Kurangi Kantung Mata dengan Rekomendasi 10+ Masker Terbaik

Kurangi Kantung Mata dengan Rekomendasi 10+ Masker Terbaik

Kurang tidur, atau terlalu banyak pekerjaan yang melelahkan bisa menimbulkan kantung mata. Tentunya, kantung mata akan membuat penampilan kamu menjadi kurang menarik, bukan? Ingin mengurangi kantung mata? Simak rekomendasi dari BP-Guide berikut ini.

Bagi Perempuan, Memiliki Mantung mata Bisa Penjadi permasalahan karena Kantung Mata Dianggap Mengganggu Penampilan

Permasalahan pada wajah wanita bisa banyak banget loh. Mulai dari wajah berjerawat, penuh komedo hingga masalah kantung mata. Beragam masalah tersebut bikin wanita menjadi kurang percaya diri.

Yang paling sering mengganggu adalah kantung mata. Masalah ini terbentuk dari jaringan longgar yang berada di bawah kelopak mata saat Anda mengalami penuaan. Ada kelebihan lemak mengisi jaringan kulit di bawah kelopak mata dan ini bikin wanita kurang percaya diri.

Meski bukan suatu penyakit berbahaya, tetap saja akan mempengaruhi penampilan seseorang. Masalah ini tak hanya mengganggu wanita lanjut usia namun juga kaum remaja. Nah mau tahu kan bagaimana cara mengatasi kantung mata, kalau begitu segera ikuti penelusuran BP-Guide.

Faktor Penyebab Munculnya Kantung Mata

Kurang Tidur

Kamu pasti kesal kalau ketika bangun tidur dan bercermin lalu mendapati ada kantung mata. Beberapa hal bisa menyebabkan munculnya kantung mata ini. Salah satunya adalah kurangnya jam tidur.

Saat kamu kurang tidur maka pembuluh darah pada bagian bawah mata melebar sehingga menimbulkan warna gelap pada bawah mata. Kurang tidur tak hanya bikin kamu memiliki kantung mata tapi juga bikin wajah lebih pucat dan tampak kelelahan. Nah, mulai dari sekarang coba deh atur jam tidur kamu supaya tak ada lagi kantung mata di wajah.

Alergi

Penyebab selanjutnya kantung mata adalah alergi. Ya jika kamu memiliki reaksi alergi pada suatu hal dan merasa sering bersin dan mata berair umumnya kantung mata akan muncul.

Ada banyak hal yang bisa menyebabkan reaksi alergi misalnya dari makanan atau sari bunga. Bisa juga dari bahan kosmetik yang belum pernah dicoba. Alergi yang menyerang bisa menimbulkan peradangan yang berujung memperbesar pembuluh nadi kecil di bawah mata.

Penuaan

Penyebab paling umum dari munculnya kantung mata adalah masalah penuaan. Makin bertambahnya usia maka otot serta struktur jaringan di sekitar mata melemah. Hal ini membuat kulit sekitar mata akan mengendur. Kemudian cairan mulai berkumpul di bagian bawah mata.

Keadaan ini ditambah dengan berkumpulnya lemak di sekitar bawah mata. Maka kantung mata makin terlihat parah jika keadaan sudah seperti ini. Perubahan ini akan terus bertambah seiring berjalannya waktu.

Keturunan

Faktor lain dari munculnya kantung mata adalah faktor genetik. Ini adalah faktor paling mempengaruhi adanya kantung mata. Biasanya ini terjadi pada penduduk Asia dan mereka yang memiliki kulit hitam.

Kandungan melanin pada mereka yang berkulit hitam lebih tinggi dari mereka yang berkulit cerah. Selain itu kantung mata juga muncul bisa disebabkan karena bentuk wajah dan struktur tulang.

Pola Makan yang Tidak Baik

Nah, ada satu lagi nih yang bisa menyebabkan munculnya kantung mata di wajah. Yakni pola makan yang kurang baik. Kalau kamu hobi jajan gorengan dan makan berlemak lainnya sudah pasti akan memunculkan kantung mata.

Kurang vitamin B dan E serta C bisa menjadi penyebab lain munculnya kantung mata. Stress dan juga banyak konsumsi kafein serta gula berlebihan pun bisa membuat penyerapan vitamin kurang maksimal. Ini juga yang menjadi penyebab munculnya kantung mata.

10 Masker Mata Alami yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah

Kentang

Buah berupa kentang bisa kamu gunakan untuk menjadi bahan ampuh untuk masker mata. Buah ini bisa jadi pencerah alami untuk menghilangkan mata panda dalam waktu semalam saja loh. Yuk segera ke dapur dan ambil kentangnya.

Potong kentang tipis lalu letakkan di atas pinggiran mata. Biarkan kentang selama 15 menit lalu basuhlah wajah kamu. Pada kentang terdapat getah yang bisa memberi efek dingin dan bisa mencerahkan kulit sekitar mata. Jangan sampai membiarkan kentang terlalu lama menempel terutama untuk kamu yang memiliki kulit sensitif.

Bengkoang

Untuk mengobati kantung mata kamu bisa menggunakan masker bahan alami. Gunakan saja bengkoang untuk jadi masker wajah sekaligus mata. Bengkoang mampu mencerahkan kulit wajah dan menyegarkan mata sehingga mata terbebas dari mata panda maupun kantung mata.

Ambil sebuah bengkoang yang sudah dikupas lalu haluskan dengan cara memarutnya. Pakailah hasil parutan tersebut untuk masker wajah sekaligus masker kantung mata. Diamkan 30 menit sebelum kamu membilasnya dengan air bersih.

Minyak Kelapa

Bahan alami lainnya yang bisa kamu gunakan untuk mengobati kantung mata adalah minyak kelapa. Segera hilangkan kantung mata serta gejala mata menghitam dengan bahan alami satu ini. Aman dan tanpa efek samping dan caranya sangat mudah loh.

Kamu cukup mengambil sedikit minyak kelapa taruh di tangan. Lalu gunakan minyak untuk memijat area mata secara perlahan selama beberapa menit. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa ini setiap hari karena bahannya alami dan aman.

Minyak Almond

Selain minyak kelapa ada satu lagi minyak yang bisa kamu pakai sebagai masker mata. Yakni minyak almond yang didapat dari biji kacang almond. Minyak ini terdeteksi mampu melembapkan kulit.

Di samping itu, minyak almond ini mampu menyamarkan lingkar mata dan juga menghilangkan garis halus di sekitar mata. Kamu tinggal meneteskan minyak ini pada wadah lalu campur dengan madu secukupnya. Aplikasikan pada daerah sekitar mata sebelum tidur. Paginya kamu bisa membilasnya dengan air bersih.

Putih Telur

Putih telur banyak mengandung khasiat baik yang berguna bagi tubuh serta bagi kecantikan kulit. Dan ternyata putih telur ini bisa juga jadi masker mata yang ampuh mengatasi kantung mata. Yuk segera ambil putih telur untuk atasi mata panda kamu.

Ambil sebutir telur dan pisahkan dengan kuningnya. Lanjut dengan mengocok putih telurnya hingga teksturnya kaku. Lalu oles pada area mata dan biarkan beberapa saat. Bilas dengan air hingga bersih dan kamu bisa gunakan masker ini secara teratur ya.

Minyak Zaitun

Kantung mata yang membandel bisa kamu samarkan dengan rajin menggunakan masker mata. Gunakan saja minyak zaitun untuk hal ini. Ada omega 3 dan kalsium serta polifenol dan kalium pada minyak zaitun. Selain itu ada juga aneka vitamin yang bisa mencegah keriput dan bisa mengencangkan kulit.

Segera saja cuci muka hingga bersih lalu keringkan. Oles minyak zaitun pada area bawah mata. Diamkan semalaman lalu bilas air bersih keesokan harinya.

Nanas dan Kunyit

Nanas selain nikmat untuk dibikin rujak dan dimakan langsung juga bagus untuk kulit loh. Kamu bahkan bisa memanfaatkannya sebagai masker mata. Nah biar lebih ampuh manfaatnya campur juga dengan kunyit ya.

Kedua bahan ini bisa jadi masker mata yang ampuh untuk hilangkan kantung mata. Kamu bisa haluskan beberapa bagian daging buah nanas hingga lembut. Campurkan dengan kunyit secukupnya. Diamkan 30 menit lalu bilas bersih setelahnya. Gunakan masker ini setiap hari selama dua minggu untuk mendapat hasil maksimal.

Keju Cottage

Kalau mendengar keju cottage mungkin tak semua dari kita mengetahuinya. Keju ini belum begitu populer di Indonesia meski keju ini lebih serbaguna dibanding cream cheese atau parmesan. Nikmat untuk bahan masakan atau kue, keju ini juga pas untuk obati kantung mata.

Keju cottage ini paling efektif mengatasi mata panda dan kantung mata. Kamu bisa menjadikannya masker mata. Caranya taruhlah keju cottage pada kain kasa lalu tempel pada mata selama 15 menit.

Peterseli

Bahan lain yang bisa kamu gunakan untuk atasi kantung mata adalah peterseli. Bahan satu ini kaya vitamin K dan C. Ampuh mencerahkan area mata dan emncegah terjadinya inflamasi.

Peterseli ini bisa mengurangi pembengkakan pada mata. Kamu cukup ambil segenggam peterseli lalu campur dengan sesendok makan air panas. Giling peterseli hingga lumat hingga masker menjadi kental. Lalu celup dua bola kapas ke dalam masker dan mulai tempelkan pada area sekitar mata. Biarkan kering lalu bilas bersih dan keringkan dengan handuk.

Kantung Teh

Kamu bisa manfaatkan kantung teh di rumah untuk mengobati kantung mata nih. Ada banyak manfaat karena kantung teh mengandung tanin yang bisa menyempitkan pori mata secara alami. Caranya mudah banget loh kamu bisa langsung praktikkan, ya.

Sediakan dua kantung teh lalu celup kantung pada air es. Pakailah kantung teh untuk menutup area mata dan biarkan saja hingga 20 menit. Setelahnya bilas dengan air bersih.

From our editorial team

Bahan Alami Dapat Menghilangkan Kantung Mata Tanpa Efek Samping

Bahan-bahan yang BP-Guide rekomendasikan di atas mampu mengurangi kantung mata secara efektif tanpa efek samping, loh. Jadi, kamu tidak perlu ragu untuk membuat masker alami tersebut. Selain itu, bahan-bahannya mudah ditemukan. Yuk, jangan ragu untuk menghilangkan kantung mata kamu.

Tag