Kenali Lebih Jauh Tentang Gatal pada Selangkangan dan 5 Cara Mengatasinya

Kenali Lebih Jauh Tentang Gatal pada Selangkangan dan 5 Cara Mengatasinya

Sebagai salah satu area tubuh paling tersembunyi, selangkangan rawan gatal. Penyebabnya adalah kondisi lembap yang memicu tumbuhnya bakteri dan jamur. Melalui artikel ini, BP-Guide akan mengajakmu mengenal lebih jauh gatal selangkangan dan bagaimana cara mengatasinya.

Selangkangan Adalah Area yang Rawan Terkena Gatal karena Lembab

Salah satu area tubuh yang selalu lembap dan rawan gatal adalah selangkangan. Jika tidak dirawat dengan baik, maka bisa timbul berbagai macam penyakit pada selangkangan. Gatal di area selangkangan bahkan bisa menyebabkan infeksi jika tidak segera ditangani.

Karena itulah penting untuk menjaga area selangkangan agar tetap kering sehingga terbebas dari jamur. Setelah berkeringat, usahakan untuk segera mandi hingga bersih agar selangkangan tetap sehat.

Penyebab Gatal pada Selangkangan

Infeksi Jamur

Infeksi jamur bisa dibilang sebagai penyakit gatal pada selangkangan yang paling umum. Jamur memang cepat berkembang biak di daerah yang lembap dan hangat. Selangkangan yang selalu tertutup merupakan tempat ideal untuk jamur.

Jika selangkangan sudah gatal, bisa merambat hingga ke bokong dan area kemaluan. Infeksi jamur pada selangkangan ditandai dengan munculnya ruam yang semakin lama semakin melebar hingga ke pangkal paha, paha bagian dalam, atau perut.

Iritasi

Iritasi sering terjadi akibat adanya gesekan antara kulit dengan kain atau dengan bagian kulit lainnya. Iritasi pada selangkangan biasanya disebabkan oleh gesekan dengan kulit paha ketika beraktivitas. Akibatnya muncul luka, ruam, atau permukaan kulit yang bersisik.

Iritasi menimbulkan ketidaknyamanan pada siapa saja. Apalagi jika cuaca sedang sangat panas, maka luka iritasi bisa semakin parah. Untuk mencegah terjadinya iritasi pada kulit, sebaiknya hindari celana dan pakaian dalam yang terlalu ketat. Pilih celana yang terbuat dari bahan adem dan menyerap keringat.

Intertrigo

Intertigo merupakan kondisi kulit yang meradang di antara lipatan. Sering terjadi di ketiak, selangkangan, leher, dan bagian bawah payudara. Banyak hal yang menyebabkan terjadinya intertigo, seperti gesekan antara kulit dengan kulit atau dengan pakaian.

Intertigo ditandai dengan ruam besar yang muncul di kulit yang disebabkan oleh jamur dan bakteri. Akibatnya kulit akan terasa gatal hingga muncul bau tidak sedap yang lebih menyengat dari bau badan. Untuk mengatasinya, diperlukan krim antibakteri dan krim antijamur yang disarankan oleh dokter.

Dermatitis Kontak

Dermatitis kontak terbagi ke dalam 2 jenis, yaitu alergi dan iritasi. Penyebabnya bisa beragam seperti kotoran, kosmetik, dan perhiasan. Biasanya gatal yang muncul akibat kondisi tidak parah, namun sangat mengganggu dan lama kelamaan bisa menyebabkan luka. Untuk mengatasinya, konsultasikan dengan dokter kulit. Gatal yang muncul pada selangkangan bisa disebabkan oleh pakaian yang terlalu ketat.

Herpes Genital

Gatal yang terjadi pada selangkangan bisa jadi merupakan gejala awal dari herpes genital atau herpes kelamin. Penyakit menular seksual ini bisa terjadi pada pria maupun wanita, dengan gejala gatal-gatal dan luka melepuh. Namun pada beberapa kasus, herpes genital bisa tidak menimbulkan gejala papun juga. Cegah penyakit ini dengan perilaku seksual yang aman.

Cara Mengatasi Gatal pada Selangkangan

Membersihkan Area Selangkangan dan Sekitarnya untuk Memastikan Jamur Tidak Menyebar

Agar area yang terinfeksi segera terbebas dari kuman dan bakteri, lakukan pembersihan dengan sabun dan air hangat secara menyeluruh setelah mandi atau setelah beraktivitas. Keringkan menggunakan kain bersih atau tisu kering minimal 2 sampai 3 kali sehari.

Sebagai pencegahan, bersihkan seluruh badan dengan maksimal untuk mencegah jamur tumbuh di area tubuh yang lain. Selain itu, jangan mengenakan celana yang terlalu ketat agar selangkangan bisa bernapas.

Menjaga Area Selangkangan Tetap Kering dan Tidak Lembab

Selangkangan adalah area yang sangat tertutup, sehingga berpotensi untuk lembap dan basah. Menjaga kebersihan selangkangan bisa dilakukan dengan mengganti celana dalam 2 kali sehari.

Jangan biarkan selangkangan berkeringat atau lembap karena jamur akan mudah tumbuh dan berkembang biak. Agar terhindar dari infeksi yang lebih parah, jangan memakai peralatan mandi secara bersama-sama dengan orang lain.

Menggunakan Pakaian yang Longgar

Cara untuk mencegah keringat berlebih di bagian selangkangan adalah dengan mengenakan pakaian longgar. Sebisa mungkin hindari celana jeans yang ketat untuk mencegah gesekan dengan kulit selangkangan.

Untuk kaum pria sebaiknya mengenakan celana boxer yang longgar dan tidak ketat, sementara wanita bisa memilih celana dalam berbahan katun yang ukurannya setingkat di atas ukuran biasanya.

Menggunakan Bedak untuk Gatal Selangkangan

Sumber gambar medicalnewstoday.com

Gatal-gatal pada selangkangan menimbulkan rasa tidak nyaman dan bisa mengganggu aktivitas. Menggunakan bedak gatal bisa menenangkan kulit yang meradang atau iritasi.

Bedak gatal memiliki kandungan antibakteri yang bisa meredakan rasa gatal. Selain itu formulanya juga ringan sehingga relatif aman digunakan untuk kulit. Gunakan bedak gatal secara rutin setelah mandi atau berkeringat untuk menghilangkan kelembapan pada kulit dan menghilangkan rasa gatal secara perlahan.

Jangan Ragu untuk Memeriksakan Diri ke Dokter jika Gatal Semakin Parah

Setelah segala upaya dilakukan untuk meredakan gatal akibat iritasi pada selangkangan namun tidak kunjung membuahkan hasil, maka konsultasikan pada dokter. Melalui pemeriksaan medis, akan diketahui secara pasti penyebab apa yang menyebabkan rasa gatal berlebih tersebut. Mintalah obat gatal atau anti jamur yang bisa membantu meredakan gejala tersebut.

Bedak untuk Mengatasi Gatal pada Selangkangan

Bedak Salicyl

Bedak Salicyl dibuat dengan formula ringan untuk meredakan gatal pada segala usia. Aman digunakan untuk anak di atas 3 tahun, dewasa, hingga lansia.

Bisa digunakan sehari-hari untuk mencegah munculnya bakteri pada kulit serta meredakan gejala yang diakibatkan oleh alergi, biang keringat, dan penyakit kulit lain. Taburkan bedak secara merata pada area yang gatal sebanyak 2 kali sehari setelah mandi.

Harga Rp. 4.200-7.000

Mycorine Bedak Anti Jamur

Bedak Mycorine adalah bedak yang khusus diformulasikan untuk mengatasi jamur yang muncul pada kulit. Bisa digunakan untuk mengobati berbagai gejala seperti kutu air, kurap, dan gatal pada area selangkangan.

Bedak Mycorine dengan kemasan 25 gram ini aman untuk ditaburkan pada area yang terinfeksi jamur sebanyak satu kali sehari setelah mandi. Konsultasikan penggunaan obat ini dengan dokter untuk mendapatkan dosis yang tepat. Bedak Mycorine dengan kemasan 25 gram

Harga Rp. 41.900-67.400

Bedak Daktarin Anti Jamur

Daktarin Powder kemasan 20 gram yang satu ini mengandung bahan aktif miconazole yang berfungsi untuk mengobati infeksi jamur pada kulit.

Taburkan pada area ruam kulit, pangkal paha, lipatan, dan area lain yang terbukti terinfeksi oleh bakteri. Penggunaan bedak ini akan menimbulkan efek samping seperti rasa panas, bengkak, dan kemerahan pada kulit.

Harga Rp. 35.000-57.500

Bedak Herocyn

Bedak Herocyn diformulasikan khusus untuk mengobati gatal dan infeksi jamur pada area selangkangan. Tidak hanya itu, bedak ini juga bisa menghilangkan bau tidak sedap pada badan dan mengurangi keringat berlebih di bagian kaki.

Manfaat lain dari bedak ini adalah mencegah timbulnya gangguan pada kulit, mengatasi biang keringat, mengurangi gatal pada kulit, dan menjaga kulit tetap sehat.

Harga Rp. 15.000-18.000
From our editorial team

Jangan Biarkan Gatal Selangkangan Terlalu Lama

Selangkangan yang gatal tidak hanya menimbulkan rasa tidak nyaman, tetapi juga tidak baik untuk kesehatan. Jika selangkangan terasa gatal, segera beri pertolongan pertama dengan bedak rekomendasi BP-Guide di atas. Namun jika gejala gatal tidak berkesudahan, segera periksakan diri ke dokter, ya!