Lindungi Kulitmu dari Sinar UV dengan 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik (2019)

Lindungi Kulitmu dari Sinar UV dengan 10 Rekomendasi Sunscreen Terbaik (2019)

Setiap hari kita terpapar sinar matahari. Jangan biarkan kulitmu rusak karena pengaruh buruk sinar UV. Gunakan sunscreen untuk membantumu mengurangi efek paparan sinar matahari. Cek rekomendasi produk sunscreen dari kami yuk!

Sunscreen Mengandung SPF Penting untuk Mencegah Kerusakan Kulit

Sinar matahari pada umumnya bisa memberi manfaat baik untuk kesehatan tubuh. Namun ada batasannya juga saat kita berjemur. Sinar matahari yang bagus adalah di pagi hari hingga sebelum jam 9 atau 10 pagi. Lebih dari itu, sinar matahari membahayakan untuk kulit kita. Sinar UVA dan juga UVB berpotensi mempercepat penuaan kulit serta menyebabkan keriput dan flek hitam.

Jika memang terpaksa beraktivitas di bawah terik matahari siang atau sore hari, maka kamu wajib memakai sunscreen. Produk perawatan kulit bernama sunscreen hadir dalam aneka bentuk. Ada yang berbentuk spray, losion, gel hingga foam. Kalau kamu tidak ingin kulit wajahmu ternoda maka wajib buat kamu memakai sunscreen ya. Lalu bagaimana sih memilih produk sunscreen yang tepat?

Cara Memilih Produk Sunscreen

Sesuaikan dengan Jenis Kulitmu

Pertama, saat akan memilih sunscreen tentu saja kamu harus menyesuaikannya dengan jenis kulitmu. Hal ini perlu dilakukan sebab beda jenis kulit, beda pula jenis sunscreen yang kamu butuhkan. Contohnya saja untuk kulit berminyak dan cenderung berjerawat. kamu perlu sunscreen yang berbahan dasar air, bukan minyak. Sunscreen berbahan dasar air akan lebih mudah terserap ke dalam kulit dan tidak menyumbat pori.

Di sisi lain jika kamu memiliki jenis kulit kering, maka kamu bisa memakai sunscreen berbahan dasar minyak. Ini akan membantu menjaga kulit dari sinar UV sekaligus bisa membantu melembapkan kulit.

Jika kamu memiliki kulit sensitif, ada baiknya kamu memakai sunscreen yang mengandung zinc oxide murni. Kandungan bahan tersebut dijamin tidak pernah menyebabkan iritasi atau alergi.

Cek Kandungan Sunscreen

Dalam sunscreen terkandung aneka macam zat yang semuanya tentu berfungsi mengurangi efek sinar UV pada kulit. Kendati demikian, kamu tetap harus mengecek kandungannya. Pastikan bahwa kandungan sunscreen tidak ada yang bikin kulit kamu teriritasi atau alergi.

Beberapa kandungan zat kimia aktif dimasukkan dalam sunscreen sebagai penyaring radiasi sinar UV. Octylcrylene, Octinoxate, hingga Mexoryl SX dan XL merupakan beberapa jenis zat yang umum ada dalam sebuah sunscreen.

Kalau kamu memiliki kulit sensitif, ada baiknya kamu menghindari kandungan seperti Dioxybenzone, Oxybenzone, atau Sulisobenzone. Sebaiknya kamu juga menghindari sunscreen yang mengandung alkohol dan pewangi. Dengan begini kulit sensitifmu akan jadi lebih aman dari iritasi.

Pilih Produk Tabir Surya yang Nyaman dan Mudah Dipakai

Setiap sunscreen memiliki jenis dan tekstur yang berbeda. Tentunya setiap tekstur bisa memberi rasa berbeda ketika digunakan. Gunakan produk yang nyaman dan juga lebih mudah dipakai untuk tipe kulit kamu.

Kamu bisa memilih sunscreen yang sekiranya tidak memberi rasa lengket dan bikin kulit wajah kamu jadi tidak nyaman. Gunakan yang teksturnya terasa ringan di wajah seperti sunscreen dengan tekstur gel. Jenis tekstur gel untuk sunscreen lebih cepat meresap pada kulit dan dijamin tidak memberi rasa lengket. Kamu jadi bisa merasa nyaman meski membubuhkan sunscreen beberapa kali di wajah.

Pastikan Tingkat Perlindungannya



Kamu wajib memastikan tingkat perlindungan sunscreen pada kulit. Pilih yang SPFnya tinggi jika memang kamu tinggal di daerah yang berhawa panas. Minimal gunakan sunscreen dengan tingkat SPF 30 atau lebih.

Kamu bisa juga memilih sunscreen yang berlabel board spectrum. Dengan adanya label tersebut maka dipastikan sunscreen bukan hanya melindungi kulit dari sengatan matahari namun juga bisa melindungi kulit dari kanker dan penuaan kulit.

10 Rekomendasi Produk Sunscreen

Bioderma Photoderm AKN Mat

Sumber gambar www.tokopedia.com

Setiap orang yang bekerja di bawah terik matahari dalam waktu lama akan membutuhkan sunscreen. Kalau ragu dan bingung produk apa yang akan kamu gunakan, lirik saja produk dari Bioderma. Brand ini mengeluarkan sunscreen berkualitas yang bisa melindungi kulit lebih maksimal dalam berbagai kondisi.

Bioderma Photoderm AKN Mat hadir dengan bahan paten eksklusif Fluidactiv. Kandungan tersebut bisa meningkatkan kualitas sebum agar pori-pori tidak tersumbat. Kandungan ini juga akan memastikan bahwa tidak akan ada noda pada kulit usai terpapar sinar matahari.

Photodern AKN Mat ini akan menstimulasi sistem perlindungan kulit saat terpapar sinar matahari. Produk ini bisa melindungi bahan penyusun gen, sel dan kepadatan jaringan kulit secara biologis.

Oles saja secara merata sebelum terpapar sinar matahari. Kamu bisa mengulangi olesan secara berkala sebelum dan sesudah berenang dan berolahraga. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 319.000.

SK-II Atmosphere Airy Light UV Cream SPF50

Sumber gambar www.sk-ii.co.id

Menggabungkan manfaat konsentrat PITERA dengan bahan alami ekstrak Ume, Atmosphere Airy Light UV Cream SPF50+ ini bisa jadi pilihan kamu untuk melindungi permukaan kulit saat terpapar sinar UV. Produk dari rangkaian whitening kulit SK-II ini juga diperkaya ekstrak Kaktus Opuntia. Sunscreen ini juga bisa membantu mengobati kulit yang telah terpapar agresor luar berupa radiasi UV.

Atmosphere Airy Light UV cream ini berbahan dasar minyak dan air. Dengan tekstur yang ringan, produk ini bisa diaplikasikan dengan mudah. Tidak meninggalkan rasa lengket dan berminyak, sunscreen ini telah diuji coba secara klinis. Dapatkan segera produknya di berbagai gerai SK-II seluruh Indonesia dengan harga Rp 1.079.000.

Rohto Skin Aqua UV Moisture Gel

Sumber gambar www.tokopedia.com

Rohto Laboratories merupakan perusahaan asal Jepang yang terkemuka dalam berbagai perawatan. Perusahaan Rohto dikenal selalu mencari solusi untuk mengembangkan produk dengan kualitas terbaik. Salah satu produk ternama mereka adalah sunscreen bernama Skin Aqua UV Moisture Gel.

Produk yang satu ini diformulasikan untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Selain itu produk juga bisa mengurangi produksi sebum dan meningkatkan produksi squalane untuk memperkuat jaringan folikel.

Sunscreen yang satu ini hadir dengan formula bebas minyak sehingga tidak membuat kulit jadi lebih berminyak dan lengket. Dengan vitamin B5, vitamin E, dan vitamin C, sunscreen ini bisa menutrisi kulit dengan baik. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 65.000.

Beach Hut MAX 100++ SPF

Sumber gambar www.tokopedia.com

Hadir dalam bentuk losion, Beach Hut MAX 100++ SPF ini akan memberikan perlindungan kulit dari sinar UV untuk kamu yang aktif di bawah terik matahari. Selain bisa membuat kulit sehat, produk juga akan melembapkan tekstur kulit yang kering. Dikemas dalam tube ukuran 100ml, produknya mudah dibawa kemana saja.

Losion ini diformulasikan dengan seng oksida organik dan sudah teruji klinis dan sudah diuji coba sehingga terbukti anti alergi. Dengan wangi yang tidak menyengat, losionnya mudah meresap dan ringan di kulit wajah. Sunscreen ini waterproof dan bisa digunakan untuk anak hingga dewasa. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 194.000.

Eau Thermale Avene Mineral Lotion SPF 50+

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kamu yang memiliki kulit normal dan kombinasi wajib pakai produk sunscreen yang tepat. Eau Thermale Avene Mineral Lotion SPF 50+ bisa loh jadi pilihan kamu. Bahkan untuk kamu yang berkulit sensitif, produk ini bisa jadi andalan.

Hadir dengan Avène Thermal Spring Water, produk ini memiliki banyak manfaat baik untuk kulit seperti bisa mengurangi sebum berkat kandungan Monolaurin di dalamnya. Aromanya tidak menyengat dan lama kelamaan menghilang sehingga aman digunakan. Bebas paraben, produk ini efektif melawan sinar ultraviolet. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 385.000.

Shiseido Anessa Perfect UV Spray Sunscreen Aqua Booster

Kamu yang kurang suka ribet saat memakai sunscreen bisa memilih jenis spray. Lebih mudah diaplikasikan, sunscreen spray cocok untuk wajah, tubuh dan juga rambut. Salah satu produk sunscreen spray yang bisa kamu lirik adalah Shiseido Anessa Perfect UV Spray Sunscreen Aqua Booster.

Produk ini akan melindungi kulit dari sinar UVA dan UVB berkat kandungan SPF 50 nya. Sunscreen ini waterproof dan teksturnya terasa ringan di kulit serta tidak akan memberi kesan berminyak pada wajah. Dengan teknologi aqua booster, produk lebih cepat terserap dalam kulit.

Harga Rp. 231.000-350.000

Kao Nivea Sun Water Gel SPF 35

Sumber gambar www.tokopedia.com

Kalau ingin sunscreen yang tidak memberi kesan berat di wajah, gunakan saja sunscreen bertekstur gel. Kao Nivea Sun Water Gel SPF 35 bisa jadi pilihan tepat untuk melindungi kulit dari bahaya sinar matahari. Selain bisa menjaga kelembapan kulit, produk juga membuat kulit jadi terasa lebih lembut.

Cepat meresap di kulit, sunscreen ini terasa ringan dan tidak meninggalkan rasa lengket. Kamu bisa memakainya kala berenang atau saat beraktivitas di luar ruangan. Cocok untuk wajah dan juga tubuh, produk bisa digunakan semua jenis kulit. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 150.000.

La Roche-Posay Uvidea XL Melt-In Tinted Cream SPF 50

Sumber gambar www.tokopedia.com

Berikutnya kamu bisa memakai produk tepercaya dari La Roche. Ada Posay Uvidea XL Melt-In Tinted Cream SPF 50 yang siap menjaga kulitmu dari hiperpigmentasi dan penuaan dini akibat dampak buruk sinar matahari. Uniknya produk yang satu ini juga bisa kamu gunakan setiap pagi di akhir rutinitas perawatan kulit, sebagai makeup-base.

Teksturnya ringan sehingga tidak akan lengket pada wajah dan tidak akan memberi rasa berminyak. Dengan bentuk krim, sunscreen ini sangat halus dan cepat meleleh ke dalam kulit tanpa lapisan berwarna putih. Dengan Thermal Spring water, produknya bisa menenangkan kulit. Dibuat tanpa pewangi, produk juga bebas paraben. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 674.000.

Johnson & Johnson Neutrogena Ultra Sheer® Dry-Touch Sunscreen Broad Spectrum SPF 100+

Neutrogena merupakan brand asal Amerika yang banyak yang direkomendasikan oleh para dermatolog dari seluruh dunia. Aneka produk dari Neutrogena juga digunakan untuk keperluan medis karena kualitasnya memang luar biasa. Meski demikian, aneka produk Neutrogena dijual dengan harga yang terjangkau sehingga makin diminati masyarakat.

Kamu bisa gunakan Ultra Sheer® Dry-Touch Sunscreen Broad Spectrum SPF 100+ sebagai solusi untuk melindungi wajah dari sinar UV. Bukan hanya mudah diaplikasikan, produk ini juga mudah diserap oleh kulit sehingga terasa ringan. Tahan air, produk aman juga digunakan untuk berenang.

Harga Rp. 483.000

Emina Sun Protection SPF 30 PA+++

Berikutnya ada Emina Sun Protection yang bisa jadi pelindung kulitmu dari sinar UV. Dengan SPF 30, teksturnya begitu ringan di wajah. Tanpa memberi rasa lengket saat digunakan, sunscreen ini bisa digunakan semua jenis kulit.

Kaya akan lidah buaya dan emollient, sunscreen ini juga bisa memberikan kelembapan ekstra pada kulit. Mudah diserap kulit, sunscreen ini hadir dengan aroma manis yang cukup lembut dan menyegarkan.

Harga Rp. 27.000-29.000
From our editorial team

Mau Liburan di Pantai? Jangan Lupa Bawa Sunscreen Andalan ya!

Sinar matahari memang baik untuk tubuh tapi bukan sinar terik di siang hari ya. Jika ingin menghabiskan liburan di pantai, jangan lupa untuk selalu sediakan dan memakai sunscreen. Fungsinya tentu saja untuk melindungi kulit dari pengaruh buruk sinar UVA dan UVB. Supaya kulit kamu tidak belang dan terjaga dengan baik kesehatannya, jangan sesekali meremehkan pemakaian sunscreen. Segera beli yuk aneka produk sunscreen rekomendasi kami di atas!