Ini Dia 10 Parfum Terkenal Karena Harganya yang Selangit!

Ini Dia 10 Parfum Terkenal Karena Harganya yang Selangit!

Sejumlah parfum yang dijual punya harga yang bisa dikatakan bukan untuk kantong orang umum. Karena punya harga yang sangat mahal. Namun, tentu bukan tanpa alasan kenapa parfum tersebut berharga selangit.

Parfum Mahal Memiliki Kualitas yang Sangat Baik dan Terkenal Karena Ketahanannya

Parfum mahal terbuat dari bahan baku yang jarang ditemui seperti sandalwood, ambergris, oakmoss, vetivert, dan tahitian vanilla yang memiliki aroma yang kuat dan tahan lama. Kandungan bahan-bahan ini membuat parfum menjadi spesial, berbeda dengan parfum-parfum biasa.

Aroma parfum yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti bunga, buah, rempah-rempah, ataupun yang terbuat dari intisari hewan seperti musk atau ambergris membutuhkan proses yang lebih panjang dalam pembuatannya. Karena kealamiannya ini menjadikan aroma, kualitas, dan daya tahannya berbeda dan spesial. Otomatis membuat harga parfum yang dihasilkan juga lebih mahal.

Apa yang Membuat Parfum Begitu Mahal?

Bahan Dasar yang Langka dan Mahal

Waktu yang diperlukan, cara mendapatkan, dan cara pengolahan bahan-bahan dasar alami ini yang menyebabkan harga parfum menjadi mahal. Bahan dasar parfum mahal dibuat dari bahan alami yang langka, di antaranya:

  • Essential oil pewangi alami dengan kadar 90% - 100% merupakan hasil penyulingan dari bagian-bagian tumbuhan seperti bunga, batang, akar, daun dan rimpang. Parfum mahal memiliki range harga 3 sampai 10 kali lipat lebih mahal bila dibandingkan dengan parfum sintetis karena essential oil-nya memiliki khasiat aromaterapi yang didapat dari sari tumbuhan.

  • Parfum yang wanginya tahan lama menggunakan bahan alami ambergris atau muntahan paus. Untuk mendapatkan bahan baku ini, harus sabar menunggu hingga ambergris telah berumur enam bulan. Karena waktu menunggu hingga ambergris cukup umur, harga per gramnya mencapai USD$29.00 atau setara Rp 392.953. Inilah yang membuat parfum dengan bahan baku ambergris mahal harganya.

  • Bahan dasar alami lainnya adalah musk, yaitu sekresi wewangian yang diproduksi dari kelenjar perut rusa jantan tanpa tanduk. Binatang yang hidup di pegunungan Himalaya ini tergolong spesies langka dan telah dilarang untuk diburu. Untuk mengantisipasinya dibentuklah penangkaran rusa, di mana sebelum dilepas kembali, rusa jantan muda telah dioperasi dan diambil kelenjarnya.

Biaya Pemasaran dan Branding Parfum

Faktor lain yang membuat harga parfum mahal adalah biaya pemasaran dan branding dari parfum yang 50% sampai 90%-nya adalah biaya komersial. Parfum mahal tentu harus dipasarkan di kalangan atas, beriklan pada media-media yang pembacanya juga kalangan berkelas dan disiarkan di waktu primetime. Belum lagi pemilihan bintang iklan yang juga harus berkelas. Hal-hal ini tentu menambah biaya pemasaran dan promosi.

Kemasan sebuah parfum mahal juga tidak bisa sembarangan. Kemasannya harus bisa memberikan kesan berkelas, seperti bahan kaca kristal yang menjadi pilihan utama para desainer. Faktor-faktor yang dipertimbangkan adalah bentuk, warna, dan dekoratif dari botol parfum untuk menunjang penampilan sebuah parfum mahal.

10 Parfum Paling Mahal di Dunia

Clive Christian Imperial Majesty

Sumber gambar www.luxuryandglamor.com

Parfum termahal di dunia tahun 2005 yang dicatat oleh Guinnes Book of Record adalah Clive Christian Imperial Majesty seharga Rp 3,4 miliar.

Tiap botolnya terbuat dari 100-300 bahan alami paling langka dan berkualitas tinggi. Dengan kadar parfum 20%-25%, wanginya tahan lama. Desain botolnya juga sangat elegan dengan tambahan stempel resmi Ratu Victoria yang mencerminkan kemewahan abadi.

Clive Christian No.1 for women

Sumber gambar www.getitout.com.ng

Clive Christian memang terkenal di industri parfum dengan aroma yang berkelas dan mahal. Seri Clive Christian No.1 for women yang terbatas jumlah produksi per tahunnya masuk ke dalam jajaran 10 parfum termahal dengan harga Rp 29,3 juta.

Parfum ini memiliki aroma flora seperti Rose California, Carnation, Ylang Ylang, Tahiti Vanila, dan yang terbaik yaitu Indian Jasmine. Dikemas dalam botol yang terkenal mahal terbuat dari kristal Baccarat dan emas.

Caron's Poivre

Sumber gambar theblacknarcissus.com

Parfum paling mahal selanjutnya adalah Caron's Poivre seharga Rp 26,4 juta per 60 ml. Parfum ini memiliki aroma sangat kuat karena menggunakan kombinasi bahan-bahan rempah lada merah dan hitam, dan campuran jasmine, carnation serta musk. Dikemas dalam botol kristal Baccarat hasil desainer terkenal Felicia Bergaud menambah tampilan mewah parfum ini.

Chanel No.5

Sumber gambar www.fragrantica.com

Seharga Rp 26,5 juta, parfum Chanel No.5 masuk ke dalam jajaran 10 parfum mahal di dunia dengan penjualan tertinggi. Diciptakan oleh Ernest Beaux dengan aroma feminin yang spesial diminta oleh Coco Chanel. Pemakai parfum ini dipercaya sebagai kalangan berselera tinggi.

Banyak faktor yang membuat parfum ini mahal. Seperti kemasan berbentuk botol whisky yang klasik dan unik, hasil desain eksklusif Coco Chanel. Kemudian komposisi parfum didominasi aroma floral Aldehyde dipadukan dengan mawar, lili, vanila, dan kayu cendana yang menyatu sempurna.

Selain itu, branding parfum menggandeng selebriti terkenal pada masanya seperti Marlyn Monroe, Kate Moss, dan Nicole Kidman. Dan yang juga mempengaruhi nilai parfum ini adalah faktor kepercayaan Coco Chanel pada angka 5 sebagai angka keberuntungannya dalam bisnis sesuai tanggal peluncuran parfum ini yaitu 5 Mei 1921.

Baccarat Les Larmes Sacrees de Thebes

Sumber gambar lazypenguins.com

Terkenal dengan desain-desain botol parfumnya yang mendunia, Baccarat mengeluarkan parfum sendiri yaitu Baccarat Les Larmes Sacrees de Thebes yang berarti 'Air Mata Suci Thebes'.

Memiliki botol berbentuk piramida berhiaskan kristal murni berkualitas, pembuatan parfum ini terispirasi oleh kultur Mesir dengan aroma myrrh, ylang ylang, amber, jasmine, basil, sandalwood, musk, dan incense atau kemenyan untuk mengeluarkan kemistisan aroma zaman Mesir kuno.

Dibuat terbatas dengan hanya 6 botol di dunia, parfum ini dihargai sekitar Rp 92,4 juta.

DKNY Golden Delicious

Sumber gambar www.junkmail.co.za

Ada 3 kata yang bisa menggambarkan parfum ini: Luxurious, Special, dan Magical. Itulah image parfum DKNY Golden Delicious keluaran Donna Karan New York yang dibanderol Rp 3 miliar ini. Membuat parfum ini pantas termasuk dalam deretan 10 parfum mahal dunia.

Komposisi parfum menggunakan perpaduan bahan alami musk, sandalwood, teakwood, vanilla orchid, dan mirabelle yang menampilkan kesan sophisticated, glamorous, dan radiant yang berkelas. Dikemas dalam botol yang terbuat dari batu-batuan berharga seperti emas putih dan kuning, safir kuning, berlian putih dan pink, tourmaline, dan ruby.

Chanel Grand Extrait

Sumber gambar www.chanel.com

Grand Extrait yang merupakan seri dari Chanel No.5 mengusung aroma bunga yang abstrak dan menggunakan desain kemasan elegan dengan botol berbentuk berlian dan baudruchage pada leher botol. Untuk kemasan kotak dilapisi kain satin mutiara putih dan stempel lilin hitam. Menambah kesan mewah dari parfum seharga Rp 29,3 juta ini.

Hermes 24 Faubourg

Sumber gambar www.fragrantica.com

Parfum mahal rancangan Maurice Roucel dengan aroma mewah, elegan dan anggun dari komposisi brilliant white flowers, iris, dan ambergris dibuat khusus untuk wanita, di acara-acara spesial.

Parfum ini termasuk dalam parfum mahal karena selain dikemas dengan botol terbuat dari kristal St Louis, produksinya pun terbatas hanya ada 1000 botol. Hermes 24 Faubourg dijual di dunia dengan estimasi harga Rp 19,8 juta per botol.

Joy by Jean Patou

Sumber gambar www.fragrancex.com

Parfum seharga Rp 10,4 juta keluaran rumah parfum terkenal di Paris, Joy by Jean Patou, sangat terkenal dan banyak dipakai oleh bintang-bintang Hollywood. Beraroma khas ekstrak tumbuhan rose dan jasmine berkarakter sensual, manis, dan misterius.

Ditambah desain botol berbentuk kotak membentuk kesan simpel namun mewah. Menempatkan parfum ini dalam deretan 10 parfum mahal di dunia.

JAR Bolt of Lightning

Sumber gambar www.wgsn.com

Deretan 10 parfum mahal di dunia terakhir adalah Bolt of Lightning dari JAR perfume seharga Rp 10,6 juta. Pertama kali dipasarkan tahun 2001, parfum dikemas dalam botol berbentuk bulat dengan tampilan mulus dan mewah.

Parfum ini memberikan aroma khas musim panas karena menggunakan bahan dasar campuran kismis merah, dahlia, dan potongan cabang rumput. Membuatnya banyak digemari kalangan sosialita dunia.

From our editorial team

Dari Bahan Alami Jadi Parfum Mahal

Mayoritas parfum mahal menggunakan bahan-bahan alami. Tak heran jika harganya bisa melambung tinggi. Karena proses penyulingan bahan-bahan alami tersebut untuk bisa menjadi bahan campuran parfum butuh waktu lama dan tidak mudah.