Inilah 4 Tips Mengetahui Kosmetik yang Aman untuk Ibu Hamil serta 10 Merek Kosmetik yang Direkomendasikan

Inilah 4 Tips Mengetahui Kosmetik yang Aman untuk Ibu Hamil serta 10 Merek Kosmetik yang Direkomendasikan

Anda sedang hamil dan khawatir akan pemakaian kosmetik yang berdampak pada janin? Tenang saja, karena ada beberapa kosmetik yang memang aman untuk ibu hamil. Di artikel ini akan dijabarkan beberapa ciri-ciri kosmetik untuk ibu hamil dan rekomendasinya. Jadi, Anda tidak usah ragu. Segera simak artikel dari BP-Guide ini untuk detailnya ya.

Kosmetik yang Mengandung Bahan yang Berbahaya Bisa Membahayakan Tumbuh Kembang Janin

Sumber gambar www.hindustantimes.com

Beberapa ibu hamil merasakan perubahan mood yang drastis. Ada juga yang tak suka melihat wajahnya terlihat polos meskipun sedang berada dalam rumah sehingga mereka harus berdandan dan merias diri dengan kosmetik.

Tahukah Anda bahwa tak semua kosmetik aman digunakan oleh ibu hamil? Faktanya, para wanita yang sedang hamil tak boleh menggunakan kosmetik maupun skincare berbahan kimia berbahaya yang bisa membahayakan janin.

Sebenarnya semua produk kecantikan yang beredar di pasaran dan berizin BPOM, biasanya aman digunakan oleh ibu hamil. Hal ini sedikit berbeda jika Anda menggunakan kosmetik maupun skincare hasil racikan dokter maupun kosmetik oplosan. Anda perlu berkonsultasi mengenai kandungan yang ada pada produk tersebut untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan pada sang janin.

Tapi Anda tak perlu lagi khawatir, sebab sekarang ini banyak sekali brand kosmetik dan skincare yang ramah untuk ibu hamil. Kini Anda bisa selalu tampil cantik dan menawan tanpa membahayakan adik kecil yang sedang berada di dalam kandungan.

4 Ciri Kosmetik yang Aman untuk Ibu Hamil

Tidak Ada Kandungan Retinoid

Sumber gambar www.aswechange.com

Tahukah Anda jika skin care atau produk kosmetik yang mengandung turunan vitamin A atau retinoid bisa meningkatkan risiko cacat dan membahayakan janin? Nah, kandungan retinoid termasuk retin-A, renova, retinol, dan retinyl palmitate biasa ditemukan dalam obat jerawat resep dan produk kecantikan anti-aging.

Semua turunan retinoid, seperti retinaldehyde, differin, adapalene, tretinoin, tazarotene dan isotretinoin masuk dalam kategori C, aman namun berisiko sehingga harus dihindari. Versi lain dari turunan retinoid yang masuk kategori X atau kontradiksi adalah tazorac dan accutane.

Retinoid sendiri merupakan jenis vitamin A yang mempercepat pembelahan sel dan mencegah kerusakan kolagen kulit. Meskipun demikian, para dokter menyarankan ibu hamil untuk tak menggunakan produk yang mengandung bahan kimia tersebut.

Selama merencanakan kehamilan, dokter biasanya menyarankan para ibu untuk menghentikan penggunaan kosmetik dan produk perawatan kulit yang mengandung retinoid. Mengonsumsi vitamin A atau banyak menggunakan produk beretinoid bisa membahayakan janin dan meningkatkan risiko cacat lahir, serta keracunan hati.

Tidak Ada Kandungan Hidrokuinon

Sumber gambar www.thejakartapost.com

Sebaiknya, Anda tak perlu menggunakan produk kosmetik pencerah wajah selama masa kehamilan. Karena perubahan hormon yang bersifat sementara, kulit memang terlihat kusam. Setelah melahirkan, kulit Anda akan kembali seperti sedia kala.

Memiliki kandungan yang sama bahayanya dengan merkuri, hidrokuinon kerap ditemukan dalam krim-krim pemutih instan. Penggunaan kosmetik maupun skincare berbahan hidrokuinon bisa mempengaruhi kesehatan Anda dan juga janin. Hidrokuinon, termasuk idrochinone, quinol, 1-4 dihydroxy benzene, dan 1-4 hydroxy benzene merupakan kandungan yang masuk dalam kategori C yang berarti aman namun berisiko.

Tidak Ada Kandungan Merkuri

Sumber gambar www.nst.com.my

Kandungan merkuri yang ada pada bedak dan krim pemutih wajah ternyata bisa merusak hati dan ginjal, serta mengganggu perkembangan janin.

Sebenarnya merkuri merupakan kandungan kimia yang tak boleh digunakan pada kulit. Meskipun memiliki efek mencerahkan dalam waktu yang singkat, kulit Anda akan menjadi kemerahan saat di bawah sinar matahari dan iritasi pada awal pemakaian.

Oleh sebab itu, Anda perlu menghindari kosmetik maupun skincare berbahan merkuri supaya terhindar dari gangguan kesehatan pada diri sendiri dan janin.

Tidak Ada Kandungan Benzoil Peroksida

Sumber gambar screwyouacne.com

Bahan kimia pada kosmetik yang perlu dihindari oleh ibu hamil adalah benzoil peroksida atau benzoil peroxyde. Ditemukan pada produk kosmetik dan skincare anti jerawat, kandungan ini akan terserap oleh kulit sebanyak 5% saat dioles. Sebaiknya gunakan kosmetik atau skincare yang tak mengandung Benzoil peroksida. Jika tak mungkin, Anda bisa memilih yang kandungannya berkonsentrasi rendah saat masa kehamilan, yaitu kurang dari 5%.

10 Merek Kosmetik yang Aman untuk Ibu Hamil

Nah, sudah mengetahui bukan ciri-ciri kosmetik yang aman untuk ibu hamil? Berikut ini merupakan merek kosmetik yang dapat Anda pilih karena aman untuk ibu hamil.

Burt's and Bees

Sumber gambar the-file.com

Burt's and Bees merupakan salah satu brand lipstik dan lip care asal Amerika yang aman untuk ibu hamil. Menggunakan bahan-bahan natural dari alam, semua produknya dijamin tak mengandung paraben, petrochemical, atau bahan sintetik lainnya.

Memiliki slogan “Nature Becomes You”, Burt's and Bees adalah brand yang peduli akan dampak produk terhadap lingkungan sekitarnya. Merancang konsep eco friendly, brand tersebut bisa jadi salah satu yang Anda gunakan selama masa kehamilan.

Burts Bees Beeswax Lip Balm, merupakan lip balm yang menghidrasi dan memperbaiki struktur bibir supaya terlihat sehat dan cantik. Di Lazada, Anda bisa menemukan Burts Bees Beeswax varian Pomegranate Lip Balm yang dijual dengan harga Rp 89.000.

Dibanderol dengan harga Rp 80.000, Anda bisa membelinya secara online di Tokopedia. Di sana penjualnya menawarkan aneka pilihan, seperti Beeswax Lip Balm, Vanilla Bean Lip Balm, Wild Cherry Lip Balm, Pomegranate Lip Balm, Pink Grapefruit Lip Balm, Strawberry Lip Balm, Mango Butter Lip Balm, Honey Lip Balm, serta Coconut and Pear Lip Balm.

Emina

Sumber gambar prelo.co.id

Beralih ke brand lokal, Emina memiliki aneka produk kosmetik dan skin care yang aman bagi ibu hamil. Diluncurkan sejak tahun 2015, Emina adalah saudara dekat Wardah dan Make Over yang awalnya didedikasikan untuk para remaja yang ingin mencoba make up aman dan natural. Diproduksi oleh PT Paragon Technology, Emina memiliki aneka produk berpackaging imut layaknya K-cosmetics.

Bagi ibu hamil yang sedang bingung mencari eyeliner yang aman, Anda bisa memilih Emina Eye Do! Crayon Eyeliner. Memiliki tekstur yang creamy dan anti air, eyeliner ini sangat cocok digunakan untuk Anda yang beraktivitas selama kehamilan di luar rumah. Mudah diaplikasikan, eyeliner tersebut tersedia dalam beberapa pilihan warna, seperti hitam, deep purple, dan cokelat.

Emina Eye Do! Crayon Eyeliner bisa Anda beli secara online di Bukalapak dengan harga Rp 82.000 atau di Tokopedia seharga Rp 55.000.

Mineral Botanica

Sumber gambar www.blibli.com

Memiliki kandungan bebas paraben, Mineral Botanica merupakan salah satu brand kosmetik lokal yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Terbuat dari bahan yang aman dan natural, brand ini memiliki rangkaian produk kecantikan, seperti lipstick, facial wash, body lotion, dan eyeliner.

Mineral Botanica Brightening Facial Foam merupakan sabun pencuci muka dengan pH yang seimbang dan lembut di kulit. Facial foam ini dinilai mampu mengangkat kotoran secara maksimal sehingga kulit terasa segar, bersih, dan lebih cerah. Mengandung beberapa bahan alami, seperti licorice ext, phyto aloe, dan tiniy white, Anda bisa membeli sabun pencuci muka ini secara online. Blibli menjualnya dengan harga Rp 38.235 sedangkan Shopee menawarkan harga Rp 21.900 untuk tiap tubenya.

Supaya terlihat segar dan menawan saat hamil, Anda bisa memilih lip cream matte dari Mineral Botanica. Mudah diaplikasikan layaknya lipgloss, lip cream matte tersebut mampu memberi finishing matte doff yang sangat cantik, ringan, dan tahan lama. Mineral Botanica Lip Cream Matte (SMLC) tersedia dalam 20 pilihan warna yang berbeda. Anda bisa membelinya di Bukalapak dengan harga Rp 53.500.

Crystal Essence

Sumber gambar www.tokopedia.com

Di masa kehamilan tentu Anda selalu ingin tampil wangi dan segar, oleh sebab itu Anda perlu deodoran yang aman bagi kesehatan janin. Deodoran berbahan almumunium chloride hexahydrate dan alumunium chlorohydrate wajib dihindari, karena keduanya masuk dalam kategori C yang berarti aman tetapi beresiko. Salah satu deodoran yang aman untuk ibu hamil adalah Crystal Stick Body Deodorant.

Datang dari brand Crystal Essence, Crystal Stick Body Deodorant merupakan produk perawatan tubuh yang aman untuk ibu hamil karena hypoallergenic, serta tak mengandung paraben dan aluminium chlorohydrate. Deodoran tersebut tersedia dalam beberapa varian aroma, yaitu lavender dan teh putih yang calming. Terbuat dari garam mineral alami, deodoran ini mampu mencegah bau badan hingga 24 jam.

Anda bisa membeli Crystal Stick Body Deodorant dari Crystal Essence di Blibli dan Tokopedia dengan harga Rp 128.000. Anda juga dapat membelinya di akun-akun onlineshop Instagram yang menawarkannya dengan harga Rp 180 ribuan.

Wardah

Sumber gambar www.blibli.com

Sudah mengantongi izin halal dan mendapat penghargaan dari International Award World Halal Council sebagai pelopor make up halal di dunia, Wardah merupakan salah satu brand dengan pilihan produk kecantikan yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Wardah tak menggunakan bahan kimia berbahaya, seperti Retinol A, paraben, phtalates, benzoil peroksida, dan juga merkuri atau hydrokuinon.

Berdiri di bawah naungan PT Paragin Technology, Wardah punya produk pembersih bekas make up yang aman untuk ibu hamil dan menyusui. Adalah Wardah Pure Olive Oil, minyak zaitun murni ini memiliki segudang manfaat untuk Anda yang tengah hamil dan menyusui.

Diformulasi khusus untuk melembabkan, menghaluskan, dan membuat kulit lebih kenyal, Wardah Pure Olive Oil juga bisa digunakan untuk melembabkan bibir kering, mengurangi kantung hitam bawah mata, untuk pijat wajah, serta meningkatkan elastisitas kulit.

Wardah Pure Olive Oil bisa Anda beli secara online melalui Blibli dengan harga Rp 26.500 atau di Tokopedia dengan harga Rp 21.500.

The Body Shop

Sumber gambar www.blibli.com

Selalu menggunakan bahan alami dalam setiap produknya, The Body Shop menjadi salah satu brand perawatan kecantikan yang dinilai aman untuk para calon ibu. Memiliki slogan 'alami tanpa animal testing', The Body Shop tak memiliki kandungan bahan kimia yang berbahaya bagi ibu hamil dan menyusui, seperti Alumunium chloride hexahydrate.

Produk kecantikan dari The Body Shop yang direkomendasikan untuk ibu hamil dan menyusui adalah The Body Shop Tea Tree Oil dan British Body Essence. The Body Shop Tea Tree Oil merupakan produk perawatan untuk kulit berjerawat yang mampu membuat kulit bebas kilap. Mengandung formula konsentrat tea tree oil, produk tersebut bisa membuat kulit Anda tampak lebih bersih. The Body Shop Tea Tree Oil bisa dibeli secara online melalui Blibli dengan harga Rp 360.000 atau di Tokopedia dengan harga Rp 119.000.

Kulit tubuh yang kering selama masa kehamilan harus senantiasa dirawat. Pelembab tubuh bertekstur ultra ringan bernama British Body Essence dari The Body Shop dinilai mampu melembabkan kulit selama 24 jam. Mengandung pearls, British Body Essence bisa menjadikan kulit Anda makin sehat dan glowing seketika. Aman untuk ibu hamil dan menyusui, body essence ini bisa Anda beli secara online di Bukalapak dengan harga Rp 309.000 atau di Tokopedia dengan kondisi preloved dengan harga Rp 200.000.

Evian

Sumber gambar beauty-dept.com

Kulit wajah yang kering dan kusam saat hamil membuat Anda tampil kurang percaya diri. Bersifat sementara, perubahan tampilan kulit Anda sebenarnya terjadi akibat perubahan hormon yang mempengaruhi struktur kulit.

Salah satu produk perawatan kecantikan yang bisa dicoba untuk mengalami masalah tersebut adalah Evian Natural Mineral Water Facial Spray. Mengandung ekstra Nitrogen di dalamnya, air ini bisa membuat kulit Anda lebih terlihat segar, lembab, dan fresh setelah disemprot.

Evian merupakan perusahaan asal Perancis yang didirikan oleh Marquis de Lessert pada tahun 1789. Evian Natural Mineral Water Facial Spray merupakan salah satu produk perawatan kecantikan yang bisa digunakan untuk membuat make up tahan lama dan anti luntur.

Beberapa manfaat lain dari Evian Natural Mineral Water Facial Spray, antara lain menyegarkan kulit, mengatasi iritasi akibat paparan matahari, mengembalikan cairan kulit saat kering dan membersihkan clorin, garam, dan kotoran lain pada wajah. Selain itu, Anda dapat menggunakan produk ini untuk melembutkan kulit bayi yang iritasi serta menyegarkan kulitnya yang masih sensitif.

Evian Natural Mineral Water Facial Spray ukuran 50 ml bisa Anda beli secara online di Lazada dengan harga Rp 96.000.

Juice Beauty

Sumber gambar www.amazon.com

Pelembab merupakan salah satu produk perawatan kecantikan yang dibutuhkan oleh hampir setiap wanita, terutama mereka yang sedang hamil dan menyusui. Salah satu brand make up dan skincare organik yang aman untuk ibu hamil adalah Juice Beauty. Didirikan oleh Gwyneth dan Karen Behnke, Juice Beauty menyediakan produk yang bebas bahan kimia berbahaya.

Juice Beauty merupakan brand asal California yang sukses mengampanyekan gaya hidup sehat dengan produk organik yang didukung oleh Sains yang kuat. Diluncurkan sejak tahun 2005, rangkaian produk kecantikan dan perawatan wajah yang ditawarkan oleh brand ini dibanderol dengan harga yang cukup masuk akal.

Setiap produk yang ditawarkan oleh Juice Beauty ternyata tak mengandung paraben, silikon, talc, petroleum, pewarna buatan, serta wewangian berbahaya. Sudah menang berbagai penghargaan bergengsi dan memenuhi peraturan organik Amerika Serikat yang ketat, Juice Beauty membeli aneka bahan alami lokal dari petani organik bersertifikat West Coast dan termanufaktur dengan aman di Amerika.

Juice Beauty SPF 30 Tinted Mineral Moisturizer merupakan primer sekaligus pelembab bertekstur ringan dan aman untuk ibu hamil. Selain melembabkan, produk ini juga bisa melindungi kulit wajah Anda dari bahaya sinar ultraviolet. Anda bisa membeli Juice Beauty SPF 30 Tinted Mineral Moisturizer berukuran 2 Fl Oz dengan harga USD 30.40 atau sekitar Rp 436.000 di Amazon.

Purminerals

Sumber gambar www.qoo10.co.id

Direkomendasikan oleh salah satu situs smart parenting, Pürminerals merupakan brand kecantikan dan perawatan kulit yang bebas paraben, SLS, lanolin, mineral oil, petrolatum, DEA, formaldehyde, dan hidrokuinon. Salah satu produk yang bisa Anda coba saat hamil dan menyusui adalah Pürminerals Marble.

Pürminerals Marble merupakan bedak serbaguna yang bisa Anda aplikasikan ke wajah, pipi, dan bibir untuk membuatnya terlihat lebih cantik dan menawan. Bebas dari alkohol, wewangian, dan bahan pengawet, bedak ini sangat sempurna untuk semua jenis dan tone kulit.

Pürminerals memang brand kosmetik organik yang bisa meningkatkan penampilan Anda tanpa rasa khawatir membahayakan janin maupun bayi Anda. Pürminerals Marble bisa Anda beli secara online di Qoo10.

Lush

Sumber gambar www.tokopedia.com

Lush Cosmetics merupakan brand perawatan kulit dan tubuh asal Inggris yang menyediakan aneka produk berbahan alami dan aman digunakan oleh ibu hamil. Selain terbuat dari bahan-bahan natural, Lush juga menggunakan parfum yang mengikuti aturan dari International Fragrance Association dalam setiap produknya.

Tergolong dalam perusahaan vegetarian dan aman dari animal testing, produk-produk dari Lush sangat ramah lingkungan dan memiliki packaging yang sangat menarik. Didirikan oleh Liz Weir dan Mark Constantine, Lush pernah berkerjasama dengan The Body Shop milik Anita Roddick hingga tahun 1995. Lush dahulu bernama Cosmetics House. Dinilai kurang mengena, namanya diganti menjadi Lush setelah diadakan sayembara pemberian nama.

Salah satu produk Lush yang bisa Anda coba dengan aman saat masa kehamilan adalah Ultrabland Ultra-gentle beeswax cleanser. Kaya akan minyak esensial, madu, dan lilin lebah, produk ini mampu menghilangkan riasan dan kotoran dengan sangat cepat. Setelah menggunakan produk ini, Anda akan merasakan kulit yang sehat dan lembut karena kandungan mawar, ekstrak bunga iris, dan gliserin yang terkandung di dalamnya.

Cocok untuk semua jenis kulit, Ultrabland Ultra-gentle beeswax cleanser bisa Anda beli secara online di Tokopedia dengan harga Rp 299.000 atau di website milik Lush seharga USD 29.95 atau setara Rp 430.000.

From our editorial team

Jika Anda Ragu dengan Kosmetik yang Anda Pakai, Cobalah Berkonsultasi ke Dokter

Setelah mengetahui ciri-ciri kosmetik yang aman untuk ibu hamil, terkadang Anda menjadi ragu apakah kosmetik yang hendak Anda pakai ini sudah aman atau belum. Jika Andah masih juga ragu mengenai kandungan suatu bahan kosmetik, Anda bisa berkonsultasi kepada dokter langganan Anda atau dokter kulit langganan Anda. Untuk amannya sih memang sebaiknya Anda meminimalkan penggunaan kosmetik, namun jika keinginan memakai kosmetik kuat disarankan untuk konsultasi ke ahlinya.