Mau Kulit Mulus Seperti Artis Korea? Ini Dia 13 Rahasianya!

Mau Kulit Mulus Seperti Artis Korea? Ini Dia 13 Rahasianya!

Wanita mana yang tidak ingin kulitnya mulus dan cantik seperti artis Korea? Tentu kamu salah satunya. Ternyata tidak sulit memiliki kulit yang sehat terawat. Ingin tahu caranya? BP-Guide akan bongkar rahasianya.

Siapa yang Tidak Ingin Punya Kulit Mulus seperti Artis Korea?

Sumber gambar my.castko.com

Setiap wanita pasti ingin selalu tampil cantik dengan kulit bersih dan sehat. Maka dari itu, wajib hukumnya bagi wanita untuk selalu merawat kesehatan kulit. Kulit mulus seperti orang Korea selalu menjadi idaman para wanita Indonesia.

Dengan make up yang natural dan kulit bersih kinclong, para artis Korea sudah terlihat sangat cantik. Bahkan artis Korea Go Hyun Jung pernah menerbitkan buku tentang rahasia kecantikan kulitnya, yang terjual habis di pasaran.

Menjaga kebersihan dan kesehatan kulit bagi wanita Korea adalah sebuah kewajiban. Mereka bisa memakan waktu yang lama untuk melakukan perawatan kulitnya, sehingga tak heran memiliki kulit yang begitu mulus. Kunci perawatan kulit mereka adalah telaten dan disiplin dalam merawat kulit wajah agar selalu cerah dan cantik.

Wanita Korea Dikenal Memakai Banyak Produk untuk Perawatan Kulit

Sumber gambar www.elle.com

Negara Korea memang terkenal dengan praktik operasi plastiknya untuk membuat wajah terlihat lebih sempurna. Namun, tidak semua wanita Korea mendapatkan kulit cantiknya dari hasil operasi. Mereka bisa mendapatkan kulit mulus dan terawat dengan rajin dan konsisten melakukan perawatan kulit. Bahkan mereka tak segan-segan untuk menggunakan banyak produk perawatan untuk menjaga kesehatan dan kecantikan kulitnya.

Hal pertama yang wanita Korea lakukan, yaitu memperhatikan jenis kulit yang mereka miliki. Sebab produk perawatan yang tidak sesuai untuk jenis kulit Anda, bisa-bisa malah tidak cocok digunakan. Lakukan perawatan awal dengan melakukan pembersihan menggunakan cleansing oil, lalu gunakan sabun pembersih biasa dan ikuti dengan scrub wajah untuk mengangkat sel kulit mati. Setelah itu gunakan toner, essence, serum dan moisturizer untuk kulit tampak lembab dan sehat. Masker wajah juga menjadi ritual wajah yang tak pernah ketinggalan, sebab membuat kulit lembap dan terasa lembut.

Dapatkan Kulit Dambaan dengan Tips Perawatan Kulit ala Artis Korea

Jangan Sampai Dehidrasi

Sumber gambar oregonsportsnews.com

Udara yang dingin bisa membuat kondisi kulit menjadi kering akibat kekurangan cairan tubuh. Begitu pula dengan musim dingin yang terjadi di Korea. Para wanita Korea akan lebih menjaga kelembapan kulitnya dengan banyak minum air putih.

Banyak penelitian memang telah membuktikan bahwa dengan banyak minum air putih baik untuk kesehatan dan kecantikan kulit. Wanita Korea juga sangat percaya akan hal itu. Maka untuk mencukupi kebutuhan cairannya, mereka rajin sekali mengkonsmusi air putih. Selain untuk menjaga kelembapan, juga membantu lancarnya pencernaan, penyerapan, sirkulasi dan ekskresi.

Selain banyak minum air putih, wanita Korea juga menggunakan face mist ketika cuaca dingin atau berada di ruangan ber-AC, sehingga kulit mereka tetap lembab dan terhidrasi. Anda bisa mengikuti cara tersebut apabila berada di ruangan ber-AC ketika di kantor atau di rumah.

Ada juga cara yang lebih mudah, yaitu ketika sedang tidur dalam ruangan ber-AC pada malam hari. Siapkan handuk basah yang telah diperas, selanjutnya gantung di kamar dengan posisi tidak searah tiupan AC. Maka Anda akan mendapatkan hasil kulit yang lebih lembab dalam dua minggu.

Rutin Memakai Masker

Sumber gambar www.hercampus.com

Bagi wanita Korea menggunakan masker menjadi ritual perawatan yang wajib dilakukan. Sebab mereka begitu peduli dengan kesehatan kulit wajah, sehingga rajin memakai masker dalam keseharian. Anda bisa melihatnya dalam drama-drama Korea, di mana para aktrisnya beradegan sedang memakai masker.

Masker memang sangat baik untuk kesehatan kulit wajah. Dengan kandungan bahan-bahan alami, memakai masker secara rutin dapat membuat kulit wajah Anda terlihat cerah, bersih, dan juga lembap. Ketika Anda sedang merasa lelah, memakai masker dapat membuat wajah Anda terasa lebih segar.

Anda bisa mencoba masker lembaran produk kecantikan Korea yang punya banyak manfaat. Cukup diamkan selama 10-20 menit, lalu sisa cairan dapat Anda oleskan pada leher, belahan dada atau lengan. Anda bisa menggunakan masker dua sampai tiga kali dalam satu minggu untuk hasil yang maksimal.

Umumnya masker produk Korea dibuat dari bubuk kokon ulat sutera atau bahan baekgangjam, sehingga mampu menghasilkan kulit wajah yang merona.

Disiplin Menggunakan Pembersih, Penyegar, dan Pelembap

Sumber gambar www.lorealparisusa.com

Kunci kulit mulus dan halus wanita Korea adalah selalu telaten dan disiplin dalam melakukan perawatan kulit wajah. Wanita Korea bisa menghabiskan banyak waktu hanya untuk membersihkan wajahnya. Sebenarnya mudah saja mengikuti cara perawatan kulit orang Korea, yang penting Anda bisa disiplin melakukannya.

Bae Suzy, aktris Korea personil Miss A pernah membeberkan rahasianya memiliki kulit cantik merona. Pembersihannya dengan menggunakan teknik 424, yaitu cleansing dengan menggunakan pembersih seperti minyak almond, minyak kelapa atau minyak pembersih lainnya selama 4 menit.

Kemudian dilanjutkan dengan menggunakan sabun pembersih atau facial foam selama 2 menit, agar kotoran lebih terangkat sempurna. Bilaslah wajah Anda dengan air hangat, lalu dibilas kembali dengan air dingin untuk menutup pori-pori yang terbuka. Pembilasan wajah dilakukan selama 4 menit.

Setelah selesai membilas wajah, gunakan toner agar kulit wajah terasa lebih lembab. Orang Korea lebih suka menggunakan toner dengan menggunakan tangan secara langsung. Lalu gunakan pelembap untuk mengunci kelembapan kulit. Gunakan pelembap sembari melakukan pijatan agar terasa meresap lebih sempurna.

Hindari Make Up yang Berat

Sumber gambar www.sofeminine.co.uk

Menggunakan make up dapat menutupi kekurangan yang terdapat di wajah. Seperti bekas jerawat, warna kulit yang tidak merata, dan sebagainya. Anda memang bisa terlihat lebih cantik dengan pemakaian make up, hanya saja tidak terlihat cantik natural seperti orang-orang Korea. Lalu bagaimana cara terlihat flawless dengan wajah natural, meski tanpa make up berlebihan seperti artis Korea?

Kuncinya ada pada perawatan kulit wajah yang telaten dilakukan. Dengan kulit bersih, cerah alami, maka Anda tidak perlu memakai make up secara berlebihan sehingga akan terlihat cantik natural.

Anda juga bisa mencoba make up simpel ala Korea, dengan kulit cantik yang mereka miliki. Pada mata, gunakan eyeliner dan maskara untuk mempertajam bagian mata, lalu gel untuk membentuk alis. Gunakan pemerah pipi dan lipstik berwarna nude untuk tampilan yang manis. Maka Anda akan terlihat cantik secara natural. Hal yang penting adalah Anda mampu menjaga kebersihan kulit wajah dengan teratur.

Jangan Lupa Merawat Kulit Bagian Leher

Sumber gambar www.newhealthguide.org

Pernah tidak Anda melihat seseorang dengan wajah yang putih bersih namun lehernya terlihat gelap dan kusam? Warna kulit wajah yang belang tersebut dapat disebabkan karena seseorang hanya merawat wajahnya tanpa mengindahkan perawatan lehernya. Padahal leher juga perlu dirawat sehingga tidak berwarna belang dengan kulit wajah.

Di Korea, perawatan leher sudah menjadi sebuah kesadaran yang dilakukan oleh wanita Korea. Seperti aktris Go Hyun Jung yang rutin mengoleskan krim lehernya hingga ke bagian-bagian yang rentan keriput, dimulai dari rahang.

Selain itu, pemijatan bagian leher juga banyak dilakukan oleh wanita Korea. Memijat leher berguna untuk melepas ketegangan pada sekitar bahu, sehingga wajah Anda akan terlihat lebih terangkat. Selain itu, sirkulasi darah juga menjadi lancar sehingga wajah terlihat cerah. Pemijatan juga dapat membuat wajah terlihat lebih tirus sebab dapat menonjolkan bentuk V line.

Bingung? Ini Dia 13 Urutan Memakai Skin Care untuk Mendapatkan Kulit bak Selebritis Korea

Cleansing

Sumber gambar www.klairscosmetics.com

Anda yang ingin memiliki kulit wajah semulus kulit wanita Korea, wajib pula untuk rutin membersihkan kulit wajah. Tahap awal dengan melakukan celansing. Mengangkat kotoran atau sisa make up dilakukan menggunakan oil cleanser untuk pembersihan secara mendalam, sehingga pH kulit seimbang.

Lalu bersihkan dengan menggunakan foam cleanser untuk mengangkat kotoran secara lebih maksimal. Pemakaian foam cleanser juga dapat menyeimbangkan pH kulit.

Lalu produk cleansing apa yang biasanya dipakai oleh wanita Korea? Penggunaan produk perawatan harus Anda sesuaikan dengan jenis kulit yang dimiliki. Klairs Gentle Black Deep Cleansing Oil merupakan salah satu produk cleansing yang banyak direkomendasikan untuk kulit sensitif.

Produk ini terbuat dari minyak sayuran yang berkhasiat menjaga kelembapan kulit wajah. Selain itu kaya akan antioksidan, vitamin dan mineral. Bahan-bahan yang terkandung dalam produk ini yaitu caprylic/ capric triglyceride, cetyl ethylhexanoate, isononyl isononanoate, PEG-7 glyceryl cocoate dan isopropyl myristate. Anda bisa mendapatkannya di Tokopedia seharga Rp 350.000.

Toning

Sumber gambar shopee.co.id

Toner digunakan setelah Anda selesai dengan perawatan cleansing. Di Korea, toner memiliki kandungan bahan-bahan seperti aloe vera, hyaluronic acid, atau lainnya.Toner berguna untuk melembapkan dan juga mengencangkan kulit wajah.

Toner yang direkomendasikan untuk kulit wajah Anda yaitu Innisfree Green Tea Balancing Skin. Toner ini memiliki tekstur mirip air yang mudah diserap kulit tanpa meninggalkan rasa lengket. Sangat cocok digunakan untuk jenis kulit kombinasi.

Produk ini dibuat dari ekstrak daun teh Pulau Jeju yang kaya akan asam amino dan mineral. Toner ini dapat menyegarkan, melembabkan ,dan juga menutrisi kulit. Untuk mendapatkannya, Anda bisa membelinya dengan harga Rp 176.000 di Shopee.

Essence

Sumber gambar www.audratheshop.com

Memakai essence berguna untuk menutrisi kulit serta meningkatkan efektivitas produk skincare yang Anda gunakan. Ada dua jenis essence yang biasanya dipakai oleh orang Korea, yaitu first essence dan regular essence. First essence jarang digunakan sedangkan regular essence sudah menjadi suatu produk yang wajib dipakai oleh semua wanita Korea. Tekstur keduanya sama-sama cair dan cepat menyerap ke dalam kulit.

Salah satu jenis essence yang bosa Anda coba yaitu Nature Republic - Saccharomyces Ferment The First Essence (Brightening). Bahan utamanya yaitu niasin amida dan ekstraksi fermentasi jeju 90%. Penggunaan essence ini akan membuat wajah terlihat lebih cerah. Anda bisa mendapatkannya di Audratheshop dengan harga Rp 370.000.

Spot Treatment dan Vitamin C

Sumber gambar www.tokopedia.com

Vitamin C kini banyak dicari oleh para wanita untuk bisa menghasilkan kulit yang putih dan cerah. Untuk fungsi seperti whitening, brightening, spot treatment, dan pore tightening, memang vitamin C bisa menjadi produk yang diandalkan.

Namun tahukah Anda, hal tersebut juga memiliki efek samping yang membuat sel-sel kulit mati yang Anda punya terkelupas? Bahkan menjadi sangat sensitif apabila terkena sinar matahari. Maka dari itu, penting untuk menggunakan sunblock saat siang hari.

Rekomendasi vitamin C yang bagus untuk kulit yaitu LANEIGE - White Plus Renew Spot Treatment EX 20 ml. Dengan pemakaian secara rutin dan bersamaan dengan produk perawatan renew white plus lainnya, Anda akan mendapatkan hasil kulit terawat dan cerah dua kali lipat. Bahkan jerawat dan flek hitam memudar. Anda bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 480.000.

BHA dan AHA

Sumber gambar www.tokopedia.com

Semakin bertambahnya usia, kulit wanita akan menjadi keriput dan muncul permasalahan kulit lainnya. Maka dari itu penting melakukan perawatan kulit salah satunya dengan memakai skincare AHA (Alpha Hydroxy Acid dan BHA (Beta Hydroxy Acid). Keduanya merupakan jenis eksfoliator yang dapat mencegah munculnya keriput, mengurangi garis halus, juga menghilangkan jerawat dan komedo.

Biasanya, AHA dan BHA digunakan sebelum memakai serum. Anda juga bisa memakainya di siang hari, tetapi jangan lupa memakai sunblock.

Salah satu rekomendasi produk AHA dan BHA yang banyak dipakai oleh wanita Korea adalah Cosrx AHA 7 Whitehead Power Liquid. Cairan ini terbuat dari bahan dasar sari apel dengan kandungan AHA berupa asam glikolat. Bahan kandungan lainnya yang terdapat pada AHA ini yaitu pyrus malus (apple) fruit water, butylene glycol, glycolic acid, water dan niacinamide.

Cosrx AHA 7 Whitehead Power dapat berguna untuk mengeksfoliasi kulit secara mendalam, mengatur sel kulit mati tanpa stimulasi yang berlebihan, dan membersihkan pori-pori dan kulit menjadi lebih sehat.

Anda cukup memakainya dengan cara menuangkan ke kapas dan diusapkan ke kulit yang telah dibersihkan. Semua jenis kulit cocok memakainya. Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp 179.000 di Tokopedia.

Ampoule dan Serum

Sumber gambar www.tokopedia.com

Serum menjadi salah satu produk yang wajib digunakan oleh para wanita Korea. Tahukah Anda selain serum, ada juga ampoule yang juga penting untuk perawatan wajah Anda. Banyak orang menganggap keduanya adala produk yang sama padahal ada sedikit perbedaan.

Ampoule memiliki konsentrat yang tinggi, biasanya mengandung satu jenis bahan untuk merawat satu permasalahan kulit. Sedangkan serum memiliki konsentrat lebih kental, terbuat dari banyak bahan dan mampu mengatasi berbagai permasalahan kulit. Wanita Korea biasanya tak menggunakan keduanya, hanya salah satunya.

Ampoule yang biasanya banyak digunakan oleh wanita Korea yaitu IOPE Multi Vitamin Ampoule. Dengan kandungan multivitamin, produk ini dapat memberikan nutrisi dan mencerahkan kulit wajah Anda. Ada aroma jeruk yang sangat samar pada produk dan kemasannya berbentuk botol kecil pendek yang sangat imut. Caranya dengan meneteskan cairannya ke jari lalu lakukan pijatan pada wajah.

Ampoule berbentuk cairan, maka sangat mudah terserap dalam kulit, dan mampu mencerahkan kulit dalam jangka waktu yang lebih lama. Anda bisa mendapatkannya dengan harga Rp 210.000 di Tokopedia.

Sheet Mask

Sumber gambar www.tokopedia.com

Masker menjadi ritual perawatan yang wajib dilakukan oleh para wanita di Korea. Biasanya mereka menggunakan masker atau sheet mask ketika malam hari tiga kali dalam satu minggu.

Sheet mask ini digunakan setelah penggunaan serum, agar skincare yang digunakan sebelumnya dapat terkunci dan bekerja secara maksimal. Saat siang hari sheet mask juga bisa digunakan sebelum make up, hal ini dilakukan agar wajah terlihat segar dan bercahaya.

Lalu sheet mask apa yang bisa menjadi rekomendasi untuk kulit wajah Anda? Innisfree it's Real Squeeze Mask Shea Butter banyak digunakan oleh para wanita di Korea. Masker berbentuk lembaran ini kaya dengan shea butter, sehingga dapat melembapkan kulit.

Gunakan sheet mask setelah wajah telah dibersihkan. Diamkan selama 10-20 menit. Setelah itu, sheet mask dilepas dan tepuk-tepuk perlahan agar lebih menyerap. Volumenya 1p atau 20 ml. Anda bisa mendapatkannya di Tokopedia dengan harga Rp 19.000 saja.

Essential (Face Oil)

Sumber gambar www.amazon.com

Apabila jenis kulit Anda termasuk kering, maka Anda bisa mencoba menggunakan essential oil sebagai tambahan perawatan. Umumnya minyak yang digunakan yaitu jojoba oil, tea tree oil, argan oil hingga berbagai macam essential oil yang dikombinasikan. Essential oil sangat baik untuk mengatasi berbagai permasalahan kulit.

Wanita Korea juga memasukkan essential oil dalam daftar produk perawatannya. Salah satu produk yang direkomendasikan yaitu Innisfree Olive Real Essential Oil Ex. Produk ini mengandung minyak esensial dengan bahan zaitun yang berasal dari pulau Creta Yunani. Kandungan vitamin dari buah zaitun dan polifenol, asam oleat sebagai antioksidan mampu membuat kulit terasa lebih lembab dan terawat.

Cara penggunaannya yaitu dengan mengoleskkannya 2-3 tetes ke wajah Anda sambil dipijat. Harganya Rp 390.000 di Amazon.

Emulsion

Sumber gambar www.tokopedia.com

Pelembab atau emulsion merupakan produk perawatan yang sangat penting. Teksturnya ringan seperti lotion yang mengandung susu dan berwarna putih. Salah satu produk emulsion yang direkomendasikan dan banyak digunakan wanita Korea yaitu The Saem Iceland Hydrating Emulsion 140 ml.

The Saem mengandung air mineral Iceland dan Bio mineral water yang melembabkan dan cepat meresap dalam kulit. Juga terkandung ceramide 3 yang memiliki sifat mirip membran sel untuk melindungi kulit. Bentuknya seperti gel, namun tidak lengket dan begitu lembut. Kulit akan terasa lebih lembab dalam waktu yang lama.

Cara penggunaannya yaitu dioleskan lembut pada kulit menggunakan kapas. Lakukan setelah membersihkan wajah. Harga The Saem Iceland Hydrating Emulsion 140 ml berkisar Rp 240.000 di Tokopedia.

Eye Cream

Sumber gambar www.aliexpress.com

Mata merupakan salah satu bagian wajah yang sangat sensitif. Sebab memiliki kulit yang tipis, sehingga mudah sekali mengalami penuaan dini. Maka untuk mencegahnya, Anda bisa menggunakan eye cream. Eye cream tidak hanya banyak direkomendasikan oleh wanita Korea, tetapi juga banyak produk kecantikan Amerika.

Salah satu produk eye cream yang menjadi rekomendasi para wanita Korea yaitu The Secret Key Snail Repairing Eye Cream. Bahan yang terkandung di dalamnya yaitu air, cetearyl alcohol, macadamia seed oil, arbutin, niacinamide dan butylene glycol. Komponen siput dan rh EGF pada eye cream ini dapat meningkatkan elastisitas kulit mata dan mudah menyerap di kulit dengan sangat baik. Harganya Rp 210.000 di Aliexpress.

Lotion

Sumber gambar beautynesia.id

Lotion wajah banyak digunakan sebagai pelembap untuk jenis kulit normal atau kombinasi. Konsistensinya lebih kental dari emulsion namun tidak sekental cream. Ada banyak kegunaan dari lotion yaitu sebagai moisturizing dan juga whitening.

Produk lotion yang banyak dipakai wanita Korea yaitu White Seed Brightening Lotion by Faceshop. Lotion ini mengandung zat pencerah alami, bunga daisy putih yang dapat membuat kulit kusam menjadi terlihat cerah dan jernih. Kulit Anda akan terasa lebih lembab, cerah dan juga bercahaya. Harganya sekitar Rp 210.000 di Koreadepart.

Night Cream

Selain cream yang digunakan pada siang hari, night cream juga memiliki manfaat yang baik untuk kulit wajah. Penggunaan night cream di malam hari sebelum tidur, dapat bekerja secara optimal pada wajah untuk memulihakn kulit dan menjaga kelembapannya. Sehingga ketika bangun tidur, wajah Anda terasa segar dan cerah.

Produk night cream yang biasa digunakan oleh wanita Korea yaitu TONYMOLY Bio EX Active-Cell Night Cream 50 g. Terbuat dari bahan marine stem cell, night cream ini sangat bagus untuk melembapkan kulit wajah sehingga teras elastis dan kencang. Harganya Rp 522.000 di situs Korean by Malaysia.

Sleeping Mask

Sumber gambar www.tokopedia.com

Untuk mengakhiri serangkaian ritual perawatan, maka produk terakhir yang digunakan oleh para wanita Korea yaitu sleeping mask. Sleeping mask digunakan sebelum tidur untuk mengunci seluruh skincare yang telah digunakan sehingga dapat terserap dengan baik. Penggunaannya sebelum tidur dan dibilas setelah bangun keesokan harinya.

Rekomendasi sleeping mask yang baik yaitu Laneige Water Sleeping Pack Ex. Produk ini bertekstur gel dan memiliki aroma yang menyejukkan serta menenangkan pikiran. Tidur Anda akan terasa lebih nyenyak. Jangan takut pula gel akan menempel di bantal.

Sleeping mask berguna mengembalikan vitalitas kulit, melembabkan sekaligus mencerahkan, dan membuat wajah terasa rileks. Cara pemakaiannya 1-2 kali seminggu. Kemudian, bersihkan wajah terlebih dahulu lalu oleskan sleeping mask dengan ketebalan 2,5 cm kurang lebih. Bilas di keesokan harinya. Anda bisa membeli sleeping mask seharga Rp 350.000 di Tokopedia.

From our editorial team

Tampil Cantik Menarik Alami bak Artis Korea adalah Idaman Para Wanita

Sudah tidak sabar untuk cantik alami seperti para artis Korea? Tentu, Anda harus rutin melakukan perawatan pada kulit wajah. Maka kecantikan Anda akan bersinar dari dalam atau pun luar. Yuk dicoba dari sekarang dan tunjukan pesona diri Anda!