Jaga Mata Tetap Sehat dan Bebas Iritasi dengan 10 Rekomendasi Produk Pembersih Mata yang Aman Digunakan

Jaga Mata Tetap Sehat dan Bebas Iritasi dengan 10 Rekomendasi Produk Pembersih Mata yang Aman Digunakan

Membersihkan mata yang teriritasi atau terkena kotoran bisa dilakukan dengan berbagai cara termasuk dengan menggunakan produk pembersih mata yang aman dan tanpa efek samping. Ketahui juga cara membersihkan mata yang benar agar mata tetap sehat dan bebas iritasi.

Mata yang Sehat dan Bebas Iritasi Adalah Idaman Setiap Orang

Kesehatan tubuh tentu saja patut kita jaga sebaik mungkin. Mata yang merupakan indera penglihatan kita wajib dijaga kesehatannya. Cara yang paling mudah adalah banyak mengonsumsi makanan bervitamin A seperti wortel, tomat, dan lain sebagainya.

Mata yang sehat bukan hanya terjaga karena kita rajin mengonsumsi makanan bervitamin A. Namun, kita juga harus tahu kapan waktunya mengistirahatkan mata sejenak, utamanya bagi kita yang bekerja di depan komputer. Sepele memang, namun kegiatan mengistirahatkan mata banyak diabaikan dengan berbagai alasan.

Memiliki mata yang sehat dan bebas iritasi tentu menjadi idaman semua orang. Saat mata kita teriritasi maka kita jadi kurang bisa bekerja secara maksimal. Kita juga jadi sulit melihat dengan jelas dan banyak lagi keluhan lainnya saat mata teriritasi. Nah, BP-Guide akan berbagi tips membersihkan mata yang kotor, nih.

Tips Membersihkan Mata yang Kotor

Berkedip

Cara paling mudah untuk membersihkan mata yang kotor adalah dengan berkedip. Secara refleks jika ada kotoran atau debu yang mengenai mata, tentu kita akan berkedip. Ini merupakan mekanisme alamiah dari mata untuk membersihkan berbagai macam kotoran yang masuk ke mata kita.

Ada air mata di dalam mata yang memiliki banyak zat yang berguna untuk menghambat tumbuhnya mikroorganisme. Fungsi air mata juga bisa untuk menutrisi dan melindungi kornea dari kotoran dan debu.

Jika mata terasa pedih kamu bisa coba mengedipkan mata beberapa kali. Gerakan otot mata saat berkedip akan membuat air mata keluar dan mendorong kotoran keluar dari mata.

Basuh dengan Air

Sumber gambar yoursightmatters.com

Jika cara berkedip beberapa kali sudah dilakukan tapi tidak membuahkan hasil, maka kamu bisa lakukan cara berikutnya. Kamu bisa mencoba membasuh mata dengan air bersih. Gunakan hanya air steril supaya infeksi pada mata tidak makin parah.

Hindari mengucek mata dengan tangan meskipun mungkin rasanya akan lebih melegakan. Bisa jadi saat mengucek, tangan kamu kotor sehingga mata malah jadi lebih terinfeksi.

Lepas Lensa Kontak Bila Menggunakannya

Sumber gambar www.perfectlens.ca

Jika kamu pengguna lensa kontak, maka saat mata terasa perih sebaiknya lepas dulu lensa kontak ini agar iritasi mata tidak semakin parah. Kalau mata sudah kembali segar, maka kamu bisa pakai lagi lensa kontaknya.

Jangan lupa untuk selalu membersihkan lensa kontak sebelum dipakai supaya bebas debu dan kotoran. Saat mata terasa pedih, kamu bisa juga mencoba mengganti larutan pembersih lensanya. Gunakan pelumas tetes yang bebas pengawet supaya lensa kontak lebih aman digunakan di mata.

Apabila Tidak teratasi, Coba Pembersih Mata Berikut Ini!

Y-rins

Sumber gambar www.watsons.co.id

Larutan Pencuci Mata Y-Rins merupakan pilihan pertama yang kami rekomendasikan. Produk yang satu ini tidak hanya bisa membersihkan mata yang teriritasi atau gatal, loh. Larutan ini juga akan memberi rasa segar dan juga sejuk pada mata usai memakainya.

Pencuci mata ini bisa meringankan gejala iritasi ringan pada mata. Cocok dipakai untuk mata yang lelah karena terlalu lama menatap komputer. Produk juga bisa meredakan gejala mata iritasi karena udara berdebu atau berasap.

Pembersih mata ini mengandung distilled witch hazel dan benzalkonium chloride. Kamu bisa membeli produk yang satu ini di Tokopedia dengan harga Rp 19.000.

Rohto Eye Flush

Sumber gambar www.tokopedia.com

Rohto Eye Flush merupakan produk cairan pencuci mata yang bisa kamu beli selanjutnya. Diproduksi oleh PT. Rohto Laboratories, produk ini sudah memiliki izin BPOM sehingga aman untuk digunakan.

Produk ini bisa memberi rasa segar pada mata yang lelah karena terlalu lama menatap layar komputer. Kamu juga bisa memakainya usai terlalu lama berada di jalan karena biasanya banyak debu menempel pada mata. Saat mata gatal, daripada menguceknya dengan tangan, kamu bisa mencuci mata kamu dengan produk yang satu ini ya. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 38.900.

Cendo Xitrol

Sumber gambar www.blibli.com

Cendo Xitrol merupakan obat tetes mata yang bisa diandalkan saat mata terasa perih. Dengan kandungan dexamethasone, neomycin sulphate, dan polymixin B, produk ini akan menghambat sintesa protein dengan mengikat RNA ribosom.

Obat antibiotik ini akan bekerja efektif untuk menghentikan pertumbuhan bakteri. Produk ini juga bisa bekerja untuk mengurangi pembengkakan. Gunakan saat sakit mata saja. Namun, untuk pemakaiannya harus sesuai dengan anjuran dokter. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 30.000.

Insto

Sumber gambar www.mandjur.co.id

Insto Regular Tetes Mata Steril Mengatasi Iritasi Ringan & Mata Merah tentu saja bisa menjadi pilihan selanjutnya. Produk tetes mata ini akan mengatasi mata perih dan juga mata merah akibat debu, asap, dan angin bisa memakai produk yang satu ini. Bahkan mata pedih usai berenang juga bisa diobati dengan produk ini.

Cara pakainya mudah, cukup teteskan 3 kali pada setiap mata sebanyak 3 hingga 4 kali sehari untuk penyembuhan mata. Produk ini cocok juga untuk kamu gunakan dalam mengatasi gejala kekeringan pada mata dengan memberikan efek pelumas seperti air mata. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 13.400.

FreshKon Clear

Sumber gambar www.freshkon.com

Freshkon Clear merupakan rekomendasi selanjutnya yang bisa kamu lirik. Produk tetes mata ini banyak direkomendasikan karena hasilnya nyata. Mata akan terasa nyaman usai ditetesi obat ini.

Pembersih mata ini hadir khusus untuk kamu yang memakai softlens ya. Mengandung Formula HPMC yang mampu menyegarkan dan melembapkan softlens kamu. Tinggal bersihkan lalu bilas dan kamu akan merasakan mata yang segar dan nyaman saat memakai softlens kembali. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 45.000.

Refresh Contacts

Sumber gambar www.tokopedia.com

Tetes mata Softlens Refresh Contacts adalah produk selanjutnya yang bisa jadi pilihan kamu. Tetes mata softlens ini memiliki formula CMC dan purite. Formula tersebut terbilang unik karena bisa terurai dengan sinar UV.

Mata terasa lebih sejuk dan rasa kering serta iritasi pada mata akibat memakai lensa kontak akan hilang. Kekeringan mata yang disebabkan debu, silau, hingga polusi udara bisa juga diatasi dengan obat yang dikemas pada ukuran 15ml ini. Teteskan secukupnya sampai mata terasa nyaman. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 60.000.

Hialid

Sumber gambar www.halodoc.com

Hialid 0.1 obat tetes mata ini juga bisa menjadi andalan kamu. Produk yang satu ini akan meredakan sensasi mata terbakar, iritasi, hingga rasa tidak nyaman pada mata. Obat ini bisa memperbaiki permukaan okular yang rusak seperti pada sindrom sjögren dan sindrom sicca. Mata kering juga bisa teratasi dengan baik berkat produk yang satu ini. Mengandung natrium hyaluronate yang dapat menjaga kelembapan pada mata dengan baik. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 65.000.

Blink Contacts

Sumber gambar www.justblink.com

Blink Contacts merupakan rekomendasi kami selanjutnya untuk kamu. Produk ini akan mengatasi mata kering, rasa gatal, hingga rasa lelah pada mata. Gejala mata merah bagi pengguna softlens juga bisa diatasi dengan obat yang satu ini.

Komposisinya mendekati air mata alami dan bebas pengawet yang membuat mata jadi nyaman dan bisa terlindung dengan baik. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 65.000.

Cendo Tobroson

Sumber gambar shopee.co.id

Cendo Tobroson ini merupakan produk yang selanjutnya yang bisa kamu andalkan. Infeksi mata bisa berkurang dan mata kamu bisa menjadi lebih nyaman. Cocok untuk mata yang terinfeksi akibat bakteri. Kandungannya terdiri dari komposisi tobramycin dan dexamethasone. Namun obat ini hanya digunakan sesuai petunjuk dokter. Gunakan 1 hingga 2 tetes setiap 4 hingga 6 jam. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 35.000.

Visine

Sumber gambar www.m-medix.com

Visine Original Eye Drop ini juga bisa kamu andalkan sebagai pembersih mata loh. Mata lelah, mata merah, dan mata iritasi akibat debu, angin, dan asap bisa kamu atasi dengan Visine. Kamu yang mengalami mata lelah karena terlalu lama menatap komputer dan juga lama berenang bisa menggunakan produk ini. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 15.200.

From our editorial team

Bersihkan Mata secara Rutin Supaya Tetap Sehat!

Mata adalah salah satu organ vital yang mesti dirawat. Kalau kamu sering menggunakan lensa kontak dan terpapar polusi atau kelelahan karena menggunakan gadget, maka kamu harus rutin membersihkan mata supaya tetap sehat. Pilih produk pembersih mata sesuai kebutuhan dan pastikan produk yang kamu gunakan aman dan tidak menimbulkan efek samping.