Jangan Sepelekan Radang Tenggorokan! Inilah 7 Rekomendasi Obat Tablet untuk Meredakan Radang Tenggorokan yang Mengganggu Aktivitas Anda

Jangan Sepelekan Radang Tenggorokan! Inilah 7 Rekomendasi Obat Tablet untuk Meredakan Radang Tenggorokan yang Mengganggu Aktivitas Anda

Radang tenggorokan sangatlah mengganggu aktivitas Anda, apalagi jika harus banyak bergerak ke sana kemari. Nah, untuk meredakannya cobalah rekomendasi obat-obat berikut ini. Yuk, langsung simak aja!

Radang Tenggorokan Sangat Mengganggu Aktivitas dan Kegiatan Sehari-hari

Sumber gambar merdeka.com

Radang tenggorokan adalah istilah yang biasa digunakan oleh orang awam untuk menyebut gejala sakit tenggorokan. Padahal, tidak semua sakit tenggorokan dapat disebut radang. Radang tenggorokan atau faringitis, sebenarnya adalah sakit tenggorokan yang disebabkan oleh radang bagian belakang tenggorokan yang di dalam dunia medis disebut faring. Masyarakat Indonesia sendiri lebih sering menyebutnya panas dalam.

Sakit tenggorokan merupakan gejala umum dari beberapa penyakit yang berbeda atau terjadi akibat penyakit lain, seperti flu, demam, dan mononukleosis. Jika tanpa obat tertentu, sakit tenggorokan akan reda dalam waktu kurang dari seminggu.

Meski terdengar sepele, penyakit ini sebenarnya sangat mengganggu aktivitas, terutama jika Anda sedang dalam kegiatan yang padat dan tidak dapat dikompromi. Radang tenggorokan menimbulkan rasa tidak nyaman karena tenggorokan terasa sakit atau panas sehingga Anda kesulitan untuk makan.

Sakit tenggorokan dapat dialami oleh siapa saja, mulai dari anak-anak, orang dewasa, hingga orang lanjut usia. Namun, dari ketiga kategori tersebut, kategori anak-anak usia 5 sampai 15 tahun adalah kategori yang paling sering menderita sakit tenggorokan.

Sedangkan di kalangan orang dewasa, 10% sakit tenggorokan yang diderita disebabkan oleh infeksi bakteri streptococcus. Penyakit ini dapat diatasi dengan obat tertentu atau dengan mengonsultasikannya kepada dokter.

Penyebab Radang Tenggorokan yang Harus Anda Kenali

Infeksi Virus dan Bakteri

Sumber gambar tribunnews.com

Penyebab radang tenggorokan yang pertama adalah infeksi virus dan bakteri yang menyerang saluran pernapasan atas. Mayoritas, virus dan bakteri tersebut menyerang anak-anak dan remaja. Jika Anda menderita radang tenggorokan yang disebabkan oleh virus, maka Anda tidak akan memperoleh obat tertentu karena memang tidak perlu.

Anda cukup memercayakan penangkalan virus tersebut kepada sistem pertahanan tubuh Anda. Jikalau Anda diberi resep obat oleh dokter, obat tersebut bertujuan untuk sekadar mengatasi gejala-gejala yang muncul, bukan mengatasi virusnya secara langsung.

Salah satu jenis virus penyebab radang tenggorokan adalah virus parainfluenza yang menyerang saluran pernapasan atas maupun bawah pada orang dewasa dan anak-anak. Virus ini juga menjadi penyebab dari bronkitis dan pneumonia.

Sedangkan jika Anda menderita radang tenggorokan yang disebabkan oleh bakteri, maka Anda akan diberi resep obat antibiotik sesuai dengan anjuran dokter. Oleh karena itu, Anda perlu mengonsultasikan kondisi Anda terlebih dahulu. Ada dua jenis bakteri yang paling sering menyebabkan radang tenggorokan.

Pertama adalah bakteri streptococcus yang paling mudah ditemukan di mana-mana, mulai dari di permukaan kulit, udara, luka terbuka, dan cairan tubuh. Selain itu, bakteri ini juga menyebabkan infeksi kulit, sinusitis, pembengkakan kulit, ruam, dan infeksi telinga bagian dalam. Yang kedua, bakteri Corynebacterium Diphtheriae yang berkembang pesat melalui saluran pernapasan dan luka terbuka. Bakteri tersebut bersumber dari tanah, air, tumbuhan, dan makanan yang tidak bersih.

Alergi

Sumber gambar hipwee.com

Selain infeksi virus dan bakteri, alergi juga dapat menjadi penyebab radang tenggorokan. Alergi yang dimaksud adalah alergi dalam bentuk apa pun, seperti alergi pada debu sampai alergi pada binatang peliharaan. Alergi dapat menyebabkan iritasi tenggorokan ringan yang bersifat kronis atau permanen.

Gejala yang ditimbulkan oleh alergi adalah seperti bersin, mata berair, atau hidung meler setelah Anda menghirup alergen (hal yang membuat anda alergi) seperti serbuk sari, debu, atau bulu yang menyebabkan rasa tidak nyaman di tenggorokan. Kondisinya akan semakin memburuk apabila Anda terkontaminasi alergen secara terus-menerus.

Udara dan Asap Rokok

Sumber gambar tempo.co

Udara dan asap rokok juga dapat menyebabkan radang tenggorokan. Berdiam diri di ruangan yang panas dan pengap dapat membuat tenggorokan Anda terasa gatal dan tidak nyaman. Untuk menghindari radang tenggorokan akibat udara, sebaiknya Anda tidak bernapas menggunakan mulut karena udara tidak tersaring dan menyebabkan tenggorokan cepat kering.

Untuk asap rokok sendiri, bukan rahasia lagi jika asap rokok memang mengganggu pernapasan. Namun ternyata di samping itu, asap rokok juga dapat mengganggu tenggorokan. Radang tenggorokan akibat kebiasaan merokok akan terjadi secara persisten. Radang tenggorokan tidak akan membaik dengan cepat selama penderita masih tetap merokok.

7 Rekomendasi Tablet Radang Tenggorokan Terbaik yang Bisa Dibeli di Apotek Terdekat

FG Troches

Sumber gambar shopee.co.id

FG Troches adalah obat untuk mengatasi berbagai jenis radang, mulai dari radang mulut (stomatitis), radang gusi (gingivitis), bronkitis, radang amandel (tonsilitis), infeksi gusi (periodontitis), dan berbagai jenis radang lain yang diakibatkan oleh infeksi, termasuk radang tenggorokan. Namun, obat ini hanya ampuh untuk infeksi yang diakibatkan oleh beberapa bakteri tertentu, seperti Straphylococci, Streptococci, Propionibacterium acnes, Bacteroides, dan Fusobacterium spp.

Cara mengonsumsi FG Troches adalah dilarutkan di dalam mulut atau di bawah lidah dengan cara diisap sampai habis. Dosisnya sendiri berbeda antara untuk anak-anak dan untuk orang dewasa. Untuk anak-anak, sebanyak 1 tablet dalam satu hari. Sedangkan untuk orang dewasa, cukup 1-2 tablet FG Troches setiap hari, diminum setiap 4-5 jam sekali.

Di dalam 1 tablet FG Troches mengandung 2,5 mg fradiomycin sulfate dan 1 mg gramicidin. Sampai saat ini belum ada laporan khusus terkait efek samping. Namun, obat ini kurang efektif untuk mengobati infeksi bakteri yang tidak peka terhadap fradiomycin dan gramicidin. Dalam kasus-kasus tertentu yang cukup ekstrem, FG Troches menimbulkan reaksi parah seperti anoreksia, mual, dan gangguan pencernaan. Harga obat ini yaitu Rp 10.800/box isi 12 strip/10 tablet di Bukalapak.

Degirol

Sumber gambar www.obral.co

Degirol adalah sebuah obat berbentuk tablet hisap yang mengandung Dequalinium Klorida sebesar 2,5 mg. Dequalinium Klorida merupakan bahan antiseptik yang memiliki efek antibakteri dan antijamur dengan spektrum yang luas, ampuh untuk membunuh berbagai jenis bakteri baik gram positif maupun negatif, termasuk bakteri yang sudah resisten terhadap antibiotik.

Kelebihan dari tablet hisap adalah memungkinkan bahan aktif di dalam tablet tersebut langsung bekerja di daerah yang mengalami infeksi dengan cara melumasi dan menenangkan daerah yang sakit, sehingga membantu meringankan rasa sakit dan ketidaknyamanan infeksi mulut serta tenggorokan. Degirol mampu meredakan radang tenggorokan dan rongga mulut seperti sariawan, radang gusi, dan radang amandel.

Namun, obat ini tentu saja tidak diperuntukkan bagi orang-orang yang alergi terhadap Dequalinium Klorida. Rasa lemon yang manis sedikit asam dan menyegarkan membuatnya seperti makan permen sehingga dapat dinikmati orang dewasa maupun anak-anak. Obat ini tidak untuk digunakan dalam jangka panjang dan perlu kewaspadaan untuk ibu hamil dan menyusui. Dapatkan obat ini di Tokopedia dengan harga Rp 10.000 atau di Bukalapak dengan harga Rp 9.000.

Efisol Lozenges

Sumber gambar ratuobat.com

Efisol Lozenges mengandung dequalinium dan vitamin C. Dequalinium merupakan zat antiseptik yang membantu menghilangkan kuman bakteri di dalam mulut, sehingga menghindarkan dari bau mulut dan radang tenggorokan. Sedangkan, vitamin C adalah zat yang dapat membantu mengobati sariawan dan bibir pecah-pecah.

Obat ini dikonsumsi sebanyak 1 tablet setiap 3 jam sekali. Ketika kondisi telah membaik, Anda dapat mengonsumsi 1 tablet setiap 4-5 jam.

Efek samping yang ditimbulkan dari penggunaan Efisol Lozenges adalah alergi, iritasi, dan gatal tenggorokan secara tidak permanen. Jika efek samping yang muncul ternyata cukup permanen, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Dapatkan Efisol Lozenges di Tokopedia dan Bukalapak dengan harga Rp 12.900.

SP Troches

Sumber gambar meiji.co.id

SP Troches adalah obat yang mengandung dequalinium chloride. Khasiatnya yaitu menyembuhkan sakit tenggorokan akibat peradangan, sariawan radang gusi, radang pada laring, radang selamput lendir mulut dengan tukak-tukak berselaput, dan stomatitis.

Keunggulan lain dari obat ini yaitu efektif dalam membunuh berbagai jenis bakteri, baik gram positif maupun negatif, termasuk bakteri yang sudah tidak peka terhadap antibiotik. SP Troches juga merupakan antiseptik yang memiliki antibakteri dan antijamur dengan spektrum yang luas. Jenis jamur yang dapat dibasmi yaitu Candida albicans.

SP Troches dapat dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 10.000/strip berisi 6 tablet atau di Bukalapak dengan harga Rp 12.000/strip.

Azithromycin

Sumber gambar shopee.co.id

Azithromycin merupakan golongan antibiotik makrolida yang berkhasiat mengobati infeksi bakteri pada beberapa bagian tubuh (saluran pernapasan, mata, kulit, dan alat kelamin).

Cara kerja obat ini adalah menghentikan dan mencegah perkembangbiakan bakteri yang menjadi penyebab infeksi. Namun, penggunaannya harus menggunakan resep dokter.

Dosis Azithromycin disesuaikan oleh dokter berdasarkan jenis infeksi, tingkat keparahan, dan riwayat kesehatan pasien. Jangan sekali-kali menambah atau mengurangi dosis dari yang sudah diberikan oleh dokter. Pastikan Anda menghabiskan seluruh obat dari dokter meskipun gejala sudah membaik.

Hal ini diakukan untuk mencegah bakteri menjadi kebal terhadap antibiotik yang dapat menyebabkan infeksi di kemudian hari. Apabila obat sudah habis namun kondisi belum juga membaik, segera konsultasikan lagi kepada dokter. Dapatkan obat ini di Bukalapak dengan harga 90.000/box atau di Tokopedia dengan harga Rp 70.000.

Osmycin

Sumber gambar tokopedia.com

Osmycin adalah obat yang mengandung Spiramycin, sebuah antibiotik golongan makrolida yang biasa digunakan sebagai alternatif untuk pasien yang hipersensitif terhadap antibiotik golongan penisilin. Osmycin dapat digunakan untuk menyembuhkan infeksi saluran pernapasan dan diare.

Cara kerjanya alalah dengan menghalangi proses produksi struktur protein bakteri tertentu, sehingga mencegah perkembangan dan reproduksi bakteri. Sebaiknya tidak dikonsumsi oleh ibu hamil dan menyusui. Dosis obat ini pun perlu dikonsultasikan kepada dokter terlebih dahulu. Dapatkan Osmycin di Tokopedia dengan harga Rp 53.500 atau di klik-apotek seharga Rp 68.000.

Tantum Lozenges

Sumber gambar caramanjur.com

Tantum Loz mengandung Benzydamine yang bekerja sebagai antiseptik yang membantu menghilangkan kuman bakteri di dalam mulut. Sehingga, menghindarkan dari bau mulut dan radang tenggorokan. Tantum Loz juga dapat digunakan untuk mengatasi sariawan, bibir pecah-pecah, dan radang tenggorokan. Hindari penggunaan pada ibu hamil dan menyusui.

Obat ini memiliki efek samping sementara yaitu alergi, iritasi, dan gatal tenggorokan. Apabila efek samping permanen maka segera hentikan pemakaian Tantum Loz dan konsultasikan kepada dokter. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 20.400/kemasan atau di Bukalapak dengan harga Rp 40.900.

From our editorial team

Jangan Sepelekan Radang Tenggorokkan!

Beberapa orang mungkin tidak terlalu memperhatikan radang tenggorokan yang dideritanya. Padahal, radang tenggorokan ini jika dibiarkan akan sangat menganggu aktivitas Anda. Untuk itu, sebagai antisipasi awal alangkah baiknya jika Anda mengkonsumsi obat-obat rekomendasi BP-Guide sesuai dengan gejala yang Anda rasakan, ya. Namun, jika dalam tiga hari tidak kunjung reda, maka Anda harus segera mengunjungi dokter.