Area Kewanitaan juga Perlu Dibersihkan, Gunakan Salah Satu dari 10 Rekomendasi Produk Pembersih Wanita Ini (2019)

Area Kewanitaan juga Perlu Dibersihkan, Gunakan Salah Satu dari 10 Rekomendasi Produk Pembersih Wanita Ini (2019)

Area kewanitaan tak boleh luput dari pengawasan. Oleh karena itu, kamu harus menjaga kebersihan dan kesehatannya. Nah, kalau kamu ingin mencari produk untuk kebersihan organ intim, simak ulasan BP-Guide di bawah ini.

Organ Kewanitaan Harus Selalu Dijaga

Sumber gambar Shutterstock

Organ intim wanita harus selalu diperhatikan kebersihan dan kesehatannya. Jika kita abai dengan hal ini, maka sejumlah masalah bisa muncul dan berdampak pada kesuburan. Kondisi vagina yang tidak wajar seperti muncul bau yang tajam, muncul cairan yang tidak wajar, serta terasa gatal atau terbakar bisa jadi merupakan pertanda adanya infeksi atau bakteri yang disebabkan oleh jamur atau bakteri.

Tips agar Organ Kewanitaan Tak Menimbulkan Bau Tak Sedap

Bersihkan Setiap Kali Selesai Buang Air Kecil

Sumber gambar Shutterstock

Penting bagi area vagina untuk selalu kering dan bersih. Vagina ini rentan terkena jamur, bakteri, parasit, hingga virus, sehingga tidak boleh basah atau lembap. Pastikan agar kamu selalu menyeka vagina setelah buang air.

Jangan Gunakan Sabun yang Mengandung Pewangi

Sumber gambar Shutterstock

Daerah kewanitaan memang sangat unik karena bisa membersihkan bagiannya sendiri sehingga kamu tak perlu lagi membersihkannya dengan sabun. Namun, jika kurang puas kamu bisa menggunakan sabun khusus miss V berbahan daun sirih. Sebaiknya sabun ini tak digunakan terlalu sering dan tak juga disarankan untuk bagian dalam vagina.

Hindari sabun dengan pewangi. Alih-alih membuat daerah V menjadi lebih wangi, ternyata sabun pembersih dengan pewangi tambahan dapat mengganggu kesehatannya dan menyebabkan infeksi hingga iritasi.



Pilih Pembalut yang Tidak Mengandung Pewangi

Sumber gambar Shutterstock

Rasa gatal dan kemerahan pada organ intim saat haid bisa terjadi karena iritasi akibat pembalut yang kamu gunakan. Jika kulitmu kering dan sensitif, hindarilah pembalut dengan pewangi atau parfum. Pilihlah pembalut normal tak berbau, supaya tidak terjadi iritasi pada daerah V.

Sebenarnya penambahan parfum pada pembalut tidak diperlukan karena bau amis darah tidak akan tercium dari luar saat kamu haid dan menggunakan pembalut.

Selalu Ganti Celana Dalam

Sumber gambar Shutterstock

Celana dalam yang kamu kenakan wajib selalu diperhatikan dan gantilah setiap hari. Jika tak memperhatikan kebersihan celana dalam yang kamu kenakan, maka akan timbul rasa gatal dan bau tak sedap.

Tak sembarang celana dalam yang bisa kamu kenakan. Untuk memberikan perlindungan secara sempurna, pilihlah celana dalam katun untuk melindungi daerah V. Bahan katun merupakan bahan ideal karena menyerap kelembapan dari keringat dan memungkinkan kulit bernapas.

10 Rekomendasi Sabun Pembersih Daerah Kewanitaan

Sumber Ayu Pembersih Pearly White

Sumber gambar Tokopedia

Karena sering sekali mucul di televisi, pasti kamu sudah tak asing lagi dengan sabun pembersih daerah kewanitaan Sumber Ayu. Dibuat dari bahan-bahan alami, Sumber Ayu Triple Whitening Pearly White akan membantu memelihara area kewanitaan.

Sabun ini memiliki formula pH 3.5 yang dapat mengurangi bau tak sedap dan memelihara vagina. Sabun ini juga diperkaya dengan ekstrak bengkuang, licorice, dan susu yang akan membuatnya kulit di daerah selangkangan tampak cerah.

Sumber Ayu Triple Whitening Pearly White 200 ml dapat dibeli di Tokopedia seharga Rp 28.500 untuk kemasan 200 ml.

Lactacyd Herbal Pesona Area V Clean & Nourish

Sumber gambar Orami

Sabun pembersih vagina dengan kombinasi ekstrak daun sirih, susu, dan sari bunga mawar dari Lactacyid diklaim mampu menjaga kebersihan daerah kewanitaan secara lembut.

Dengan wangi yang sangat menyegarkan, sabun pembersih ini dikemas dalam botol berukuran 60 ml yang praktis dibawa kemana saja. Sabun tersebut sangat mudah dibilas.

Produk ini memiliki kadar pH yang sesuai dengan kondisi alami kulit. Lactacyd Herbal 60ml dapat kamu beli di Orami seharga Rp 17.100.

Purbasari Sabun Sirih Manjakani Whitening

Sumber gambar Tokopedia

Purbasari juga membuat sabun area kewanitaan yang siap mengusir masalah keputihan, bau tak sedap saat haid, serta membantu mengatasi kelembapan.

Aman digunakan karena memiliki formula pH 3,5. Sabun tersebut diperkaya dengan ekstrak manjakani untuk memberi rasa kesat dan triple action formula yang siap mengurangi bau tak sedap.

Selain itu produk ini mengandung bahan mulberry, bearberry, lycorice, dan lemon untuk mencerahkan. Purbasari Sabun Sirih Feminine Manjakani dijual oleh Tokopedia seharga Rp 12.500 untuk kemasan 125 ml.

Resik-V Pembersih Whitening Manjakani

Sumber gambar Tokopedia

Resik-V memang sudah teruji klinis dan merupakan produk halal. Dibuat dari bahan bengkuang pilihan berkonsentrasi tinggi dan manjakani asli Persia, produk ini diklaim mampu mencerahkan area miss V dua kali lebih cerah. Selain itu, mampu membersihkan, mengurangi bau, serta mengencangkan area kewanitaanmu.

Dijual dalam kemasan 90 ml, kamu dapat membeli Resik-V Pembersih Whitening Manjakani di Shopee seharga Rp 16.500.

Resik-V Godokan Sirih

Sumber gambar Kino

Air godokan sirih asli yang konon dipercaya ampuh untuk menjaga daerah kewanitaan dari gangguan keputihan, gatal, dan bau tak sedap, kini hadir dalam kemasan praktis dan higienis.

Berguna sebagai antiseptik alami untuk mengatasi berbagai jamur, Resik-V Godokan Sirih terbuat dari air rebusan daun sirih dan diperkaya dengan ekstrak pinang dan rumput fatimah.

Produk ini teruji secara mikrobiologis membantu mengurangi jumlah jamur penyebab keputihan. Resik-v Godokan Sirih 100ML - Pembersih Kewanitaan dijual seharga Rp 15.200 di Tokopedia.

Bali Alus Sabun Sirih V Liquid

Sumber gambar Tokopedia

Ingin menjadikan miss V lebih kesat, bebas bau, serta gatal? Bali Alus Sabun Sirih V Liquid bisa jadi produk pembersih organ intim wanita pilihanmu.

Terbuat dari bahan herbal terbaik, seperti akar pinang, ekstrak sirih, daun intaran, dan jeruk nipis, sabun pembersih ini akan membantu daerah kewanitaanmu keset dan tidak berbau. Kamu juga akan merasakan sensasi lebih segar dan bersih setelah menggunakannya. Produk ini bisa dibeli di Tokopedia seharga Rp 22.000.

Herborist Daun Sirih

Sumber gambar Tokopedia

Memiliki manfaat khusus untuk mengencangkan organ kewanitaan dan meningkatkan gairah seksual, Herborist Daun Sirih Floral Bouquent merupakan sabun pembersih antiseptik khusus yang diperkaya dengan bahan-bahan alami.

Kamu tak perlu kehilangan kepercayaan diri lagi karena sabun pembersih ini akan mengurangi bau tak sedap karena kandungan ekstrak daun sirih, teh hijau, dan diformulasi khusus dengan pH 3.5. Kandungan ini juga dapat membersihkan serta menyehatkan organ intim. Sudah bersertifikat Halal, produk ini bisa dibeli di Tokopedia seharga Rp 9.000 untuk kemasan 120 ml.

Betadine Feminine Hygiene

Sumber gambar Tokopedia


Betadine Feminine Hygiene adalah sabun pembersih kewanitaan dengan kandungan Povidone-Iodine 10% yang dapat mengatasi bakteri, jamur, dan parasit penyebab keputihan dan gatal. Pembersih ini juga akan membantumu dalam mengatasi gejala infeksi saat menstruasi. Betadine Feminine Hygiene dijual di Tokopedia seharga Rp 25.000 untuk kemasan 60 ml.

Sebamed Feminine Intimate Wash pH 3.8

Sumber gambar JD

Sebamed Feminine Intimate Wash merupakan pembersih dengan pH 3.8-6.8 yang sangat aman bagi wanita, termasuk ibu hamil dan menyusui.

Kandungan pH yang ada di dalam pembersih ini sangat cocok digunakan oleh para wanita setelah melahirkan serta menopause karena dapat mencegah vaginitis dan berbagai iritasi.

Sebamed Feminine Intimate Wash bebas dari kandungan alkali. Merupakan pembersih yang sangat lembut, produk ini akan menetralkan kekeringan yang terjadi akibat perubahan keseimbangan hormonal.

Sebamed Feminine Intimate Wash dengan aroma yang menenangkan dijual dengan harga Rp 164.000 di JD.

Absolute Feminine Hygiene

Sumber gambar Tokopedia

Tak perlu was-was kulit area V menjadi kering saat menggunakan pembersih organ intim karena Absolute Feminine Hygiene sudah diformulasi dengan vitamin E tambahan sebagai pelembap yang akan mengatasi kekhawatiranmu. Terdapat pula kandungan ekstrak chamomile yang dapat mencegah iritasi, bau tak sedap, dan rasa tak nyaman serta ekstrak daun zaitun yang mengurangi rasa gatal dan bakteri yang merugikan.

Produk ini sangat cocok digunakan oleh wanita berusia 40 tahun ke atas karena pH yang sesuai, yaitu antara 3.5- 6.8. Absolute Feminine Hygiene bisa dibeli di Tokopedia seharga Rp 37.500 untuk kemasan 150 ml.

From our editorial team

Sabun Pembersih Area Wanita

Dari semua rekomendasi BP-Guide untuk produk kewanitaan, kamu bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhanmu. Pilihlah produk yang berbahan alami agar aman untuk merawat organ intim sehingga selalu sehat.