11 Tren Desain Interior Rumah yang Membuat Rumah Jadi Lebih Trendi dan 4 Rekomendasi Hiasan Rumah 2018

11 Tren Desain Interior Rumah yang Membuat Rumah Jadi Lebih Trendi dan 4 Rekomendasi Hiasan Rumah 2018

Rumahku adalah istanaku. Maka dari itu, sangat penting untuk Anda melakukan desain ulang interior rumah setiap waktu, agar tidak membosankan. Atau, ganti properti dalam rumah yang sudah usang. Sebelum itu, simak dulu ulasan, tips, dan trik dari BP-Guide berikut ini, yah.

Kenyamanan dan Nilai Estetika dari Sebuah Rumah Bisa Diwujudkan dengan Memilih Desain Interior Rumah yang Sesuai

Memiliki sebuah rumah adalah impian setiap individu. Jika masih dalam tahap pembangunan, tentunya kita harus sudah mulai memikirkan desain interior yang kita inginkan untuk diterapkan pada rumah kita. Dengan memilih desain interior yang tepat dan sesuai dengan keinginan, maka akan terwujud nilai estetika dalam sebuah rumah.

Bagi Anda yang sudah mempunyai rumah, namun bosan dengan desain interiornya, Anda bisa mulai berbenah, nih. Pilih desain interior baru untuk diterapkan dalam rumah Anda. Supaya lebih nyaman dan rumah terasa seperti baru, tak ada salahnya loh jika Anda menerapkan desain interior rumah yang sedang trend beberapa waktu terakhir.

Seiring bergantinya tahun, tren desain interior juga ikut berganti. Di tahun 2018 ini ada sederet desain rumah yang sedang banyak dicari untuk diaplikasikan. Bersama BP-Guide, yuk kita bahas bersama aneka tren desain rumah yang oke di tahun 2018.

Berbagai Tren Desain Rumah di Tahun 2018

Shabby Chic

Sumber gambar dekoruma.com

Desain rumah shabby chic banyak dikagumi beberapa tahun belakangan ini. Dari segi bahasa, "shabby" berarti "lusuh", tetapi Anda tak perlu khawatir rumah jadi berkesan kuno, ya. Awalnya desain gaya shabby chic ini dipopulerkan oleh Rachel Ashwell. Gaya ini dikenal pertama kali muncul di Amerika Serikat.

Meski desain interiornya berkesan lawas dan penuh warna, namun bisa memberikan kesan chic yang modern. Gaya desain shabby chic banyak disukai kaum hawa karena nuansa warna pastel yang dihadirkan.

Perabot berkesan shabby chic ini berbahan ebonit rotan atau ebonit dengan usia yang cukup lama. Aneka prenik interior bergaya shabby chic juga kerap dipenuhi aksen floral atau pun kancing.

Kontemporer

Sumber gambar interiordesign.id

Tren desain rumah lain yang banyak dicari saat ini adalah gaya kontemporer. Mulai dikenal tahun 1920-an lalu, gaya yang satu ini identik dengan ruang berkesan terbuka dan terang. Simpel dengan warna-warna netral sehingga berkesan bersih dan cerah. Bahan yang digunakan kebanyakan dari alam sehingga kesannya sangat natural.

Untuk mengaplikasikan gaya ini, Anda bisa memilih lantai warna putih, supaya cahaya yang masuk bisa lebih dipantulkan ke seluruh penjuru ruangan. Anda bisa memakai jendela besar transparan supaya cahaya alami bisa lebih banyak masuk ke dalam ruangan.

Tradisional

Sumber gambar interiordesign.id

Jika ingin rumah yang memberi kesan damai khas gaya etnik, Anda bisa mengaplikasikan desain tradisional. Dengan desain yang satu ini, Anda bisa mencontoh rumah etnik adat Jawa, Rumah Gadang adat Minangkabau, hingga Rumah Betang Kalimantan Barat. Anda bebas mengaplikasikan gaya etnik tradisional yang akan Anda usung untuk rumah Anda.

Rumah dengan kesan etnik akan menciptakan kesan rileks dan tenang. Memiliki paduan hierarki ruang dan karakteristik visual sehingga dari segi tata cahaya, warna, dan proporsi juga lebih berkesan alami.

Anda bisa memilih aneka perabot berbahan kayu supaya menonjolkan kesan tradisionalnya. Untuk warna, Anda bisa pilih warna dengan tone warna alam seperti cokelat, hitam, atau pun hijau untuk memperkuat kesan tradisionalnya.

Bohemian

Sumber gambar arstigag.com

Jika mendengar kata "bohemian" pasti sebagian dari kita langsung teringat dengan kaum gipsi yang nomaden dan memiliki kepribadian bebas,. Gaya bohemian banyak diterapkan pada fashion bahkan hingga desain rumah juga loh.

Sesuai dengan penggambaran bohemian yang melekat pada kaum gipsi, desain interior bohemian sebenarnya tak berpatokan pada pakem tertentu. Gaya ini memang mengedepankan ketidakteraturan dan ketidakpastian. Anda hanya harus spontan dan memanfaatkan barang yang ada di sekitar untuk menciptakan nuansa baru.

Satu patokan yang bisa Anda gunakan untuk mengaplikasikan gaya bohemian adalah aneka warna. Bohemian ini merupakan perpaduan gaya etnik, vintage, dan hippies. Yang perlu diingat adalah, gaya bohemian ini jauh dari kesan mahal dan mewah.

Industrial

Sumber gambar arsitag.com

Satu lagi nih gaya interior yang bisa Anda terapkan untuk rumah di tahun 2018 ini, yaitu gaya industrial. Mulai muncul sejak adanya banyak bangunan bekas pabrik yang tidak lagi digunakan, gaya industrial ini diperkenalkan oleh arsitektur Eropa.

Warna yang banyak digunakan untuk desain satu ini adalah monokromatik sehingga kesannya sangat maskulin. Bahan yang dipakai untuk menciptakan desain ala industrial ini adalah logam. Bisa juga memakai bahan daur ulang seperti kaca, besi, dan aluminium untuk interiornya.

Yang paling bisa ditonjolkan dari desain gaya industrial adalah ekspos tampilan batu bata. Alternatifnya bisa juga mengecat batu bata menjadi warna abu-abu atau putih. Untuk bagian lantai bisa memakai beton sehingga terkesan kuat.

Skandinavia

Sumber gambar dekoruma.com

Bagi Anda yang sedang mencari gaya interior yang keren, bisa lirik desain skandinavia ini. Mudah diaplikasikan karena desainnya mengutamakan ruangan yang rapi dan minimalis. Anda akan mendapatkan kesan ruangan yang modern, simpel, namun memberi nuansa hangat bagi yang ada di dalamnya.

Desain skandinavia ini paling pas diterapkan untuk keluarga kecil. Untuk dekorasinya lebih tepat jika Anda memilih yang bentuknya simpel dan materialnya berkesan halus. Susunlah secara rapi dan fungsional untuk lebih mengentalkan gaya skandinvia.

Minimalis

Sumber gambar dekoruma.com

Desain minimalis paling sering diterapkan beberapa tahun terakhir ini. Cocok untuk keluarga kecil maupun keluarga besar. Gaya ini bisa memanjakan penghuninya karena berkesan mudah diaplikasikan.

Gaya minimalis mengadopsi banyak warna netral dengan dominan warna putih, hitam, dan abu-abu. Anda bisa juga memakai wallart untuk menambah kesan indah rumah minimalis Anda. Karena simpel, gaya minimalis ini juga sering dianggap membosankan. Sudah terlalu mainstream sehingga berkesan monoton.

Namun, Anda bisa loh mengeksplorasi lebih lanjut gaya minimalis ini supaya tak berkesan membosankan. Padukan saja dengan nuansa natural berupa tanaman hias di beberapa sudut rumah. Ini akan menghadirkan kesan segar tersendiri pada gaya minimalis yang kaku.

Nautical

Sumber gambar arsitag.com

Yang paling suka dengan kesan damai pantai bisa banget mengadaptasi desain nautical pada rumahnya. Nuansa pantai ini bisa selalu membangkitkan semangat lesu karena lelah bekerja dan beraktivitas. Desain nautical mengedepankan kesan santai, sehingga furnitur dan bahan yang digunakan sederhana dan tak berlebihan.

Untuk warna, desain nautical mengedepankan warna biru cerah kombinasi putih. Anda bisa juga menambah dekorasi rumah supaya lebih mirip pantai. Dari kerang, karang, hingga pajangan berupa binatang laut bisa Anda gunakan untuk memperkuat kesan nautical. Gunakan motif garis untuk beberapa furnitur supaya memberi kesan nautical.


Vintage

Sumber gambar dekoruma.com

Yang satu ini pasti sudah tak asing karena memang sedang sangat populer. Gaya vintage tak hanya populer dalam segi fashion, namun juga desain rumah. Gaya vintage ini memiliki kesan jadul yang sangat kental, sehingga jika diterapkan pada rumah akan berkesan sedikit kuno.

Untuk membuat rumah Anda berkesan vintage, Anda bisa mencoba mengisi rumah dengan berbagai furnitur jadul. Bisa dengan memakai model furnitur yang populer di masa lampau atau bisa juga memakai furnitur dengan model modern yang terkesan lusuh. Bahan yang digunakan untuk furnitur berkesan vintage biasanya dari kayu dengan bentuk kaki furnitur yang mengerucut dan tidak tegak lurus.

Rustic

Sumber gambar www.goodshomedesign.com

Desain rustic juga banyak diterapkan akhir-akhir ini, loh. Anda bisa memakai gaya yang satu ini untuk menghias rumah. Banyak digunakan di Amerika Serikat, gaya ini dulunya diterapkan untuk bangunan pemerintah di desa. Gaya rustic menekankan pada kesan alamiah sehingga kebanyakan interiornya berkesan kasar dan tak memiliki finishing yang baik.

Gaya ini muncul pada era Romawi hingga Renaissance. Banyak memakai bebatuan bertekstur kasar sehingga akan kontras dengan ornamen lainnya. Bahan yang digunakan untuk kesan rustic ini selain batuan adalah kayu yang dilapisi pasir. Hal ini untuk menonjolkan kesan material kasar dan tua. Karenanya untuk bagian tembok biasanya dibiarkan saja tanpa dihaluskan.’

Dalam hal warna, gaya rustic ini lebih memilih kesan yang alamiah. Sehingga warnanya tak akan jauh dari bahan yang digunakan mulai dari warna abu-abu sampai terakota.

Mid Century Modern

Sumber gambar www.homedit.com

Gaya mid century modern bisa juga Anda lirik sebagai desain rumah trendi di tahun 2018 ini. Mengedepankan perkembangan abad 20, gaya ini berkesan modern dan lugas. Gaya ini banyak memakai kaca dan ruang terbuka lebar. Desainnya membuat suasana luar bangunan terintegrasi ke dalam ruangan.

Pernak pernik Dekorasi Ini Akan Membuat Interior Rumah Kamu Jadi Lebih Keren

Ikea Lersta Rumah Lampu

Sumber gambar tokopedia.com

Ikea Lersta Lampu Lantai Lampu Dekorasi ini terbuat dari bahan aluminium. Lampu keren ini berkesan modern dan bentuknya elegan. Cocok untuk jadi dekorasi rumah dan bisa diletakkan di sudut mana saja seperti di samping sofa atau di pojok ruangan.

Produk ini bisa memberikan suasana cahaya terarah yang cocok untuk membaca. Bagian lengan lampunya bisa diarahkan. Lampu ini memiliki tinggi 131 cm dengan diameter dasarnya 25,5 cm. Lampu bisa dibeli di Lazada dengan harga Rp 219.500.

Diamond Elegant Jam Dinding

Sumber gambar blibli.com

Diamond Elegant Jam Dinding ini hadir dalam warna silver yang menawan. Untuk membuat rumah berkesan klasik, jam dinding ini cocok untuk dijadikan dekorasi ruangan.

Jam dinding dengan motif kayu ini memiliki arabic numeral dan juga memakai sweep movement. Bisa digantung di kamar atau ruang tamu. Produk ini digerakkan dengan daya baterai AA. Bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 150.000.

Uwitan Box Multifungsi - Natural

Sumber gambar blibli.com

Uwitan Square Bob Box ini memiliki kesan natural yang keren. Kotak yang satu ini multiguna, meskifungsi utamanya adalah untuk menyimpan tisu. Kotak berkesan lucu dan simpel ini bisa diletakkan di berbagai sudut ruangan. Dengan dimensi 15 x 15 x 20 cm membuat kotak ini tak banyak memakan tempat. Bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 170.000.

Olafur Nadine Basket Keranjang [Medium] - Brown

Sumber gambar blibli.com

Olafur Nadine Basket Keranjang ini hadir dalam ukuran medium. Dengan warna cokelat, keranjang baju ini bisa juga jadi hiasan ruangan. Bentuknya yang unik membuat keranjang dari bahan ramah lingkungan ini menarik untuk digunakan.Keranjang dengan diameter 29 cm ini memiliki tinggi 32 cm. Bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 159.000.

Infografik berikut ini bisa Anda cermati untuk menambah informasi. Bahkan, tips-tips lain bisa didapatkan pula di Instagram BP-Guide lho!

bpguide_id
instagram.com
From our editorial team

Rumah Lebih Indah dan Lebih Nyaman sehingga Membuat Betah

Rumah yang nyaman ditinggali, indah dipandang, dan tidak membosankan tentu membuat seisi rumah Anda akan jadi lebih betah di rumah. Selanjutnya, tinggal menjadikan rumah sebagai surga atau istana bagi mereka. Caranya, berikan sentuhan keindahan pada setiap sudut rumah. Lalu, gunakan produk-produk yang direkomendasikan BP-Guide di atas untuk menambah keren dekorasi rumah Anda.