15 Tips Makeup yang Wajib Diketahui Agar Hemat Waktu Berdandan

15 Tips Makeup yang Wajib Diketahui Agar Hemat Waktu Berdandan

Karena keterbatasan waktu, wanita kerap kali malas berdandan. Padahal untuk tampil cantik dan rapi, waktu yang singkat sebenarnya tidak menjadi masalah, lo. Gunakan trik berdandan berikut ini agar penampilan Anda tetap cantik dan mempesona.

Sudah bukan rahasia lagi, bila wanita umumnya kerap membuat jengkel bila sedang berdandan. Berjam-jam waktu berlalu, bisa dihabiskan hanya untuk mematut diri di depan cermin. Masih mending bila hasilnya sepadan dan cantik, terkadang malah jadi menor dan berlebihan.

Nah, agar berdandan menjadi lebih praktis, cepat, dan hasilnya sempurna, Anda wajib mengetahui tips makeup yang berikut ini:

Mencabut Alis

Alis adalah salah satu bagian wajah yang harus diatur dan dirapikan agar terlihat mempesona. Beauty is pain! Itulah sebabnya, banyak wanita yang rela mencabuti bulu-bulu alis sendiri agar terlihat lebih rapi bak bulan sabit.

Padahal, masih ada cara lain yang lebih mudah dan tidak sakit untuk mencabuti bulu alis. Yaitu dengan menyeka alis menggunakan handuk yang sudah dibasahi air hangat. Hal ini akan membuka pori-pori kulit sehingga bulu alis yang tumbuh “liar” akan lebih mudah dicabut.

Menempelkan Bulu Mata

Agar mata tampak lebih berbinar dan tidak terlihat mengantuk, bulu mata palsu sering menjadi andalan banyak wanita. Sayangnya, sangat sulit untuk menempelkan sendiri bulu mata dengan lem. Umumnya, wanita akan membiarkan saja lem bulu mata terlihat dan cukup ditutupi dengan eyeliner.

Padahal, masih ada cara yang praktis dan mudah. Bulu mata bisa dipotong menjadi dua, kemudian ditempelkan di bawah bulu mata asli. Selesai dan hasilnya juga rapi!

Mengaplikasikan Lem Bulu Mata Palsu

Agar tidak kebablasan atau berlebihan mengaplikasikan lem bulu mata palsu, gunakan saja jepit rambut. Oleskan lem pada salah satu ujung jepit rambut, lalu baru oleskan ke bulu mata plasu. Praktis dan pasti tidak berlebihan.

Aplikasi Kontur Hidung

Sumber gambar tiphero.com

Makeup seperti sebuah keajaiban yang bisa mengubah penampilan seseorang dalam sekejap. Termasuk untuk membuat hidung tampak lebih mancung. Cukup mengaplikasikan kontur dan highlight yang sesuai warna kulit di bagian atas hidung.

Bila kesulitan, pakai saja jepitan rambut yang sudah dibentuk seperti huruf U panjang. Kemudian, jepit ke hidung. Bagian atas hidung yang dibatasi penjepit rambut itulah yang harus dipulas dengan kontur dan highlight.

Memulas Lipstik Matte

Berbeda dengan lips tint atau lipstik cair, biasanya lipstik yang bertekstur matte cukup tebal dan keras. Tak heran bila kerap membuat bibir kaum hawa jadi pecah-pecah setelah pemakaian beberapa jam.

Tapi, tenang saja. Anda bisa mengoleskan dahulu minyak argan atau minyak zaitun ke bibir. Setelah itu, tempelkan kertas tisu pada bibir untuk menyerap minyak yang berlebih. Setelah itu oleskan lipstik matte. Dijamin, bibir akan terlihat lebih halus dan sempurna. Bonus lain, lipstik matte juga akan menempel dalam jangka waktu yang lebih lama.

Mencegah Alas Bedak Menempel pada Kacamata

Sumber gambar tiphero.com

Bagi si cantik yang berkacamata, seringkali riasan atau makeup menempel di kacamata. Entah itu bedak atau alas bedak. Agar riasan tidak berantakan karena memakai kacamata, ada trik yang perlu dilakukan. Setelah mengoleskan alas bedak, pakailah bedak padat dan kemudian semprotkan setting spray. Pemakaian bedak padat tidak membuat wajah terkesan tebal dan riasan juga tidak tidak berantakan.

Kartu Nama untuk Mengaplikasikan Maskara

Takut tinta maskara belepotan mengenai pipi atau kelopak mata? Manfaatkan kartu nama tebal untuk mengaplikasikan maskara pada bulu mata. Pasang kartu nama pada lipatan mata, lalu pakailah maskara.

Kartu nama akan mencegah tinta maskara belepotan mengenai pipi atau kelopak mata. Bahkan, kartu nama juga bisa dipakai ketika Anda sedang mengaplikasikan eyeshadow, agar tidak menempel ke pipi.

Menghaluskan Bibir yang Pecah-pecah

Saat cuaca dingin atau kurang terhidrasi, bibir sering pecah-pecah dan mudah terkelupas. Nah, gunakan sikat lembut yang sudah dibasahi sedikit minyak kelapa atau minyak zaitun. Kemudian, sikat bibir dalam satu arah selama 1-2 menit. Kemudian, seka bibir dengan lap yang sudah dibasahi air hangat dan oleskkan lipstik atau lip balm. Bibir pecah-pecah kini jadi terlihat halus merona.

Membuat Mata Terlihat Lebih Lebar

Sumber gambar www.pinterest.com

Memiliki mata yang kecil atau sipit, bukan masalah dengan makeup. Gunakan eyeliner warna putih pada garis mata. Kemudian, pilih warna eyeshadow yang bernuansa nude atau senada dengan gradasi tone kulit. Terapkan juga warna eyeshadow putih di sudut kelopak mata. Mata akan terlihat lebih lebar dalam sekejap.

Mengatasi Rambut Berminyak dalam Sekejap

Rambut berminyak tetapi tidak sempat keramas karena buru-buru hendak pergi kuliah atau ke kantor? Jangan khawatir, gunakan bedak tabur bayi. Usapkan bedak pada kedua telapak tangan, lalu usapkan ke kepala. Gunakan ujung jari untuk memijit lembut kulit kepala. Ratakan proses ini agar semua minyak di kulit kepala meresap ke dalam bedak. Taruh handuk kecil di bagian bahu agar pakaian tidak terkena serbuk bedak.

Lipstik Menempel Lebih Lama

Menggunakan lipstik tak dipungkiri membuat wanita tampil cantik dan rona wajah berubah seketika. Tapi, entah karena makan atau minum, lipstik bisa saja memudar kapan saja.

Agar warna lipstik lebih menempel dalam waktu yang lama di seluruh bibir, oleskan dahulu lip liner dengan warna yang sama, setelah itu oleskan lipstik. Kemudian, tempelkan kertas tisu di bibir untuk menyerap sisa lipstik berlebih. Lalu, pakai kuas makeup untuk mengoleskan bubuk bedak translucent ke permukaan bibir. Lipstik akan menempel seharian.

Melentikkan Bulu Mata

Siapa yang tak mau punya bulu mata lentik melengkung ke atas? Bulu mata lentik ini menjadi impian setiap wanita. Hingga banyak yang mengoleksi bulu mata palsu. Padahal, ada cara lain yang lebih praktis dan alami, yaitu memakai bulu mata asli Anda sendiri.

Tetapi, agar terlihat lebih lentik melengkung, panaskan penjepit bulu mata dengan hair dryer selama 5 menit. Baru kemudian, jepit bulu mata. Praktis dan lebih terlihat natural, kan?

Mencegah Maskara Menggumpal

Lama tak dipakai, maskara juga bisa menggumpal dan sulit untuk dpakai ke area bulu mata. Agar kembali cair dan bisa dipakai kembali, teteskan beberapa larutan garam atau cairan lensa kontak ke dalam botol maskara. Kocok perlahan dan maskara siap diaplikasikan ke bulu mata. Cara alternatif, masukkan botol maskara ke dalam mangkuk air panas selama 5 menit.

Membuat Winged Eyeliner

Sumber gambar www.self.com

Gaya eyeliner bak mata kucing atau winged eyeliner ala Cleopatra, masih banyak dijadikan pilihan riasan mata yang menawan untuk pergi ke pesta. Nah, untuk menerapkan winged eyeliner tidak terlalu sulit. Caranya dengan memakai sendok. Jadikan, sudut sendok yang melengkung, untuk membuat winged eyeliner yang meruncing sempurna di sudut terluar mata.

Mencegah Mata Panda

Karena sering lembur atau begadang hingga larut malam, seringkali mata tampak bengkak dan timbul kantung mata menghitam di bagian bawah mata. Hal ini bisa membuat Anda menjadi kurang percaya diri.

Untuk mengatasinya, ambil 2 kantong teh bekas dan dinginkan di dalam lemari es selama 10 menit. Lalu, gunakan kantong teh ini untuk mengompres bagian mata selama 5-10 menit.

From our editorial team

Merawat Wajah secara Rutin

Wajah harus selalu dibersihkan dan dirawat secara rutin. Gunanya adalah untuk menghilangkan kotoran dan sel-sel kulit mati yang menempel pada wajah. Wajah yang sehat dan bersih juga akan membuat riasan menempel sempurna.

Tag