Jadi Lebih Sehat dan Percaya Diri dengan 10 Aromaterapi Lavender Pilihan

Jadi Lebih Sehat dan Percaya Diri dengan 10 Aromaterapi Lavender Pilihan

Aromaterapi lavender tidak hanya sedap untuk dicium wanginya. Lebih dari itu, lavender juga memberikan efek ketenangan diri yang memukau. Jadinya, wangi lavender tentunya bisa menjadi pilihan jitu untuk memberikan keharuman yang memukau sepanjang hari, bukan?

Aromaterapi Lavender yang Serba Guna

Minyak esensial lavender sudah digunakan orang sejak bertahun-tahun yang lampau. Lavender merupakan salah satu varian aromaterapi yang punya aroma yang lebih tajam. Namun, lavender sendiri banyak disukai orang karena punya efek menenangkan, membuat tubuh rileks, dan dapat menyeimbangkan kondisi fisik dan emosional. Lavender juga bisa sekaligus menjauhi dirimu dari nyamuk, lho. Masih banyak lagi manfaat lavender sehingga tak mengherankan jika aromaterapi ini tergolong serba guna.

Manfaat Aromaterapi Lavender

Lavender merupakan salah satu varian wewangian dari aromaterapi, selain aroma bunga-bungaan. Walaupun punya aroma yang lebih tajam, namun lavender sendiri banyak disukai orang karena punya efek menenangkan sekaligus menjauhi dirimu dari nyamuk, lho. Inilah beberapa manfaat aroma lavender untukmu.

Menjadikan Tubuh Serta Pikiran Menjadi Tenang dan Rileks

Aromaterapi lavender dapat kamu gunakan sebagai alat menenangkan diri. Kandungan yang dimiliki dipercaya akan memberi efek relaksasi serta mengendalikan sistem saraf simpatis, yaitu sistem saraf yang punya tanggung jawab untuk merespon stres. Gejala fisiknya adalah tangan mudah berkeringat dan jantung yang seringkali berdegup kencang.

Mengatasi Gangguan Susah Tidur

Aromaterapi lavender sering membuat orang-orang dengan mudahnya tertidur dengan lelap karena punya aroma yang sangat menenangkan. Hal tersebut dikarenakan minyak esensial yang dimiliki aromaterapi lavender punya kandungan yang sangat menenangkan pikiran, terutama bagi pengidap insomnia, kecemasan, atau restless leg syndrome. Kamu dapat menggunakan diffuser, satu jam sebelum tidur di kamarmu untuk menciptakan wangi aromaterapi ini.

Meningkatkan Energi Tubuh dan Mood

Aromaterapi lavender juga punya pengaruh bagi energi tubuh dan mood seseorang, lho. Rutin menghirup aromaterapi lavender dapat membantu kamu dalam memperkuat daya tahan tubuh, sehingga tidak mudah terserang penyakit.

Aromaterapi bekerja sebagai stimulan dan relaksasi yang juga dapat meningkatkan sirkulasi darah dan tentunya menambah energi dalam tubuh. Beberapa riset yang dilakukan oleh sektor medis juga menyatakan minyak esensial aromaterapi lavender mampu meningkatkan imun karena terdapat efek anti-mikroba, anti-jamur, serta anti-bakteri.

Mengatasi Kulit Kering

Aromaterapi lavender juga mampu mengatasi kulit kering, lho! Melalui bahan dasar alami, minyak esensial aromaterapi lavender dengan mudahnya beradaptasi dengan tubuh dan bersinergi dalam menjaga kulit tetap pada kondisi terbaiknya, seperti mengurangi garis-garis halus, luka, dan kulit kering pecah-pecah.

Cara kerjanya, aromaterapi lavender akan diserap ke dalam kulit, masuk ke dalam aliran darah, dan mengalir ke seluruh tubuh. Dengan begitu, kelembaban tubuh dapat terjaga. Jangan lupa, pilihlah jenis aromaterapi yang khusus untuk perawatan tubuh, ya!

Beberapa Jenis Aplikasi Aromaterapi Lavender

Aromaterapi Bakar

Ada beberapa metode yang dapat digunakan untuk bisa menggunakan minyak esensial aromaterapi, salah satunya adalah dengan dipanaskan atau dibakar. Kamu bisa gunakan kompor untuk memanaskannya serta terdapat wadah untuk aromaterapinya. Bubuhi enam tetes minyak aromaterapi, kemudian panaskan dengan api kecil. Dengan begitu, wewangiannya dapat dengan mudah tersebar ke seluruh ruangan.

Metode ini hanya kamu gunakan untuk wewangian saja, ya. Hal tersebut dikarenakan dengan memanaskan atau membakar aromaterapi akan menghilangkan manfaat pengobatannya, sehingga kamu tidak bisa memaksimalkannya secara sekaligus.

NOW Spike Lavender

Sumber gambar tokopedia.com

Now Spike Lavender adalah produk difuser minyak esensial aromaterapi. Dengan bahan-bahan yang 100% murni dan terdapat beragam aroma seperti pedas, bunga, kapur barus, dan segar, cocok untukmu yang membutuhkan ketenangan. Produk ini dapat kamu beli di laman tokopedia.com seharga Rp 135.000.

Indoganic Esential Oil Lavender

Sumber gambar blibli.com

Indoganic Essential Oil Lavender merupakan produk aromaterapi dengan harum bunga lavender yang menenangkan. Wewangian ini dapat dihirup dengan bantuan difuser, inhaller, uap panas atau semprotan ruangan. Selain itu, terdapat sertifikasi organik dari Australian Certified Organic (ACO).

Produk ini bisa kamu dapatkan di laman blibli.com dengan harga Rp 109.000 untuk ukuran 5mL.

BREATHE Lavender

Sumber gambar tokopedia.com

Produk aromaterapi Breathe Lavender mampu memberikan aroma dan kesegaran lavender di dalam ruanganmu. Penggunaannya pun sangat mudah, kamu hanya perlu memanaskannya di atas tungku aromaterapi dan biarkan wanginya memenuhi ruangan. Selain itu, tekstur minyak yang kental membuatnya akan menguap lebih lama sehingga lebih tahan sepanjang hari.

Produk yang buat bobot 100mL ini dapat kamu temui di laman tokopedia.com dengan banderol harga Rp 197.500.

Bathaholic Lavender

Sumber gambar bukalapak.com

Bathaholic Lavender adalah produk minya esensial aromaterapi berukuran 15mL dengan aroma lavender yang menenangkan pikiran dan memberi relaksasi yang baik bagi tubuh. Penggunaannya dapat kamu sesuaikan dengan keinginan, ketika bersantai atau ketika sebelum tidur.

Produk ini bisa kamu beli dengan harga Rp 139.000 di laman bukalapak.com.

Aromaterapi Lilin

Aromaterapi Lilin juga bisa kamu jadikan opsi tepat aromaterapi. Produk ini merupakan lilin khusus yang terbuat dari minyak esensial beragam aroma wewangian yang siap mengharumkan ruanganmu. Terdapat dua jenis lilin yang ada, yakni lilin untuk pemanas tungku dan lilin aroma terapi. Pilihlah lilin aromaterapi yang jika dibakar akan mengeluarkan aroma yang menenangkan pikiran.

Candle Lite Fresh Lavender

Sumber gambar tokopedia.com

Candle Lite Fresh Lavender merupakan lilin aromaterapi asal negeri Paman Sam yang terbuat dari bahan parafin dengan minyak esensial murni, beraroma bunga lavender. Cocok untukmu yang menginginkan ketenangan karena punya wangi yang sangat segar. Selain itu, produk ini dibalut dalam stoples kaca yang mampu menghindari potensi kebakaran.

Dengan bobotnya sebesar 85gr, Candle Lite Fresh Lavender dihargai Rp 65.000 pada laman tokopedia.com.

Manu Home CALM Lavender Scented

Sumber gambar amazon.com

Manu Home CALM Lavender Scented terbuat dari bahan minyak esensial lavender berkualitas, yang punya aroma yang tentunya sangat menyenangkan. Selain itu, kemasannya sangat menarik karena juga cocok sebagai pajangan atau dekorasi di rumah.

Produk yang punya ukuran 7.5Oz ini dapat dibeli di laman amazon.com dengan harga Rp 218.000. Tertarik?

Wax and Oils Soy Wax Lavender Scented Candles

Sumber gambar amazon.com

Butuh aromaterapi dengan bentuk lilin? Wax and Oils Soy Wax Lavender Scented Candles adalah jawabannya! Sebagai brand yang punya fokus pada produk lilin aromaterapi, Wax & Oils memberikan produk dengan kualitas terbaik dengan aroma yang mampu memberikan ketenangan dan menghilangkan stres.

Dengan aroma lavender, produk yang punya ukuran 8 Oz ini dijual dengan harga Rp 170.000 di laman amazon.com.

Dupa Aromaterapi

Walaupun lebih sering dikaitkan dengan upacara keagamaan, Dupa nyatanya dapat dimanfaatkan sebagai aromaterapi, lho. Lewat bentuknya yang padat, kamu tidak perlu takut jika dupa tersebut jatuh atau tumpah. Walaupun begitu, dupa lebih cocok untuk ruangan yang besar karena yang tersebar adalah dalam bentuk asap. Terdapat tiga jenis dupa aromaterapi, yakni dupa aromaterapi pendek, dupa aromaterapi panjang, serta dupa aromaterapi kerucut.

Quinessense Aromatheraphy Stress Relief

Sumber gambar www.quinessence.com

Quinessense Aromatheraphy Stress Relief merupakan dupa aromaterapi dengan aroma lavender, bunga jeruk, dan thyme. Selain menenangkan, produk ini mampu menurunkan tekanan dalam kepala. Kamu pun dapat bersantai lebih lama.

Produk ini dijual dengan dengan harga Rp 50.000 di laman quinessence.com.

Hem Lavender

Sumber gambar amazon.com

Hem Lavender Incense Sticks adalah produk berbentuk dupa yang masuk dalam jajaran dupa paling populer di dunia. Aroma lavender yang dihasilkan sangatlah menyegarkan, baik untuk fisik maupun psikismu. Setiap kotaknya terdapat 6 tabung dengan 20 batang, yang artinya ada 120 batang dalam setiap pembelian.

Produk ini dijual dengan harga Rp 90.000 pada laman amazon.com.

Morning Star Lavender Incense

Sumber gambar amazon.com

Opsi terakhir untukmu yang ingin mencoba aromaterapi berbasis dupa adalah produk Morning Star Lavender Incense. Produk yang telah tercipta sejak 1960 di negeri sakura ini menjadi favorit banyak orang, baik di Jepang maupun di negara lainnya. Wewangian ini terdiri dari bahan-bahan berkualitas seperti sari bunga murni dan kayu aromatik. Dalam paket pembelian, kamu akan dapatkan 200 batang dan pembakar keramik yang siap memberikan aroma lavender di ruanganmu.

Produk ini dapat kamu temukan di laman amazon.com dengan harga Rp 132.000.

From our editorial team

Wangi, Menenangkan, dan Menyehatkan

Selain memberikan ketenangan, wangi lavender juga menyehatkan, loh. Pertama, aroma wangi ini menjadikan tidur kamu lebih nyenyak dan melawan gejala susah tidur. Selanjutnya, aroma ini juga ampuh mengusir nyamuk, sehingga kamu terhindar dari penyakit yang disebabkan oleh nyamuk. Juga masih banyak fungsi dan kegunaan lainnya yang sudah BP-Guide ulas di atas. Jadi, jangan ragu lagi untuk menciptakan suasana yang menenangkan dengan aroma lavender di rumahmu yah.