dan keputihan.

Pembalut juga mengandung ekstrak herbal untuk mengurangi dan mencegah bau tak sedap pada area kewanitaan. Manfaat lain dari pembalut Natesh adalah dapat melancarkan haid, meringankan nyeri pinggang, hingga dapat mencegah dan meringankan wasir/hemoroid.

Harga Rp. 25.000-30.000

Avail

Satu lagi pembalut yang diproses dengan bio teknologi adalah Avail Bio Sanitary Pad. Pembalut dengan kandungan 17 herbal alami ini terbuat dari kapas yang tidak mudah tembus.

Pembalut ini juga bebas dari racun dan kandungan florensen, arsenic, tembaga, timah, plumbum, e.Coli, salmonela dan stafilokokus setelah diuji oleh Health Sciences Authority dan Chem Vi Laboraty Sdn Bhd, Malaysia.

Tentunya pembalut berdaya serap tinggi ini juga bebas dari klorin. Desainnya pun unik yang mampu mencegah bocor sehingga kamu tetap bisa bergerak aktif sepanjang hari dengan nyaman.

Harga Rp. 23.899-25.000

Natracare

Memilih pembalut sebaiknya yang benar-benar aman untuk kesehatan dan nyaman dikenakan. Salah satu produk pembalut terbaik yang bisa kamu pilih adalah Natracare. Natracare juga menjadi pembalut ternyaman yang terbuat dari 100% kapas organik dengan kualitas tinggi.

Pembalut bersayap dengan desain slim ini cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Pembalut ini pun bebas dari kandungan bahan kimia berbahaya seperti klorin dan juga bebas pewangi dan plastik.

Harga Rp. 91.000-96.000

Tiens

Tiens, merupakan pembalut yang diproduksi dengan teknik Double Cores yang menggabungkan oksigen dan ion negatif sehingga dapat mencegah bakteri. Tidak hanya itu, pembalut ini juga dapat meningkatkan metabolisme dan daya tahan tubuh, mencegah penggumpalan darah, keletihan, dan bau tak sedap.

Pembalut ini pun memiliki lapisan permukaan yang lembut dan halus dengan sirkulasi udara yang baik. Daya serapnya pun tinggi karena memiliki lapisan yang unik sehingga kamu tidak perlu khawatir akan terjadi bocor meski kamu bergerak aktif. Pembalut juga memiliki lapisan pengerat yang dibuat dengan teknologi baru. Dengan pembalut ini kamu akan tetap merasa nyaman, kering, dan bebas gatal.

Harga Rp. 29.500-39.900
From our editorial team

Yuk, Beralih ke Pembalut yang Lebih Aman dan Sehat!

Tentunya, banyak wanita yang memilih pembalut berdasarkan kenyamanan dan kemampuan pembalut dalam mencegah kebocoran. Jika kamu termasuk salah satunya, ada baiknya sekarang mulai mempertimbangkan untuk memilih pembalut yang jelas lebih aman untuk kesehatan dan ramah lingkungan.