Inilah Manfaat Bermain dengan Boneka bagi Anak Serta 10+ Rekomendasinya

Inilah Manfaat Bermain dengan Boneka bagi Anak Serta 10+ Rekomendasinya

Dunia anak adalah dunia bermain dengan riang gembira. Salah satu mainan yang jadi favorit adalah boneka. Tahukah Anda bahwa boneka bukan hanya untuk anak perempuan?

Boneka Anak, Mainan yang Populer dari Dulu Sampai Sekarang

Anak memang paling senang bermain karena itulah dunia mereka. Dunia keceriaan di mana mereka bisa main sepuas hati dengan mainannya. Benda yang paling banyak dimainkan anak umumnya adalah boneka.

Boneka sudah sejak lama ada, bahkan di negeri layaknya Babilonia serta Mesir kuno. Sehingga tak heran jika boneka dianggap sebagai mainan yang usianya paling tua. Boneka merupakan mainan universal bisa dimainkan siapa saja dan usia berapa saja.

Mainan berupa boneka dari masa ke masa sudah makin berkembang. Dulu mungkin boneka sederhana saja hanya terbuat dari kayu. Kini boneka sudah terbuat dari aneka bahan, mulai dari kayu hingga bahan kain. Bahkan ada pula yang terbuat dari bahan mekanis yang canggih.

Boneka Anak Tidak Hanya untuk Anak Perempuan Saja

Siapa nih yang masih berpendapat boneka hanya mainan anak perempuan? Jangan salah ya karena boneka sebenarnya sangat universal dan tak memandang jenis kelamin. Siapa pun bisa memainkan boneka meski bukan anak perempuan. Anak lelaki dan orang dewasa pun boleh saja kok memainkan boneka.

Ada beberapa boneka yang lebih pas dimainkan anak lelaki. Misalnya saja boneka superhero atau juga boneka bentuk hewan yang tak kalah menariknya. Boneka bisa membantu anak meniru dunia orang dewasa. Maka jangan batasi anak bermain boneka hanya karena anak Anda lelaki, ya.

Apa Saja Manfaat Bermain Boneka Anak?

Melatih Keterampilan Sosial

Bermain dengan boneka memang sangat mengasyikkan. Serunya lagi bermain boneka ini bisa membantu melatih keterampilan sosial anak. Anda juga jadi bisa lebih mengetahui apa yang diinginkan anak ketika bermain boneka. Ia akan mengajak bonekanya bicara dan ia akan mengungkapkan apa yang ia mau dari orangtuanya.

Selain itu bermain boneka biasanya dilakukan secara berkelompok. Anak bersama teman-temannya akan saling bicara dan membahas apa yang dilakukan boneka mereka masing-masing. Ini secara otomatis melatih jiwa sosialnya untuk berkomunikasi dengan orang di sekitarnya.

Mendukung Kecerdasan Berbahasa

Apa yang akan terjadi kala anak bermain boneka? Anda wajib perhatikan, karena lewat boneka maka kecerdasan bahasa milik anak bisa terpenuhi. Pastinya kala anak bermain peran mereka juga perlu berbicara, hal inilah yang nantinya bisa mendukung kecerdasannya.

Mainan boneka bisa diajak bicara dan anak akan bereaksi seolah bonekanya bisa memahami bahasanya. Lalu ia akan mengeluarkan pikirannya secara bebas dalam berkomunikasi. Hal ini bisa merangsang kreativitas dalam bicara dan menyusun kalimat.

Meningkatkan Kemampuan Motorik Kasar dan Halus

Boneka hadir dalam aneka bentuk menarik. Warna boneka yang beraneka ragam juga bisa menarik minat anak untuk bermain. Siapa sangka bahwa dengan bermain boneka anak jadi bisa lebih aktif.

Boneka bisa meningkatkan kemampuan motorik kasar serta motorik halusnya. Anak bisa berlatih memakaikan baju boneka, selanjutnya ia bisa memakai bajunya sendiri dengan latihan tadi. Kemudian anak juga bisa mempraktikkan bagaimana memberi makan dan memberi botol susu pada boneka. Kemampuan motorik halus anak lebih terasah saat jemari anak bergerak memainkan bonekanya.

Menumbuhkan Rasa Empati

Boneka adalah teman bermain anak yang paling pas. Dengan main boneka anak jadi terlatih untuk merawat orang lain. Ini bisa berguna kelak jika ia memiliki adik.

Kala main boneka anak akan terasah rasa empatinya. Rasa ini bisa tumbuh secara alami kala ia bermain boneka. Anak akan memahami diri sendiri serta memahami jika orang lain memiliki perasaan juga. Ia juga jadi lebih bertanggung jawab dengan bonekanya. Ia akan merawat dan menjaga boneka kesayangannya karena itu merupakan bentuk kepeduliannya.

3 Tips Memilih Boneka Anak yang Aman dan Bermanfaat

Tidak Memakai Baterai

Boneka memang teman terbaik anak dari usia dini. Karena itu sebaiknya Anda memilih boneka yang tepat untuk anak. Karena benda ini bisa melatih kemandirian dan rasa empatinya maka Anda wajib pilihkan boneka terbaik untuk anak.

Misalnya saja pilih boneka yang tidak memakai baterai. Boneka yang digerakkan secara mekanis atau memakai baterai tak bisa merangsang imajinasi anak. Dengan memilih boneka yang tak memakai baterai maka anak akan terangsang untuk menghidupkan bonekanya dengan menggerakkannya.

Pilihan Boneka yang Beragam

Untuk anak memang mainannya wajib dipilih yang bisa membantu tumbuh kembangnya. Jatuhkan pilihan Anda pada boneka karena benda satu ini pastinya sangat berguna.

Kala memilih boneka usahakan beragam. Belikan aneka boneka dari berbagai ukuran juga berbagai bentuk. Ini bisa membuat anak mempelajari aneka anatomi tubuh. Selain itu anak juga bisa mengenal beragam bentuk unik pada bonekanya.

Bahan

Boneka saat ini memang sudah makin beragam. Jika dulu memang boneka hanya dibuat dari kayu dengan ukuran sederhana. Makin ke sini bentuk boneka makin unik karena bahannya pun bermacam-macam.

Bagi anak bayi sebaiknya pilih bahan aman seperti plastik atau katun. Pilih saja boneka yang tak memiliki kandungan kimia. Selanjutnya jangan pilih boneka bulu untuk anak karena dikhawatirkan tertelan atau terhirup. Jika terpaksa memilih yang berbulu pastinya pilih yang bulunya berbahan flanel atau katun serta wol. Bahan alami tersebut pasti tak akan bikin iritasi serta ramah lingkungan juga.

10 Rekomendasi Boneka Anak untuk Sehatnya Perkembangan Anak-anak Anda

Boneka Jari Binatang Finger Puppet Animal 10pcs Anak Mainan Edukasi

Sumber gambar www.bukalapak.com

Yuk beli 1 set boneka jari untuk putra putri Anda. Produk ini tergolong mainan edukatif. Bisa menstimulasi perkembangan anak juga loh. Untuk satu kemasannya terdiri dari 10 jenis binatang. Berbahan velboa sehingga lembut dan aman untuk bayi. Desainnya kompak dan nyaman dipakai. Bagian dalam elastis sehingga boneka tak mudah lepas dari jari. Bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 45.000.

Anda bisa juga beli boneka jari binatang yang satu ini. Produk seberat 150 gram ini berisi 10 pcs boneka jari bentuk binatang. Ajak si kecil bercerita memakai boneka jari ini. Karakter bonekanya semua lucu dan menggemaskan. Bisa dibeli seharga Rp 75.000 di Bukalapak.

Boneka Mainan Anak Plush Toys How to Train Your Dragon Toothless

Sumber gambar id.aliexpress.com

Siapa sih yang belum nonton film "How to Train Your Dragon". Animasi satu ini muncul tahun 2010 silam. Produksi DreamWorks Animation ini merupakan kisah yang diangkat dari sebuah buku. Ceritanya sangat menarik dan pastinya si kecil akan suka.

Beli segera boneka mainan anak dari kisah film ini. Boneka ini hadir dengan ukuran sayap 18 x 10 cm. Produk menggemaskan ini toothless sehingga aman untuk anak. Berbahan katun, ukuran bonekanya 23 x 8 x 8 cm. Bisa dibeli seharga Rp 119.000 di Tokopedia.

Ada juga nih Night Fury Toothless Naga yang lucu banget. Produk ini ukuran panjangnya 33 cm. Cocok untuk anak dan juga dewasa. Produk ini bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 186.000.

Boneka Kelinci Metoo Angela Baby Rabbit Doll

Sumber gambar id.aliexpress.com

Boneka Kelinci Metoo Angela Baby Rabbit Doll pasti jadi pilihan menarik. Produk dari Metoo Angela Plush Doll ini pasti bikin anak senang. Cocok diberikan untuk hadiah ulang tahun. Produk ini jahitannya kuat sehingga bisa dicuci kalau memang kotor. Dengan panjang 43 cm boneka berbahan kain lembut. Bisa dibeli seharga Rp 147.200 di Tokopedia.

Metoo Stuffed Hewan Kartun Plush Mainan ini bisa juga kamu jadikan koleksi. Produk satu ini merupakan lush boneka imut. Diisi dengan PP kapas yang lembut. Produk di-packing dengan gift box. Hadir dalam warna abu-abu, kuning, pink, dan cokelat. Produk bisa dibeli di Lazada pada harga Rp 103.000.

MATAHARI Elephant Kirei Boneka Anak

Sumber gambar www.priceza.co.id

Boneka dengan bentuk binatang pastinya bikin anak senang. Anak bisa mempelajari anatomi binatang dan mengenal warnanya juga. Boneka gajah kirei ini lembut dan pastinya memiliki bulu yang tak mudah rontok.

Boneka ini hadir dengan belalai dan gadingnya. Berukuran sekitar 31 cm. Dijual seharga Rp 70.000 di Jualo. Berkualitas baik dengan bahan terpilih membuat boneka ini aman untuk dimainkan anak.

Boneka Lilo Stitch

Sumber gambar www.tokopedia.com

Lilo Stitch adalah animasi dari Walt Disney yang sempat booming pada tahun 2002. Film ini menarik banyak perhatian karena memang seru. Aneka pernak-perniknya kini dikeluarkan untuk kembali mengenang tokoh menarik pada film tersebut.

Ada boneka Stich yang hadir dalam ukuran besar. Produk ini seberat 2 kilogram dan empuk sekali. Berbahan yelvo dan diisi dengan dakron. Produk memiliki standar SNI sehingga aman dimainkan. Segera beli produk ini hanya di Bukalapak dengan harga Rp 181.000.

Ada juga nih boneka besar Stitch di Lazada. Produk satu ini jahitannya rapi dengan bahan yang sangat halus. Aman dan juga nyaman dimainkan. Lembut untuk anak dan orang dewasa. Bisa dibeli dengan harga Rp 245.000.

Boneka Little Teddy Bear

Sumber gambar www.ezyhero.com

Teddy Bear adalah boneka kesayangan semua orang. Boneka ini populer tak hanya di Indonesia namun juga di seluruh dunia. Bentuknya yang menggemaskan bikin siapa saja ingin memeluknya.

Boneka Little Teddy Bear Ukuran Kecil bisa Anda berikan pada putra putri Anda. Berbulu halus dengan bahan isian dakron. Produk ini ukurannya 25 x 37 cm. Mudah dicuci dan dibersihkan kalau kotor. Produk bisa juga dibungkus cantik seperti kado. Bisa dibeli di Bukalapak dengan harga Rp 82.000.

Hot Boneka Little Teddy Bear Ukuran Kecil juga tak kalah keren. Produk satu ini ukurannya 32 x 20 x 51 cm. Produk ini berkualitas impor dengan bahan dalam dakron dan bahan luarnya bulu halus. Bisa dibeli di Shopee dengan harga Rp 99.000.

MATAHARI Sitting Crocodile Stripe

Sumber gambar www.bukalapak.com

Matahari Store menyediakan aneka mainan anak juga. Beragam boneka lucu dan imut bisa dibeli untuk anak kesayangan Anda. Berkualitas baik pastinya dengan desain menarik dan warna yang berkesan.

Matahari Sitting Crocodile Stripe ini hadir dalam warna biru. Berbahan dakron produk ini multi color. Lembut sehingga aman untuk anak. Desainnya menggemaskan dan bisa dijadikan sebagai hadiah. Produk ini ukurannya 30 cm dan bisa dibeli seharga Rp 84.900 di Mataharimall.

Jolly Baby Buddies Boneka Animal Mainan Edukasi Gigitan

Sumber gambar www.tokopedia.com

Untuk anak bayi yang tengah belajar menggigit bisa belikan mainan boneka rattle. Ini terbuat dari plastik atau kain serta karet lembut. Baik guna merangsang pertumbuhan gigi. Lembut dan aman untuk bayi dan cocok untuk usia 6 hingga 9 bulan.

Jolly Baby Buddies ini bahannya sangat ramah lingkungan. Bisa dipakai untuk mengenalkan si kecil pada tekstur yang berbeda. Produk ini bisa digantung di car seat atau bahkan di strollernya. Desainnya animal cerah dan pasti menarik perhatian si kecil. Ada gigitan bahan lembut dan bunyi yang bikin si kecil tertarik. Produk ini ukurannya 20 cm. Bisa dibeli di Rarali dengan harga Rp 85.000.

JJ OVCE Kucing/Jerapah Boneka Tarik

Sumber gambar www.blibli.com

JJ OVCE Kucing Boneka Tarik merupakan boneka yang menarik. Produk ini adalah mainan edukatif untuk bayi. Terbuat dari bahan aman dan juga lembut. Cocok untuk anak yang baru lahir. Aman dimainkan karena bahannya tak berbahaya. Bisa dibeli pada harga Rp 52.500 di Blibli.

JJ OVCE Jerapah Boneka Tarik ini tak kalah uniknya. Dengan bentuk jerapah pastinya sangat menarik. Boneka untuk anak usia newborn ini pasti disukai. Bisa dimainkan anak karena lembut dan halus bahannya. Silakan beli seharga Rp 82.000 di Shopee.

Boneka Tangan Animal Yelvo

Sumber gambar www.tokopedia.com

Untuk anak balita usia 3 hingga 6 bulan ada banyak mainan yang bisa diberikan. Salah satunya adalah boneka tangan. Produk ini bisa diamati anak dan bisa dijadikan teman untuk menghiburnya.

Hand puppet animal yelvo ini menarik banget untuk dimiliki. Produk boneka tangan ini berbahan yelvo yang lembut. Anda bisa bercerita pada anak memakai produk satu ini. Imajinasi anak bisa lebih berkembang loh. Silakan beli di Tokopedia dengan harga Rp 35.000.

From our editorial team

Utamakan Keamanan dan Keselamatan Anak

Apa pun boneka anak yang akan Anda beli, selalu utamakan keamanan dan keselamatan anak. Karena mereka yang akan selalu berinteraksi dengan mainannya tersebut. Salah satu langkah pengamanan adalah memastikan setiap boneka yang dibeli sudah memiliki label SNI.

Tag