Gunakan Serum Wajah agar Kulit Tetap Awet Muda dengan 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik Ini (2019)

Gunakan Serum Wajah agar Kulit Tetap Awet Muda dengan 10 Rekomendasi Serum Wajah Terbaik Ini (2019)

Serum adalah salah satu perawatan wajah yang wajib dimiliki para wanita. Tekstur serum yang cair lebih mudah diserap oleh kulit dan mempersiapkan kulit untuk krim yang lebih padat. Yuk, temukan serum terbaik untuk kulitmu dari rekomendasi BP-Guide berikut ini.

Serum Mengandung Sejumlah Bahan Aktif, dari Mulai Vitamin Hingga Antioksidan, yang Lebih Efektif Daripada Pelembap Wajah Biasa

Sumber gambar huffpost.com

Serum adalah salah satu komponen skincare yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Serum biasanya dikemas dalam botol kecil dengan isi yang sedikit. Namun jangan salah, benda kecil ini ternyata sangat berkhasiat untuk merawat kesehatan dan kecantikan kulit wajah. Tekstur serum mirip cairan kental dan biasanya berwarna bening seperti air.

Tahukah kamu, bahwa serum memiliki banyak kandungan bahan aktif yang membuatnya lebih efektif dibandingkan dengan pelembap? Bahan aktif yang ada di dalam serum antara lain adalah vitamin, mineral, dan antioksidan. Karena berbahan dasar air, serum dapat menghilangkan unsur minyak pada kulit yang bisa menyumbat pori-pori dan menimbulkan jerawat.

Tips Memilih Serum Wajah

Serum untuk Kulit Normal

Sumber gambar mybeautysecretsusa.com

Kulit normal lebih mudah menerima bahan aktif untuk masuk seperti vitamin C, kolagen, dan hyaluronic acid. Kolagen berfungsi untuk memperbaiki struktur kulit agar tampak lebih muda, membuat warna kulit lebih merata, dan menjaga elastisitas kulit. Nutrisi yang ada dalam vitamin C dan hyaluronic acid juga sangat dibutuhkan oleh kulit normal. Merawat jenis kulit normal lebih mudah dari kulit kering atau berminyak.

Serum untuk Kulit Kering

Sumber gambar cleopatraschoice.com

Kulit kering membutuhkan serum dengan banyak kandungan pelembap yang mampu menutrisi hingga ke lapisan kulit yang paling dalam. Serum terbaik untuk kulit kering adalah yang kaya akan kandungan hyaluronic acid, ceramide, vitamin E, dan glycolic acid. Bahan-bahan tersebut bermanfaat untuk mengangkat sel-sel kulit mati, melembutkan kulit, dan menghidrasi kulit.

Hyaluronic acid bermanfaat untuk mengembalikan dan mengunci kelembapan kulit, namun cepat diserap oleh kulit dan tidak lengket.

Serum untuk Kulit Berminyak

Sumber gambar beautybay.com

Kulit berminyak termasuk kulit bermasalah karena rentan berjerawat. Untuk itu, pilih serum yang mampu mengurangi kelebihan minyak dan membunuh bakteri di kulit. Serum dengan kandungan tea tree oil sangat baik untuk kulit berminyak dan berjerawat. Retinol dan salicylic acid juga baik untuk kulit berminyak dan berjerawat.

Untuk kulit berminyak yang tidak bermasalah dengan jerawat, serum yang mengandung hyaluronic acid bisa menjaga kelembapan kulit tanpa membuat kadar minyak di kulit menjadi berlebih. Serum yang mengandung formula oil balancing juga penting untuk kulit, seperti linoleid acid. Sementara niacinamide berfungsi untuk melindungi kulit dan mengendalikan produksi minyak pada wajah.

Cara Menggunakan Serum

Bersihkan Wajah Terlebih Dahulu

Sumber gambar yourhealth.net.au

Sebelum mengoleskan serum atau skincare apa pun, pastikan wajah sudah dibersihkan terlebih dahulu. Gunakan pembersih wajah berbahan dasar air atau micellar water yang bisa mengangkat kotoran dengan sempurna. Jika wajah bersih dari segala macam kotoran, maka skincare bisa diserap dengan lebih baik oleh kulit.

Gunakan Toner untuk Mengangkat Kotoran dan Menyeimbangkan pH Kulit

Sumber gambar today.com

Setelah membersihkan wajah, langkah selanjutnya adalah menggunakan toner. Ada dua jenis toner dengan fungsi yang berbeda, yaitu exfoliating toner dan hydrating toner. Exfoliating toner bermanfaat untuk menjaga kelembapan kulit, sementara exfoliating toner dapat mengangkat sel kulit mati.

Sebaiknya, exfoliating toner digunakan terlebih dahulu, baru kemudian hydrating toner. Tunggu hingga toner sedikit meresap sekitar 1 menit, namun jangan sampai kulit menjadi kering. Dalam kondisi kulit yang lembap, nutrisi dalam serum lebih mudah diserap oleh tubuh. Toner berfungsi untuk membersihkan pori-pori kulit, mengecilkan pori, dan mengencangkan sel kulit.

Segera Aplikasikan Serum

Sumber gambar serumcreamfacts.com

Setelah memakai toner, segera aplikasikan serum pada kulit sebelum benar-benar kering. Tekstur serum lebih kental dari air, namun lebih encer daripada krim. Tuangkan secukupnya di ujung jari, cukup 3 atau 4 tetes saja. Serum biasanya dilengkapi dengan pipet untuk memudahkan pengambilan. Serum yang dilengkapi dengan pipet dapat langsung diteteskan pada kulit wajah.

Ratakan serum dengan menggunakan tangan, pastikan sudah meresap dengan sempurna. Jangan mengoleskan serum dengan kuas atau kapas karena nutrisi yang ada di dalamnya tidak dapat diserap sempurna oleh kulit. tepuk-tepuk wajah setelah penggunaan hingga serum benar-benar meresap.

10 Rekomendasi Serum Terbaik untuk Kulitmu

SK-II R.N.A POWER Essence Serum

Sumber gambar sk-ii.com

SK-II R.N.A POWER Essence Serum berfungsi untuk merawat kekencangan kulit wajah, mengecilkan pori-pori kulit, dan membuat kulit tampak kenyal dan segar setelah bangun tidur. Serum yang terdiri dari pelembap dan essence ini memiliki tekstur seperti gel yang mudah diserap kulit. Dapatkan kulit yang lebih muda terawat dengan satu langkah mudah. Cukup 2 tetes setiap pemakaian, lalu ratakan ke seluruh wajah.

SK-II R.N.A Power Radical New Age Essence Serum Wajah 50 ml tersedia di Blibli dengan harga Rp 1.811.000.

Kiehls Midnight Recovery Concentrate

Sumber gambar kiehls.com

Serum malam hari dari Kiehl’s ini mengandung sari tanaman untuk menyegarkan kulit. Terbuat dari 99,8% bahan alami, bebas paraben, dan aman untuk kulit sensitif. Paduan antara essential oils dan botanical dalam satu produk ini memberikan kelembapan bagi kulit dan mengandung manfaat therapeutic dan antioksidan. Kulit terasa kenyal, lembut, dan lebih cerah. Cepat diserap kulit, kandungannya tidak membuat kulit tampak berminyak. KIEHL'S Midnight Recovery Concentrate 30ml tersedia di jd.id dengan harga Rp 792.000.

Estee Lauder Advanced Night Repair Synchronized Recovery Complex II

Sumber gambar johnlewis.com

Estee Lauder Advanced Night Repair Synchronized Recovery Complex II terbukti mampu memperlambat penuaan dini pada wajah dalam waktu 7 hari. Serum ini baik digunakan pada malam hari untuk memperbaiki tekstur kulit setelah seharian terpapar debu, sinar matahari, dan radikal bebas. Diciptakan dengan ChronoluxCB™ Technology untuk mengembalikan fungsi catabolysis pada kulit yang mampu mencegah tanda penuaan. Dapatkan Estee Lauder ANR Complex II Serum Wajah 75 mL di Blibli dengan harga Rp 1.779.000.

Olay Regenerist Micro-Sculpting Serum

Sumber gambar olay.com

Serum Olay ini memiliki tingkat konsentrasi Amino dan Peptidae Complex tertinggi dengan campuran pelembap. Dapat digunakan sehari-hari sebelum mengaplikasikan moisturizer. Bekerja mengencangkan kulit wajah yang kendur dan mengurangi tanda penuaan dini seperti kerutan dan garis halus. Rasakan perubahannya setelah 2 minggu penggunaan. Kulit terasa lebih kencang dan tampak lebih cerah bercahaya.

Olay Advanced Anti Aging – Pelembab Regenerist Micro-sculpting Serum – 50g bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 185.500.

The Body Shop Roots of Strength Serum

Sumber gambar thebodyshop.co.id

Kulit harus dirawat kesehatan dan kecantikannya, karena keremajaan kulit akan berkurang seiring usia. The Body Shop Roots of Strength Serum dengan kandungan ginger root, ruscus root, dan ginseng root yang mampu menjadikan kulit terasa kenyal dan kencang. Selain itu kandungannya mampu menyamarkan tanda penuaan. Serum dengan tekstur krim ringan ini mudah meresap di kulit dan tidak lengket.

Gunakan secara rutin di pagi dan malam hari untuk hasil terbaik. The Body Shop Roots Of Strength Firming 30 mL dapat dibeli di Blibli dengan harga Rp 599.000.

L’Oreal Paris Revitalift Filler Serum

Sumber gambar glowcosmetics.com.au

L’Oréal Paris terus berinovasi menghadirkan perawatan kulit terbaik untuk wanita. Revitalift Filler Serum diperkaya dengan konsentrasi Hyaluronic Acid tertinggi untuk meningkatkan kekenyalan kulit dan menyamarkan tanda penuaan dini pada kulit. Kandungan Hyaluronic Acid pada serum ini 10x lebih tinggi dibandingkan dengan serum lainnya.

Penggunaan rutin dapat membuat kulit tampak lebih muda, tetap lembap, dan sehat. L'OREAL Dermo Expertise Revitalift Filler Serum dapat dibeli di Shopee dengan harga Rp 336.900.

Innisfree Green Tea Seed Serum

Sumber gambar innisfree.com

Dapatkan nutrisi terbaik dari alam dalam Green Tea Seed Serum dari Innisfree. Kaya akan kandungan green tea, mineral, dan amino acid untuk menutrisi kulit, menjadikannya lebih lembab dan bercahaya. Dilengkapi dengan teknologi moisturizer ganda untuk mengunci kelembapan kulit agar bertahan lebih lama serta mengembalikan kelembapan kulit yang hilang setelah cuci muka.

Produk ini bisa digunakan di pagi dan malam hari secara rutin. Innisfree Green Tea Seed Serum 80 mL tersedia di Blibli dengan harga Rp 305.000.

Laneige Fresh Calming Serum

Sumber gambar laneige.com

Fresh Calming Serum dari Laneige diperkaya kandungan deep seawater dan ekstrak buah leci untuk kulit yang segar, lembap, dan sehat. Serum ini telah melewati uji dermatologis dan bebas dari mineral oil sehingga aman untuk kulit sensitif. Kulit tetap lembap, terasa sejuk, segar, dan bebas dari iritasi. Mudah diserap dan tidak membuat kulit tampak mengkilap. Laneige Fresh Calming Serum 80 ml dapat dibeli di Blibli dengan harga Rp 440.000.

La Roche-Posay Hyalu B5 Serum

Sumber gambar laroche-posay.us

Kembalikan rona muda dan segar pada kulit dalam waktu satu hari dengan La Roche-Posay Hyalu B5 Serum. Kandungan hyaluronic acid mampu menghambat munculnya penuaan dini dan menambah elastisitas dan kekencangan kulit wajah. Teksturnya kental, namun dapat diserap dengan baik oleh kulit. Gunakan secara rutin setiap hari sebelum mengaplikasikan pelembap. La Roche-Posay Hyalu B5 Serum dapat dibeli di Blibli dengan harga Rp 880.111.

Lancome Advanced Genifique Youth Activating Serum

Sumber gambar lancome-usa.com

Serum wajah dari Lancome ini berfungsi untuk mencerahkan kulit dan membuat kulit tampak lebih halus dan lebih muda hanya dalam waktu 7 hari. Dengan formula inovatif Genifique Complex untuk memperbaiki tekstur kulit menjadi lebih ringan, segar, dan bebas minyak. Serum ini termasuk salah satu serum anti aging terbaik di dunia. Dibuat dengan biotechnology-derived ingredients untuk mengatasi lebih dari 10 tanda penuaan pada kulit. Lancome Genefique Youth Activating Concentrate 7 mL tersedia di Blibli dengan harga Rp 211.650.

From our editorial team

Maksimalkan Penyerapan Krim Wajah dengan Serum

Serum wajah memiliki banyak manfaat, antara lain mempersiapkan kulit agar dapat menyerap nutrisi krim secara lebih maksimal. Teksturnya cair, mudah diserap, dan tidak lengket di kulit. Dari rekomendasi BP-Guide di atas, kamu sudah tahu bukan mana yang paling cocok untuk kulitmu?