Ini 10 Rekomendasi Tablet Hisap dan Manfaatnya untuk Menjaga Daya Tubuh

Ini 10 Rekomendasi Tablet Hisap dan Manfaatnya untuk Menjaga Daya Tubuh

Saat musim peralihan ini, tubuh cukup rentan terhadap berbagai penyakit. Untuk itu, Anda perlu menjaga pola hidup teratur dan rajin mengonsumsi makanan bernutrisi. Penggunaan tablet hisap juga merupakan salah satu cara untuk memenuhi zat yang diperlukan badan yang sehat. Lalu apa saja manfaat yang dimilikinya? Berikut ulasan BP-Guide dan rekomendasi produk yang cocok untuk Anda.

Tablet Hisap Memiliki Kandungan Vitamin yang baik Bagi Tubuh

Tablet hisap atau lozenge adalah sediaan padat yang mengandung satu atau lebih bahan obat dan umumnya beraroma manis serta mudah larut saat terkena air, termasuk liur di dalam mulut. Merupakan bentuk lain dari suplemen kapsul, tablet hisap umumnya digunakan untuk obat sakit tenggorokan maupun mengurangi batuk serta flu. Tablet hisap biasanya mengandung anestesi lokal, antiseptik, antibakteri, demulsen, astringen, serta antusitif.

Karakteristik tablet hisap sangat unik, ia cenderung ditambahkan perasa dan pemanis dengan persentase 50%, yang mana lebih berat dari tablet lainnya. Bahan pemanis yang digunakan sendiri antara lain adalah sukrosa, laktosa, manitol, sorbitol, dan masih banyak lagi. Tablet hisap biasanya berdiameter lebih dari 18 mm dan punya tingkat kekerasan sebesar 10 kg/cm3.

Manfaat Tablet Hisap untuk Kesehatan Tubuh

Sebagai Anestesi Lokal

Sebelum pengembangan anestesi lokal dimulai pada 1892, kokain lazim digunakan sebagai obat penenang karena keampuhannya dalam memberi rasa nyaman dan mempertinggi daya tahan tubuh. Setelahnya pada 1940, ragam anestesi modern pun diperkenalkan, seperti lidokain, prilokain, dan bupivakain. Tablet hisap kemudian menyusul sebagai alternatif dengan efek yang sama dengan anestesi lokal.

Ketika diberikan dalam dosis tertentu, anestesi lokal dapat berperan dalam menghalangi konduksi saraf. Jenis anestesi yang baik adalah yang tidak mengiritasi jaringan, toksisitasnya rendah, bekerja efektif dalam membran mukosa, memiliki reaksi awal yang cepat, dan punya efek yang tahan lama. Umumnya, anastesi lokal punya basis lemah dengan kelarutan yang sangat rendah dalam air sehingga dapat digunakan untuk penetrasi jaringan.

Multivitamin

Tablet hisap memberikan banyak khasiat layaknya multivitamin, seperti memenuhi nutrisi, meningkatkan konsentrasi, mencegah penuaan, menurunkan berat badan, hingga memulihkan penyakit.

Dosis aman multivitamin bagi tiap orang berbeda-beda sehingga Anda perlu berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu, terutama jika Anda sedang hamil.

Sebenarnya mulitivitamin tidak dimaksudkan sebagai pengganti nutrisi yang diperlukan tubuh. Jadi, sebaiknya Anda mencukupi kebutuhan gizi dari sumber alami. Jika dikonsumsi secara berlebihan, mulitivitamin pun bisa jadi berbahaya bagi kesehatan. Beberapa efek samping dari konsumsi mulitivitamin antara lain:

  • Diare karena magnesium yang tinggi;
  • Batu ginjal karena konsentrasi tinggi kalsium;
  • Masalah ritme jantung karena kandungan seng yang berlebihan;
  • Usia lebih pendek karena konsentrasi vitamin A, E, dan betakaroten yang tinggi;
  • Kerusakan retina; dan
  • Kelahiran anak terhambat.

Menjaga Daya Tahan Tubuh

Di samping konsumsi makanan bergizi, multivitamin dapat membantu menjaga kesehatan tubuh dan meningkatkan sistem imun untuk melawan berbagai penyakit. Tablet hisap dengan manfaat penambah daya tahan tubuh bisa menjadi solusi untuk Anda yang punya pola makan tak sehat sehingga kekurangan vitamin dan mineral. Sesuaikan mulitivitamin yang ingin Anda beli dengan kebutuhan Anda. Berikut fungsi masing-masing vitamin bagi tubuh:

  • Vitamin A merupakan jenis vitamin yang berguna untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan penglihatan serta meliputi zat betakaroten yang dapat menstimulasi kinerja retina, kornea, dan mata.
  • Vitamin B terdiri dari delapan macam, yaitu B1 (tiamina), B2 (riboflavin), B3 (niasin), B5 (asam pantotenat), B6 (piridoksina), B7 (biotin), B9 (folat), dan B12 (kobalamin). Konsumsi vitamin B dapat meningkatkan energi, mendukung kesehatan otak, meningkatkan mood, menajamkan memori, mengurangi stres, merangsang sistem kekebalan tubuh, dan meningkatkan kesehatan rambut serta kulit.

10 Rekomendasi Tablet Hisap yang Baik untuk Kesehatan Anda

Vitacimin

Vitacimin Sweetlet 500 mg adalah tablet hisap yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dalam tubuh Anda. Selain rasanya yang manis, tablet hisap ini dikemas dalam strip praktis sehingga membuatnya mudah dibawa ke mana saja.

Tablet segar dengan perisa asam ini punya banyak manfaat, seperti memperbaiki jaringan kulit, meningkatkan mood, menurunkan risiko serangan jantung, mencegah naiknya tekanan darah, menjaga kesehatan mata, mengurangi gejala pilek, mencegah stroke, serta menjadi obat pencegah penyakit dan sel kanker.

Di dalam tablet hisap ini terkandung zat aman Acidum ascorbicum dan Natrii ascorbas. Anda dapat membelinya di Tokopedia seharga Rp 9.000 untuk kemasan 5 strip dengan isi 10 tablet.

Zinc Tablet Hisap Green World

Sumber gambar shopee.co.id

Zinc Tablet Hisap Green World adalah tablet hisap anak dan dewasa yang berguna untuk menambah nafsu makan dan kekebalan tubuh serta memacu pertumbuhan badan.

Dengan kandungan seng laktat, produk berisi 30 tablet ini juga dapat menjaga dan merangsang perkembangan organ seksual, mencegah infertilitas, disfungsi seksual, menghambat AIDS, memperbaiki jerawat, hingga ulkus rongga mulut. Tablet yang dikonsumsi sehari sekali ini bisa dibeli di Shopee seharga Rp 94.000.

Degirol Lozenges

Sumber gambar doktersehat.com

Degirol Lozenges adalah tablet hisap dengan kandungan dekualinium klorida yang berguna sebagai antiseptik dan untuk mengobati berbagai gangguan pada tenggorokan, mulut, lidah ataupun amandel.

Sariawan serta infeksi pada selaput lendir hingga batuk, pilek, dan infeksi membran mukosa mulut pun bisa dipulihkannya. Anda bisa membeli tablet hisap kemasan strip sepuluh tablet ini di Shopee seharga Rp 9.500.

Dosis produk ini adalah satu tablet tiap 3-4 jam sehari dengan maksimum penggunaan delapan tablet. Meski begitu, konsumsi jangka panjang tidak dianjurkan dan efek samping dapat terjadi bagi pengidap alergi atau hipersensitivitas terhadap komposisinya.

Selain itu, iritasi yang menyebabkan nyeri tenggorokan, mulut, lidah, dan bibir serta menjadikan lidah sakit dan sensitisasi juga mungkin terjadi. Karenanya, Anda lebih baik berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu sebelum mengonsumsi tablet hisap yang satu ini.

Fitkom

Sumber gambar indonesia.ourwiki.co

Memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral bagi anak pada masa pertumbuhannya sangatlah penting. Oleh sebab itu, Anda perlu memberinya multivitamin lengkap yang berfungsi untuk meningkatkan daya tumbuhnya dan memelihara kesehatannya, terlebih bila ia tiba-tiba sakit. Solusi dari permasalahan tersebut adalah tablet hisap Fitkom berikut.

Produk ini hadir dalam bentuk bintang yang menggemaskan dengan rasa stoberi dan mengandung sepuluh macam vitamin yang sangat bermanfaat untuk Anak. Tablet hisap ini bisa dikonsumsi tiga kali sehari. Anda bisa memesan tablet dalam kemasan botol menarik ini di Shopee dengan harga Rp 14.500.

Vidoran Smart

Sumber gambar www.tororo.com

Dengan perasa jeruk yang manis, Vidoran Smart mudah disukai anak-anak sekaligus berfungsi memenuhi kebutuhan vitamin dan mineral mereka. Tablet hisap ini pun dapat membantu pertumbuhan dan kemampuan belajar anak berkat berbagai nutrisi di dalamnya, yakni vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, D, dan E. Selain itu juga mengandung nicotinamide, calcium pantothenate, taurine, serta omega 3 (DHA & EPA).

Vidoran Smart cocok dikonsumsi anak usia 6-12 tahun dengan dosis dua tablet sehari dan anak usia 3-6 tahun dengan dosis satu tablet sehari. Produk berisi 30 tablet ini dapat Anda peroleh hanya dengan harga Rp 15.000 di Bukalapak.

Imboost Kids

Sumber gambar www.gogobli.com

Imboost Kids adalah tablet hisap yang mampu memelihara daya tahan tubuh. Produk ini mengandung esktrak daun, bunga, dan akar tanaman herbal echinacea yang dikenal sebagai terapi suportif agar daya tahan tubuh meningkat.

Dosis penggunaannya sendiri adalah dua tablet sehari untuk anak usia 2-6 tahun dan tiga tablet sehari untuk 6 tahun ke atas. Anda bisa memesan produk dari PT Soho Industri Pharmasi ini di Tokopedia dengan harga Rp 31.000.

SP Troches Meiji

Sumber gambar www.klik-apotek.com

SP Troches Meiji adalah tablet hisap rasa stroberi yang mengandung dekualinium klorida 0,25 mg. Produk ini bersifat antiseptik karena efektif membunuh berbagai jenis bakteri serta jamur, seperti Candida albicans yang menyebabkan bercak putih pada lidah dan rongga mulut.

Obat ini juga berfungsi untuk menyembuhkan sakit tenggorokan akibat peradangan, sariawan, radang gusi (gingivitis), radang pada laring, penyakit angina, hingga stomatitis. Diproduksi PT Meiji Indonesia, SP Troches Meiji tersedia di Bukalapak seharga Rp 19.000.

FG Troches Meiji

Sumber gambar www.tokopedia.com

Lewat kandungan dua antibiotiknya, fradiomisin dan gramisidina, FG Troches Meiji sanggup melawan bakteri penyebab sariawan, radang tenggorokan, sakit amandel, serta infeksi lainnya pada gusi dan mulut.

Meskipun berbentuk seperti permen, tablet hisap ini tergolong obat keras sehingga harus disesuaikan dengan indikasi dan hanya bisa diperoleh lewat resep dokter. Efek samping dapat terjadi bila sembarangan mengonsumsinya, seperti gangguan pencernaan dan mual. Anda bisa membeli antibiotik ini di Tokopedia seharga Rp 12.000.

Xon-Ce

Sumber gambar shopee.co.id

Xon-Ce adalah suplemen hisap vitamin C 500 mg yang sangat praktis dibawa ke mana saja. Manfaatnya pun cukup banyak, mulai dari memenuhi kebutuhan vitamin C, menjaga daya tahan tubuh, hingga menangkal radikal bebas.

Xon-Ce dapat dikonsumsi pasca sakit dan untuk wanita hamil serta menyusui, dengan dosis 1-2 tablet sehari. Tablet ini juga cocok digunakan sebagai obat sariawan. Anda bisa memperolehnya di Shopee seharga Rp 1.450 per strip.

Curcuma Plus Go Talz!

Sumber gambar shopee.co.id

Tablet hisap Curcuma Plus Go Talz! memiliki banyak manfaat bagi anak. Selain memenuhi kebutuhan vitamin di masa pertumbuhan serta memperbaiki nafsu makan mereka, tablet hisap ini juga baik untuk memelihara kesehatan dan memulihkan kondisi tubuh anak setelah sakit.

Produk ini mengandung vitamin A, B1, B2, B6, B12, C, dan D; omega 3; kalsium pantotenat; serta ekstrak temulawak. Dosis penggunaannya adalah dua tablet sehari untuk anak usia 6-12 tahun dan satu tablet sehari untuk anak usia 3-6 tahun. Anda bisa mendapatkan tablet hisap ini di Bukalapak seharga Rp 17.500.

From our editorial team

Maksimalkan Kesehatan Tubuh Anda dengan Tablet Isap

Terkadang, memenuhi kebutuhan nutrisi harian untuk menunjang kesehatan tubuh masih dirasa kurang terlebih bila kita menjadi sakit. Untuk menghindari hal tersebut, pemenuhan zat pun perlu dimaksimalkan. Salah satu caranya ialah dengan menggunakan tablet isap. Meski tergolong sebagai suplemen, banyak manfaat yang terkandung dalam satu tabletnya, seperti meningkatkan kinerja otak, menstimulasi pertumbuhan badan, memulihkan kondisi tubuh yang sakit dan lain sebagainya.