Yuk, Rawat Kecantikan dengan Masker Kopi yang Mudah Dibuat dan Cocok untuk Berbagai Jenis Kulit!

Yuk, Rawat Kecantikan dengan Masker Kopi yang Mudah Dibuat dan Cocok untuk Berbagai Jenis Kulit!

Selain nikmat disantap sebagai minuman, kopi juga punya banyak manfaat untuk kecantikan kulit lho! Penasaran ingin tahu apa saja khasiat kopi untuk kulitmu? Cek ulasan BP-Guide dalam artikel berikut ini!

Berbagai Cara Dilakukan agar Bisa Tampil Cantik

Sumber gambar fustany.com

Wanita ingin selalu tampil cantik, di mana pun, kapan pun dan dalam situasi apa pun. Oleh karena itu, tidak jarang wanita menghabiskan banyak uang untuk perawatan tubuh, wajah dan kulit. Ditambah lagi pengeluaran untuk membeli kosmetik dan sebagainya.

Nah, untuk lebih menghemat biaya, Anda bisa melakukan perawatan di rumah sendiri. Bahan yang digunakan tentunya bahan alami yang tidak berbahaya bagi kulit Anda. Dengan perawatan yang rutin, maka kulit yang semakin sehat dan cantik akan Anda dapatkan, namun butuh proses dan kesabaran, tidak instan. Meskipun demikian, hasilnya lebih natural, aman dan tahan lama di kulit Anda.

Salah satunya adalah masker. Bila ada waktu luang dan santai, tidak ada salahnya bersantai sambil menggunakan masker wajah ketika di rumah. Gunakan bahan alami agar wajah Anda semakin kencang, putih dan berseri.

Kopi Dapat Dibuat Menjadi Masker Wajah untuk Mempercantik Diri

Kopi, selain memiliki manfaat bagi tubuh bila dikonsumsi tidak berlebihan, ternyata bisa juga untuk mempercantik diri, loh. Ampas kopi yang berada di dasar cangkir, biasanya Anda buang saja. Mulai sekarang, manfaatkan lagi ampas kopi tersebut menjadi masker di wajah Anda.

Kopi memiliki banyak manfaat bagi wajah Anda, termasuk untuk mengurangi kantung mata. Gunakan secara rutin agar hasilnya semakin optimal. Jadi, Anda bisa menghemat biaya perawatan di salon, dengan memanfaatkan kopi sebagai masker, loh.

Cara Membuat Masker Kopi untuk Wajah

Sumber gambar facialhealth.org

Masker kopi bisa jadi salah satu pilihan jitu untuk mengatasi berbagai masalah kulit terutama menghilangkan sel kulit mati dan mencerahkan wajah. Tak perlu bingung untuk membuatnya, karena BP-Guide sudah rangkumkan beberapa cara membuat masker kopi untuk wajah yang mudah dan sesuai dengan jenis kulit berikut ini. Simak terus ya!

Masker Kopi untuk Kulit Normal

Memakai Ampas Kopi

Sumber gambar www.byrdie.com

Yah, bahan yang akan digunakan adalah ampas kopi. Jadi, nikmati dulu kopi hangat secangkir sampai habis dan menyisakan ampasnya saja. Kemudian, siapkan ampas tersebut untuk jadi masker. Tentunya, jangan lupa untuk mencuci wajah Anda dulu sampai bersih sebelum pengaplikasian kopi di wajah Anda.

Setelah itu, Anda sudah mulai bisa mengoleskan ampas kopi di wajah Anda, dengan cara memijatnya dengan lembut.

Kemudian, biarkan selama 10 hingga 15 menit, agar lebih meresap ke wajah. Baru kemudian bisa Anda bilas, sebaiknya menggunakan air hangat dengan sabun pembersih wajah. Bila Anda lakukan hal tersebut secara rutin sekitar 2 hingga 3 kali seminggu, maka hasilnya akan terlihat.

Masker Kopi dengan Bengkoang

Sumber gambar blog.paleohacks.com

Anda juga bisa memadukan ampas kopi dengan bengkoang. Bengkoang memiliki manfaat untuk membuat kulit Anda menjadi lebih bersih dan bercahaya.

Pertama, siapkan bengkoang, lalu kupas dan bersihkan. Setelah itu, hancurkan bengkoang tersebut sampai benar-benar halus. Kemudian, campurkan dengan ampas kopi yang sudah disiapkan. Agar hasil lebih maksimal, gunakan juga air perasan lemon. Setelah semua dicampur rata, oleskan di wajah Anda, sampai merata. Lalu, diamkan 15 menit. Lakukan rutin setiap hari, untuk hasil yang lebih baik.

Masker Kopi dengan Kunyit

Paduan lainnya untuk membuat masker kopi adalah kunyit. Kunyit dipercaya dapat merawat kulit, serta menjadikan kulit lebih bercahaya dan bersinar. Hal tersebut dikarenakan vitamin yang dikandung kunyit sangat sesuai dengan berbagai jenis kulit.

Cara menyiapkan masker kopi kunyit ini juga sangat mudah, Anda hanya perlu menyiapkan bubuk kopi dan kunyit. Jangan lupa, kunyit dihancurkan terlebih dulu, sampai halus. Campurkan kedua bahan ini, untuk hasil terbaik tambahkan madu ke dalamnya.

Setelah merata, tempelkan di wajah Anda, sambil dipijat-pijat lembut sampai merata. Biarkan mengering lalu diamkan di wajah Anda hingga beberapa menit.

Lakukan rutin selama 3 kali seminggu, untuk hasil yang lebih baik.

Masker Kopi untuk Kulit Berminyak

Masker Kopi dengan Putih Telur

Untuk menghilangkan kulit berminyak, masker pertama yang bisa Anda buat adalah masker kopi dengan putih telur. Putih telur memiliki manfaat untuk mengurangi produksi minyak berlebih pada wajah, apalagi bila dipadukan dengan kopi. Untuk membuat masker ini, Anda hanya perlu menyiapkan putih telur dan bubuk kopi secukupnya.

Campurkan bubuk kopi dengan putih telur, lalu aduk merata sampai keduanya benar-benar tercampur dan rata. Setelah itu, baru Anda mulai mengoleskan campuran putih telur dan kopi ini ke wajah Anda. Oleskan hingga merata.

Setelah itu, biarkan hingga 15 menit. Setelah selesai, bilas dengan air bersih, juga pembersih wajah. Lakukan sebanyak 2 kali seminggu secara rutin, untuk hasil yang lebih maksimal.

Masker Kopi dengan Lemon

Berikutnya, masker paduan antara kopi dan lemon juga sangat ampuh untuk menghilangkan masalah kulit berminyak Anda. Untuk membuat masker wajah yang satu ini, Anda memerlukan bahan air perasan lemon dan bubuk kopi.

Cara membuatnya sangat mudah, campurkan bubuk kopi tersebut dengan air perasan lemon, lalu aduk sampai merata. Kemudian, oleskan campuran lemon dan kopi tersebut di wajah, sampai merata. Biarkan dulu di wajah Anda hingga 15 menit. Setelah itu, baru bilas dengan air dingin sampai bersih. Untuk hasil terbaik, lakukan hal ini sebanyak 3 kali seminggu.

Masker Kopi dengan Wortel

Sumber gambar www.stylepresso.com

Campuran masker kopi selanjutnya yang ampuh meredakan kulit berminyak adalah wortel. Wortel memiliki kandungan vitamin A yang cukup tinggi. Selain dapat mengurangi masalah penglihatan mata, wortel juga sangat baik untuk membantu mengurangi berbagai masalah kulit, termasuk di antaranya kulit berminyak.

Untuk menyiapkan masker kopi dan wortel, Anda memerlukan beberapa buah wortel yang masih segar, lalu bersihkan dan kupas kulit halus luarnya. Setelah selesai, segera blender wortel tersebut sampai hancur dan halus. Baru kemudian, bisa Anda campurkan dengan bubuk kopi, lalu aduk merata. Untuk hasil yang lebih baik, Anda bisa menambahkan sedikit air perasan jeruk nipis ke dalam campuran tersebut, lalu aduk rata.

Oleskan campuran tersebut ke wajah Anda, pijat dengan lembut dan merata ke seluruh wajah. Kemudian, diamkan selama 15 menit. Baru setelah itu, bilas dengan air bersih dan sabun pembersih wajah. Untuk hasil terbaik, lakukan rutin 2 hingga 3 kali seminggu.

Masker Kopi untuk Kulit Berjerawat

Masker Kopi dengan Minyak Zaitun

Sumber gambar www.gangslangs.com

Kulit Anda berjerawat? Nah, masker kopi juga bisa menjadi solusinya. Bahan campuran yang sangat tepat untuk mengurangi masalah kulit berjerawat adalah minyak zaitun. Minyak zaitun sudah dipercaya sejak zaman dulu sebagai perawat kecantikan yang alami. Bahkan, ratu Mesir zaman dulu, Cleopatra juga terus menjaga kecantikannya dengan menggunakan minyak zaitun, loh.

Cara membuatnya, siapkan minyak zaitun 3 sendok makan, serta bubuk kopi secukupnya. Lalu, campurkan dan aduk rata, sampai benar-benar tercampur. Kemudian, baru Anda bisa mengoleskannya di wajah Anda. Selalu ingat, oleskan dengan merata, dan dipijat lembut agar lebih meresap di kulit.

Biarkan selama 20 menit di wajah Anda. Lalu, bersihkan dengan air bersih dan sabun pencuci muka, juga keringkan dengan handuk muka. Bila Anda melakukannya dengan rutin, maka noda di wajah, juga jerawat di wajah Anda akan segera berkurang.

Masker Kopi dengan Pepaya

Sumber gambar www.stylepresso.com

Bahan selanjutnya adalah pepaya. Buah pepaya selain mengandung banyak vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh, juga sangat bermanfaat bagi kulit Anda. Apalagi, untuk masalah kulit berjerawat. Paduan antara kopi dan pepaya dapat menjadikan wajah Anda bebas dari jerawat.

Cara membuatnya, siapkan dulu pepaya yang sudah dikupas dan dibersihkan, lalu blender sampai halus. Baru kemudian, dicampurkan dengan bubuk kopi, dan aduk merata. Setelah kedua bahan tersebut menyatu sempurna, mulai oleskan di wajah Anda sampai merata, dan diamkan selama 15 menit.

Lakukan hal ini rutin 2 kali seminggu, maka masalah jerawat di wajah Anda akan cepat terselesaikan.

Masker Kopi dengan Air Mawar

Sumber gambar beautifullyalive.org

Air mawar dipercaya bisa membuat wajah menjadi lebih lembap dan sehat. Tidak hanya itu, paduan air mawar dengan kopi juga mampu mengurangi kulit berjerawat. Apalagi, bagi kulit berjerawat yang karena terdampak polusi.

Cara membuatnya, siapkan dulu air mawar juga bubuk kopi, lalu campurkan dengan merata. Setelah benar-benar tercampur, oleskan ke seluruh wajah Anda secara merata dengan cara dipijat lembut. Setelah itu, diamkan selama 30 menit di wajah Anda.

Lakukan hal ini secara rutin dua kali seminggu untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Beberapa Khasiat Masker Kopi yang Perlu Anda Ketahui

Mengangkat Sel Kulit Mati

Selain beberapa manfaat yang disebutkan di atas, masker kopi juga mampu mengangkat sel kulit mati di wajah. Hal itulah yang menyebabkan wajah kusam Anda menjadi cerah, bersinar dan lebih segar. Sebab, bubuk kopi mampu menjadi scrub wajah, dikarenakan teksturnya yang proporsional.

Bubuk kopi akan membantu proses pengelupasan sel kulit mati menjadi lebih baik. Hal itu menjadikan wajah Anda akan lebih bersih dan halus, serta terlihat lebih muda.

Menghaluskan Kulit

Sumber gambar www.beautyepic.com

Masker kopi juga mampu menjadikan kulit wajah Anda lebih halus. Masker ampas kopi, yang ditambahkan dengan cokelat misalnya, akan menjadi masker yang sangat efektif untuk menjadikan kulit wajah jauh lebih halus.

Jadi, yang suka ngopi tapi ampasnya dibuang, tentu saja jangan lagi dilakukan. Apalagi Anda menghabiskan uang untuk facial treatment di salon. Aduh, rugi.

Mengencangkan Kulit

Sumber gambar www.mirror.co.uk

Manfaat selanjutnya dari masker kopi untuk wajah adalah menjadikan kulit wajah menjadi lebih kencang. Penyebabnya, kafein yang dikandung kopi akan mengurangi tampilan garis-garis di wajah Anda. Jadinya, Anda terlihat jauh lebih muda, bukan?

Kopi juga memiliki sifat sebagai pengencang kulit yang alami dan tanpa efek samping. Anda bisa meminimalkan tanda-tanda penuaan dini di wajah Anda, dengan rutin menggunakan masker kopi di rumah.

Mengatasi Minyak Berlebih

Seperti sudah diulas di atas, masker kopi sangat baik dalam mengurangi masalah kulit berminyak. Apalagi dengan penggunaan secara teratur, maka kulit wajah akan semakin baik dalam mengontrol produksi minyak wajah, agar tidak berlebih.

Penyebabnya adalah, ampas kopi bersifat menyerap. Oleh karena itu, ampas kopi mampu menyerap minyak wajah dengan sangat baik.

Mengurangi Selulit

Sumber gambar glowpink.com

Nah, karena sifat ampas kopi yang menyerap, maka kopi juga memiliki fungsi lainnya, yakni mengurangi selulit. Penyerapan yang dilakukan ampas kopi, akan membuat sel lemak kekurangan air atau dehidrasi, yang akhirnya menjadikan sel lemak terus berkurang. Tahu tidak, faktanya ampas kopi 17 persen lebih efektif mengurangi selulit dibandingkan yang lain.

Untuk hasil lebih maksimal, Anda bisa mencampurkan kopi dengan lidah buaya dan minyak vitamin E. Pijatkan di wajah atau di tempat lainnya agar selulit dapat berkurang.

Melembapkan Kulit

Sumber gambar www.womensok.com

Kopi juga sangat baik menjadikan kulit Anda lebih lembap. Jadi, dengan menggunakan masker kopi secara rutin, maka Anda bisa mengucapkan selamat tinggal pada masalah kulit kering dan kasar yang Anda alami.

Kelembapan kulit berkurang dipengaruhi oleh lingkungan, misalnya terlalu banyak kegiatan di luar ruangan, atau mungkin karena menggunakan kosmetik tertentu. Hal itu bisa Anda tanggulangi dengan cara menggunakan masker kopi secara teratur.

Mencerahkan Kulit

Sumber gambar www.homesogood.com

Masker kopi juga sangat berguna dalam menjadikan kulit Anda lebih cerah. Karena bahan yang digunakan adalah bahan alami, maka hasilnya kulit Anda juga akan cerah alami. Jadi semakin cantik, bukan?

Jadi, gunakan masker kopi secara rutin dan teratur. Kopi mengandung antioksidan yang tinggi, sehingga mampu melindungi kulit dari radikal bebas, juga menjadikan kulit Anda lebih cerah.

Menghilangkan Bintik Hitam

Sumber gambar natural-joe.com

Masalah selanjutnya yang bisa dihilangkan dengan masker kopi adalah bintik hitam di kulit atau wajah. Tentu saja, bintik hitam tersebut menjadikan Anda kurang percaya diri, bukan. Biasanya, bintik hitam disebabkan oleh bekas jerawat.

Nah, masker kopi berperan sebagai anti infamasi, sehingga pembengkakan jerawat dapat lebih berkurang. Tidak hanya itu, masker kopi juga akan mengurangi masalah bekas jerawat yang tidak hilang dari wajah Anda. Selanjutnya, masalah titik hitam di wajah Anda akan terus berkurang.

Mengecilkan Pori-pori Kulit

Sumber gambar www.womensok.com

Hati-hati, bila pori-pori wajah terlalu besar, Anda mudah berjerawat atau timbul komedo pada wajah. Karena debu bisa masuk dengan mudah ke wajah Anda. Selain menjadikan debu dan kotoran mudah masuk, pori-pori yang besar juga akan mudah menjadikan tampilan wajah Anda kusam. Oleh karena itu, diperlukan sesuatu yang bisa mengecilkan pori-pori wajah Anda.

Nah, masker kopi juga sangat berguna untuk mengurangi bahkan mengecilkan pori-pori wajah Anda, loh. Dengan demikian, wajah Anda bisa terbebas dari jerawat, serta lebih kecil kemungkinan ada debu dan kotoran yang masuk ke wajah.

Menghilangkan Komedo

Sumber gambar www.rd.com

Kegunaan masker kopi yang terakhir adalah mampu dengan baik menghilangkan komedo. Komedo yang biasa hadir di sekitaran hidung, membuat Anda kurang percaya diri. Bahkan, komedo yang lama tertangani akan menjadi berwarna hitam dan tentunya akan sangat buruk pengaruhnya pada wajah Anda.

Masker kopi, seperti disinggung sebelumnya, mampu mengecilkan pori-pori wajah. Hal itu dapat mengurangi risiko terjadinya komedo. Bila Anda berkomedo, kopi juga memiliki fungsi yang sangat baik dalam mengurangi dan mengangkat komedo.

From our editorial team

Khasiat Kopi yang Tak Diragukan Lagi

Bingung memilih perawatan wajah yang tepat? Kini tak perlu lagi karena Anda bisa memanfaatkan kopi sebagai salah satu bahan alami untuk merawat kulit. Untuk mendapatkan masker kopi yang bagus, Anda bisa memilih kopi dengan kualitas yang baik dan mencampurnya dengan berbagai jenis bahan alami lain yang juga punya banyak manfaat untuk kulit. So, jangan ragu untuk bereksperimen dan merawat kulitmu dengan si hitam ini, ya!

Tag