Santai dan Nyaman Selama Masa Kehamilan dengan 9+ Rekomendasi Aromaterapi untuk Ibu Hamil Berikut Ini (2018)

Santai dan Nyaman Selama Masa Kehamilan dengan 9+ Rekomendasi Aromaterapi untuk Ibu Hamil Berikut Ini (2018)

Sumber gambar hvlibrary.org

Merasa tenang dan rileks adalah hal yang penting di masa kehamilan. Tinggi atau rendahnya tingkat stres selama kehamilan bisa berpengaruh pada kondisi janin yang ada di dalam kandungan. Jika Anda ingin melakukan relaksasi secara mudah, Anda bisa coba menggunakan minyak aromaterapi. Minyak ini umumnya terbuat dari bunga, kulit kayu, daun, akar, buah, dan biji. Wangi yang berbeda-beda bisa memberi sensasi yang membantu Anda merasa nyaman dan santai seperti dalam referensi berikut ini.

Di Masa Kehamilan, Menikmati Aromaterapi sangat Penting untuk Menjaga Kandungan

Sumber gambar time.com

Masa kehamilan adalah masa paling mendebarkan di mana ibu menantikan melihat sang buah hati terlahir ke dunia. Selama masa kehamilan, ibu wajib menjaga kesehatan secara lahir dan batin. Ini semua demi menyambut buah hati dengan suka cita.

Pada masa kehamilan, ibu hamil mengalami aneka perubahan hormon. Suasana hati mudah berubah dan ibu hamil pun jadi cukup emosional. Sementara itu, penting untuk ibu supaya menjaga suasana hati tetap stabil apa pun masalah yang dihadapi. Ini supaya perkembangan janin tak terganggu. Aromaterapi bisa menjadi sarana yang baik dalam menjaga suasana hati dan mood ibu hamil.

Manfaat Aromaterapi untuk Ibu Hamil

Melancarkan Sirkulasi Darah

Sumber gambar livelovefruit.com

Penggunaan aromaterapi pada ibu hamil ternyata banyak memberi dampak positif. Salah satunya adalah untuk melancarkan sirkulasi darah. Anda bisa memilih beberapa minyak esensial untuk memperlancar aliran darah supaya kesehatan lebih terjaga pada saat kehamilan.

Anda bisa memakai minyak esensial dengan aroma jahe, kayu putih, atau lada hitam. Encerkan saja minyak esensial tersebut lalu tinggal oles pada betis dan memijatnya dengan lembut. Ramuan esensial tersebut bisa mengatasi nyeri, mengurangi ketegangan, hingga meredakan kejang otot, loh.

Memudahkan Proses Persalinan

Sumber gambar maerakluke.com

Menjelang kelahiran buah hati, tak sedikit ibu yang cemas tentang proses persalinan. Persiapan matang perlu dilakukan supaya bayi lahir dengan selamat dan ibu bisa melahirkan dengan lancar. Anda bisa manfaatkan aromaterapi supaya proses persalinan lebih mulus.

Sejak usia kandungan 7 bulan, Anda bisa mulai menyiapkan aromaterapi untuk digunakan. Pakailah minyak esensial bunga melati, lavendel, hingga ylang ylang untuk kemudian ditaruh pada semangkuk air panas.

Minyak esensial tersebut akan memberi ketenangan dan mampu menurunkan tekanan darah. Minyak ini akan mempertahankan kekuatan rahim saat Ibu melahirkan.

Mengurangi Risiko Stretchmark

Sumber gambar 123rf.com

Saat masa kehamilan tak jarang ibu mengalami stretchmark. Ini tentu bikin Anda menjadi kurang percaya diri. Meski tergolong efek yang wajar, namun stretchmark sebaiknya dihilangkan saja.

Anda bisa gunakan aromaterapi untuk mengurangi risiko stretchmark. Pakailah minyak esensial yang Anda racik sendiri. Buatlah dari bahan alami seperti wortel dan juga jeruk. Oleskan minyak esensial pada perut atau area tubuh lain. Bisa juga memakai minyak jojoba sebagai pilihan supaya risiko stretchmark bisa diminimalkan.

Meredakan Rasa Gelisah

Sumber gambar health.harvard.edu

Aromaterapi pada dasarnya memang dihadirkan untuk meredakan rasa cemas berlebihan. Anda yang tengah hamil tentu sangat merasa bahwa selama hamil jadi lebih emosional. Pakailah aromaterapi supaya suasana hati jadi lebih baik dan jadi tak mudah gelisah.

Aromaterapi bisa menghasilkan efek rileksasi. Anda jadi lebih tenang dan kualitas tidur jadi lebih meningkat. Dengan demikian otot tegang mengendur dan Anda jadi lebih nyaman untuk melakukan berbagai aktivitas.

Meringankan Gejala Mual dan Muntah

Sumber gambar mumsgrapevine.com.au

Ibu hamil tentu akan mengalami morning sickness, yang meski menyebalkan tentu tetap dinikmati. Ibu hamil juga jadi lebih sensitif dengan masalah bau. Sehingga hal tersebut membuat Anda merasa cepat mual dan akhirnya muntah.

Gejala morning sickness bisa diringankan dengan menghirup aromaterapi. Pakailah minyak esensial jahe untuk gejala mual dan muntah. Atau Anda bisa juga memakai minyak esensial pinus yang bikin Anda lebih rileks dan akhirnya tak ingin muntah. Aroma lain yang bisa dicoba adalah aroma lavendel.

Tips Menggunakan Aromaterapi untuk Ibu Hamil

Gunakan Aromaterapi Setelah Trisemester Pertama

Sumber gambar thebump.com

Aromaterapi bisa menstimulasi saraf melalui indera penciuman kita. Selanjutnya saraf akan mengirimnya ke otak dan akhirnya otak bisa mencocokkannya dengan jenis wewangian dan pengaruhnya bagi tubuh.

Aromaterapi untuk ibu hamil bisa digunakan usai trimester pertama. Ini karena di awal kehamilan sangat rentan terhadap aneka wewangian. Bisa jadi jika menghirup aroma minyak pada usia awal kehamilan malah bisa menimbulkan kontraksi yang bisa meningkatkan keguguran.

Gunakan Tungku Apabila Menggunakan Minyak Aromaterapi

Sumber gambar coolmisthumidifier.org

Minyak esensial bisa dimanfaatkan dalam beragam cara. Ada yang digunakan untuk pijat, ada yang untuk digunakan dengan cara dihirup dan ada juga yang dimanfaatkan dengan cara dibakar di tungku kecil. Aromaterapi yang tepat untuk ibu hamil bisa beragam tergantung kebutuhan.

Hindari aroma yang terlau kuat supaya tak menimbulkan kontraksi. Anda bisa mengencerkan minyak esensial dengan minyak nabati untuk dioleskan ke tubuh dan dipijatkan.

Bisa juga memilih aromaterapi yang dipanaskan dengan api kecil. Dengan cara ini maka aroma minyak esensial bisa menyebar dengan cepat ke seluruh ruangan. Cara yang lebih modern adalah menggunakan diffuser bertenaga listrik. Ini bisa jadi pilihan yang lebih aman dan praktis.

Sesuaikan Aroma dengan Kondisi Kesehatan

Sumber gambar aksam.com.tr

Aromaterapi memang disarankan untuk ibu hamil. Tentu saja harus dibedakan sesuai jenisnya sendiri supaya tak membahayakan ibu hamil dan calon bayi. Ada baiknya Anda mengenali tiap aroma dan manfaatnya.

Untuk gejala pusing hingga mual Anda bisa gunakan minyak lemon atau mint karena aromanya menyegarkan. Ini bisa meringankan gejala mual yang sering diderita oleh ibu hamil. Ada baiknya juga mengonsultasikan dengan dokter kandungan mengenai aromaterapi yang baik. Dengan demikian Anda tak perlu was was memilih aromaterapi yang tepat.

Rekomendasi Aromaterapi yang Aman untuk Ibu Hamil

Marun Aromaterapi Essential Oil Eucalyptus

Sumber gambar qlapa.com

Marun Aromaterapi Essential Oil Eucalyptus ini bisa Anda gunakan. Bahannya dari tumbuhan dan asli tanpa bahan kimia. Hadir dalam kemasan botol mulai dari ukuran 5 ml hingga 50ml sehingga bisa disesuaikan dengan yang cocok. Jika ingin digunakan, harus diencerkan dulu.

Dibuat dari beratus kilogram bahan baku tumbuhan untuk menghasilkan beberapa mililiter essential oil. Minyak ini bisa melegakan saluran napas hingga melepaskan beban pikiran. Aroma herbalnya menenangkan ibu hamil. Anda bisa membelinya di Qlapa dengan harga Rp 75.000.

Shamima Natural Essential Oil

Sumber gambar www.amazon.com

Shamima Natural Essential Oil cocok untuk digunakan ibu hamil. Hadir dalam ukuran 120 ml, minyak yang satu ini cocok untuk dipakai relaksasi. Dengan varian wangi lavendel sehingga bisa sangat menenangkan pikiran. Menghilangkan gejala insomnia dan bisa bikin tidur lebih nyenyak.

Untuk memakai aromaterapi ini Anda bisa campur 8 tetes minyak ini dengan 60 ml air dalam botol spray. Selanjutnya Anda tinggal menyemprotnya pada bantal saat malam sebelum tidur.

Pilihan lainnya adalah untuk mencapur 3 tetes minyak dengan sesendok makan minyak kelapa. Lalu oleskan campuran ini di kening supaya sakit kepala bisa berkurang. Anda bisa membelinya di Amazon dengan harga Rp 268.000.

Organic Supply Co. Peaceful Essential Oil Pack

Sumber gambar www.organicsupply.co

Organic Supply Co. adalah sebuah brand skincare yang menyediakan aneka produk organik untuk kesehatan. Berdiri tahun 2015, brand ini membantu masyarakat untuk mendapatkan produk berbahan alami lebih mudah. Menghadirkan aneka jenis bahan aromaterapi dan perawatan kecantikan, brand ini banyak disukai masyarakat.

Peaceful Essential Oil Pack ini bisa jadi pilihan yang tepat. Dalam paket ini terdapat 5ml chill essential oil guna meredam emosi. Lalu ada 5 ml snooze essential oil untuk membuat jiwa lebih tenang. Ada juga 5ml thankful essential oil untuk menciptakan hasrat mencintai kebaikan. Paket ini bisa dibeli di organicsupply.co dengan harga Rp 585.000.

Nares Essential Oils

Sumber gambar olivmart.com

Nares Essential Oils ini bisa jadi salah satu aromaterapi pilihan ibu hamil. Berbahan aneka rempah, essential oil ini merupakan produk dari brand Indonesia. Memakai sumber daya alam asli sehingga produknya lebih aman untuk digunakan.

Silakan coba Nares Ginger yang merupakan pilihan dari Nares Essential Oils. Minyak yang satu ini bisa meredakan peradangan tubuh. Cocok untuk ibu hamil supaya tetap rileks dan tenang. Dalam minyak ini terdapat zingibain yang bersifat anti inflamasi untuk meredakan rasa nyeri. Anda bisa membelinya di Nares dengan harga Rp 300.000.

Young Living Essential Oils Minyak Atsiri Tunggal

Sumber gambar www.bukalapak.com

Young Living sudah lama dikenal dalam industri essential oil. Brand ini menghadirkan aneka minyak aromaterapi untuk kesehatan dan kecantikan. Young Living Essential Oils Minyak Atsiri Tunggal ini menjadi salah satu produk terbaik minyak aromaterapi untuk ibu hamil.

Berkhasiat tinggi berkat adanya minyak atsiri yang didapat dari proses distilasi. Aromanya khas dan alami sehingga bisa mengatur mood lebih baik. Anda bisa memakai dengan cara dioles pada bagian tubuh atau cukup dihirup saja aromanya. Bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 50.000.

Essential Oil Orange - YAGI Natural

Sumber gambar yaginatural.com

Jeruk bukan hanya segar untuk dinikmati langsung. Jeruk bisa dijadikan sebagai minyak esensial yang baik untuk merilekskan tubuh. Anda bisa memilih produk andalan dari Yagi Natural.

Ada Essential OIL Sweet Orange yang sangat cocok untuk ibu hamil. Aroma jeruk manis ini sangat menyegarkan dan membuat semangat. Dapat mengurangi otot tegang, minyak esensial ini bisa menyegarkan aroma ruangan juga. Anda bisa mendapatkan minyak ini di Yagi Natural dengan harga Rp 35.000.

Minyak Aromaterapi VIMALA PURE Grapefruit Essential Oil

Sumber gambar blibli.com

Minyak Aromaterapi VIMALA PURE Grapefruit Essential Oil ini tak bisa Anda lewatkan. Aroma grapefruit cukup segar sehingga bisa menyegarkan ruangan. Selain itu aromanya bisa juga untuk meredakan gejala mual pada ibu hamil.

Hadir dalam kemasan 10 ml, minyak ini bisa dipakai untuk diambil manfaatnya dalam kesehatan. Bisa dipakai untuk meningkatkan kesehatan fisik hingga emosional. Aromaterapi ini bisa mengurangi kelelahan hingga membuat suasana hati jadi lebih baik. Anda bisa membelinya di Qlapa dengan harga Rp 180.000.

Nicole's Natural Citrus Essential Oil

Sumber gambar www.blibli.com

Nicole's Natural Citrus Essential Oil ini adalah jenis aromaterapi yang bisa digunakan ibu hamil. Mengandung bahan alami berupa bergamot yang diolah menjadi minyak atsiri. Berkhasiat untuk meredakan stres, minyak ini juga bisa mencegah infeksi kulit seperti eczema dan psoriasis.

Minyak ini juga bisa dipakai untuk mengatasi jerawat meradang hingga meredakan kemerahan pada kulit. Bisa juga digunakan untuk pewangi ruangan, minyak esensial ini akan membuat ruangan lebih segar. Anda bisa membelinya di Lemonilo dengan harga Rp 275.000.

Paradise Leaf Essential Oil

Sumber gambar milamili.com

Paradise Leaf Essential Oil ini tak bisa dilewatkan begitu saja. Anda akan mendapat banyak manfaat dari minyak yang satu ini. Bisa sebagai energizer alami dan juga untuk merelaksasi otot yang tegang.

Gunakan untuk dihirup dengan cara dituang ke oil burner yang dicampurkan pada 100 ml air panas. Bisa juga untuk campuran air mandi dengan cara meneteskannya ke dalam air bak mandi.

Atau bisa juga mencampur 5 tetes minyak ini dengan air panas 200 ml. Lalu rendamlah kain ke dalamnya gunakan untuk mengompres bagian yang diinginkan. Anda bisa membelinya di Milamili dengan harga Rp 80.000.

From our editorial team

Perhatikan Bahan Aromaterapi

Sebelum menggunakan minyak aromaterapi, ada baiknya Anda mencermati dulu aroma dari bahan yang terdapat di dalam produk. Beberapa jenis baik digunakan pada trimester kedua dan ketiga seperti kamomil, ylang ylang, dan lavendel yang bisa membantu mengatasi sulit tidur. Sementara, aroma citronella, basil, cedar, cengkeh thyme, cumin, aniseed, dan kayu manis sebaiknya dihindari karena bisa memicu terjadinya kontraksi. Sebelum memutuskan menggunakan aromaterapi, Anda juga dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan agar bisa melakukan relaksasi secara nyaman dan aman.