Jadi Cerdas dan Aktif dengan 10 + Rekomendasi Mainan Anak yang Populer dan Sesuai Usia

Jadi Cerdas dan Aktif dengan 10 + Rekomendasi Mainan Anak yang Populer dan Sesuai Usia

Usia anak-anak adalah saat di mana mereka bisa bebas bermain dengan begitu banyak pilihan mainan. Bukan sekadar untuk menghibur, mainan yang tepat juga bisa jadi sarana belajar dan latihan untuk anak. Jika orang tua bisa memberikan mainan yang baik dan bermanfaat sesuai usia anak, maka kegiatan bermain bisa jadi momen anak untuk belajar berbagai hal. Supaya tidak salah dalam membeli mainan, simak selengkapnya di artikel BP-Guide satu ini.

Dunia Anak selalu Lekat dengan Berbagai Jenis Mainan

Anak-anak selalu lekat dengan mainan. Keberadaan mainan bagi anak sangat penting, terutama untuk tumbuh kembang mereka karena membantu mengembangkan daya imajinasi anak. Dengan demikian, daya pikir anak akan bekerja lebih aktif dan terbebas dari ketergantungan gadget.

Di dalam mainan, terdapat pembelajaran tersembunyi. Permainan yang baik adalah permainan yang mampu melatih perkembangan bahasa, motorik, emosional, kognitif, dan sosial anak secara bersamaan.

Sesuaikan Mainan Anak dengan Usia dan Perkembangan Motoriknya

0-1 tahun

Bayi yang baru lahir banyak menggunakan indera penglihatan dan peraba untuk mengidentifikasi dunia di sekelilingnya. Ia akan mengenali wajah orang tuanya dan menatap benda-benda yang terang. Latih indera peraba anak dengan mainan yang bisa dipegang olehnya.

Saat usianya sudah memasuki 6 bulan, belikan mainan yang lebih bervariasi untuk mendukung tumbuh kembangnya. Seperti teether untuk merangsang pertumbuhan gigi, kubus, binatang, serta mainan yang bertekstur untuk melatih kemampuan motorik anak.

2-3 tahun

Anak yang berusia 2-3 tahun membutuhkan mainan yang mampu merangsang perkembangan motoriknya. Mainan yang tepat adalah sepeda yang bisa dinaiki, atau mainan seperti mobil-mobilan, kereta api, hingga puzzle sederhana.

Semua jenis permainan tersebut memperkuat koordinasi antara mata dan tangan anak, mengenali bentuk, serta memancing rasa penasaran anak sesuai kemampuannya. Berikan juga permainan yang mampu merangsang kreativitas anak seperti permainan profesi. Misalnya peralatan kedokteran atau peralatan memasak.

3-4 tahun

Tumbuh kembang anak mengalami perubahan yang sangat cepat di usia ini. Mainan yang tepat anak jenis mainan yang mampu mendorong imajinasi anak serta mengekspresikan dirinya. Anak usia 3 sampai 4 tahun membutuhkan mainan seperti puzzle, bongkar pasang, rumah-rumahan, dan sepeda.

Selain itu kemampuan bersosialisasi anak juga harus dilatih sebagai persiapan memasuki lingkungan yang lebih besar yaitu sekolah. Mainan yang bisa dimainkan bersama dengan teman-teman adalah alat yang baik untuk melatih jiwa sosial anak.

Di Atas 5 tahun

Setelah memasuki 5 tahun, mainan yang bisa menstimulasi jiwa sosial anak. Jenis mainan yang bisa dimainkan bersama dan berisi sedikit tantangan yang membutuhkan komunikasi dapat merangsang tumbuh kembang anak dengan baik.

Selain itu kemampuan skolastik anak harus dilatih melalui huruf dan angka. Berikan anak mainan yang edukatif serta mampu merangsang imajinasi dan kreativitas anak. Dari mainan ini anak akan dapat menemukan solusi atas sebuah masalah yang mungkin tidak terpikirkan oleh orang yang lebih dewasa.

Beberapa Produk Mainan yang Cocok untuk Anak-anak

Fisher-Price Musical Lion Walker

Sumber gambar Bukalapak

Fisher-Price Musical Lion Walker adalah mainan yang membantu anak untuk lebih lancar berjalan, cocok untuk anak usia 9 bulan hingga 2 tahun. Dengan desain penuh warna yang menarik bagi anak dan membuatnya lebih bersemangat untuk belajar berjalan.

Mainan ini dapat melatih kemampuan motorik halus anak seperti memutar, membalik, dan menekan. Juga melatih motorik kasarnya dengan lampu dan musik yang menyala saat anak mendorong mainan tersebut sehingga ia akan lebih bersemangat untuk mencoba berjalan.

Dapatkan produk ini di Bukalapak dengan harga Rp 435.000 atau di Blibli dengan harga Rp 666.000.

MOBIL CARS MINI RACERS DISNEY PIXAR

Sumber gambar Shopee

Satu set mainan Disney Pixar terdiri atas 14 buah mainan. Berisi berbagai macam jenis mobil yang bisa didorong maju mundur dengan roda yang berputar. Terbuat dari bahan yang aman dan tidak berbahaya bagi anak. Orang tua tidak perlu khawatir jika anak menggigit mainan ini.

Dapatkan MOBIL CARS MINI RACERS DISNEY PIXAR di Shopee dengan harga Rp 50.000.

Mainan Edukatif Balita Lego Duplo 40 Pcs Merk APTA

Sumber gambar Bukalapak

Lego adalah mainan edukatif yang sangat membantu dalam tumbuh kembang anak. Satu set lego terdiri dari banyak bagian yang bisa dibongkar pasang dalam berbagai bentuk, sehingga anak bisa menciptakan apa saja yang sesuai dengan imajinasinya.

Mainan ini sangat cocok untuk anak usia di atas 3 tahun. Untuk mencegah mainan tertelan oleh anak, pilih lego yang berukuran lebih besar dari mulut anak. Lego dijual di Bukalapak Rp 112.000.

Vtech Little Gadget Letter Friend

Sumber gambar Tokopedia

Vtech Little Gadget Letter Friend adalah mainan yang bisa menjadi sahabat belajar bagi anak. Mainan ini bisa bergetar, menari, dan menganggapi anak dengan efek suara yang lucu. Melalui mainan ini anak bisa belajar tentang huruf, angka, kosa kata, benda, waktu, dan masih banyak lagi. Produk ini dijual di Tokopedia dengan harga Rp 320.000 di Tokopedia.

Leap Frog Musical Micro Pink

Sumber gambar Tokopedia

Leap Frog Musical Micro Pink adalah mainan untuk anak usia 2 tahun ke atas. Fungsi dari mainan ini adalah membantu kemampuan anak berbicara, menghitung, mendengarkan, dan bernyanyi dalam bahasa Inggris. Anak bisa berlatih bernyanyi dengan sangat mudah dan menyenangkan.

Dapatkan mainan ini dengan harga Rp 135.000 di Tokopedia.

Hasbro Sofia The First Xylophone 02 Mainan Anak

Sumber gambar Blibli


Ada pula Hasbro Sofia The First Xylophone 02 Mainan Anak, sebuah mainan berbentuk alas musik dengan tema Princess Sofia untuk memperkenalkan warna, suara, dan melatih motorik kasar anak. Mainan ini untuk anak usia 3 tahun ke atas. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 64.500.

Hot Wheels Blitz Set A Diecast [9 pcs]

Sumber gambar Blibli

Mainan mobil-mobilan dari Hot Wheels diproduksi dengan kualitas tinggi, terbuat dari bahan yang aman dengan roda yang menyerupai roda asli dan bersuspensi. Saat memilih mainan untuk anak, hindari membeli mainan palsu karena bahan pembuatnya yang mungkin berbahaya bagi anak. Sementara untuk 1 set Hot Wheels yang berisi 9 mobil dijual dengan harga Rp 149.000 di Blibli.

Beranda Mainan & Hobi Mainan Anak

Sumber gambar Tokopedia

L.O.L Suprises, sebuah mainan berbentuk bola dengan 7 lapis kejutan di dalamnya. Anak harus membuka lapis pertama hingga lapis ketujuh untuk menemukan setiap mainan yang ada di dalamnya. Boneka L.O.L bahkan bisa minum, buang air kecil, dan berubah warna. Permainan ini membantu mengembangkan daya imajinasi anak. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 54.000.

Little Tikes Princess Cozy Coupe

Sumber gambar Tokopedia



Ada pula Little Tikes Princess Cozy Coupe, yaitu mainan mobil-mobilan untuk anak usia 1,5 hingga 5 tahun. Mainan yang bisa dinaiki ini dijual di Tokopedia seharga Rp 1.575.000.

Tomica Cool Drive Honda Civic Type R - putih

Sumber gambar Lazada

Tomica adalah mobil miniatur yang berlisensi Jepang dari perusahaan Takara Tomy. Diciptakan sesuai dengan mobil asli dengan body terbuat dari diecast, roda terbuat dari plastik yang dapat dimainkan dan bergerak seperti mobil sungguhan. Mainan ini terbuat dari bahan yang aman untuk anak. Dapatkan dengan harga Rp 50.000 di Lazada.

From our editorial team

Pentingnya Memberikan Mainan untuk Anak yang Sesuai dengan Usianya

Banyak orang tua yang masih merasa acuh ketika memberikan mainan untuk anak. Padahal meskipun namanya mainan, benda tersebut bisa juga jadi sarana belajar untuk anak. Misalnya melatih kreativitas, respon sentuhan, sensor motorik, dan masih banyak lagi yang bisa dilatih dari mainan. Ketidakpedulian dalam memberikan mainan yang sesuai usia anak bisa jadi membuang kesempatan anak belajar sesuatu yang penting, dan buruknya lagi bisa berbahaya. Misalnya mainan yang terlalu kecil atau memiliki potensi melukai diberikan pada anak yang terlalu kecil, bisa berakibat buruk seperti tertelan, tertusuk, atau sebagainya. Jadi selalu teliti sebelum memberikan mainan pada anak kecil.

Tag