Rekomendasi 11 Peralatan Makan Bayi yang Berusia 6 Bulan untuk Anak Anda yang Baru Belajar Makan

Rekomendasi 11 Peralatan Makan Bayi yang Berusia 6 Bulan untuk Anak Anda yang Baru Belajar Makan

Anak bayi tentu sudah musti belajar makan sendiri. Selain melatih kemampuan motoriknya, juga menjadikan si kecil mandiri sejak dini. Ingin mencari peralatan makan bayi yang pas untuk si kecil? Simak ulasan BP-Guide berikut ini, yah.

Ketika Bayi Berumur 6 Bulan, sudah saatnya untuk Mulai Makan

Memiliki buat hati menjadi anugerah terindah untuk mereka yang berumah tangga. Maka dari itu kebutuhan bayi pastinya akan selalu berusaha dipenuhi oleh orang tua. Tumbuh kembang bayi pun wajib diperhatikan supaya ia bertumbuh dengan sempurna.

Ada tahapan tersendiri pada tiap usia bayi. Misalnya saja kala berusia 6 bulan, bayi sudah saatnya mulai makan tambahan sebagai pendamping ASI. Ibu wajib teliti dan cermat dalam memilih makan pendamping ini ya. Saluran cerna bayi masih belum begitu sempurna seperti orang dewasa, maka makanannya wajib diperhatikan benar.

Makanan tambahan memiliki fungsi untuk menambah potensi anak tumbuh jadi anak yang hebat. Ini supaya anak tumbuh sempurna dalan sisi intelegensia dan emosional. Simak tips memilih peralatan makan bayi dan juga rekomendasinya dari BP-Guide ya.

Tips Memilih Peralatan Makan Bayi

Memiliki Label Food Grade

Saat memilih peralatan makan bayi maka wajib diteliti bahannya. Kita tak mau buah hati teracuni bahan dari peralatan makannya. Maka dari itu, ibu bijak wajib tahu kualitas dari produk peralatan makan untuk si kecil.

Pilih peralatan makan dengan label food grade. Biasanya peralatan yang sudah lulus uji dan aman digunakan akan memiliki cap food grade. Produk ini aman dan tak terkontaminasi bahan-bahan kimiawi. Meski harganya lebih mahal namun peralatan makan ini akan lebih aman dipakai untuk si kecil ya.

Tidak Tajam pada Bagian Tepi

Peralatan makan untuk anak bayi jelas beda dengan alat makan untuk dewasa. Untuk anak memang kita wajib lebih teliti memilih bukan hanya dari sisi bahan namun juga dari sisi bentuk dan modelnya. Jangan sampai modelnya malah bikin si kecil tak nyaman apalagi sampai terluka.

Hindari produk peralatan makan yang tajam di bagian tepinya. Kita tak mau bagian tersebut terkena kulit si kecil atau terkena matanya. Sebaiknya pilih peralatan yang tumpul dan tak membahayakan. Misalnya saja untuk garpu makan dan sendok makan. Pilih yang ujungnya tak runcing sehingga aman dipakai si kecil.

Motif Menarik

Selanjutnya Anda bisa mempertimbangkan dari segi motifnya supaya lebih menarik. Memang bukan pilihan yang utama, namun tetap harus dipertimbangkan untuk memilih motif yang lucu.

Dengan peralatan makan yang lucu, Anda bisa mulai mengajarkan anak untuk makan sendiri dan memegang sendoknya sendiri. Ia pasti akan lebih ceria jika motif dan warna peralatan makannya menarik.

Ringan

Untuk alat makan si kecil, Anda bisa memilih yang bobotnya ringan saja. Ini supaya memudahkan si kecil kala akan belajar makan sendiri. Ia akan kesulitan kala peralatan makannya berbobot berat.

Gunakan peralatan makan berbahan plastik supaya mudah dipegang. Peralatan makan bayi dari plastik bobotnya cenderung ringan. Keunggulan lainnya dari peralatan makan bayi bahan plastik adalah mudah dibersihkan.

Pilih peralatan bahan plastik yang sudah BPA Free dan Phthalate Free karena artinya sudah aman dipakai dan tak mengandung bahan kimia.

Daftar 11 Peralatan Makan untuk Bayi Berusia 6 Bulan

Baby Bib

Sumber gambar blibli.com

Bayi berusia 6 bulan memang masih dalam tahap aktif bergerak. Saat makan pun ia akan tetap bergerak aktif. Maka jangan heran jika baju si kecil pasti mudah kotor saat ia makan. Pilih celemek untuk dipakai bayi kala ia makan. Ini akan melindungi dari noda makanannya dan bajunya pun jadi tetap bersih.

Jack Animal Baby Bip Celemek Bayi ini hadir dalam desain beruang yang lucu. Celemek ini desainnya nyaman loh dipakai. Memiliki snap button closure sehingga mudah dipasang. Bisa melindungi baju anak sehingga tak kotor kala makan dan minum. Produk ini berbahan poliester sehingga waterproof. Bisa dilipat jadi pouch kecil sehingga mudah dibawa. Bisa dibeli di Blibli pada harga Rp 45.000.

Sendok

Sumber gambar kidomart.com

Peralatan makan bayi yang wajib dimiliki adalah sendok. Alat satu ini wajib dipilih secara cermat supaya bayi makannya lahap. Ingat bahwa mulut bayi masih mungil sehingga pilih yang kecil saja, ya.

Pilih yang bahannya lembut seperti silikon atau plastik agar nyaman di lidah dan gusi bayi. Hindari bahan yang bisa mengantarkan panas supaya lidah si kecil tak terluka.

Tommee Tippee Aeroplane Spoons bisa jadi pilihan Anda. Produk satu ini unik karena berbentuk pesawat. Menarik perhatian si kecil dan pastinya bikin ia lebih semangat makan. Warnanya cerah dan bikin perhatian si kecil tertuju pada sendoknya. Cocok untuk anak usia 4 bulan ke atas. Bisa dibeli di Bliblidengan harga Rp 45.000 untuk dua buah.

Gelas

Sumber gambar elevenia.co.id

Bayi yang berusia 6 bulan memang baru mulai belajar makan dan minum pendamping ASI. Maka dari itu kenalkan cara minum yang aman dengan memakai gelas.

Namun tentu gelasnya yang khusus untuk bayi ya. Bisa pakai gelas hisap sebelum akhirnya beralih ke gelas biasa. Pilih yang berbahan melamin atau plastik supaya aman untuk si bayi.

Pigeon Mag-Mag All in One Set Training Cup dapat menjadi pilihan Anda. Botol minum praktis ini bisa dipasang sesuai dengan umur bayi. Memiliki tutup yang mudah dilepas dan mudah dibersihkan. Produk mudah dipegang si kecil sendiri. Memiliki gambar permanen yang aman dan tak beracun.

Bisa dipakai untuk cairan panas dan dingin. BPA Free dan tahan panas serta sudah teruji FDA standar. Produk ini bisa dipakai si kecil untuk latihan minum sendiri. Bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 70.000.

Mangkuk

Sumber gambar lolibi.com

Makanan pendamping ASI untuk bayi bisa mulai diberikan sejak ia berusia 6 bulan. Peralatan makan yang tepat pastinya juga sangat diperlukan orang tua untuk mendukung kegiatan makan si bayi di masa awalnya.

Anda bisa pilih mangkuk untuk meletakkan makanan bayi. Jangan lupa dampingi dengan sendoknya juga. Mangkuk dan sendok akan melatih bayi untuk mandiri dan belajar makan sendiri.

Tommee Tippee Big Weaning Bowl with H/S Spoon Orange bisa jadi pilihan Anda. Mangkuk ini memiliki teknologi Heat Sensor untuk mendeteksi suhu makanan. Aman digunakan karena jika terlalu panas maka warnanya jadi berubah kuning. Pegangan sendoknya panjang supaya bayi bisa mudah menjangkau sendiri makanan dalam mangkuk.

Tergolong BPA free sehingga aman dipakai si bayi. Mudah dicuci dan mudah dibawa bepergian. Bisa dibeli di Lolibi dengan harga Rp 74.900.

Piring

Sumber gambar tokopedia.com

Piring juga bisa dipilih sebagai tempat makan bayi. Gunakan piring kecil supaya sesuai dengan porsi si kecil. Pilih yang bentuknya bulat supaya tak ada tepian tajam yang membahayakan. Piring bisa memudahkan si kecil kala menyendok makanannya sendiri.

Chicco Meal Seat ini tergolong BPA Free loh jadi aman dipakai. Satu paketnya terdiri dari cup, piring, dan sendok. Untuk cup-nya berbahan silikon lembut yang mudah digenggam dan tidak mudah pecah. Piring dari produk ini bisa digunakan untuk microwave juga. Sendoknya memiliki pegangan ergonomis dan anti slip. Produk bisa dibeli di JD dengan harga Rp 288.000.

Sendok Botol

Sumber gambar tokopedia.com

Anda bisa juga pilih peralatan yang praktis untuk membantu makan si kecil. Seperti misalnya sendok botol yang merupakan inovasi dari sendok makan. Alat ini bisa membantu Anda memberikan makanan pendamping ASI.

Botol sendok dari Pigeon bisa Anda pilih. Produk ini BPA Free dengan bahan plastik yang aman. Dalam satu paket, Anda akan mendapat sendok, botol, dan lid disc. Ada juga sikat kecil dalam paket ini untuk membersihkan lubang pada sendok tempat mengalirnya makanan atau minuman.

Untuk memakainya mudah karena tinggal pencet bagian botol. Bisa untuk puree, bubur hingga jus dan praktis dalam ukuran 120 ml dan 240 ml. Produk bisa dibeli seharga Rp 60.000 di Asi Bayi.

Blender

Sumber gambar jd.id

Anda pasti akan sangat membutuhkan blender kala si bayi berusia 6 bulan. Alat ini bisa memudahkan untuk menghaluskan makanan si kecil supaya mudah dicerna. Bisa dipakai membuat puree atau jus untuk si kecil.

Crown Wet and Dry Food Processor Yellow ini bisa jadi pilihan Anda. Produk ini bahannya berkualitas tinggi. Bisa melembutkan makanan dan bisa bikin makanan lebih mudah dicerna. Cocok untuk aneka bahan makanan basah dan juga kering. Bebas BPA dan aman untuk digunakan. Bisa dibeli di Orami dengan harga Rp 347.130.

Panci Bubur

Sumber gambar bukalapak.com

Si kecil berusia 6 bulan sudah siap dengan makanan pendamping ASI. Anda bisa memberikan bubur untuk si kecil. Karenanya Anda butuh panci bubur berukuran kecil supaya bisa untuk dipakai sekali makan. Pilih yang bahannya stainless steel supaya lebih awet dipakai.

Makapal Milk Pot Stemer ini dilengkapi tutup kaca supaya makanan mudah dilihat. Berbahan stainless steel sehingga tahan lama dan anti karat. Memiliki tutup kaca, produk ini memiliki diameter 18 cm. Produk bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 125.000.

High Chair

Sumber gambar blibli.com

Untuk makan, tentu anak harus diposisikan sebaik mungkin supaya ta mudah tersedak. Anda bisa gunakan high chair khusus untuk anak supaya makan lebih nyaman. Pilih bahan kursi yang berbahan fiber supaya mudah dipindahkan dan berbobot ringan. Usahakan kursinya nyaman untuk si kecil supaya ia betah duduk kala makan.

Baby Safe High Chair and Booster Seat ini bisa jadi pilihan. Produk ini berbahan polypropylene dan BPA free. Bisa dipakai untuk bayi yang sudah bisa duduk sendiri dengan bobot maksimal 18 kilogram. Produk ini tingginya 97 cm dan bisa digunakan sebagai kursi makan. Produk ini hadir di Blibli dengan harga Rp 650.000.

Slow Cooker

Sumber gambar asibayi.com

Panci slow cooker diperlukan ibu yang memiliki bayi usia 6 bulan. Alat ini mempermudah ibu membuat bubur bayi. Bisa juga dipakai untuk membuat makanan pendamping ASI. Potnya biasanya berbahan tembikar tanah liat yang memiliki penyebaran panas lebih merata.

Takahi Slow Cooker ini hadir dalam ukuran 1,2 liter. Produk ini berdaya 95 watt dan mudah digunakan. Berbahan aluminium dengan bahan dalam dari keramik. Memiliki tutup kaca sehingga mudah dipakai memasak. Bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 345.000.

Baby Food Grinder

Sumber gambar mimipipi.net

Anda akan sangat membutuhkan food grinder untuk menghaluskan makanan bayi. Ini karena pencernaan bayi belum sempurna sehingga makanannya harus dihaluskan dulu untuk mempermudah mencernanya. Alat ini akan mempermudah ibu menyiapkan puree untuk si kecil dalam waktu singkat.

Munchkin Baby Food Grinder ini bisa jadi pilihan Anda. Produk ini bisa menggiling atau menghaluskan makanan. Aneka buah dan sayuran bisa lebih mudah disiapkan untuk si kecil. Tak butuh listrik dan mudah digunakan. Produk mudah dipasang dan dibongkar. Bisa digunakan dalam waktu lama. Bisa dibeli di Asi Bayi dengan harga Rp 190.000.

From our editorial team

Peralatan Makanan Bayi Berkualitas Menjadikan Makan si Bayi Semakin Aman dan Bergizi

Untuk menjadikan bayi Anda makan dengan aman, maka peralatan makanan yang disiapkan juga musti berkualitas tinggi. Beberapa produk yang direkomendasikan BP-Guide di atas bisa Anda pertimbangkan untuk melengkapi peralatan makan bayi Anda. Yuk, biarkan si kecil belajar makan sendiri.