Berikan 10 Rekomendasi Mainan yang Dapat Memberikan Manfaat untuk Bayi Usia 6 Bulan

Berikan 10 Rekomendasi Mainan yang Dapat Memberikan Manfaat untuk Bayi Usia 6 Bulan

Tumbuh kembang bayi menjadi perhatian yang sangat penting bagi para orang tua. Orang tua harus mengetahui mainan bayi apa saja yang cocok dalam fase-fase perkembangan mereka. Moms and Dads, yuk simak rekomendasi BP-Guide untuk mainan bagi bayi usia 6 bulan.

Bermain pada Usia 6 Bulan Merupakan Aktivitas Menyenangkan yang Dapat Membangun Mental, Fisik, Sosial, dan Emosional Bayi

Sumber gambar gigel.id

Kemampuan dan pengetahuan bayi berusia 6 bulan hingga 1 tahun berkembang sangat cepat. Pada usia ini aktivitas yang sering dilakukan adalah bermain.

Aktivitas bermain merupakan kegiatan menyenangkan yang memiliki banyak manfaat dalam melatih mental, fisik, sosial, hingga emosional bayi. Kegiatan bermain tidak selalu membutuhkan media atau alat bantu.

Bagi bayi berusia 0 hingga 6 bulan, aktivitas bermain dapat dilakukan oleh para ibu atau pengasuh bayi dengan mengajak berbicara untuk melatih respon bayi terhadap suara dan gerakan. Kegiatan bermain ini dapat menjalin ikatan batin yang kuat antara ibu dan anak.

Meskipun begitu, mainan juga disarankan untuk media bermain yang mampu melatih perkembangan motorik dan kognitif. Pilihlah mainan sesuai dengan usia untuk mengoptimalkan perkembangannya. Pada usia 6 bulan hingga 1 tahun, bayi membutuhkan mainan untuk melatih kemampuan berpikir.

Tips Memilih Mainan Bayi Usia 6 bulan

BP-Guide telah menyiapkan beberapa tips dalam memilih mainan yang cocok untuk bayi Anda. Disimak, yuk!

Hindari Mainan Berukuran Kecil

Sumber gambar www.momjunction.com

Ukuran merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan apabila Anda ingin membeli mainan bayi. Sebaiknya hindari ukuran mainan yang terlalu kecil hingga bayi berusia 3 tahun untuk menghindari risiko tertelan. Hal ini disebabkan bayi usia 6-12 bulan belum dapat mengetahui benda yang dapat dimakan maupun yang tidak.

Ukuran minimal mainan bayi yang aman sebaiknya memiliki lebar 3 cm dan panjang 6 cm. Anda juga sebaiknya menghindari mainan dalam bentuk koin maupun bola dalam rangkaiannya, hal ini dikarenakan ukuran mainan ini hanya berdiameter 4 cm sehingga mampu melewati saluran pernapasan bayi Anda.

Bertekstur Lembut

Sumber gambar fingermonkey.store

Bayi usia 6 - 12 bulan gemar memasukkan benda apapun ke dalam mulutnya. Pada rentang usia ini umumnya bayi mengalami fase tumbuh gigi, sehingga gemar menggigit untuk mengurangi gatal pada gusi.

Pilihlah mainan yang aman disentuh, digigit, dan mampu menghasilkan suara, seperti: boneka yang lembut, bola bertekstur, mainan berbentuk cincin besar, mainan kerincingan, atau mainan yang dapat dipencet-pencet dengan tekstur yang lembut dan tidak terlalu keras agar tidak membahayakan gusi dan gigi bayi.


Aman

Sumber gambar www.sandipointe.com

Keamanan mainan bayi dari sisi bahan, tekstur, maupun ukuran merupakan salah satu faktor yang perlu diperhatikan Selain itu, faktor kekuatan mainan juga merupakan hal yang harus diperhatikan. Sebaiknya pilih mainan yang kuat agar aman digunakan oleh bayi. Beberapa poin keamanan yang sebaiknya dihindari dalam membeli mainan bayi, antara lain:

  • Jenis dan bentuk mainan yang dapat melukai anak, seperti mainan dengan sudut yang tajam.
  • Mainan dengan hiasan manik-manik atau pun kancing untuk menghindari risiko tertelan oleh bayi.
  • Mainan yang dapat meledak.
  • Mainan yang terlalu berat untuk menghindari risiko bayi tertimpa mainan.
  • Mainan dengan suara terlalu keras karena dapat berdampak pada pendengaran bayi.
  • Mainan yang dilengkapi dengan tali berukuran panjang lebih dari 15 cm dapat mengganggu pergerakan bayi.
  • Mengandung bahan kimia seperti merkuri, kadmium, arsenik, phthalate, timah, dan lainnya.

Berwarna Cerah

Sumber gambar www.aliexpress.com

Warna yang cerah memiliki daya tarik tersendiri yang mampu memberikan rangsangan visual bagi bayi berusia 6 hingga 12 bulan, sehingga mampu menstimulasi kemampuan motoriknya.

Pada umumnya, bayi berusia 6 bulan akan senang berkaca dan tertarik pada benda yang memiliki warna mencolok, mereka akan cenderung menoleh dan bergerak untuk meraihnya. Mainan yang memiliki banyak varian warna mampu melatih bayi untuk mengenali bentuk dan warna yang berbeda.

10 Rekomendasi Mainan untuk Bayi Berumur 6 Bulan

Moms and Dads, yuk disimak rekomendasi mainan untuk bayi usia 6 bulan dari BP-Guide.

Kayu Balok

Sumber gambar www.tokopedia.com

15 Wooden Bricks merupakan mainan balok kayu dengan beragam bentuk dan warna. Mainan ini merangsang bayi untuk berimajinasi menyusun balok serta mengenalkan bentuk dan warna. Balok kayu dapat melatih kemampuan motorik halus dan koordinasi antara mata dan tangan.

Mainan ini cukup aman bagi bayi karena terbuat dari kayu yang dicat menggunakan cat non-toxic serta tidak ada sudut yang tajam. Balok kayu yang dilengkapi dengan bel kecil, cermin, bola-bola, dll. Balok kayu 15 Wooden Bridge dapat dibeli seharga Rp 450.000 di Tokopedia.


Soft Teether

Sumber gambar www.tokopedia.com

Soft Teether atau gigitan lembut merupakan mainan yang sangat direkomendasikan untuk merangsang pertumbuhan gigi bayi pada usia 6 hingga 12 bulan. Terdapat 2 produk soft teether yang aman digunakan, yaitu: Tommee Tippee Mainan Gigitan Bayi 6 Bulan Stage 3 Easy Reach Teether dan Sassy Flutterby Teether.

Tommee Tippee Easy Reach Teether Stage 3 adalah teether yang diperuntukkan untuk bayi dengan rentang usia 6-12 bulan keluaran Tomme Tippee Closer to Nature. Teether ini terbuat dari material BPA Free, yaitu TPE dan polypropylene yang memiliki ukuran 11 cm x 5,9 cm x 0,8 cm.

Tommee Tippee Easy Reach Teether Stage 3 tersedia dalam satu paket dengan warna pink dan biru. Mainan ini memiliki 3 fitur easy gel aplicator, message, dan bite dengan tekstur bergerigi, dijual seharga Rp 51.500 di Tokopedia.

Sedangkan Sassy Flutterby Teether adalah teether yang terbuat dari bahan BPA Free berbentuk simetris dengan gagang berwarna hitam dan putih berisi air yang telah disterilisasi. Sassy Flutterby Teether dapat dibeli seharga Rp 100.000 di Tokopedia.


Buku

Sumber gambar www.tokopedia.com

Buku merupakan salah satu mainan yang dapat digunakan untuk mengembangkan motorik dan otak bayi. Anda dapat memilih buku yang timbul agar bayi dapat meraba, selain itu pilihlah buku yang dapat mengenalkan pada hewan, buah, maupun benda sekitar.

Sebaiknya hindari buku kertas yang rentan sobek sehingga dapat menimbulkan resiko tertelannya serpihan kertas. Hal ini kurang aman bagi bayi berusia 6-12 bulan.

Soft-book merupakan buku anak yang terbuat dari kain dengan bahan polyester yang lembut dan dapat dicuci. Buku ini berukuran 10 cm x 8 cm atau sebesar tangan orang dewasa dan ringan.

Buku ini berisi 8 halaman yang bagian depan dan belakangnya dapat mengeluarkan suara. Soft-book dilengkapi dengan teether pada bagian pinggir yang dapat dibeli seharga Rp 41.500 di Bukalapak.

Papan Aktivitas (Activity Board)

Sumber gambar www.tokopedia.com

Papan Aktivitas merupakan berbagai mainan yang diletakkan di atas yang diperuntukkan bagi bayi berusia 6-12 bulan untuk melatih koordinasi tangan serta fungsi sensorik bayi.

Mainan ini dapat melatih tangan bayi untuk memutar, membuka, menutup, menjatuhkan, menggetarkan, dan meremas seperti yang dilakukan dalam kehidupan sehari-hari. Activity Board Busy merupakan papan aktivitas dan dapat dibeli seharga Rp 250.000 di Tokopedia.


Mainan Lampu

Sumber gambar www.tokopedia.com

Mainan Bayi Bola Lampu dan Musik merupakan mainan yang dapat menghasilkan pantulan cahaya warna-warni untuk mengenalkan berbagai macam warna. Selain itu, pantulan cahaya dapat mengasah kemampuan visual bayi. Mainan berukuran diameter 13 cm dilengkapi baterai kancing yang dapat dibeli seharga Rp 105.000 di Tokopedia.


Mainan Putar Musik

Sumber gambar www.tokopedia.com

Mainan Putar Musik adalah mainan berbentuk binatang, mobil, maupun tokoh kartun yang dapat menghasilkan alunan musik. Mainan ini bertujuan untuk membuat bayi bergerak mencari sumber suara. Salah satu mainan putar musik adalah Merry Go Round Music Drum Wonderland.

Merry Go Round Music Drum Wonderland merupakan mainan berbentuk komedi putar dengan cahaya berkelip-kelip yang menghasilkan 10 lagu dan 3 cerita yang dapat diputar dengan menggunakan 3 baterai ukuran AA. Anda dapat membeli mainan putar musik ini Rp 77.900 di Tokopedia.

Mainan Bola

Sumber gambar www.tokopedia.com

Bola merupakan salah satu mainan yang bermanfaat bagi bayi berusia 6-12 bulan. Bayi dapat mengejar atau menggelindingkan bola dalam aktivitas bermain. Mainan Bola Plastik BPA Free/Mandi Bola terbuat dari bahan BPA Free dengan diameter 6 cm yang aman untuk anak-anak. Mainan berisi 100 bola plastik warna-warni ini dapat dibeli seharga Rp 65.900 di Tokopedia.


Mainan Pencet

Sumber gambar www.bukalapak.com

Mainan pencet terbuat dari bahan seperti plastik, karet, dan juga kain dengan bentuk yang sangat beragam. Mainan pencet ini dapat mengeluarkan bunyi tertentu. Mainan ini dapat melatih motorik dan kognitif bayi berusia 6-12 bulan. Mainan Animal Pencet berisi 6 mainan karet per kantong. Mainan ini aman untuk digunakan dalam air dan dapat dibeli seharga Rp 15.000 di Bukalapak.

Mainan Berbentuk

Sumber gambar www.tokopedia.com

Mainan Berbentuk adalah mainan dengan beragam bentuk seperti segitiga, persegi panjang, bulat, dan juga balok yang dapat dimasukkan ke dalam bentuk yang sesuai. Mainan ini dapat melatih motorik bayi usia 6-12 bulan.

Puzzle 9 bentuk timbul terbuat dari triplek dengan tebal 9 mm, dan bijinya terbuat dari MDF 12 mm dengan warna yang kuat. Mainan ini memiliki ukuran 20 cm x 20 cm x 9 cm dan dapat dibeli seharga Rp 55.000 di Tokopedia.

Boneka Tangan

Sumber gambar www.tokopedia.com

Boneka Tangan merupakan boneka dengan beraneka karakter dan warna yang dapat digerakkan dengan tangan untuk melatih komunikasi bayi. Mainan Bayi Boneka Tangan/Hand Puppet Animal merupakan boneka lucu dengan karakter kartun ataupun binatang yang dikendalikan menggunakan jemari Anda.

Boneka berukuran 25 cm ini dapat dipeluk dan dapat dicuci sehingga aman digunakan. Anda dapat mengunjungi Tokopedia untuk membeli Mainan Bayi Boneka Tangan/Hand Puppet Animal-Boneka Tangan seharga Rp 46.000.



Infografik berikut ini bisa Anda cermati untuk menambah informasi. Bahkan, tips-tips lain bisa didapatkan pula di Instagram BP-Guide lho!

bpguide_id
instagram.com
From our editorial team

Bijaklah Memilih Mainan

Sudah memperoleh mainan yang kira-kira cocok untuk bayi usia 6 bulan Anda? Pesan kami, bijaklah memilih mainan yang akan diberikan kepada si kecil, terutama di masa-masa perkembangan emasnya. Perhatikan ciri-ciri mainan yang baik seperti yang sudah diuraikan di atas.