10 Rekomendasi Minyak Aromaterapi Bakar yang Bisa Membawa Ketenangan dalam Rumah Kamu (2018)

10 Rekomendasi Minyak Aromaterapi Bakar yang Bisa Membawa Ketenangan dalam Rumah Kamu (2018)

Minyak aromaterapi merupakan salah satu sarana yang sangat baik untuk memperoleh ketenangan, kenyamanan, dan wewangian di dalam ruangan rumah Anda. Saat ini sudah banyak sekali tersedia berbagai macam jenis aromaterapi yang cocok digunakan di masing-masing ruangan rumah Anda. Apa saja itu? Mari simak pada artikel berikut ini!

Aromaterapi Bakar Adalah Medium Terbaik untuk Menyebarkan Wewangian yang Bermanfaat untuk Kesehatan dan Perasaan

Sumber gambar www.checkpregnancy.com

Aromaterapi memang dibutuhkan setiap orang untuk membantu meredakan gejala stres dan suntuk. Sayangnya tak semua orang menyadari pentingnya memiliki sebuah aromaterapi di rumah. Padahal dengan menghirup aromaterapi maka suasana hati bisa jadi lebih baik dan mampu meningkatkan kesehatan secara emosional.

Beberapa cara memakai aromaterapi adalah disemprotkan hingga dibakar. Aromaterapi dengan cara pembakaran misalnya memakai lilin aromaterapi akan memberi manfaat pada mood dan juga kesehatan. Selain itu aromaterapi bakar juga bisa menyebarkan wewangian yang mempesona ke seluruh ruangan. Bersama BP-Guide, yuk tengok aneka aroma minyak yang cocok untuk ruangan di rumah.

Aroma Minyak yang Cocok untuk Masing-masing Ruangan

Kamar Tidur

Kamar tidur adalah tempat kita berisitirahat usai beraktivitas seharian. Hindari meletakkan terlalu banyak barang dalam kamar tidur supaya tidur lebih fokus dan bisa lebih nyenyak tanpa kepikiran hal yang lainnya. Kamu bisa meletakkan aromaterapi dalam kamar tidur untuk mendukung tidur yang lebih nyenyak dan lebih berkualitas.

Dalam aromaterapi terdapat senyawa aromatik yang bisa memengaruhi suasana hati. Kamu bisa pilih aromaterapi lavender untuk di dalam kamar. Aroma ini memberi efek menenangkan pikiran kala akan tidur. Kamu bisa juga pilih aroma vanilla karena bisa memberi efek relaksasi sehingga bisa mempercepat mata terpejam dan tidur.

Ruang Tamu

Sumber gambar www.decoist.com

Kita bisa juga meletakkan aromaterapi di ruang tamu. Di ruang di mana kita menerima tamu, sebaiknya memilih aromaterapi yang tepat. Dengan keharuman yang pas, maka tamu akan merasa betah dan nyaman berada di rumah kamu.

Kamu bisa pilih aroma kayu manis, rosemary, atau orange. Hal ini karena beberapa aroma tersebut bisa membuat perasaan penghuninya jadi merasa senang dan tenang.

Kamar Mandi

Sumber gambar www.thespruce.com

Di kamar mandi memang sudah ada sabun dan lainnya untuk membuat ruangan jadi wangi. Namun, tak salah juga kalau kamu menambahkan aromaterapi agar kamu bisa merasa tenang dan rileks kala membersihkan tubuh.

Kamu bisa menyalakan lilin aromaterapi kala kamu sedang berendam. Kamu bisa pilih yang aromanya bernuansa alam. Ini akan membuat kamar mandi berkesan segar dan alami. Mood kamu juga pasti jadi lebih segar usai mandi.

Ruang Makan

Sumber gambar www.jacekpartyka.com

Ruang yang satu ini menjadi tempat berkumpul para anggota keluarga kala sedang makan bersama. Kamu bisa juga meletakkan aromaterapi di tempat ini. Biasanya dapur dan ruang makan berdekatan, hal ini membuat aroma kompor hingga bau sisa masakan yang kurang sedap bercampur. Tentu sedikit banyak bisa mengurangi nafsu makan.

Kamu bisa pilih aroma mint atau lemon grass. Kedua aroma tersebut ampuh menghilangkan bau kurang sedap sehingga saat makan jadi lebih lahap.

Tips Menggunakan Aroma Terapi Bakar

Jangan Terlalu Lama Dipanaskan

Sumber gambar www.nimafadavibeats.com

Memakai aromaterapi jenis bakar tentu ada aturannya. Sebaiknya tak dipanaskan dalam jangka waktu lama. Ini karena bisa menyebabkan tumor, gangguan kesehatan paru-paru, dan asma. Dalam sebuah lilin aromaterapi terkandung formaldehyde dan parafin yang merupakan bahan kimia. Jika dipanaskan terlalu lama maka bisa berpotensi mengubah struktur DNA sehingga memudahkan penyakit kanker hinggap di tubuh.

Panaskan saja selama satu jam atau pakailah oil burner yang bisa memanaskan minyak esensial pada suhu tidak terlalu tinggi.

Jangan Dibakar Terlalu Panas

Sumber gambar www.nimafadavibeats.com

Minyak atau lilin aromaterapi bisa digunakan dengan cara dipanaskan. Kamu bisa pakai tungku yang memiliki wadah untuk minyak aromaterapinya. Kamu bisa membubuhkan secukupnya minyak aromaterapi lalu dipanaskan dengan api kecil saja.

Aromaterapi akan cepat menyebar kala dipanaskan. Hindari memanaskan dengan suhu terlalu tinggi. Hal ini karena manfaat pengobatannya akan jadi lenyap jika suhunya terlalu tinggi.

10 Minyak Aromaterapi yang Paling Populer

MARJORAM

Sumber gambar www.dekoruma.com

Tanaman marjoram adalah tanaman herbal yang beraroma khas. Banyak diolah jadi aromaterapi karena memang sangat efektif. Biasanya tanaman dengan banyak kandungan zat aktif ini juga dipakai sebagai bahan baku obat dan juga bumbu dapur.

Tanaman berwarna hijau ini aromanya hangat dan sedikit beraroma kayu. Mencium aromanya mengingatkan kita pada aroma kombinasi pala dan kapulaga.

SVASTI Marjoram Essential Oil ini bisa jadi pilihan aromaterapi kamu. Minyak ini berbahan aneka tumbuhan aromatik pilihan. Bisa jadi sarana relaksasi hingga pengharum ruangan. Kamu bisa membelinya di Dekoruma dengan harga Rp 295.000.

BERGAMOT

Sumber gambar www.tokopedia.com

Pohon citrus beragamia banyak tumbuh di Asia Tenggara. Pohon ini banyak dimanfaatkan untuk diambil sebagai minyak esensial bernama bergamot. Aromanya banyak dipakai untuk mengatasi stres hingga infeksi kulit seperti psoriasis dan eczema. Aroma ini juga bisa membuat nyaman saat merasa tidak enak badan.

Bergamot Essential Oil ini hadir dalam ukuran 10 ml. Minyak yang satu ini banyak digunakan untuk pengobatan dan bidang perindustrian. Bisa dipakai sebagai analgesik dan juga antidepresan. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 80.500

CEDARWOOD

Sumber gambar www.tokopedia.com

Minyak esensial cedarwood berasal dari potongan kayu pohon cedar. Diproses hingga menjadi minyak yang memiliki manfaat kesehatan. Aroma cedarwood terbilang ampuh untuk infeksi pernapasan dan saluran kencing.

Cedarwood Essential Oil-Marun Aromaterapi ini juga bisa kamu miliki. Aromanya berasal dari tumbuhan alami. Murni tanpa campuran sehingga bisa memberikan efek yang maksimal. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 65.000.

PATCHOULI

Sumber gambar www.blibli.com

Patchouli alias nilam bisa menjadi bahan aromaterapi. Wanginya bisa mengurangi rasa lelah hingga rasa kecanduan. Kamu bisa intip produk yang satu ini.

Pure Patchouli Essential Oil Minyak Nilam ini hadir dalam kemasan 10 ml. Minyak ini merupakan aromaterapi luar biasa untuk meredakan stres. Bisa untuk meredakan peradangan kulit juga karena bisa memberi sensasi dingin pada kulit. Aromanya bisa dijadikan pengharum ruangan. Kamu bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 30.000.

CHAMOMILE

Sumber gambar www.lemonilo.com

Chamomile sejak dulu sudah dikenal sebagai obat luka bakar hingga alergi. Aroma dari bunga ini bisa menenangkan dan menjernihkan pikiran. Kamu bisa pilih aromaterapi dengan keharuman bunga yang satu ini.

Svasti Chamomile Essential Oil ini akan membuat hari-harimu terasa harum. Tersedia dalam ukuran 10 ml, minyak ini diekstrak dari bunga chamomile. Minyak ini bisa memberi aroma segar untuk ruangan. Selain itu bisa juga meredakan stres hingga membantu mengusir nyamuk dan serangga. Kamu bisa memperolehnya di Lemonilo dengan harga Rp 315.000.

PEPPERMINT

Sumber gambar www.dekoruma.com

Bagi yang bekerja dalam ruangan, terkadang mengalami kebuntuan ide. Rasa jenuh biasanya menyergap dan akhirnya mood jadi memburuk. Kamu bisa perbaiki dengan aroma peppermint yang segar. Gunakan aromaterapi peppermint untuk menjernihkan pikiran dan meningkatkan konsentrasi. Aroma yang satu ini juga bisa membuat hati lebih bahagia.

SVASTI Essential Oil Peppermint ini bisa kamu miliki. Hadir dengan ukuran 10 ml, aromanya menyegarkan dan bikin semangat balik lagi. Berbahan minyak atsiri dengan hasil dari sulingan tanaman aromatik untuk aromaterapi dan penyegar ruangan. Kamu bisa membelinya di Dekoruma dengan harga Rp 119.999.

ROSE

Sumber gambar www.bukalapak.com

Aroma rose alias mawar memang harum dan berkesan feminin. Aromanya biasa dipakai sebagai aromaterapi pilihan karena bisa mencegah aroma tak sedap dan juga bisa bikin mood lebih baik lagi. Suasana hati yang tenang bikin banyak ide positif bisa bermunculan.

Rose Essential Oil 5ml ini bisa kamu pilih. Aromaterapi yang satu ini memiliki kandungan 100 persen minyak mawar asli. Dari puluhan ribu bunga mawar hanya menghasilkan 1 ons minyak esensial yang satu ini. Mawarnya dipilih kala fajar sehingga menghasilkan aroma yang menyegarkan. Kamu bisa membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 207.500.

EUCALYPTUS

Sumber gambar www.blibli.com

Aroma eucalyptus juga banyak dipilih sebagai aromaterapi. Manfaat yang paling menonjol dari aroma ini adalah sebagai antidepresan. Aroma dari tanaman eukaliptus globulus ini memang menyegarkan. Meski memiliki aroma kayu yang kuat namun tetap saja bisa meredakan rasa khawatir yang berlebihan.

Giovanni Aromatherapy Essential Oil memeprsembahkan aroma eucalyptus yang segar. Aromaterapi sebanyak 10 ml ini bisa mengharumkan ruangan. Kamu bisa juga memakainya untuk meringankan masalah hidung sensitif hingga asma dan batuk. Bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 179.000.

ROSEMARY

Sumber gambar www.blibli.com

Rosemary adalah tanaman yang hadir dengan berbagai manfaat baik. Biasanya rosemary digunakan sebagai alangesik hingga stimulan. Rosemary dikenal juga bisa mencegah bau badan. Tak heran jika rosemary banyak dimanfaatkan, selain itu aromanya juga sangat memikat. Ada aromaterapi rosemary dengan berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan.

Econic Rosemary Oil ini cocok untuk aromaterapi bakar. Dengan bahan natural, aroma rosemary yang dihasilkan pun menenangkan. Kamu bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 100.000.

JASMINE

Sumber gambar www.blibli.com

Bali Aromaterapi Essential Oil Jasmine ini jangan sampai tak kamu miliki. Memiliki manfaat yang baik untuk relaksasi, aromaterapi ini baik untuk kesehatan emosional. Dengan kandungan minyak esensial beraroma bunga melati sehingga stres bisa berkurang dan perasaan jadi lebih nyaman.

Aroma melati memang sangat lembut dan feminin. Gairah seksual dan stres berlebihan bisa diatasi dengan aromaterapi ini. Minyak esensial ini juga bisa mengatasi masalah pernapasan dan mengurangi ketegangan. Kamu bisa membelinya di Blibli dengan harga Rp 54.000.

From our editorial team

Gunakan Aromaterapi dengan Bijak

Aromaterapi tentu saja memiliki banyak sekali manfaat bagi kita, akan tetapi kita tetap harus menggunakannya dalam batas kewajaran dan tidak berlebihan. Karena bagaimanapun, asap yang dihasilkan oleh aromaterapi yang dibakar akan membahayakan tubuh jika tidak terkontrol dengan baik. But well, aromatherapy can still be useful for us.