6 Rekomendasi Suplemen Tablet Zinc untuk Kamu yang Suka Beraktivitas

6 Rekomendasi Suplemen Tablet Zinc untuk Kamu yang Suka Beraktivitas

Sumber gambar pixabay.com

Di tengah aktivitas harian, seringkali kita melewatkan berbagai nutrisi penting yang dapat menunjang kesehatan tubuh. Karena itu, muncul berbagai suplemen dengan beragam manfaat yang kita butuhkan. Seperti halnya zinc, yang bila tanpanya kinerja tubuh akan mengalami kendala. Untuk membantumu memenuhi keperluan akan zat yang satu ini, BP-Guide merangkum beberapa produknya di sini.

Zinc Adalah Mineral yang Penting bagi Tubuh

Setiap harinya, tubuh kita memerlukan berbagai zat penting guna menunjang kesehatan. Zinc merupakan satu di antara banyaknya zat tersebut. Dalam ilmu kimia, zat dengan nama lain seng ini adalah mineral penting yang terdapat dalam setiap sel tubuh mahluk hidup.

Ada lebih dari 300 macam enzim di dalam tubuh manusia yang membutuhkan zinc sebagai kofaktor untuk mengoptimalkan fungsinya. Jika kita kekurangan zinc, berbagai enzim dalam tubuh akan terhambat kerjanya. Akibatnya sungguh fatal karena enzim tersebut erat kaitannya dengan sistem pencernaan dan metabolisme tubuh.

Manfaat Zinc untuk Kesehatan

Zinc tentunya dapat ditemukan dalam aneka makanan. Sebut saja kerang, daging, kacang-kacangan, hingga susu. Jika kebutuhan zat ini tak bisa dipenuhi tubuh, berbagai gangguan kesehatan pun bisa muncul. Mulai dari luka yang tak kunjung sembuh sampai pertumbuhan badan yang melambat. Bahkan, kerontokan rambut, gangguan mental, hingga hilang nafsu makan juga disebabkan kurangnya zinc di dalam tubuh. Kalau memang zinc sepenting itu, lalu apa saja manfaat yang dimilikinya? Berikut beberapa di antaranya.

Sebagai Antioksidan

Zinc sangat berperan sebagai antioksidan dalam tubuh. Komponen ini akan berubah menjadi membran yang melindungi kita dari berbagai senyawa asing. Zinc juga berfungsi untuk melawan polusi dan radikal bebas yang kita hadapi setiap hari.

Sel tubuh akan lebih terjaga dengan terpenuhinya kebutuhan zinc dalam tubuh. Dengan adanya zat tersebut, superoksida dismutase, yakni antioksidan yang diperlukan hati untuk mengikat racun yang akan dibuang, dapat bekerja lebih baik juga.

Menyehatkan Mata

Memang sedari dulu kita hanya melandaskan persoalan kesehatan mata pada konsumsi vitamin A saja. Namun, rupanya zinc juga memiliki kegunaan yang sama loh. Kandungan zinc bisa mencegah kerusakan pada makula yang terletak di dalam retina. Sel dalam indra penglihat tersebut akan diregenerasi zinc sehingga pandangan semakin jernih dan lebih baik.

Meremajakan Kulit

Ternyata rajin mengonsumsi makanan dan minuman dengan kadar zinc tinggi bisa membuat kulit semakin terawat loh. Itu karena zat yang satu ini dapat membantu proses pembentukan kolagen sehingga kulit menjadi lebih sehat.

Kolagen sendiri merupakan jaringan penghubung yang diperlukan bagi pertumbuhan dan perbaikan kulit. Jika jumlah kolagen dalam tubuh meningkat, berbagai macam gangguan kulit pun bisa dihindari. Selain itu, antioksidan di dalam zinc juga mampu memberikan perlindungan terhadap sinar UV.

Menguatkan dan Menyehatkan Otak

Zinc merupakan unsur yang sangat diperlukan dalam tumbuh kembang anak. Ini dibuktikan dalam riset Universitas Toronto, Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Hasil studi tersebut mengungkapkan bahwa zinc mampu menyambung setiap neuron di dalam otak. Hal ini membuat otak bekerja maksimal serta sanggup menyimpan lebih banyak memori. Karena itulah zinc dapat meningkatkan proses belajar dan daya ingat anak.

6 Rekomendasi Suplemen Tablet Zinc Terbaik

Zinc Pharmacore

Kamu bisa memperoleh banyak manfaat dengan mengonsumsi Zinc Pharmacore. Sebab, kandungan esensial zinc di dalamnya sangat berguna dalam pembentukan dan pemeliharaan sel tubuh.

Selain berfungsi melindungi daya tahan tubuh, suplemen ini juga mampu memelihara kesehatan kulit dan rambut. Terlebih bagi mereka yang mulai mengalami masalah kerontokan dan penipisan rambut. Multivitamin ini mudah diserap tubuh sehingga kebaikannya bisa langsung dirasakan. Penyembuhan luka pun jadi lebih cepat dan otak bisa bekerja lebih maksimal. Kamu bisa mendapatkannya di Tokopedia dengan harga Rp 129.000.

Wellness Cal/Mag/Zinc

Sumber gambar naturalfarm.id

Kamu bisa merawat tulang secara rutin lewat produk Wellness yang satu ini. Selain tiga zat utama, yakni kalsium, magnesium, dan zinc, tablet ini juga mengandung vitamin D dan boron.

Semua nutrisi tersebut dapat menyehatkan tulang, gigi, dan gusi bahkan mencegah masalah osteoporosis. Suplemen ini cocok untuk wanita usia menopause yang butuh pemenuhan kalsium yang mulai berkurang. Cukup konsumsi dua tablet per hari atau sesuai anjuran dokter. Produk ini tersedia di laman Naturalfarm seharga Rp 220.000.

Nature's Plus Zinc Picolinate

Sumber gambar naturalfarm.id

Nature's Plus Zinc Picolinate hadir dengan kandungan vitamin B6 dan protein Whole Brown Rice yang sanggup menjaga kesehatan fisik maupun mental.

Dalam tablet yang satu ini, terdapat kandungan antioksidan yang tinggi sehingga sistem imun menjadi semakin kuat. Selain itu, produk ini juga membantu fungsi hati dan pankreas dalam mengeluarkan sisa metabolisme serta memproduksi insulin. Kamu bisa menemukannya di Tokopedia dengan banderol Rp 390.000.

Redoxon Double Action

Sumber gambar fashion.price-id.com

Redoxon Double Action menjawab kebutuhan mereka yang sering kekurangan sumber vitamin C dan zinc. Dengan mengonsumsinya, kamu bisa memelihara daya tahan tubuh, terutama saat cuaca yang tak menentu. Dengan fungsi utama antioksidannya, tablet ini juga dapat mempercepat penyembuhan infeksi serta luka pascaoperasi. Produk ini dijual di Tokopedia dengan harga Rp 41.000.

Puritan's Pride Zinc for Acne

Sumber gambar www.blibli.com

Produk yang satu ini cocok untuk mereka yang baru memasuki masa pubertas. Tentu kita tahu kalau fase ini sangat rentan dengan yang namanya jerawat. Namun kamu tak perlu khawatir, sebab suplemen ini ampuh menghilangkan jerawat dan berbagai masalah kulit wajah lainnya.

Hadir dengan kandungan zinc yang tinggi serta vitamin A hingga E sehingga kulit menjadi mulus dan sehat. Produk berisi 100 tablet ini bisa didapatkan di Blibli dengan harga Rp 245.700.

Nature's Bounty Calcium Magnesium Zinc

Sumber gambar www.blibli.com

Nature's Bounty Calcium Magnesium Zinc menawarkan kandungan kalsium yang tinggi serta magnesium yang berfungsi dalam kontraksi otot dan impuls saraf. Tentunya juga terdapat komponen zinc yang berperan sebagai kolagen dalam jaringan tulang. Selain itu, tablet ini juga memiliki kandungan vitamin D3 yang membantu tubuh menyerap kalsium dari makanan. Kamu bisa memesannya di Blibli dengan harga Rp 230.000.

From our editorial team

Jaga Kesehatanmu lewat Manfaat Zinc

Bila kamu punya segudang aktivitas yang menguras waktu dan tenaga, pemenuhan asupan nutrisi sangatlah dibutuhkan untuk menjaga kebugaranmu. Jika hal tersebut rasanya sulit dilakukan, cobalah suplemen dengan kandungan zinc. Mineral ini sangat dianjurkan mengingat betapa pentingnya zat ini bagi tubuh dengan segudang manfaat yang dimilikinya.