Masih Pakai Cotton Bud Membersihkan Telinga? Ini 9 Rekomendasi Alat Pembersih Telinga yang Aman Digunakan

Masih Pakai Cotton Bud Membersihkan Telinga? Ini 9 Rekomendasi Alat Pembersih Telinga yang Aman Digunakan

Anda masih cotton bud sebagai pembersih telinga? Mulai sekarang, yuk ganti dengan alat lain yang lebih aman bagi telinga Anda. Beberapa produk yang direkomendasikan dan diulas oleh BP-Guide berikut tentunya bisa jadi bahan pertimbangan Anda.

Telinga, Salah Satu Panca Indra yang Harus Dijaga Kesehatannya

Ketika manusia semakin tua, panca indranya semakin melemah. Tetapi, jika kesehatan panca indra tidak dijaga, panca indra Anda akan melemah sebelum menua. Salah satu panca indra yang rentan melemah jika tidak dijaga kebersihannya adalah telinga.

Kesehatan telinga yang terjaga sedini mungkin akan menurunkan risiko tuli ketika Anda tua nanti. Maka dari itu, mulailah untuk menjaga kesehatan dan kebersihan telinga Anda.

Tips Menjaga Kesehatan Telinga

Hindari Penggunaan Cotton Bud

Apakah Anda sudah merasa telinga Anda bersih karena rutin membersihkannya dengan cotton bud? Anggapan seperti ini ternyata salah besar, meskipun memiliki fungsi untuk membersihkan telinga, ternyata cotton bud justru memperbesar risiko untuk merusak indra pendengaran Anda.

Bagaimana tidak, memasukkan cotton bud ke dalam telinga justru membuatnya mendorong kotoran hingga masuk ke dalam, hal ini dapat membuat organ sensitif dalam telinga Anda seperti gendang telinga dapat rusak. Maka dari itu, hindarilah menggunakan cotton bud jika ingin membersihkan telinga Anda.

Waspada dengan Ear Candle

Ear candle adalah praktik pembersihan telinga yang telah populer di Asia, Eropa, dan bahkan Amerika Utara. Praktik ini memanfaatkan lilin untuk membersihkan telinga dan dipercaya dapat membersihkan telinga Anda dari kotoran dan racun.

Sayangnya, ear candle memiliki potensi bahaya yang tinggi, karena penempatan lilin dan api sangat dekat dengan wajah. Tidak hanya itu, alat pembersih ini juga memiliki risiko untuk merusak gendang telinga Anda.

Jaga Telinga Tetap Kering

Infeksi dan iritasi pada telinga Anda biasanya disebabkan oleh bakteri yang tumbuh pada kondisi telinga yang lembap. Untuk menghambat pertumbuhan bakteri di telinga, jagalah agar tetap kering.

Cara yang paling efektif untuk mencegah kelembapan berlebih dari telinga Anda adalah mengeringkan menggunakan handuk ketika telinga basah. Bagi Anda yang suka berenang, gunakanlah penyumbat telinga agar telinga Anda tidak banyak kemasukan air.

Hindarkan dari Suara Keras dan Penggunaan Earphone Berlebihan

Pendengaran Anda dapat berkurang kemampuannya dan bahkan memiliki risiko tuli jika telinga mendengar suara yang kelas dalam jangka waktu yang lama. Maka dari itu, hindarilah berada di tempat yang memiliki suara yang bising. Jika tidak dapat dihindari, gunakanlah pelindung telinga untuk membuat telinga Anda tetap nyaman.

Tidak hanya suara keras dari lingkungan, suara dari earphone juga dapat merusak telinga Anda. Agar telinga Anda tetap sehat ketika mendengar musik di earphone, aturlah volumenya agar tidak terlalu besar dan berhentilah setelah pemakaian lebih dari satu jam.

9 Rekomendasi Alat Pembersih Telinga yang Aman Digunakan

Wax Vac Ear Cleaner Alat Pembersih Telinga

Sumber gambar www.blibli.com

Wax Vac Ear Cleaner Alat Pembersih Telinga adalah alat pembersih telinga yang aman untuk rongga telinga. Pembersih telinga yang terbuat dari bahan silikon yang lembut ini memiliki 6 corong dan dilengkapi dengan penahan keamanan agar alat ini tidak terlalu dalam masuk ke telinga Anda.

Agar lat pembersih telinga ini tetap bersih, terdapat sikat pembersih untuk membersihkan wax vac setelah digunakan. Anda bisa mendapatkan produk ini dengan melakukan pembelian di Blibli dengan harga Rp 30.000 atau bisa juga di Shopee dengan harga Rp 35.000.

Flashlight Earpick Ear Cleaner Alat Pembersih Telinga-Rose Gold

Sumber gambar www.blibli.com

Flashlight Earpick Ear Cleaner Alat Pembersih Telinga-Rose Gold adalah pembersih telinga yang terbuat dari bahan PC dan penutupnya yang terbuat dari paduan alumunium, sehingga kuat, tahan lama, dan nyaman di genggaman.

Pembersih berwarna rose gold ini memiliki ukuran 14,5 x 3,5 x 1,2 cm dan dilengkapi dengan dua jenis kepala pengangkat yang cocok untuk orang dewasa dan juga anak-anak.

Agar rongga telinga Anda dapat terlihat jelas, produk ini juga dilengkapi dengan lampu LED. Anda bisa memiliki produk ini dengan melakukan pembelian di Blibli dengan harga hanya Rp 45.000.

Akana's Visual USB WiFi LED Light Endoscope with Ear Cleaning Spoon

Sumber gambar www.blibli.com

Akana's Visual USB WiFi LED Light Endoscope with Ear Cleaning Spoon adalah pembersih telinga yang memiliki ukuran 15 x 1 x 0,55 cm dan berat 25 g. Menggunakan produk ini, telinga Anda akan menjadi bersih maksimal, karena menggunakan kamera endoskop yang dipadu dengan WiFi Transmitter.

Agar kotoran rongga telinga Anda terlihat dengan jelas, pembersih ini dilengkapi dengan 6 titik lampu LED. Anda bisa mendapatkan produk ini dengan melakukan pembelian di Blibli dengan harga hanya Rp 390.000.

Smart Swab Pembersih Telinga

Sumber gambar www.blibli.com

Smart Swab Pembersih Telinga adalah pembersih kotoran telinga yang terbuat dari bahan karet lembut pada bagian ujungnya, sehingga dapat membersihkan telinga Anda tanpa membuatnya terluka.

Cara pemakaian dari produk ini sangatlah mudah, Anda hanya memasukkan alat ini ke dalam lubang telinga dan putar dan tarik perlahan. Semua kotoran dari telinga Anda dapat terbawa keluar dan telinga Anda bersih sempurna. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga hanya Rp 37.500.

HBS Korek Kuping Flashlight Earpick LED - Putih

Sumber gambar www.blibli.com

HBS Korek Kuping Flashlight Earpick LED - Putih adalah pembersih telinga berwarna putih dari HBS. Korek kuping ini dapat membersihkan telinga Anda secara maksimal, karena dilengkapi dengan lampu LED yang membuat Anda dapat melihat dan membersihkan kotoran di telinga Anda.

Alat pembersihnya sangat lengkap terdiri dari sendok kecil untuk telinga bayi dan anak-anak, sendok besar untuk telinga dewasa, serta penjepit atau pinset. Anda bisa mendapatkan produk ini di Blibli dengan harga hanya Rp 10.000.

Oogie Bear Ear & Nose Cleanser

Sumber gambar www.tokopedia.com

Oogie bear ear & nose cleanser adalah pembersih telinga yang terbuat dari bahan latex dan tidak mengandung BPA dan PVC, sehingga aman untuk telinga Anda.

Pembersih dari Oogie Bear ini memiliki dua sisi yang berbeda bentuknya, ujung yang berbentuk loop dapat digunakan untuk menarik kotoran yang lengket dan ujung yang berbentuk sekop dapat mengangkat kotoran yang kering.

Anda bisa memiliki alat pembersih ini dengan melakukan pembelian di Tokopedia dengan harga Rp 169.000.

Pembersih Telinga LED Anak Motif Kartun

Sumber gambar www.tokopedia.com

Pembersih telinga LED anak Motif Kartun adalah pembersih telinga yang terbuat dari bahan plastik dan komponen elektronik serta memiliki motif kartun yang disukai anak-anak. Pembersih yang memiliki ukuran 10,8 x 1 cm ini dilengkapi dengan lampu LED untuk membuat kotoran di telinga anak Anda terlihat jelas.

Lampu senternya menyala dengan bantuan 3 baterai kecil. Pembersih telinga ini dapat membuat anak Anda suka untuk membersihkan telinga. Anda bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia dengan harga Rp 6.800.

The Doctor's Ear Wax Cleaner

Sumber gambar www.tokopedia.com

The Doctor's Ear Wax Cleaner adalah alat pembersih yang dapat membersihkan telinga Anda dengan nyaman dan aman. Karena keamanan dan cara kerjanya yang praktis dan efektif, pembersih ini direkomendasikan oleh dokter THT untuk menjaga kebersihan telinga Anda.

Dengan alat ini, telinga Anda akan bersih maksimal dan tidak seperti menggunakan cotton bud yang berpotensi membahayakan. Anda bisa mendapatkan alat pembersih ini dengan melakukan pembelian di Tokopedia dengan harga Rp 85.000.

Pembersih Telinga Anak Kamera - Ear Cleaning Endoscope

Sumber gambar www.tokopedia.com

Pembersih Telinga Anak Kamera - Ear Cleaning Endoscope adalah alat pembersih yang dilengkapi dengan mikro-kamera eltroknik untuk membersihkan telinga anak Anda secara maksimal. Lensa ultra kecil dengan piksel HD yang berukuran 5,5 mm ini dapat membuat rongga telinga dan kotoran di telinga anak Anda terlihat dengan jelas.

Tidak hanya itu, pembersih telinga anak ini juga dilengkapi dengan lampu 6 buah LED super terang sehingga dapat melihat lubang telinga anak dengan jelas. Anda bisa mendapatkan pembersih telinga yang terbuat dari bahan plastik dan logam ini dengan harga Rp 145.000 di Tokopedia.

From our editorial team

Jangan Sembarangan Membersihkan Telinga, Gunakan Produk yang Terjamin

Mengabaikan kesehatan telinga bisa menimbulkan penyakit. Tentu berbahaya, bukan? Oleh karena itu, hindari penggunaan pembersih biasa dan ganti pembersih telinga Anda dengan produk yang direkomendasikan oleh BP-Guide di atas, yah.