6 Rekomendasi Minyak Aromaterapi untuk Mengobati Pilek pada Bayi

6 Rekomendasi Minyak Aromaterapi untuk Mengobati Pilek pada Bayi

Si kecil sakit pilek saja bisa menjadi pikiran bagi orang tua. Solusinya tentu memberikan obat sebagai penangkalnya. Namun, Anda tentu tak ingin si kecil terlalu banyak mengonsumsi obat kimia. Anda bisa menyiasatinya dengan menggunakan minyak aromaterapi. Berikut pilihan minyak aromaterapi untuk si kecil yang terkena pilek.

Aromaterapi, Salah Satu Cara Menyembuhkan Pilek pada Bayi

Sumber gambar Shutterstock

Anak Anda yang masih bayi terkena pilek? Anda bingung obat apa yang cocok dan aman untuk bayi? Salah satu cara ampuh untuk mengurangi atau menyembuhkan pilek pada bayi adalah menggunakan aromaterapi.

Selain mampu membuat pikiran dan tubuh rileks, aromaterapi juga memiliki khasiat untuk melawan virus dan bakteri penyebab flu dan batuk. Hal ini karena aromaterapi mengandung molekul yang akan meningkatkan sistem pertahanan tubuh.

Panduan Penggunaan Aromaterapi untuk Bayi

Hanya Boleh untuk Bayi Usia 3 Bulan ke Atas

Sumber gambar Shutterstock

Sebelum menggunakan aromaterapi pada bayi, terlebih dahulu Anda harus mengetahui beberapa panduan penggunaannya. Pertama, Anda harus tahu jika aromaterapi hanya boleh digunakan pada bayi berusia 3 bulan ke atas.

Alasan aroma terapi dihindari untuk bayi berusia 3 bulan ke bawah adalah karena organ tubuh pada bayi berusia belum 3 bulan masih rentan, rapuh, dan masih dalam masa penyesuaian terutama untuk kemampuan mencium. Sehingga aromaterapi yang menyengat akan mengganggu organ bayi tersebut.

Pilih Essential Oil yang Cocok Sesuai Kebutuhan

Sumber gambar Shutterstock

Panduan selanjutnya adalah pilihlah essential oil yang sesuai kebutuhan. Karena setiap minyak memiliki kandungan yang berbeda-beda. dan harus dipilih sesuai kulit bayi.

Jojoba oil mengandung beberapa mineral, vitamin A, dan vitamin E yang berfungsi mencegah kulit bayi menjadi kering. Sweet almond oil yang memiliki khasiat untuk melembutkan kulit bayi.

Lalu ada sunflower oil yang akan menjaga kulit bayi Anda tetap sehat. Macadamia nut oil memiliki bahan yang sangat lembut dan dapat menyerap ke dalam pori-pori bayi Anda dan membuat kulitnya menjadi lembut. Selanjutnya adalah marula oil yang memiliki efek anti-aging dan memiliki khasiat melembapkan.

Pengetahuan tentang khasiat-khasiat dari beberapa minyak beraromaterapi ini akan membantu Anda mengetahui produk baby oil yang cocok dengan kulit bayi.

Berikan Pijatan Lembut

Sumber gambar Shutterstock

Selanjutnya adalah panduan untuk memijat bayi. Pijatan yang lembut akan berguna untuk memberi stimulasi kepada bayi. Dengan rangsangan tersebut, bayi akan lebih rileks dan membuat hubungan Anda dan bayi semakin terjalin erat. Pijatan yang lembut juga memberikan gambaran kasih sayang Anda sebagai ibunya.

Namun, Anda harus memperhatikan tanggapan bayi Anda ketika dipijat. Jika dia selalu menangis, hentikanlah memijat. Karena itu menandakan bahwa dia merasa cukup untuk dipijat atau memang bayi Anda tidak suka dipijat.

6 Pilihan Minyak Aromaterapi untuk Bayi yang Pilek

Imuno Oil Aromatherapy

Sumber gambar Tokopedia

Rekomendasi minyak aromaterapi untuk bayi Anda yang pilek adalah Imuno Oil Aromatherapy. Minyak aromaterapi ini memiliki kandungan minyak atsiri 100% tanpa campuran minyak nabati dan pewangi sintentis sedikit pun. Kandungan tersebut antara lain peppermint oil, cajuput oil, fennel oil dan pine oil.

Imuno Oil Aromatherapy memiliki khasiat meningkatkan kekebalan tubuh, melegakan saluran pernapasan, membantu mengeluarkan lendir pilek dari hidung, membantu mengeluarkan dahak, mempercepat kesembuhan ketika demam dan flu, serta menghangatkan tubuh Anda.

Cara pemakaian dari minyak aromaterapi ini adalah dengan cara meneteskan 1 tetes ke telapak kaki bayi Anda. Atau diteteskan di sapu tangan dan kerah baju bayi Anda, agar aroma dari minyak terhirup selalu. Untuk pembelian minyak ini, telah tersedia di Tokopedia dengan harga Rp 250.000.

Beauty Barn Breathe Easy

Sumber gambar Blibli

Minyak aromaterapi selanjutnya adalah Beauty Barn Breathe Easy. Dengan campuran yang ampuh, aromaterapi ini akan membantu mengatasi bayi yang tidak bisa tidur nyenyak dikarenakan batuk dan pilek. Selain itu, minyak ini juga membantu melegakan hidung mampet, batuk, dan mempercepat pemulihan bayi dari sakit.

Cara pemakaiannya sangat mudah, teteskan 1 sampai 2 tetes pada bantal, guling, boneka, atau sapu tangan. Kemudian letakkan di dekat bayi Anda ketika tidur. Namun, perlu Anda perhatikan bahwa minyak ini harus menggunakan media, artinya tidak boleh diteteskan langsung pada kulit.

Jika tertarik menjadikan Beauty Barn Breathe Easy sebagai jalan keluar dari pilek, Anda bisa mendapatkannya di Blibli dengan harga Rp 150.000.

Purekids Ido Inhalant Decongestant

Sumber gambar Shopee

Purekids Ido Inhalant Decongestant adalah minyak aroma terapi yang mengandung 6 komposisi bahan alami yang akan memberikan sensasi tenang, menyembuhkan pilek, dan melegakan hidung tersumbat.

Komposisi tersebut adalah eucalyptus oil yang mengencerkan mucus, cajuput oil, clove oil, juniperberry oil, dementholised oil yang akan memberikan rasa tenang pada bayi Anda, serta methyl salicylate yang bekerja sebagai antiseptik.

Kandungan minyak alami tersebut diramu oleh perusahaan farmasi standar GMP, sehingga Purekids Ido Inhalant Decongestant aman untuk bayi.

Untuk pemakaian minyak aroma terapi ini, sangat praktis. Teteskan 8 sampai 12 tetes ke tisu atau sapu tangan, kemudian dekatkan pada bayi Anda. Untuk bayi yang berusia di bawah 1 tahun, disarankan untuk mengurangi jumlah tetesnya agar lebih aman, sekitar 3 sampai 6 tetes.

Untuk pembelian dari Purekids Ido Inhalant Decongestant, telah tersedia di Shopee dengan harga Rp 52.000.

Belli To Baby Cold Flu

Sumber gambar Tokopedia

Belli To Baby Cold Flu adalah minyak aromaterapi yang menjadi rekomendasi selanjutnya. Minyak ini mengandung bahan alami seperti eucalyptus oil yang berfungsi sebagai dekongestan dan mempunyai sifat analgesik dan lavender oil yang berfungsi sebagai antibakterial dan antimikroba. Dan yang terakhir adalah tea tree oil yang berfungsi sebagai antiseptik.

Bahan-bahan alami itu berpadu untuk membantu meredakan hidung tersumbat, susah nafas, pilek, batuk, dan penyakit sejenisnya yang diderita oleh bayi Anda.

Minyak ini juga dapat Anda gunakan untuk memijat buah hati. Untuk pembelian produk ini, Anda bisa mendapatkannya di Tokopedia dengan harga Rp 219.000.

KidSafe Sniffle Stopper Synergy Essential Oil Blend

Sumber gambar Amazon

Minyak aromaterapi selanjutnya adalah KidSafe Sniffle Stopper Synergy Essential Oil Blend. Minyak ini secara khusus diformulasikan oleh Robert Tisserand untuk anak-anak berusia 2 sampai 10 tahun.

Minyak ini merupakan perpaduan bahan alami yang aman untuk anak-anak seperti fir needle, rosalina, spruce, cypress, spearmint, dan cedarwood virfinian. Tanpa sedikit pun menggunakan bahan aditif, bahan kimia, pestisida, dan bahan sejenisnya.

Oleskan ke dada dan bawah hidung bayi Anda, minyak ini akan membantu mengatasi dan menghentikan pilek sekaligus melegakan saluran pernapasan. Jika tertarik dengan minyak aroma terapi ini, Anda dapat membelinya seharga Rp 150.000 dengan pembelian di Amazon.

Olbas for Children 3m+ Inhalant Decongestant Oil

Sumber gambar Blibli

Selanjutnya adalah Olbas for Children 3m+ Inhalant Decongestant Oil. Kandungan bahan alami dalam minyak ini memiliki manfaat untuk melegakan hidung bayi Anda ketika terserang batuk, pilek, radang selaput lendir, sinus dan alergi serbuk bunga. Selain itu, Olbas for Children 3m+ Inhalant Decongestant Oil juga memiliki manfaat untuk membuat tidur bayi Anda lebih nyenyak.

Cara pemakaian dari produk ini sangatlah mudah dan praktis. Hanya meneteskan minyak ke media seperti tissu atau sapu tangan. Kemudian dekatkan pada bayi Anda agar aromanya dapat terhirup.

Perlu diperhatikan juga, bahwa Olbas for Children 3m+Inhalant Decongestant Oil hanya cocok untuk anak berusia 3 bulan ke atas. Takaran disesuaikan pada tingkatan umur, jika anak Anda berusia 3 bulan sampai 2 tahun, cukup dengan 4 tetes saja. Jika anak Anda berusia 2 tahun lebih, berikan 8 sampai 12 tetes.

Untuk pembelian Olbas for Children 3m+ Inhalant Decongestant Oil, Anda bisa mendapatkannya di Blibli dengan harga Rp 100.000.

Infografik berikut ini bisa Anda cermati untuk menambah informasi. Bahkan, tips-tips lain bisa didapatkan pula di Instagram BP-Guide lho!

bpguide_id
instagram.com
From our editorial team

Minyak Aromaterapi untuk Pilek pada Bayi

Kegunaan minyak aromaterapi banyak sekali, salah satunya untuk membantu memulihkan diri dari pilek, terutama bayi. Ada sekitar 10 jenis produksi minyak aromaterapi yang bisa digunakan untuk si kecil. Sesuaikan dengan kegunaan dan pilih yang paling pas untuk dipakai di rumah. Si kecil sehat suasana juga menjadi lebih segar.

Tag