Tampil Lebih Segar dan Maksimal dengan 10+ Krim yang Bisa Mengecilkan Pori-pori Berikut Ini

Tampil Lebih Segar dan Maksimal dengan 10+ Krim yang Bisa Mengecilkan Pori-pori Berikut Ini

Sumber gambar essentialoils.co.za

Banyak cara untuk mendapat tampilan wajah yang segar dan lebih maksimal. Salah satunya adalah dengan merawat kulit wajah dan mengecilkan pori-pori agar muka terlihat lebih halus. Selain menggunakan bahan-bahan alami yang menyegarkan, ada beberapa jenis krim yang juga bisa membantu kamu untuk mendapat wajah bebas pori-pori besar seperti dalam referensi berikut ini.

Meski Tidak Termasuk Kategori Berbahaya, namun Pori-pori Wajah yang Besar Tentu akan Berpengaruh pada Penampilan

Sumber gambar www.sinotaclinic.com

Pori-pori adalah bagian tubuh yang pasti dimiliki oleh sebagian orang. Kebanyakan dari kita mungkin tak punya masalah dengan pori-pori, hanya saja pada beberapa orang pori-pori terutama pada bagian wajah bisa jadi sumber masalah. Seperti pori-pori besar yang ada pada wajah.

Ukuran pori-pori yang besar ini bisa membuat riasan wajahmu sulit melekat dengan baik, selain itu ukuran pori-pori yang besar juga membuat wajah rentan akan jerawat akibat polusi dan kotoran yang mudah masuk.

Masalah kulit ini bisa terjadi apabila kamu punya gaya hidup yang buruk dan tidak memerhatikan perawatan wajah, misalnya dengan sering mengonsumsi alkohol, wajah kerap terpapar sinar matahari, dan menggunakan produk kecantikan yang berbahaya.

Cara Mengecilkan Pori-pori Wajah yang kadang Mengganggu

Menggunakan Masker Tomat

Sumber gambar www.americanspa.com

Buah tomat merupakan salah satu cara alami untuk membantu mengecilkan pori-pori pada wajah. Caranya adalah dengan dijadikan masker. Pertama cuci buah tomat hingga bersih, kemudian belah menjadi dua. Ambil bagian dalam buah tomat lalu pijatkan perlahan ke wajah yang sudah bersih. Diamkan selama beberapa menit hingga benar-benar meresap, lalu bilas dengan air.

Kandungan vitamin C dan asam amino dalam tomat dipercaya mampu mengecilkan pori-pori dan pastinya melembapkan wajah hingga terlihat lebih sehat dan kencang.

Menggunakan Pepaya

Sumber gambar www.youbeauty.com

Selain tomat, pepaya juga punya khasiat yang bisa membantu pori-pori di wajahmu menjadi mengecil. Sebelumnya kamu harus membuat masker terlebih dahulu dari pepaya.

    Bahan-bahan masker pepaya
  • 170 gram pepaya matang yang sudah dipotong kecil-kecil
  • 1 buah putih telur
    Cara membuat
  • Haluskan pepaya, bisa menggunakan garpu atau sendok.
  • Di wadah lain, kocok putih telur hingga berbusa, kemudian campurkan ke dalam adonan pepaya.
  • Aduk rata, kemudian siap untuk dibalurkan ke wajah dan leher. Diamkan kira-kira 15 menit.
  • Setelah itu bilas dengan air hingga bersih.

Dalam masker pepaya dan telur terdapat enzim dan vitamin yang mampu membuat pori-pori mengecil, wajah jadi lebih kencang dan lembut. Untuk hasil yang maksimal, rutinlah membuat masker ini sebanyak satu kali seminggu.

Menggunakan Apel

Sumber gambar alternativelyorganic.com

Selain lezat, apel juga punya banyak khasiat, termasuk bagi wajah. Salah satu hasil olahan dari apel yang kerap digunakan sebagai produk perawatan wajah adalah toner cuka apel.

Khasiat dari toner ini yakni mampu memperbaiki warna kulit yang tak merata, menyamarkan noda, mengecilkan pori-pori, hingga menyembuhkan dan mencegah jerawat. Kamu juga bisa membuat sendiri toner cuka apel untuk digunakan sehari-hari.

    Bahan-bahan
  • Cuka apel
  • Air bersih/air mineral
  • Botol bekas makeup yang telah dibersihkan
    Cara membuat
  • Campurkan air mineral dengan apel ke dalam botol atau wadah bersih. Sebelum mencampurkan kamu harus ingat perbandingan antara air dan cuka. Untuk kulit sensitif yakni 1:4, setiap satu sendok makan cuka dicampurkan dengan 4 sdm air mineral; untuk kulit normal 1:2; dan untuk kulit berminyak 1:1.
  • Setelah dicampurkan kemudian kocok hingga cuka dan air tercampur sempurna.
  • Toner cuka apel pun siap digunakan.

Toner biasa digunakan setelah kamu membersihkan wajah untuk memberikan kesan segar dan manfaat bagi bagi wajah. Jadi, setelah kamu membersihkan wajah dengan air di pagi dan malam hari, keringkan, lalu gunakan toner dengan menggunakan kapas. Tepuk-tepuk kapas yang telah dibasahi toner ke wajah secara perlahan. Ingat jangan mengusap wajah dengan toner, tapi tepuk-tepuk perlahan agar benar-benar terserap.

Menggunakan Minyak Biji Bunga Matahari

Sumber gambar zamaorganics.com

Mungkin benda satu ini tak terlalu familiar. Kalaupun dijual biasanya hanya supermarket tertentu saja yang menjual benda satu ini, atau kamu bisa menemukannya di toko produk makanan organik. Produk alami yang juga bisa menutrisi wajah dan mengecilkan pori-pori adalah minyak bunga matahari.

Tentu sesuai namanya, minyak ini dibuat dari ekstrak biji bunga matahari yang punya banyak kandungan baik, seperti vitamin A, vitamin D, vitamin E, lesitin, karotenoid, dan masih banyak lagi nutrisi lain yang sangat bermanfaat bagi tubuh dan wajah. Minyak bunga matahari bisa digunakan untuk mengolah masakan, bisa juga untuk pelembap kulit dan mengobati jerawat.

Cara penggunaannya yakni oleskan minyak biji bunga matahari ini ke wajah. Tak perlu banyak-banyak, cukup untuk membuat wajah lembap. Pijat dengan jari secara perlahan agar minyak meresap ke dalam pori-pori. Diamkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air.

Menggunakan Krim

Sumber gambar stylecraze.com

Selain cara-cara alami, kamu juga bisa menggunakan cara yang relatif instan, yakni dengan mengunjungi dokter atau klinik kecantikan. Sekarang sudah banyak jenis perawatan yang mampu membantu mengecilkan pori-pori pada wajah. Tentu saja hasil yang cukup instan ini juga membutuhkan biaya yang tak sedikit.

Atau kamu bisa menggunakan produk kecantikan yang sudah banyak dijual dan khusus untuk mengatasi masalah pori-pori. Berikut BP-Guide berikan rekomendasi 10 krim wajah untuk mengecilkan pori-pori.

Beberapa Krim yang Bisa Digunakan untuk Mengecilkan Pori-pori

Biore Self-Heating One Minute Mask

Sumber gambar www.amazon.co.uk

Biore-Charcoal Face Mask-Self Heating One Minute Mask merupkan masker wajah dari bahan arang yang mampu membersihkan wajah secara menyeluruh. Uniknya, masker ini hanya butuh waktu satu menit saja untuk membersihkan wajahmu.

Biore-Charcoal Face Mask-Self Heating One Minute Mask ini juga telah diuji oleh dermatologis dan hasilnya aman digunakan bahkan 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang maksimal. Kamu bisa mendapatkan produk ini di Tokopedia seharga Rp 170.000.

The Body Shop Tea Tree Pore Minimizer

Sumber gambar www.thebodyshop.co.id

The Body Shop dikenal dengan produk-produknya yang alami dan bebas kimia, sehingga kamu bisa lebih nyaman dan tenang ketika menggunakannya. Tea Tree Pore Minimiser berukuran 30 ml ini mampu mengurangi tampilan pori-pori yang membesar, meminimalkan minyak di wajah, dan membuat wajah lebih halus, dan siap untuk menggunakan makeup.

Tea tree sendiri dikenal punya khasiat baik bagi wajah yang berjerawat. Jadi cocok juga digunakan oleh kamu yang punya masalah jerawat. Produk The Body Shop ini bisa kamu temukan di store resmi di pusat perbelanjaan atau melalui toko online resmi The Body Shop, seharga Rp 259.000.

Naked Skin Urban Decay Beauty Balm

Sumber gambar www.urbandecay.com.hk

Meksipun terhitung sebagai makeup, Urban Decay Naked Skin Bronzing Beauty Balm Broad Spectrum SPF 20 juga berfungsi sebagai krim yang mampu menutrisi kulit sehingga jadil lebih sehat, lembap, dan kencang. Selain itu tentunya krim yang satu ini juga bisa mengecilkan pori-pori pada wajahmu yang mengganggu.

Dilengkapi dengan kandungan SPF 20, krim ini juga bisa melindungi wajahmu dari sengatan sinar matahari. Kamu bisa menggunakan krim ini sehari-hari untuk base sebelum menggunakan makeup. Urban Decay Naked Skin Bronzing Beauty Balm Broad Spectrum SPF 20 bisa dibeli di Sephora seharga Rp 429.000.

Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser

Sumber gambar www.maybelline.com

Maybelline juga merupakan salah satu brand makeup dan skincare yang meluncurkan krim untuk mengecilkan pori-pori, yakni Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser. Krim ini berfungsi sebagai primer, yakni dasar sebelum mulai menggunakan foundation atau makeup.

Gunakan produk ini setelah wajahmu bersih dan menggunakan pelembap. Bisa diaplikasikan dengan menggunakan brush atau jari saja. Diamkan sebentar, lalu baru aplikasikan foundation dan rangkaian makeup lainnya. Maybelline Baby Skin Instant Pore Eraser ini dijual seukuran 30 mL, seharga Rp 90.000 di Lazada.

Kiehl’s Precision Lifting & Pore-Tightening Concentrate

Sumber gambar www.kiehls.com

Serum wajah adalah rangkaian produk perawatan wajah yang punya banyak khasiat. Termasuk untuk membantu mengecilkan pori-pori, seperti khasiat dari Kiehl's Precision Lifting & Pore Tightening Concentrate. Serum ini telah teruji mampu memberikan hasil kulit wajah yang kencang dan pori-pori yang lebih kecil.

Kandungan dari serum ini yakni ekstrak ragi yang bisa mengencangkan pori-pori dan minyak esensial geranium yang mengandung antioksidan. Cara penggunaannya juga sangat mudah, yakni dengan mengaplikasikannya pada kulit wajah yang telah bersih, dua kali dalam sehari. Kamu bisa membeli produk ini di situs resmi Kiehl's Indonesia seharga Rp 1.100.000.

L'Oreal Paris Pure Clay Pore Refining Mask

Sumber gambar www.watsons.com.my

L'Oreal Paris Pure Clay Pore Refining Mask-50ml merupakan hasil inovasi teknologi kecantikan terbaru dari L'Oreal Paris yang memiliki kandungan Moroccan Lava Clay dan ekstrak rosemary. Sehingga masker satu ini mampu menyerap kotoran pada wajah, mengurangi produksi minyak, dan mengecilkan pori-pori yang besar.

Kamu cukup menggunakan masker ini dua kali dalam seminggu. Oleskan ke wajah dan leher lalu diamkan selama 10 menit hingga mengering kemudian bilas. L'Oreal Paris Pure Clay Pore Refining Mask-50 ml dijual seharga Rp 172.500 di Lazada.

dr. Brandt Skincare Pores No More Pore Refiner Primer

Sumber gambar www.dermstore.com

dr.brant Pores No More Primer merupakan krim yang dapat kamu gunakan untuk mendapatkan hasil riasan yang sempurna dan menyembunyikan pori-pori yang besar. Selain itu krim ini juga mampu menghilangkan minyak pada wajah dan membuat kulit tampak halus dan bersinar. Kamu bisa mendapatkan krim ini seharga Rp 160.000 di Tokopedia.

Lancome Visionnaire Advanced Skin Corrector

Sumber gambar www.lancome-me.com

Kamu tak cukup hanya menggunakan foundation atau primer saja untuk menutupi pori-pori wajah yang terlihat besar. Untuk mengecilkannya, kamu bisa menggunakan serum wajah yang digunakan setiap hari.

Salah satu serum yang direkomendasikan adalah Lancome Visionnaire Advanced Skin Corrector 50 mL yang memang ditujukan untuk membantu menangkal tanda-tanda penuaan dan flek hitam pada wajah serta mengecilkan pori-pori yang besar.

Cukup gunakan setiap pagi dan malam hari di wajah yang telah bersih. Dengan penggunaan rutin, tentunya efek maksimal akan cepat terlihat pada wajahmu. Kamu bisa menemukan produk seharga Rp 1.300.000 ini di jd.id.

Hourglass Veil Mineral Primer

Sumber gambar www.mecca.com.au

Hourglass Veil Mineral Primer SPF 15 0.33 OZ/10 mL merupakan primer yang biasa digunakan pada wajah sebelum mengaplikasikan foundation dan rangkaian makeup. Fungsi dari krim ini adalah menetralkan kulit dan menghilangkan kilap minyak sehingga wajah jadi lebih halus dan pemakaian makeup jadi lebih sempurna.

Dengan Hourglass Veil Mineral Primer ini kamu juga bisa mengecilkan pori-pori di wajah sehingga makeup akan tampak lebih merata dan wajahmu jadi lebih bersinar. Krim ini juga dilengkapi dengan SPF jadi bisa melindungi wajahmu dari pengaruh buruk sinar UV. Krim ini dijual di Tokopedia seharga Rp 220.000.

Benefits Cosmetics the POREfessional Face Primer

Sumber gambar www.sephora.my

Satu lagi produk primer yang mampu mengecilkan pori-pori di wajah adalah Benefit Cosmetics The Porefessional Face Primer Travel Size. Krim ini dijual dalam ukuran travel size yang mudah dibawa ke mana-mana, jadi sangat cocok untuk masuk dalam makeup pouch milikmu agar tampilanmu selalu sempurna.

Saat diaplikasikan krim ini akan menyamarkan pori-pori dan kerutan pada wajah, jadi pengaplikasian makeup semakin mudah dan hasilnya juga lebih halus dan rata. Produk ini dijual dalam ukuran 7,5 mL dan bisa kamu dapatkan di Tokopedia seharga Rp 179.000.

From our editorial team

Pastikan Wajah Bersih Sebelum Pemakaian Krim

Sebelum menggunakan krim, sebaiknya kamu membersihkan wajah terlebih dahulu. Pemakaian krim muka pada wajah yang belum dibersihkan bisa menyebabkan gangguan kulit seperti jerawat. Bersihkan wajah dengan sabun khusus muka sesuai dengan tipe kulit kamu kemudian bisa dimaksimalkan lewat penggunaan toner agar lebih segar. Setelah itu, gunakan krim secara merata. Jangan lupa untuk selalu membaca label panduan penggunaan agar krim bisa bekerja tepat sasaran dengan cara yang benar.

Tag