Cara Praktis Merawat Gigi dan Kesehatan Mulut dengan 6 Rekomendasi Produk Perawatan Gigi Ini

Cara Praktis Merawat Gigi dan Kesehatan Mulut dengan 6 Rekomendasi Produk Perawatan Gigi Ini

Gigi adalah anggota tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Dengan gigi yang sehat dan bersih, Anda pun akan lebih percaya diri. BP-Guide akan memberikan cara-cara merawat gigi yang praktis dan mudah dengan beberapa produk perawatan gigi.

Perawatan Gigi Adalah Hal Penting dalam Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Sumber gambar djfongdds.com

Gigi adalah organ tubuh yang harus dijaga kesehatannya. Merawat gigi menjadi kewajiban bagi semua orang, mulai dari anak-anak, dewasa, hingga lansia. Merawat gigi bisa dilakukan dengan banyak cara, yang paling sederhana adalah rajin menggosok gigi.

Mengapa merawat kesehatan gigi dan mulut begitu penting? Menurut sebuah penelitian, gigi dan mulut yang tidak sehat bisa menimbulkan komplikasi penyakit yang lebih serius lagi. Banyaknya bakteri yang tertinggal akan berkembang dan menyebar ke bagian tubuh yang lain, menyebabkan timbulnya penyakit.

Manfaat Perawatan Gigi bagi Tubuh dan Kesehatan

Sumber gambar absolutedental.com

Jika gigi bersih dan terawat, Anda pasti menjadi lebih percaya diri untuk tersenyum di depan orang lain. Namun, manfaat perawatan gigi tidak sebatas itu saja, lho. Dengan gigi yang sehat, kualitas hidup Anda semakin meningkat. Makan menjadi lebih nyaman dan aktivitas tidak terganggu karena sakit gigi.

Manfaat lain yang bisa didapatkan antara lain adalah menurunnya risiko penyakit jantung yang diakibatkan oleh peradangan kronis pada gigi dan mulut. Selain itu, merawat kesehatan gigi juga berdampak positif terhadap peningkatkan daya ingat pada orang dewasa.

Tips Perawatan Gigi dan Gusi agar Makin Percaya Diri

Gunakan Pasta Gigi yang Mengandung Fluorida

Sumber gambar huffingtonpost.com.au

Menggosok gigi adalah cara merawat gigi yang paling sederhana. Pilih pasta gigi dengan kandungan fluoride yang dapat mencegah karies gigi secara efektif. Kadar fluoride yang dibutuhkan gigi agar dapat membersihkan secara maksimal adalah 950 ppm. Sementara kebanyakan produk pasta gigi yang dijual di pasaran tidak mengandung fluoride dalam jumlah kadar tersebut. Pasta gigi dengan kandungan fluoride yang dianjurkan dapat dibeli di poliklinik gigi.

Sikat Gigi Secara Rutin

Sumber gambar showandtellonline.co.au

Rajin menggosok gigi adalah kebiasaan yang tidak boleh dilewatkan. Saat menggosok gigi, plak dan sisa makanan yang masih menempel dapat dibersihkan sehingga tidak akan menumpuk dan menyebabkan kerusakan pada gigi. Gosok gigi setidaknya 2 sampai 3 kali sehari. Jangan melebihi jumlah tersebut karena justru akan merusak email alami gigi dan membahayakan gusi.

Lakukan Pemeriksaan ke Dokter Gigi

Sumber gambar dentalcareireland.ie

Memeriksakan kesehatan gigi ke dokter sangatlah penting. Jangan menunggu gigi bermasalah baru Anda pergi ke dokter. Sayangnya kebanyakan orang justru mengabaikan hal ini. Padahal kerusakan kecil pada gigi bisa berdampak buruk bagi kesehatan tubuh secara keseluruhan lho. Periksakan gigi secara rutin ke dokter gigi setidaknya setiap 6 bulan sekali untuk mencegah kerusakan gigi yang lebih parah.

Berkumur dengan Menggunakan Larutan Pembersih Mulut

Sumber gambar netdoctor.co.uk

Untuk membersihkan mulut secara maksimal, gunakan larutan pencuci mulut. Meskipun demikian, Anda tidak bisa mengganti sikat gigi dengan berkumur saja. Larutan pembersih mulut hanya sekadar menyegarkan napas saja, namun tidak bisa membersihkan kotoran pada gigi dan mulut secara maksimal. Fungsi dari larutan pembersih mulut adalah melindungi gigi, mencegah infeksi karena jamur, dan membuat napas menjadi lebih segar.

Batasi Konsumsi Makanan Tinggi Gula dan Minuman Bersoda

Makanan yang Anda makan ternyata bisa menyebabkan kerusakan pada gigi. Terlalu banyak mengonsumsi makanan manis dan minuman bersoda dapat membuat gigi berlubang. Bakteri penyebab gigi berlubang tumbuh dan berkembang akibat sisa-sisa makanan yang masih menempel dan tidak dibersihkan.

Sementara itu kandungan fosfat dan asam sitrat dalam minuman bersoda dapat merusak email gigi. Terlalu banyak minum minuman bersoda bisa menyebabkan gigi retak dan cepat membusuk. Pastikan Anda meminum banyak air putih setelah makan makanan yang manis dan minuman bersoda.

6 Rekomendasi Produk Perawatan Gigi untuk Menjaga Kesehatan Gigi dan Mulut

Nicefeel Pembersih Karang Gigi Alami

Sumber gambar bukalapak.com

Bersihkan karang gigi sendiri dengan Nicefeel Pembersih Karang Gigi Alami. Dengan tekanan air 1.800 denyut per detik, Anda bisa membersihkan plak yang tertinggal pada gigi tanpa rasa sakit berlebihan. Manfaat lain dari alat ini adalah mencegah pembentukan plak dan karang gigi, memutihkan gigi secara alami, dan menyegarkan napas.

Nicefeel Pembersih Karang Gigi Alami tersedia di Bukalapak dengan harga Rp 910.000 dan di Shopee dengan harga Rp 962.000.

Luma Smile Alat Pemutih Gigi

Sumber gambar lazada.co.id

Gigi yang putih bersih adalah idaman semua orang. Hilangkan noda pada gigi dengan Luma Smile Alat Pemutih Gigi untuk gigi yang putih alami. Alat ini sangat mudah digunakan dengan tombol on/off untuk mengoperasikannya. Selain itu juga dilengkapi dengan fitur keselamatan di mana alat akan berhenti secara otomatis jika Anda terlalu banyak melakukan tekanan.

Satu set alat ini terdiri dari 1 buah alat pembersih dan 4 buah polishing cup cadangan. Cukup gunakan 3 kali seminggu selama 5 menit sekali pakai. Luma Smile Alat Pemutih Gigi dapat dibeli di Lazada dengan harga Rp 72.355.

Oral Plus Pemutih Gigi Alami

Sumber gambar blibli.com

Banyak faktor yang menyebabkan warna gigi menjadi kuning. Misalnya sisa makanan yang masih tertinggal di gigi atau kebiasaan merokok. Kembalikan warna putih alami gigi dengan Oral Plus Pemutih Gigi Alami. Terbuat dari 100% bahan herbal alami yang bisa mencegah kerusakan pada gigi, membunuh kuman dan bakteri, serta memutihkan gigi secara alami. Produk ini cocok untuk anak-anak dan orang dewasa yang khususnya perokok. Oral Plus Pemutih Gigi Alami dapat dibeli di Blibli dengan harga Rp 270.000.

Trainer Alignment Orthodontic Retainer Alat Perapih Gigi

Sumber gambar blibli.com

Gigi yang rapi dan tertata bisa meningkatkan kepercayaan diri seseorang. Merapikan gigi dengan kawat gigi di dokter gigi tentu saja memakan biaya yang mahal.

Anda bisa merapikan gigi sendiri dengan Trainer Alignment Orthodontic Retainer Alat Perapih Gigi. Alat ini dibuat melalui riset yang melibatkan pakar ortho dengan bentuk yang disesuaikan dengan gigi dan mulut orang dewasa. Dapat mengarahkan gigi menuju bentuk ideal dan sangat nyaman dipakai.

Trainer Alignment Orthodontic Retainer Alat Perapih Gigi terbuat dari bahan karet silicon polyurethane dan dapat dibeli di Blibli dengan harga Rp 49.000.

Power Floss Dental Water Jet Semprotan Pembersih Kotoran Sela Gigi

Sumber gambar blibli.com

Sikat gigi kadang tidak mampu membersihkan gigi hingga ke sela-sela yang terdalam. Untuk itulah Anda membutuhkan Power Floss Dental Water Jet Semprotan Pembersih Kotoran Sela Gigi. Dengan semprotan tenaga air yang kuat, alat ini dapat membersihkan kotoran hingga ke gigi terdalam dengan mudah. sangat mudah digunakan hanya dengan menekan tombol, aman dan nyaman. Power Floss Dental Water Jet Semprotan Pembersih Kotoran Sela Gigi tersedia di Blibli dengan harga Rp 95.000.

Toko Bagus Indo Dental Care & Plaque Remover Pembersih Karang & Gigi [8 pcs]

Sumber gambar blibli.com

Karang gigi memang sangat buruk untuk gigi. Tidak hanya menimbulkan berbagai macam penyakit, keberadaan karang gigi bisa membuat penampilan menjadi tidak sempurna, lho. Belum lagi bau napas menjadi tidak sedap.

Toko Bagus Indo Dental Care & Plaque Remover Pembersih Karang & Gigi 8 pcs adalah solusi yang tepat untuk Anda. Satu set terdiri dari sikat gigi, pembersih lidah, cermin khusus gigi, dental pick untuk menghilangkan karang gigi, serta benang gigi untuk membersihkan kotoran di sela-sela gigi.

Dapatkan Toko Bagus Indo Dental Care & Plaque Remover Pembersih Karang & Gigi 8 pcs di Blibli dengan harga Rp 55.000.

From our editorial team

Kesehatan Gigi Berpengaruh Terhadap Kesehatan Tubuh

Menjaga kesehatan gigi lebih dari sekedar mendapatkan senyum indah dan napas segar saja. Penyakit yang menyerang gigi ternyata bisa berdampak pada kesehatan tubuh secara keseluruhan. Setelah membaca artikel dari BP-Guide di atas, Anda pasti paham bagaimana cara merawat gigi dengan baik, bukan?