14 Trik ala Makeup Artist agar Riasan Tampak Alami dan Sempurna

14 Trik ala Makeup Artist agar Riasan Tampak Alami dan Sempurna

Menciptakan riasan yang cantik dan alami pasti banyak diinginkan wanita. Hanya saja, tidak semua wanita bisa merias wajahnya dengan baik. BP-Guide punya sejumlah trik jitu agar hasil riasan Anda bisa maksimal. Hasilnya tak kalah dengan riasan karya para makeup artist.

Siapa yang tidak mengagumi kecantikan selebriti, blogger, maupun vlogger kecantikan? Anehnya, walau kita menggunakan produk yang sama atau meniru tahap demi tahap dalam mengaplikasikan makeup, hasilnya tetap tidak bisa maksimal.

Tapi jangan berkecil hati, ada beberapa tips dan trik yang bisa dicoba untuk mendapatkan hasil makeup yang tampak sempurna layaknya kreasi seorang makeup artist.

Singkirkan Kemerahan pada Wajah

Tetes mata mengandung bahan yang menyempitkan pembuluh darah di mata sehingga dapat membuat kemerahan menghilang. Prinsip yang sama berlaku untuk jerawat atau kemerahan lainnya pada wajah. Cukup basahi kapas dengan beberapa tetes obat tetes mata dan oleskan ke area tertentu. Dalam beberapa menit, kemerahan akan hilang.

Mencerahkan Kulit dengan Primer Bernuansa Peach

Primer bernuansa peach atau aprikot bisa digunakan untuk mencerahkan kulit yang kusam dan lelah, terutama bagi mereka yang berkulit gelap. Warna ini dapat membantu menutupi kondisi kulit hiperpigmentasi dan juga lingkaran hitam di bawah mata sehingga wajah tampak lebih segar.

Makeup Bertahan Sepanjang Hari

Salah satu cara untuk memastikan makeup bertahan sepanjang hari adalah dengan mengaplikasikan bedak di atas primer sebelum menerapkan alas bedak. Membubuhkan kosmetik berbentuk bubuk di atas kosmetik cair mungkin tampak aneh. Namun, hal ini bisa diterapkan.

Setelah mengaplikasikan primer, bubuhkan bedak wajah dan pastikan yang berjenis translucent. Dengan cara ini primer akan melekat sempurna pada wajah. Setelah itu, oleskan alas bedak. Ingat, jangan terlalu banyak membubuhkan bedak karena akan membuat pengaplikasian alas bedak jadi kurang bagus dan mulus.

Gunakan Beauty Blender untuk Mengaplikasikan Alas Bedak

Jika melihat perangkat makeup artist mana pun, hampir dijamin akan menemukan beauty blender. Beauty blender juga hadir dalam berbagai warna dan bahkan ukuran mini, sehingga dapat dibawa-bawa dalam dompet rias. Basahi dulu beauty blender sebelum digunakan agar riasan yang dihasilkan tampak alami.

Aplikasikan Krim Perona Pipi, Bronzer, dan Highlighter

Aplikasikan krim bronzer, perona pipi, dan/atau highlighter sebelum mengoleskan alas bedak. Hal ini memang tidak mengikuti kebanyakan aturan yang diberikan oleh artikel-artikel kecantikan. Tapi cara ini bisa menciptakan wajah yang berkilau lembut dan alami yang diinginkan.

Teori Warna

Teori warna adalah dasar dari aplikasi riasan yang baik. Seringkali kita benar-benar menggunakan warna yang salah untuk kulit wajah dan membuat riasan tampak kurang tepat.

Pertimbangkan warna kulit, warna mata, dan sesuaikan dengan warna kosmetik. Misalnya, warna ungu membuat mata hijau terlihat makin menonjol dan warna keemasan cocok untuk warna-warna kulit yang lebih kecokelatan.

Alis yang Tampak Alami

Cara terbaik untuk membuat alis terlihat alami adalah dengan menciptakan goresan tipis yang menyerupai rambut alami. Gunakan sikat yang kecil, tipis, bersudut. Bisa juga menggunakan pensil alis yang ramping, untuk membuat goresan kecil ke arah alis tumbuh. Akhiri dengan mengaplikasikan gel alis untuk menciptakan efek alis yang lebih penuh dan alami.

Pengaplikasian Perona Mata agar Mata Tampak Lebih Besar

Jika memiliki mata yang lebih kecil, pengaplikasian perona mata adalah kunci untuk mendapatkan tampilan mata yang tampak lebar. Hindari menggunakan warna gelap pada kelopak mata dan garis mata karena akan membuat mata terlihat lebih kecil.

Sebaliknya, gunakan warna terang di bagian sudut dalam mata dan warna nude pada garis mata. Selain itu, ketika mengaplikasikan warna untuk lipatan mata, coba baurkan ke arah atas di sudut dalam ke arah depan alis. Trik ini akan memberi efek tampilan mata yang tampak lebih besar.

Tampilan Cat Eye yang Sempurna

Ingin menjajal riasan mata kucing yang seksi? Sayangnya, tidak semua bentuk mata mendukung tampilan tersebut. Namun, ada beberapa cara untuk mendapatkannya.

Jika memiliki mata yang bulat, coba gunakan eyeliner berwarna gelap pada garis mata bagian bawah lalu tarik sampai ke sudut dalam. Trik lainnya adalah menggunakan eyeliner berwarna gelap seperti hitam atau cokelat. Buatlah titik-titik kecil berbentuk segitiga di sudut-sudut dalam mata dan mengikuti bentuk alaminya.

Bikin Warna Lipstik Tahan Lama

Kunci untuk membuat lipstik lebih tahan lama adalah lapisan yang digunakan. Mulailah dengan membuat garis bibir dengan lip liner warna nude atau yang sesuai dengan lipstik. Kemudian, aplikasikan lipstik tipis-tipis dengan kuas bibir. Pasang tisu di antara bibir, serap warnanya, dan bubuhkan selapis tipis bedak tabur translucent. Ulangi proses ini satu atau dua kali lagi agar lipstik lebih tahan lama.

Tampilan Pipi Segar dan Tahan Lama

Aplikasikan dua warna perona pipi agar rona pipi tampak sempurna. Warna-warna yang masuk dalam golongan warna merah seperti merah muda diaplikasikan pada apple’s cheek yang akan akan memberikan efek merona di permukaan kulit. Apple's cheek adalah tulang pipi yang menonjol dan berbentuk bulat.

Warna peach dan warna lain yang masuk dalam golongan warna oranye diaplikasikan di titik tertinggi tulang pipi yang memberikan sentuhan hangat. Akhiri dengan menambahkan bronzer matte pada dahi, tulang pipi, tengah hidung, dan dagu.

Gunakan Sikat Concealer

Dengan menggunakan sikat concealer, kamu bisa menutupi jerawat dan noda-noda lainnya. Bulu meruncing pada sikat concealer bisa masuk ke celah-celah noda wajah untuk menutupinya. Pastikan concealer mengandung asam salisilat yang dapat membantu mengempiskan jerawat yang memerah dan membengkak. Akhiri dengan membubuhkan bedak yang sesuai dengan warna kulit.

Gunakan Shadow Shield

Sumber gambar www.amazon.com

Smokey eyes sempat booming dan tetap disukai hingga sekarang untuk menciptakan tampilan yang dramatis. Sayangnya, bubuk perona mata akan berjatuhan ke pipi dan merusak tampilan riasanmu.

Untuk mengatasi hal ini, gunakan shadow shield. Ini adalah semacam kapas berbentuk bulan sabit. Cukup tempelkan di bagian bawah bulu mata bagian bawah agar perona mata tidak berjatuhan ke pipi. Jika sudah selesai mengaplikasikan perona mata, lepaskan alat ini.

Bibir Tampak Lebih Berisi Tanpa Lengket

Lip plumper memang bisa menciptakan efek bibir yang terlihat penuh. Namun, tidak semua orang menyukai kondisi bibir yang tampak basah atau lengket sepanjang hari.

Sebagai solusinya, aplikasikan lip plumper tebal-tebal pada bibir dan biarkan selama 10 menit. Lalu, bersihkan dan pakai lipstik yang biasa digunakan. Cara ini akan memberikan efek bibir tampak lebih berisi tanpa harus terlihat mengkilat.

From our editorial team

Menggunakan Trik untuk Menghasilkan Riasan Alami

Gunakan tips dan trik ini untuk tampilan riasan yang cantik. Triknya cukup simpel dan kamu hanya perlu sering-sering mempraktikkannya agar semakin mahir menciptakan riasan yang tampak alami dan sempurna. Selamat mencoba!

Tag