10 Cara Termudah Membuat Masker Oatmeal dari Bahan Alami

10 Cara Termudah Membuat Masker Oatmeal dari Bahan Alami

Oatmeal memang makanan yang baik untuk kamu yang sedang diet. Tetapi tahukah kamu, bahwa oatmeal juga sangat baik bila dijadikan masker. Bahkan, kamu bisa mencampurkan oatmeal dengan aneka bahan alami lainnya untuk memberi nutrisi pada wajah. Penasaran? Yuk simak uraian BP-Guide berikut ini!

Selain Diolah Menjadi Berbagai Jenis Makanan, Oatmeal Bisa Dibuat Masker Wajah

Sumber gambar healthyandstylish.com

Siapa yang suka sarapan pakai oatmeal? Makanan ini merupakan makanan paling pas untuk sarapan karena memang bisa mengenyangkan. Selain itu, oatmeal mengandung gizi seimbang yang pas untuk menambah energi guna beraktivitas seharian.

Siapa sangka makanan berbahan dasar gandum utuh ini ternyata justru bisa dipakai untuk kecantikan. Mengandung banyak serat tinggi dan zat besi, oatmeal baik untuk perawatan wajah agar terhindar dari serangan bakteri yang merusak kecantikan wajah.

Kamu bisa gunakan oatmeal sebagai masker wajah. Bahan ini bisa melembutkan kulit serta menghaluskannya. Campurkan dengan aneka bahan alami supaya khasiatnya lebih maksimal. Mari telusuri bersama BP-Guide!

Masker Oatmeal Baik untuk Kesehatan dan Kecantikan Kulit

Sumber gambar healthpitara.com

Oatmeal sudah sejak dulu dipercaya bisa menyehatkan organ tubuh, terutama jantung. Nutrisi baik pada oatmeal ini bisa menjadikan sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh. Rendah gula, sehingga khasiatnya bisa menekan timbulnya jerawat dan menekan kadar gula dalam darah.

Kamu bahkan bisa memilih oatmeal sebagai bahan utama masker. Ada zat anti bakteri pada oatmeal yang bisa bikin jerawat minggat dan tidak balik lagi. Minyak berlebih juga mampu diserap dengan baik oleh oatmeal.

Selain untuk kesehatan, oatmeal juga baik untuk kecantikan kulit. Terasa lebih lembap alami dan meminimalkan kulit dari dehidrasi. Kulit juga jadi lebih cerah karena oatmeal efektif sebagai exfoliator yang mengangkat sel kulit mati.

Masker Oatmeal dari Olahan Gandum Mempunyai Banyak Manfaat untuk Kulit

Menyamarkan Noda pada Wajah

Sumber gambar healthyohealthy.com

Untuk kulit wajah kita memang tidak bisa sembarangan memakai masker. Salah bahan bisa merusak kulit wajah. Lebih aman jika kamu memakai bahan alami saja untuk wajah.

Kamu bisa pakai masker oatmeal untuk wajah agar lebih bersih dan mulus. Dalam oatmeal terdapat nutrisi yang bisa bikin noda di wajah tersamarkan dan lama kelamaan jadi menghilang. Pigmen kulit hitam akan memudar secara pasti, jika kamu rutin memakai masker oatmeal ini.

Mencerahkan Kulit

Sumber gambar www.alyssaandcarla.com

Butuh scrub wajah untuk mengangkat sel kulit mati? Kamu bisa manfaatkan oatmeal yang ada di rumah. Ini karena oatmeal bisa juga jadi scrub wajah alami yang mampu melembutkan dan mencegah timbulnya jerawat.

Oatmeal paling ampuh bikin kulit jadi bersih dan bikin skin tone cerah secara alami. Sel kulit mati jadi terangkat dan dengan mudah diganti dengan sel kulit baru. Kulit juga makin terlihat mulus dan lembut berkat adanya kandungan B1 pada oatmeal.

Menjaga Kelembapan Kulit

Sumber gambar theminiaturemoose.com

Kulit wajah juga perlu untuk melakukan regenerasi. Ini supaya wajah tak jadi kusam dan gelap akibat banyaknya kotoran menumpuk di wajah. Itu sebabnya dibutuhkan proses yang namanya scrubbing.

Pakailah oatmeal untuk membantu kamu mengangkat sel kulit mati. Nutrisi dalam oatmeal tidak cuma bagus untuk menghilangkan sel kulit mati, namun ampuh juga untuk melembapkan kulit secara alami. Ada betaclugan dalam oatmeal yang bisa menutrisi kulit secara maksimal, sehingga wajah kering bisa kembali jadi lembab.

Membersihkan Wajah Secara Maksimal

Sumber gambar www.womenshealthmag.com

Oatmeal juga bisa dijadikan sebagai pembersih alami. Misalnya saja untuk membersihkan make-up tebal yang dapat membuat pori-pori wajah menjadi tersumbat. Di mana kulit wajah jadi tidak bisa bernapas dan akhirnya menimbulkan bakteri penyebab jerawat.

Oatmeal sangat ampuh untuk membersihkan kulit wajah. Dalam oatmeal terkandung pembersih alami bernama saponin. Zat ini mampu bersihkan pori tanpa bikin kulit jadi iritasi. Pori-pori bisa jadi mengecil kembali dan kotoran serta bakteri penyebab jerawat tidak bisa balik lagi.

Beberapa Cara Membuat Masker Oatmeal dengan Campuran dari Bahan Alami Lainnya

Masker Oatmeal dan Dadih

Sumber gambar www.bestherbalhealth.com

Kamu bisa coba kombinasikan oatmeal dengan dadih. Campuran tersebut juga berkhasiat untuk menjaga kesehatan kulit, karena bisa membersihkan pori dengan maksimal. Selain itu juga dapat menghaluskan kulit dan mencegah adanya infeksi kulit. Jerawat pun jadi kabur dan kulit jadi lebih putih berseri.

Dalam dadih ada kandungan asam laktat yang bisa melembapkan serta menutrisi kulit. Kaya juga akan vitamin B12 yang bisa meningkatkan warna kulit. Ada juga astringen untuk menyuburkan kulit. Yuk, buat masker oatmeal dan dadih secara alami!

    Siapkan susu kerbau murni sebanyak 250 ml, lalu masukkan ke dalam ruas bambu ukuran kecil yang bersih. Tutup bambu menggunakan daun pisang yang telah dilayukan di atas api. Diamkan 48 jam pada suhu 30 derajat celcius. Bakteri alami akan terbentuk dalam bambu, serta membuat susu jadi menggumpal dan menjadi dadih.

    Lanjutkan dengan membuat masker dadih dan oatmeal. Siapkan 3 sendok makan oatmeal yang sudah dilembutkan. Lalu campur dengan 4 sendok makan dadih hingga membentuk krim kental. Oleskan di wajah dan diamkan selama 15 menit. Bilas bersih dengan air dan lakukan 3 kali seminggu untuk hasil maksimal.

Masker Oatmeal dan Madu

Sumber gambar fashiondesigns.style

Madu tidak diragukan lagi khasiatnya untuk kulit dan kesehatan. Madu bisa bikin kulit lembap alami dan membantu dalam menyembuhkan luka. Pakailah madu sebagai bahan campuran untuk masker oatmeal kamu. Padanan dua bahan ini bisa bikin jerawat lebih cepat sembuh.

Selain itu masker dari kedua bahan ini aman di kulit dan mampu menutrisi kulit kering. Kulit juga bisa jadi lembap alami dan jadi lebih halus. Yuk segera bikin masker oatmeal dan madu ini!

Siapkan segera sesendok makan madu dan 2 sendok makan oatmeal. Kamu juga perlu 2 sendok makan susu. Aduk rata semua bahan lalu oles di wajah. Biarkan 20 menit sampai kering lalu bilas pakai air dingin. Pakai masker ini setiap hari supaya kelembapan wajah terjaga.

Masker Oatmeal dan Putih Telur

Sumber gambar www.livestrong.com

Memiliki pori-pori besar bikin kamu kurang percaya diri? Langsung saja pakai masker oatmeal dengan putih telur. Dua bahan ini akan sangat efektif untuk memutihkan kulit wajah.

Nutrisi dalam putih telur mampu membersihkan kotoran dan mencegah munculnya komedo. Campuran kedua bahan ini bisa mengurangi garis halus di wajah dan mencegah munculnya keriput. Gunakan masker secara rutin agar wajah jadi halus dan mulus tanpa komedo.

Siapkan 2 sendok makan oatmeal serta sebuah putih telur. Aduk dua bahan ini hingga menjadi masker kental. Bisa dioles pada wajah lalu didiamkan 20 menit sampai kering. Bilas bersih dan lakukan perawatan 3 kali seminggu.

Masker Oatmeal, Tomat, dan Air Bunga Mawar

Sumber gambar vkool.com

Tomat bisa kamu pilih sebagai bahan paling cocok untuk memutihkan kulit wajah. Terdapat antioksidan yang bisa melindungi kulit dari sinar matahari. Padukan kebaikan dalam tomat dengan oatmeal dan juga air bunga mawar. Ketiga bahan ini aman untuk semua jenis kulit. Masker dengan tiga bahan ini bisa dengan mudah serap minyak yang tidak diperlukan pada wajah. Kulit jadi bersih maksimal dan pori pun jadi kecil.

Segera siapkan 2 sendok makan oatmeal yang sudah dihancurkan jadi tepung. Lanjutkan dengan mencampurnya bersama setengah buah tomat yang dihaluskan dan sesendok teh air bunga mawar. Campur rata lalu oles di wajah. Biarkan mengering lalu bilas dengan air bersih. Gunakan seminggu sekali agar lebih maksimal.

Masker Oatmeal dan Lemon

Sumber gambar beautymunsta.com

Lemon berkhasiat alami menyamarkan noda hitam selain untuk menyamarkan bekas luka. Kombinasi bahan lemon dengan oatmeal bisa bikin wajah lebih putih secara alami. Kendati demikian kamu yang berkulit sensitif tak disarankan menggunakan masker ini, karena dapat membuat kulit makin kering.

Campurkan saja 2 sendok makan oatmeal dengan 2 sendok makan air lemon. Sediakan juga minyak zaitun secukupnya sebagai bahan tambahan. Aduk semua bahan lalu pakai pada wajah hingga rata. Diamkan 10 menit lalu bilas pakai air dingin.

Masker Oatmeal, Tepung Beras, dan Kunyit

Oatmeal bisa kamu campur dengan air kunyit. Kombinasi dua bahan ini bisa jadi antibiotik alami. Efektif membunuh bakteri penyebab jerawat dan juga bisa menghaluskan kulit wajah.

Kedua bahan tersebut bisa dicampur dengan tepung beras. Jika 3 bahan ini dicampur, maka kadar minyak di wajah bisa berkurang. Kulit dapat lebih ternutrisi dan wajah menjadi lebih cerah. Jerawat juga bisa minggat dalam waktu singkat berkat adanya kunyit.

Siapkan 2 sendok makan oatmeal yang dicampur tepung beras secukupnya. Lalu tambahkan seperempat sendok kunyit bubuk lalu aduk rata. Oles di wajah dan diamkan beberapa saat sampai kering. Bilas dengan air hangat, dan pakailah masker ini 3 kali seminggu.

Masker Oatmeal dan Kopi

Sumber gambar www.diyhealthremedy.com

Oatmeal bisa jadi bahan masker yang paling efektif mencerahkan wajah. Padukan dengan kopi yang memiliki banyak antioksidan yang baik untuk wajah. Dalam kopi juga terdapat zat yang bisa melembutkan kulit secara efektif.

Dalam kopi terdapat kandungan polifenol dan flavonoid yang baik untuk kulit. Bisa mengatasi wajah kusam hingga menghilangkan komedo. Masker kopi dan oatmeal juga bisa mengecilkan pori di wajah.

Siapkan segera segelas kopi bubuk dan juga setengah gelas oatmeal. Kamu juga butuh setengah gelas madu, 2 sendok makan minyak zaitun, serta setengah gelas gula. Semua bahan dicampur rata lalu siap dioles pada wajah. Diamkan 20 menit lalu bilas dengan air hingga bersih.

Masker Oatmeal, Mentimun, dan Lidah Buaya

Sumber gambar www.acneskinsite.com

Yuk padukan oatmeal dengan mentimun dan lidah buaya! Semua bahan ini bisa bikin kulit wajah putih maksimal. Mentimun bisa menutrisi kulit dan juga memperbaiki sel jaringan kulit yang rusak. Di sisi lain lidah buaya mampu menjaga nutrisi kulit dan bisa menyamarkan noda hitam di wajah.

Lidah buaya telah sejak lama dijadikan bahan untuk produk perawatan wajah. Maka dari itu, jangan ragu menambahkan bahan ini pada masker oatmeal kamu.

Yuk bikin segera! Siapkan 2 sendok makan oatmeal dan 2 sendok makan gel lidah buaya, campur dengan sesendok makan mentimun parut. Aduk rata lalu oleskan pada wajah. Biarkan sampai 20 menit lalu bilas hingga bersih.

Masker Oatmeal dan Almond

Oatmeal bisa jadi masker yang baik untuk wajah. Bila dipakai secara teratur bisa bikin wajah lebih kenyal dan berseri. Yuk padukan bahan ini dengan almond yang kaya manfaat!

Almond memiliki beragam vitamin baik untuk kulit. Sebut saja vitamin A dan B serta E. Kandungan pada almond bisa menutrisi kulit lebih baik lagi. Bisa juga meningkatkan produksi kolagen dan bikin wajah putih lebih baik lagi.

Segera saja bikin masker dari campuran kedua bahan ini di rumah. Ambil beberapa sendok oatmeal yang telah dihaluskan, lalu campur dengan beberapa sendok almond yang juga sudah dihaluskan. Campur kedua bahan ini menggunakan air lemon sampai rata. Pakailah sebagai masker, lalu diamkan beberapa saat sebelum membilasnya hingga bersih.

Masker Oatmeal dan Pepaya

Sumber gambar stylesatlife.com

Buah pepaya mudah didapatkan karena tumbuh di daerah tropis dengan suburnya. Buah ini memiliki banyak sekali vitamin serta antioksidan yang baik untuk kulit. Gunakan bahan ini sebagai campuran masker oatmeal supaya wajah lebih bersih alami.

Padukan oatmeal bersama pepaya sebagai masker untuk mendapatkan wajah putih berseri. Pepaya bisa bikin warna kulit lebih cerah secara alami.

Ambil 2 sendok makan oatmeal lalu haluskan. Selanjutnya campur dengan 2 sendok makan pepaya. Tambahkan setengah sendok makan minyak almond lalu blender sampai kental. Gunakan masker ini, lalu diamkan sebentar sebelum dibilas.

From our editorial team

Mengaplikasikan Masker Oatmeal untuk Kecantikan

Masker oatmeal sangat aman dan baik untuk kecantikan kulit wajahmu. Terutama bila diaplikasikan dengan bahan-bahan alami lainnya. Caranya pun mudah dan tidak membuang banyak waktu. Jadi jangan ragu, coba sekarang juga!