Gatal Saat Hamil? Gunakan Pereda Gatal Khusus Ibu Hamil Ini! (2020)

Gatal Saat Hamil? Gunakan Pereda Gatal Khusus Ibu Hamil Ini! (2020)

Gatal memang bisa jadi masalah serius untuk siapa saja, termasuk ibu hamil. Supaya aktivitas tak terganggu, segera tuntaskan gatalnya. Kami memiliki banyak rekomendasi pereda gatal untuk Anda lho!

Gatal Kerap Muncul pada Saat Kehamilan

Saat Anda hamil, ada beberapa gejala yang biasanya sangat mengganggu. Sebut saja, susah tidur, sakit punggung bahkan meningkatnya frekuensi buang air kecil. Lalu ada juga gejala yang sangat mengganggu dan bisa menunda aktivitas yakni gatal.

Ada banyak penyebab gatal saat hamil. Salah satu penyebab gatal adalah karena suplai darah ke kulit jadi meningkat sehingga Anda merasakan gatal. Penyebab lain dari gatal saat hamil adalah karena kulit yang meregang. Makin bertambah usia kehamilan, maka makin meregang permukaan kulit dan terasa gatal.

Saat hamil, hormon berubah dan membuat Anda lebih sensitif terhadap banyak faktor. Salah satu reaksi dari perubahan hormon dan sensitif adalah gatal. Supaya tidak berlarut-larut, tentu Anda perlu segera meredakan gatalnya. Intip caranya di bawah ini, ya.

Beberapa Hal yang Bisa Anda Lakukan untuk Meredakan Gatal Saat Hamil

Gunakan Pakaian Kering dan Longgar

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan memakai pakaian yang kering dan juga berpotongan longgar. Pakaian yang terlalu ketat bisa sangat bergesekan dengan kulit dan hal ini bisa menjadi penyebab Anda gatal.

Baju yang terlalu ketat juga bisa menggesek kulit dan menyebabkan iritasi. Pakaian yang longgar bisa membuat Anda lebih nyaman. Gunakan pakaian yang bahannya lebih cepat menyerap keringat seperti katun.

Hindari Mandi Air Panas dan Memakai Sabun di Daerah yang Gatal

Selanjutnya, hindari memakai air panas untuk mandi saat gatal menyerang. Air yang panas bisa berisiko menimbulkan ruam dan gatal-gatal. Selain itu, air panas juga bisa merusak perkembangan sel janin. Ketika gatal menyerang, jangan gunakan sabun pada daerah yang gatal. Karena bisa jadi sabun tersebut malah menyebabkan kulit kering dan semakin gatal.

Kompres Area Gatal dengan Air Dingin

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan saat gatal adalah mengompres area yang gatal memakai air dingin. Rasa dingin bisa membuat kulit jadi lebih nyaman. Hindari menggaruk kulit karena bisa membuatnya iritasi. Dengan mengompres memakai air dingin maka bagian tersebut bisa lebih aman dan juga nyaman.

Gunakan Pelembab dan Obat Pereda Gatal

Anda bisa juga memakai pelembab pada daerah yang gatal saat hamil. Gunakan pelembab berbahan calamine. Hindari produk yang mengandung pewangi karena bisa memunculkan reaksi alergi.

Anda bisa juga memakai obat oles berbahan gel, bedak atau krim. Gunakan obat yang mengandung calamine atau bahan yang bisa menenangkan kulit yang iritasi. Untuk pilihan obatnya, Anda bisa cek di bawah ini ya.

10 Rekomendasi Obat Pereda Gatal untuk Ibu Hamil

Biolane Pour Elle

Biolane Pour Elle merupakan obat pereda gatal untuk ibu hamil. Dikemas dalam model tube, isinya 200 ml. Produk ini hypoallergenic dan paraben free. Anda bisa memakainya selama hamil atau selama menyusui.

Obat oles yang satu ini dibuat di Perancis. Selain bisa membantu mengurangi stretch marks, krim ini juga bisa meningkatkan elastisitas kulit.

Harga Rp. 165.750-323.200

Palmer's Cocoa Butter Formula Massage Lotion Stretch Marks

Palmer's Cocoa Butter Formula Massage Lotion Stretch Marks merupakan produk selanjutnya untuk Anda. Obat pereda gatal saat hamil ini bisa membantu mengurangi munculnya stretch mark.

Kaya akan Cocoa Butter, Vitamin E, Shea Butter dan Bio C-Elaste, krim ini bisa mengurangi peregangan kulit dimasa kehamilan. Produk ini hypoallergenic dan juga paraben free.

Harga Rp. 139.900-244.500

Mustela Stretch Marks Double Action

Berikutnya ada Mustela Stretch Marks Double Action. Produk yang satu ini memiliki manfaat mengurangi gatal dan juga bisa merawat stretch marks. Cukup oles pada bagian yang berpotensi mengalami stretch marks. Produk aman juga untuk digunakan pada ibu menyusui.

Harga Rp. 234.500-471.250

Sebamed Stretch Mark Cream

Sebamed Stretch Mark Cream ini adalah obat pereda gatal pada ibu hamil selanjutnya. Ini bisa mencegah dan menghilangkan bekas kerutan. Dengan begini, rasa gatal akibat peregangan akan berkurang.

Produk ini bisa membuat kulit Anda tampak halus dan lembut. Obat pereda gatal saat hamil ini hadir dengan pH seimbang. Dikemas dalam tube, isinya adalah 200 ml.

Harga Rp. 430.000-749.000

Konicare Gel Pengurang Gatal

Konicare Gel Pengurang Gatal merupakan produk berikutnya yang bisa Anda andalkan. Obat pereda gatal yang satu ini berbentuk gel. Bisa memberi rasa tenang dan nyaman karena teksturnya cepat meresap dan dingin di kulit. Kaya akan ekstrak bunga hammelis dan aloe vera, produk ini aman bagi kulit anak maupun dewasa.

Harga Rp. 12.900-14.500

Caladine Lotion

Selanjutnya ada Caladine Lotion yang bisa Anda pilih. Produk ini bisa meredakan rasa gatal. Obat ini bisa juga digunakan untuk biang keringat dan gatal gigitan serangga.

Berbentuk bedak cair, aplikasinya sangat mudah. Anda bisa memakainya sebagai anti-alergi, antiseptik dan penyejuk kulit. Di dalamnya ada calamine dan zinc oxide.

Harga Rp. 12.500-19.200

Salycil KF Bedak

Salycil KF Bedak juga bisa jadi pilihan yang tepat. Obat pereda gatal untuk ibu hamil ini bisa meredakan iritasi yang disebabkan oleh seborrhea.

Bedak ini bisa juga untuk mengatasi biang keringat. Anda bisa juga memakainya untuk mengatasi berbagai gatal. Taburkan Salicyl Bedak Kimia Farma pada bagian tubuh yang bermasalah.

Harga Rp. 5.500-8.000

Redwin Sorbolene Moisturiser Tube

Redwin Sorbolene Moisturiser Tube 100 gram merupakan produk yang sayang untuk dilewatkan. Pelembab ini dibuat di Australia. Kegunaannya adalah untuk memberi kelembapan agar kulit tidak gatal dan kering. Lotion ini bisa digunakan oleh bayi juga.

Harga Rp. 126.000-151.000

Minyak Zaitun Mustika Ratu

Minyak Zaitun Mustika Ratu 175ml ini juga tak bisa dilewatkan. Produk ini mengandung minyak Biji Zaitun serta Aromatic Essential Rose dan Jasmine Oil.

Anda bisa memakainya untuk meredakan gatal pada ibu hamil. Produk ini bisa juga melembutkan kulit kering dan bersisik, agar kulit tampak halus dan lembut.

Harga Rp. 21.000-28.900

Bio Oil - Dry Skin Gel

Bio Oil Dry Skin Gel ini jelas bisa menjadi salah satu rekomendasi juga. Produk ini mampu mengisi lapisan kulit dan melembabkannya. Obat yang satu ini bisa menciptakan lapisan pelindung untuk menahan kelembaban. Anda bisa memakainya di kulit sensitif. Produk ini mudah menyerap dan tidak lengket.

Harga Rp. 75.000-130.000
From our editorial team

Gatal pada Ibu Hamil, Jangan Asal Pakai Obat

Saat hamil, Anda perlu memperhatikan apa saja yang Anda konsumsi dan produk apa yang Anda gunakan. Sebab salah pilih produk bisa berpengaruh pada kesehatan bayi. Saat gatal menyerang, Anda bisa memakai obat yang aman untuk kehamilan Anda. Cek segera rekomendasi di atas, ya!