7 Produk Kosmetik Anak yang Aman dan Terlaris

7 Produk Kosmetik Anak yang Aman dan Terlaris

Peri kecil Anda mulai tertarik memperhatikan Anda yang sedang berdandan menggunakan kosmetik di depan cermin? Jika iya, lebih baik segera belikan dia kosmetik anak yang bisa dia gunakan dengan aman. Dan yang lebih penting lagi, Anda tak perlu khawatir sang anak malah bermain-main dengan kosmetik koleksi Anda.

Pernah Melihat Anak Anda Bermain dengan Kosmetik atau Alat Make Up? Menggemaskan, Ya!

Pada umumnya, anak-anak cenderung memiliki rasa keingintahuan yang tinggi. Oleh sebab itu, tidak heran jika mereka senang mencoba berbagai macam hal yang baru. Tidak hanya itu, anak-anak juga sering disebut sebagai peniru yang mahir. Mereka akan banyak menirukan hal-hal yang dilakukan oleh orang-orang di sekitar mereka.

Sebagai contoh, anak perempuan yang sering melihat Ibunya menggunakan make up secara rutin, bisa jadi menimbulkan rasa ingin tahu yang buatnya ingin ikut mencoba. Itu adalah penjelasan sederhana mengenai mengapa sekarang ini banyak sekali anak kecil yang sudah akrab dan tertarik dengan peralatan kosmetik.

Sebut saja selebgram Rr. Fatimah Azzahra Aulia atau Aisyah Laila yang telah menjadi make up artist sejak usia 13 tahun. Kedua anak tersebut telah menjadi beauty influencer di media sosial pada usia yang masih sangat muda.

Meski terkadang merepotkan, rasa ingin tahu anak-anak adalah hal yang tidak selayaknya untuk dibatasi atau dihalangi. Untuk memudahkan Anda dalam menjawab segala rasa ingin tahu sang anak, Anda dapat memanfaatkan sejumlah mainan anak.

Mainan bisa menjadi media bagi anak untuk merangsang kreativitas, sensorik, dan lain-lain. Fungsi mainan tersebut dapat dimaksimalkan jika digunakan secara tepat. Oleh karena itu, penting untuk memilih mainan yang tidak hanya tepat, namun juga aman bagi anak demi keamanan dan kenyamanannya ketika bermain.

Kini Telah Hadir Kosmetik Mainan untuk Anak

Masa anak-anak adalah periode atau waktu terbaik untuk mereka bermain sambil belajar. Tahap ini merupakan tahap penting untuk mengembangkan potensi-potensi di dalam diri mereka. Potensi anak tersebut dapat dirangsang melalui mainan yang dijadikan sebagai media belajar bagi mereka. Mainan anak bisa merangsang motorik, kecerdasan, dan bahkan imajinasinya.

Ada banyak sekali jenis mainan yang bisa Anda pilih untuk anak, misalnya Lego, replika mobil, puzzle, dan boneka. Mainan-mainan tersebut biasanya dengan mudah mengundang perhatian dan keaktifan si anak.

Namun, mainan yang disukai anak-anak belum tentu semuanya baik dan tepat. Ada sejumlah mainan yang justru mengundang bahaya karena mengandung bahan-bahan kimia berbahaya, berbentuk tajam dan bisa melukai, atau ukuran yang terlalu kecil sehingga rawan tertelan.

Dari beragam jenis mainan yang disukai anak-anak tersebut, orang dewasa pun tidak kehabisan akal untuk terus berinovasi memberikan berbagai jenis mainan yang baru untuk meningkatkan kecerdasan si anak. Salah satu mainan yang muncul akibat tren di kalangan anak-anak adalah mainan yang berbentuk kosmetik.

Mainan ini menjadi solusi untuk orang tua yang mulai kerepotan karena anaknya sering bermain dengan koleksi kosmetik mereka. Tidak hanya menyenangkan, mainan berbentuk kosmetik ini juga relatif aman bagi anak jika Anda memilih produk yang tepat. Untuk memperolehnya pun tidak sulit, Anda bisa memesannya secara online atau bisa juga membeli langsung di toko mainan terdekat.

Tips Membeli Kosmetik Mainan yang Tepat

Perhatikan Bahan yang Dipakai, Khususnya Pewarna

Salah satu barang yang paling menyenangkan dan memiliki keseruan tersendiri bagi anak adalah mainan. Tidak heran jika anak-anak seringkali mencari ragam mainan favorit mereka.

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, mainan anak juga dapat membantu anak-anak untuk memaksimalkan tumbuh kembangnya serta merangsang kecerdasan dan imajinasi anak. Oleh karena itu, sebagai orang tua, Anda sudah seharusnya tidak sembarang memilih mainan yang akan Anda berikan kepada anak.

Hal penting yang harus diperhatikan ketika memilih mainan untuk anak, salah satunya adalah bahan dari pewarna yang digunakan. Pertimbangkan apakah bahan pewarna pada mainan tersebut aman untuk anak-anak atau tidak?

Sebagai solusi untuk masalah ini, Anda bisa menggunakan mainan anak yang merupakan turunan dari keluarga atau saudara yang telah lama digunakan namun belum mengelupas. Ini berarti bahwa pewarna dari mainan tersebut sudah terjamin aman di tangan anak-anak. Namun, jika Anda memilih untuk membeli mainan baru, pastikan bahwa pewarna mainan tersebut tidak mengelupas dan rawan tertelan.

Begitu pula dengan mainan berbentuk kosmetik, Anda harus memeriksa apakah kosmetik mainan tersebut mengandung bahan-bahan yang berbahaya. Meski dilabeli untuk anak-anak, bisa jadi kosmetik mainan tersebut juga tidak sepenuhnya aman ketika dipakai oleh anak. Tetapi bagaimanapun, kosmetik mainan ini tentu saja lebih ramah digunakan oleh anak-anak karena tidak mengandung bahan kimia sebanyak kosmetik untuk orang dewasa.

Bahkan, beberapa produk kosmetik tertentu bisa menimbulkan alergi atau iritasi di kulit orang dewasa. Bagaimana jika terkena kulit anak? Maka, ada baiknya untuk menjauhkan segala macam hal-hal yang berbahaya bagi anak.

Pilihlah yang Mudah Dihapus

Banyaknya Ibu muda yang suka dan rutin berdandan memberikan dampak bagi putri-putri mereka. Tren ini pun menyebabkan kosmetik mulai menjamur tidak hanya di kalangan orang dewasa, namun juga di kalangan anak-anak. Sekarang ini, tidak sedikit anak-anak yang telah mengenakan produk kosmetik selayaknya orang dewasa.

Pemilihan produk kosmetik untuk anak pun tidak bisa disamakan dengan pemilihan produk kosmetik bagi orang dewasa. Pilihlah produk kosmeitk yang mudah dihapus dan aman untuk digunakan oleh anak-anak. Kosmetik yang mudah dihapus cenderung tidak menimbulkan iritasi pada kulit anak yang masih sangat sensitif dengan bahan-bahan kimia.

Carilah Mainan Kosmetik yang Sesuai Karakter Favorit Anak

Anak-anak banyak menggunakan kosmetik karena melihat ibunya yang sering memoles diri. Menurut pengakuan para ibu, putri mereka sudah ingin memakai kosmetik sejak usia dua tahun. Jenis kosmetik yang dipakai anak-anak pun beragam, mulai dari eyeshadow berwarna pastel yang lucu, blush on untuk membuat pipi kemerahan, dan lipstick atau lipgloss yang membuat bibir mereka tampak bewarna merah muda.

Meski kegiatan mereka seringkali mengikuti kegiatan orang dewasa, selera mereka tetap tidak bisa dibohongi. Anak-anak tetaplah anak-anak yang biasanya memiliki beberapa tokoh atau karakter kesukaan yang mereka lihat baik di buku ataupun televisi.

Beberapa tokoh kesukaan tersebut misalnya Batman, Superman, Spiderman, Elsa dalam film animasi ‘Frozen’, dan lain-lain. Bahkan seringkali, anak-anak berusaha untuk mengikuti gaya atau penampilan dari sang tokoh favorit. Atau bisa saja anak-anak mengoleksi segala jenis barang-barang yang bergambarkan tokoh favoritnya tersebut.

Oleh karena itu, banyak mainan anak yang mengambil tema dari karakter kesukaan anak-anak, tak terkecuali kosmetik mainan. Kosmetik mainan bertemakan karakter favorit anak membuat mereka lebih tertarik dan tidak cepat bosan untuk memainkannya. Bisa juga mendorong mereka untuk menyimpan mainannya dengan lebih baik sehingga mainan bergambarkan karakter kesukaan mereka tidak cepat rusak.

Sebaiknya Kosmetik Mainan Ini Dibeli ketika Usia Anak di Atas 6 Tahun

Memilih mainan untuk anak tentu saja tidak boleh sembarangan. Salah satu yang harus diperhatikan adalah pilih mainan yang sesuai dengan usia anak tersebut. Biasanya, pada kemasan mainan tertera tulisan atau kotak peringatan yang menyebutkan mainan tersebut boleh dipergunakan untuk anak usia berapa.

Tulisan tersebut berbunyi “Untuk anak di atas satu tahun”, “Untuk anak di atas tiga tahun”, dan lain sebagainya. Bagi yang berusia kurang dari satu tahun, biasanya mainan didesain agar mudah dipegang dan dalam ukuran yang tidak terlalu kecil sehingga tidak rawan tertelan. Mainan anak yang tidak tepat usianya dapat membahayakan keselamatan anak itu sendiri.

7 Produk Kosmetik Anak yang Aman dan Bisa Dijadikan Mainan

Tomindo Make Up Set Frozen

Sumber gambar www.lazada.co.id

Tomindo Make Up Set Frozen adalah satu set mainan kosmetik untuk anak yang gemar berdandan atau sekdar ingin meniru ibunya berdandan. Mainan yang merupakan produk terbaru dari Tomindo ini cocok untuk anak-anak yang ingin selalu tampil cantik dan trendi. Dengan kualitas produk terbaik, Tomindo menjamin kepuasan Anda.

Tidak heran jika mainan ini cukup menjadi jenis mainan yang populer di kalangan masyarakat Indonesia. Kebanyakan tujuan orang membelikan mainan ini untuk anak adalah agar sang anak belajar aktivitas sehari-hari orang dewasa dan membantunya menguasai banyak hal, termasuk berdandan.

Dengan harga Rp 29.900 dari Lazada, Anda bisa memperoleh mainan anak berstandar SNI dengan pilihan bahan yang aman bagi anak. Mainan ini berisi satu set alat kosmetik yang lengkap, cocok untuk anak di atas tiga tahun yang gemar menggunakan kosmetik. Ukurannya pun besar, yakni sekitar 30 x 20 x 10 cm.

Amara Nail Polish

Sumber gambar www.blibli.com

Amara Nail Polish Wink Club (Kuteks Amara) merupakan salah satu produk kecantikan yang cocok bagi anak. Produk ini berupa cat kuku yang dibuat dengan warna-warna yang cantik namun tetap aman digunakan bahkan di kuku anak sekalipun.

Keunggulan dari produk ini adalah mudah mengelupas tanpa harus menggunakan aseton, tidak mengandung racun, tidak menggumpal, dan tidak menghasilkan bau yang menyengat..

Produk ini memiliki tekstur yang halus di atas permukaan kuku, tidak merusak kuku, dan warnanya menjadi mengkilat setelah diaplikasikan. Ada banyak sekali pilihan warna yang bisa Anda pilih, yakni mesmerize fuschia, bright brown, shiny pink, sparkling blue, starlight yellow, gorgeous green, ballerina pink, fairy yellow, magical orange, dan princess purple.

Meski aman, cat kuku ini tetap tidak disarankan untuk anak-anak yang berusia kurang dari tiga tahun. Harganya pun relatif murah, yakni hanya Rp 44.000 dari Blibli.

Dream Tool Mainan Anak Peralatan Make Up/Dream

Sumber gambar www.bukalapak.com

Mainan yang satu ini bisa menjadi sarana untuk mengenalkan dunia kecantikan kepada anak sejak usia dini.

Terdiri dari 21 buah aksesoris kosmetik lucu seperti sisir, hair dryer, lipgloss, lipstik, jepitan, kaca, dan lain-lain. Warnanya yang menarik akan membuat anak tidak mudah bosan. Selain itu, keunggulan lain dari produk ini adalah dilengkapi dengan tas koper mungil yang berfungsi sebagai penyimpanan sehingga beragam jenis mainan di dalamnya tidak berserakan atau hilang.

Selain memiliki koper sebagai tempat penyimpanan, mainan ini juga terbuat dari bahan yang berkualitas dengan dimensi produk yang tidak terlalu mungil yakni 26 x 11 x 23 cm. Untuk memperoleh mainan ini, Anda bisa membelinya di Lazada seharga Rp 125.000 atau di Bukalapak yang dihargai Rp 126.700.

Fancy Kit Mainan Salon Make Up

Sumber gambar www.tokopedia.com

Fancy Kit Toys adalah mainan riasan yang umumnya digunakan oleh anak-anak perempuan berusia tiga tahun ke atas. Mainan ini dikemas di dalam tas plastik dan terdiri dari berbagai aksesoris kosmetik seperti hair dryer, cermin, sisir, jepitan, roll rambut, replika kosmetik, dan lain-lain.

Yang membuat mainan ini lebih unik lagi adalah hair dryer yang dilengkapi satu buah baterai AA sehingga bisa mengeluarkan angin seperti hair dryer sungguhan. Namun, tentu saja angin yang dikeluarkan tidak sepanas hair dryer sungguhan sehingga tetap aman untuk digunakan oleh anak-anak.

Dengan jenisnya yang dioperasikan oleh batu baterai, mainan ini telah memenuhi standar SNI karena terbuat dari bahan plastik yang aman untuk anak. Bentuknya pun tidak ada yang membahayakan anak-anak. Anda bisa mendapatkan mainan lucu ini dengan harga Rp 51.200 di Elevenia atau Rp 59.500 di Tokopedia.

Tomindo Toys Fashion Nail Art Koper Pink

Sumber gambar www.blibli.com

Tomindo Fashion Nail Art Koper Hello Kitty, dari namanya saja sudah menggambarkan apa saja yang terkandung di dalam mainan lucu yang satu ini. Peralatan kosmetik dengan warna merah muda dan bertemakan kucing lucu favorit anak-anak, Hello Kitty. Merupakan perlengkapan kosmetik mainan yang dilengkapi oleh peralatan nail art untuk menghias kuku anak menjadi lebih cantik.

Tidak hanya itu, mainan ini juga menyediakan eyeshadow dan blush on untuk menghias mata dan pipi anak yang mudah dihapus. Ada juga lipgloss untuk mempercantik bibir dan kuku palsu yang mempercantik kuku anak-anak. Warna kuteks yang disediakan oleh mainan ini ada empat warna. Mainan berstandar SNI ini sengaja didesain dalam bentuk koper untuk memudahkan penyimpanan dan tidak merepotkan jika dibawa ke mana-mana.

Dengan harga Rp 169.900 mainan ini bisa Anda beli di Blibli maupun Lazada.

Toylogy Mainan Alat Salon Make Up-Sweetie Beauty

Toylogy merupakan salah satu dari sekian banyak perusahaan mainan yang menyediakan berbagai jenis mainan untuk anak. Toylogy Mainan Alat Salon Make Up-Sweetie Beauty menyediakan alat make up dalam bentuk mainan, seperti cermin kecil, lipstick, eyeshadow, jepit rambut, rol rambut, sisir, dan hair dryer.

Kosmetik mainan oleh Toylogy ini didesain semirip mungkin dengan aslinya sehingga aman untuk anak namun tetap tidak membuat mereka cepat bosan. Terdiri dari warna ungu dan merah muda, mainan ini pun terlihat cantik dan menarik untuk anak-anak. Selain itu, mainan ini juga dilengkapi boneka yang bisa menjadi objek anak untuk bermain rias. Boneka yang memiliki tinggi sekitar 29 cm tersebut mengenakan gaun berwarna ungu atau merah muda yang menambah daya tariknya.

Tidak perlu khawatir karena mainan ini sudah memenuhi standar mainan di Indonesia (SNI). Ukuran kemasannya sekitar 33,5 x 43,5 x 7 cm dengan volume sekitar 1 kg. Anda bisa membeli mainan ini di Lazada seharga Rp 60.000.

Lumi Toys Beauty Set Hello Kitty Koper-Mainan Make Up

Sumber gambar belanjaku.tk

Sama seperti Toylogy, Lumi Toys juga menyediakan berbagai mainan anak unik bagi anak laki-laki maupun anak perempuan. Tidak hanya itu, Lumi Toys juga menyediakan mainan untuk berbagai usia dari mulai bayi hingga usia anak-anak.

Harganya yang murah serta kualitasnya yang bagus membuat banyak orang yang berminat untuk membeli mainan anak di Lumi Toys. Bahkan sekarang, Lumi Toys semakin memudahkan calon pembelinya karena tersedia di Lazada dan bisa dibeli secara online.

Lumi Toys Beauty Set Hello Kitty Koper-Mainan Make Up terdiri dari sejumlah alat kosmetik tiruan seperti hair dryer, sisir, cermin, parfun, dan lain sebagainya. Oleh karena jenisnya yang banyak itu maka mainan ini pun menarik bagi sebagian besar anak perempuan. Ukurannya sekitar 21 x 23 x 10 cm dengan volume 1 kg, bisa Anda dapatkan di Lazada dengan harga Rp 125.000.

From our editorial team

Walaupun Kosmetik Anak aman, Ada Baiknya Anda Tetap Mengawasi

Pilihan kosmetik anak yang dirangkum BP-Guide di atas sangatlah aman digunakan. Namun tidak ada salahnya bukan, jika Anda mendampinginya bermain dengan kosmetiknya. Dengan demikian peri kecil Anda akan lebih mengenal kosmetik dengan benar. Selain itu menemaninya bermain dengan kosmetik anak akan mempererat hubungan orang tua dengannya. Pasti sang anak tak akan melupakan momen menyenangkan itu saat dewasa nanti.