10 Rekomendasi Aromaterapi yang Bisa Mengusir Nyamuk dan Menenangkan Tubuh (2018)

10 Rekomendasi Aromaterapi yang Bisa Mengusir Nyamuk dan Menenangkan Tubuh (2018)

Aromaterapi menjadi salah satu cara untuk membuat tubuh dan pikiran menjadi rileks. Tapi tahu nggak sih kalau BP-Guide punya rekomendasi aromaterapi yang sekaligus bisa usir nyamuk, lho! Yuk, cari tahu melalui artikel ini.

Selain Bermanfaat bagi Tubuh dan Pikiran, Aromaterapi juga Bisa Digunakan sebagai Pengusir Nyamuk

Sumber gambar idntimes.com

Pernah kebingungan mengatasi rasa letih, penat dan ingin merasa rileks ketika beristirahat? Rasa nyaman setelah melakukan aktivitas seharian bisa kamu dapatkan dengan membuat ruang santai atau rumah terasa nyaman. Selain menjaga kebersihan, kamu bisa menggunakan produk aromaterapi sebagai pendukung relaksasi.

Produk aromaterapi ini biasanya dibuat dari tumbuhan dalam berbagai macam bentuk mulai dari minyak esensial hingga lilin. Aroma dari produk ini umumnya memberikan rasa nyaman dan tenang serta sensasi yang berbeda-beda, tergantung dari bahan pembuatnya. Melati misalnya, memberi efek menyejukkan sementara lavender cocok buat kamu yang ingin sensasi ketenangan.

Beberapa tumbuhan yang dibuat ke dalam bentuk aromaterapi, selain baik untuk tubuh dan pikiran, juga bisa bermanfaat ekstra sebagai pengusir nyamuk. Ada beberapa jenis tanaman yang sering dipakai untuk menjaga kamu dari bahaya gigitan nyamuk seperti serai, catnip, marigold, rosemary, basil dan geranium.

Tips Menggunakan Essential Oil

Gunakan Minyak Campuran jika Ingin Dioles pada Kulit

Sumber gambar alodokter.com

Minyak esensial umumnya digunakan untuk memberi sensasi nyaman dan sering dipakai untuk pemijatan. Namun, jika ingin mengoles minyak ke kulit sebagai pengharum alami, sebaiknya kamu memilih minyak yang sudah dicampur dengan bahan lainnya. Biasanya, aroma dari minyak esensial untuk pijat ini tidak memiliki wangi yang tajam atau menusuk hidung sehingga nyaman buat kamu yang sensitif terhadap bebauan.

Minyak esensial yang umum dipakai untuk pijat adalah minyak zaitun, minyak almond, atau minyak jojoba. Selain memberi efek tenang dan nyaman, minyak-minyak ini juga termasuk baik bagi kulit karena kandungan vitamin yang ada dalam zaitun, almond, serta jojoba bisa membantu kulit tampak lebih sehat juga lembap.

Jangan Dioles pada Kulit yang sedang Bermasalah

Sumber gambar metrotvnews.com

Meski ingin relaksasi, sebaiknya kamu memerhatikan kondisi kulit terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk menggunakan minyak esensial atau aromaterapi. Sebaiknya, hindari mengoles minyak esensial atau minyak aromaterapi yang tidak dicairkan pada kulit yang sedang bermasalah kecuali produk tersebut memang baik untuk mengatasi gangguan kulit.

Jika ingin memakai minyak esensial sebagai terapi pengobatan masalah kulit, kamu harus cermat. Beberapa yang bisa digunakan adalah minyak dari tea tree, kamomil, mawar dan lavender. Namun, sebaiknya kamu juga hati-hati saat menggunakan minyak esensial ini.

Mengatasi jerawat dengan minyak esensial mungkin bisa dilakukan tetapi jika kondisi kulit sedang dalam penyembuhan luka bakar atau kasus berat lainnya, sebaiknya kamu berkonsultasi dengan ahli medis sebelum menggunakan minyak esensial sebagai terapi pemulihan kulit bermasalah.

Usia Maksimal Minyak Aromaterapi hanya 3 Tahun

Sumber gambar labsatu.com

Kamu juga harus cermat dalam menyimpan minyak aromaterapi atau minyak esensial. Selain menggunakan wadah penyimpanan yang tepat, perhatikan juga suhu ruang penyimpanan agar kualitas minyak aromaterapi bisa tetap terjaga.

Setelah dibuka, minyak esensial dengan banyak kandungan monoterpene memiliki jangka penyimpanan sekitar 1-2 tahun sementara jika mengandung banyak phenol, bisa bertahan lebih lama yakni sampai sekitar 3 tahun. Lain lagi dengan minyak yang mengandung ketone, monoterpene, serta ester bisa bertahan sekitar 4-5 tahun.

Cara Memilih Minyak Aromaterapi yang Berkualitas

Pilih Aromaterapi yang Dikemas dengan Botol Kaca Tidak Tembus Cahaya

Sumber gambar klikdokter.com

Untuk menyimpan, jauhkan wadah minyak aromaterapi dari sinar matahari langsung dan hindari suhu tinggi. Kamu bisa menyimpannya di lemari es dan kencangkan penutup botol serta hindari menyimpan minyak esensial dalam botol atau wadah yang mudah rusak.

Pilih wadah berwarna gelap agar komponen minyak aromaterapi tidak mudah rusak dan simpan dalam tempat yang gelap. Kamu bisa menggunakan botol kaca berwarna gelap seperti warna dark amber atau biru kobalt.

Jika kamu memiliki minyak esensial yang sudah dicairkan, bisa menyimpannya dalam wadah dari bahan plastik atau alumunium. Namun demikian, wadah dari botol kaca bisa jadi opsi terbaik karena bahan plastik bisa berpengaruh terhadap kualitas minyak aromaterapi.

Pilih Merek yang Sudah Terkenal dengan Kualitasnya

Sumber gambar hellosehat.com

Ingin membeli produk aromaterapi tapi bingung memilih? Sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu. Bisa dengan mengunjungi laman pencari virtual atau membaca ulasan dari para pencinta produk aromaterapi. Pilih produk yang kualitasnya sudah dikenal baik dan mendapat sertifikasi jaminan mutu dari lembaga terkait.

Merek internasional yang masuk ke dalam jajaran merek minyak esensial terbaik adalah doTERRA dengan jenis Lavender Essential Oil, Young Living, dan Plant Therapy yang sudah memiliki sertifikasi dari USDA alias United States Department of Agriculture dan menghadirkan enam varian minyak, Aura Cacia, Edens Garden dan Mountain Rose Herbs.

Jika ingin mencari produk yang lebih mudah dijangkau, kamu bisa coba minyak aromaterapi dan esensial dari Organic Supply Co., Haple.id, Nares Essential Oils, serta Wangsa Jelita. Masing-masing jenis minyak bisa disesuaikan dengan kebutuhanmu.

Cari yang Memiliki Sertifikat Keaslian atau Kemurnian

Sumber gambar beritagar.id

Minyak esensial atau aromaterapi mungkin dipandang mahal oleh sebagian orang. Harga yang cukup tinggi ini disebabkan oleh bahan baku berkualitas dan terjamin keasliannya. Minyak aromaterapi atau esensial biasanya didapatkan dari proses ekstrak bebungaan, biji-bijian, daun, akar bahkan kayu. Perusahaan yang memproduksi minyak jenis ini umumnya bergerak di industri minyak atsiri.

Proses yang tidak mudah dengan standar mutu yang bagus serta baik memungkinkan perusahaan minyak atsiri mendapat sertifikasi keaslian, kemurnian serta jaminan mutu. Sertifikasi ini biasanya didapat dari laboratorium kromatografi dan bisa jadi pertimbangan ketika kamu membeli minyak esensial atau minyak aromaterapi.

10 Rekomendasi Aromaterapi Pengusir Nyamuk

Sumber gambar www.atsirich.com

Tidak hanya memiliki efek menenangkan, minyak-minyak ini juga bisa membantu kamu terhindar dari gigitan nyamuk. Cocok dibawa bepergian terutama saat beraktivitas di luar ruangan, berikut rekomendasi minyak aromaterapi yang bisa mengusir nyamuk.

Lilin Anti Nyamuk Aromaterapy Citronela

Sumber gambar shopee.co.id

Citronela adalah jenis tanaman perdu seperti serai yang umumnya digunakan sebagai rempah masakan. Namun, kegunaan serai tidak terbatas untuk makanan dan minuman saja. Tumbuhan ini juga bisa digunakan untuk mengusir nyamuk, meredakan hidung tersumbat, membantu mengatasi migrain, relaksasi, dan juga antibakteri alami.

Salah satu produk aromaterapi dengan kandungan serai yang bisa kamu manfaatkan adalah Lilin Anti Nyamuk Aromaterapy Citronela. Terbuat dari material berkualitas dan tahan hingga 6 jam, produk ini bisa kamu manfaatkan untuk mengusir nyamuk yang mengganggu.

Gunakan tungku aromaterapi dan Lilin Tealight untuk membakar minyak aromaterapi lalu matikan lilin sebelum meninggalkan ruangan. Bisa dibeli seharga Rp 1.250 per batang di Shopee.

Lirum Samurai

Sumber gambar kampusundip.com

Masih pakai obat nyamuk bakar dan sering merasa sesak karena bau asapnya? Kamu bisa beralih ke Lirum Samurai. Lirum alias Lilin Pengharum Ruangan Samurai ini mengandung ekstrak serai yang merupakan tumbuhan alami untuk mengusir nyamuk. Tidak hanya itu saja, Lirum Samurai yang dibanderol seharga Rp 25.000 di fanpage resminya ini juga mengandung zat gelaniol yang tidak disukai nyamuk.

Plant Therapy Organic Peppermint Essential Oil

Sumber gambar www.planttherapy.com

Memiliki nama botani Menthe x piperita, kamu mungkin akrab dengan aneka jenis minuman serta kudapan beraroma peppermint atau mint. Tumbuhan ini tumbuh di Eropa, Asia serta Amerika Utara. Memiliki warna hijau gelap dengan aroma khas, peppermint juga dimanfaatkan sebagai kandungan minyak esensial yang kaya manfaat. Aroma tumbuhan ini sangat tidak disukai nyamuk.

Salah satu produk dengan kandungan peppermint yang bisa kamu pilih adalah Plant Therapy Organic Peppermint Essential Oil. Produk yang diekstraksi dengan metode steam distilasi ini memiliki aroma kuat dengan sensasi sejuk, tajam, juga segar.

Bisa diperoleh di situs resmi Plant Therapy, produk ini dibanderol seharga US$ 7,49 atau Rp 111.531. Perlu dicatat bahwa produk ini tidak dianjurkan bagi anak-anak sehingga sebaiknya dijauhkan dari si kecil di rumah.

Aroma Foundry Basil Essentials Oil

Sumber gambar www.aromafoundry.com

Memiliki nama botani Ocimum basilicum, tumbuhan yang dimanfaatkan bagian daunnya ini memiliki manfaat yang sayang jika dilewatkan. Selain memberi cita rasa pada masakan, basil juga memiliki sifat antiradang, antibakteri bahkan bisa membantu mengatasi penuaan.

Manfaat basil juga baik bagi kamu yang ingin membasmi nyamuk dan salah satu jenis produk yang dapat kamu gunakan sehari-hari adalah Aroma Foundry Basil Essentials Oil. Produk ini bisa kamu dapatkan di laman Aromafoundry seharga $10 atau sekitar Rp 148.907.

Sun Essentials Oil Lemon Eucalyptus

Sumber gambar amazon.com

Kamu bisa coba menggunakan minyak esensial eucalyptus untuk mengusir nyamuk. Tumbuhan yang termasuk dalam famili Myrtaceae ini juga memiliki sejumlah manfaat lain. Bersifat antibakteri, antiradang, antiseptik serta bisa digunakan sebagai disinfektan alami, eucalyptus termasuk sering diproduksi dalam bentuk minyak.

Salah satu produk minyak aromaterapi dengan kandungan eucalyptus yang bisa kamu pilih adalah Sun Essentials Oil Lemon Eucalyptus ini. Diekstrak dari daun serta ranting eucalyptus beraroma lemon, minyak ini juga bisa kamu gunakan sebagai pendukung relaksasi. Dapatkan melalui Amazon seharga $11,99 atau sekitar Rp 178.540.

NOW Foods Tea Tree Oil

Sumber gambar evitamins.com

Tea tree oil selama ini diyakini sebagai minyak yang baik untuk mengatasi masalah pada kulit wajah. Minyak tea tree kerap dimanfaatkan untuk meredakan jerawat dan membuat wajah jadi bebas sebum berlebih dan tampak lebih segar. Ternyata, tidak hanya itu saja. Minyak tea tree juga bisa dimanfaatkan untuk mengusir nyamuk.

Salah satu rekomendasi yang bisa kamu pilih adalah NOW Foods Tea Tree Oil. Diformulasi dengan bahan-bahan murni yang bebas sodium lauryl sulfate (SLS), minyak tea tree juga efektif dimanfaatkan sebagai aromaterapi untuk meningkatkan imunitas serta membantu mengatasi infeksi. Produk ini bebas dari paraben, gluten, fluoride dan bisa membantu mengurangi plak serta memutihkan gigi. Bisa diperoleh di Bukalapak dengan harga Rp 190.000.

Zongle USDA Certified Organic Thyme Essential Oil

Sumber gambar amazon.com

Layaknya basil, thyme juga sering dijadikan rempah untuk meningkatkan cita rasa masakan. Masih tergolong dalam famili mint, thyme telah digunakan sejak zaman kuno dalam berbagai bidang. Tak hanya kuliner, bahkan juga sebagai terapi pengobatan. Hal ini dikarenakan thyme yang mengandung sifat antioksidan dan bisa membantu imunitas serta mendukung sistem pernapasan tubuh. Satu hal yang penting lagi, tanaman ini juga ampuh untuk mengusir nyamuk.

Salah satu produk yang bisa kamu pilih adalah Zongle USDA Certified Organic Thyme Essential Oil. Terbuat dari bahan alami, produk ini bebas dari gluten, paraben, cruelty-free serta bebas transgenik. Dapatkan produk ini seharga $ 26,95 atau sekitar Rp 401.305 di laman resmi Zongletherapeutics dan Amazon.

Floracopeia Vetiver Essential Oil

Sumber gambar shop.goop.com

Memiliki nam botani Chrysopogon zizanioides, tanaman ini juga dikenal dengan nama akar wangi atau narwastu. Setelah diolah menjadi minyak, vetiver memiliki banyak manfaat seperti membantu mengurangi peradangan, membantu menghilangkan bekas luka, berfungsi sebagai tonik, membantu mengatasi insomnia, mempercepat penyembuhan serta mencegah dari infeksi bakteri.

Kebaikan vetiver ini juga bisa kamu peroleh dari Floracopeia Vetiver Essential Oil. Ditumbuhkan di Haiti, minyak ini memiliki aroma yang manis dan bisa membantu kamu saat relaksasi dan mengusir nyamuk. Kamu bisa mencampurnya dengan minyak jojoba untuk pijat atau meneteskan 1-2 tetesan di pergelangan, leher dan dada untuk efek menenangkan. Produk ini bisa kamu peroleh melalui laman resmi Floracopeia seharga $34 atau sekitar Rp 506.285.

NOW Essential Oil Lemongrass

Sumber gambar amazon.com

Sekilas, lemongrass memang tampak mirip dengan citronella. Tidak mengherankan karena kedua tanaman ini adalah “sepupu” sehingga wajar saja jika bentuk tumbuhan ini identik satu sama lain. Namun, kamu bisa membedakan mereka dari bagian batang. Jika bagian batang lemongrass tampak putih, maka batang citronella memiliki warna kemerahan yang khas.

Sama seperti citronella, tumbuhan ini juga kaya akan manfaat. Selain digunakan sebagai bahan masakan, lemongrass dalam bentuk minyak dapat dipakai sebagai aromaterapi untuk membunuh bakteri secara eksternal, membantu menghindari serangga, membantu mengurangi rasa nyeri di tubuh, membantu sistem pencernaan serta meredakan nyeri otot.

NOW Essential Oil Lemongrass bisa jadi produk pilihan yang jadi andalan di rumah atau di mana saja. Terbuat dari 100 persen minyak serai murni, produk ini beraroma lemon dan diekstraksi dengan cara uap suling. Dapat diperoleh melalui Amazon seharga $9,81 atau sekitar Rp 145.929.

Floracopeia Cedar Essential Oil

Sumber gambar www.floracopeia.com

Salah satu tanaman yang sering digunakan untuk membantu mengusir nyamuk adalah cedar. Tumbuhan ini memiliki profil kimia yang cenderung sederhana dan juga dapat membantu mengatasi ketegangan sehingga cocok buat kamu yang mudah panik atau mengalami cemas berlebih.

Manfaat lainnya adalah dapat mengatasi infeksi pada kaki, membantu melancarkan sistem pernapasan, membantu mengatasi insomnia, melancarkan siklus menstruasi, membantu mengatasi kerontokan rambut serta membantu membersihkan kulit.

Tertarik menggunakannya? Kamu bisa coba Floracopeia Cedar Essential Oil berikut ini. Dikemas dalam botol berwarna gelap, minyak ini diekstraksi dengan metode distilasi uap. Minyak ini juga bisa dipadukan bersama melati, rosemary, juniper, lavender, neroli dan cypress. Memiliki aroma yang cukup kuat, produk ini bisa dipesan melalui situs resmi Floracopeia seharga $12 atau sekitar Rp 178.689.

From our editorial team

Yuk, Pilih Aromaterapi Favoritmu!

Untuk kamu yang banyak pekerjaan, aromaterapi sangat dianjurkan agar kamu lebih tenang dan rileks saat beristirahat. Tentunya, dengan memilih wangi aromaterapi seperti di atas, kamu akan terhindar dari gigitan nyamuk selama tertidur. Tidur makin nyaman, pikiran semakin rileks.