Jaga Kelembapan Kulit dengan 10 Rekomendasi Moisturizer yang Aman Digunakan Sehari-hari

Jaga Kelembapan Kulit dengan 10 Rekomendasi Moisturizer yang Aman Digunakan Sehari-hari

Moisturizer sangat penting untuk menjaga kelembapan wajah dan kesehatan kulit. Kalau ingin merawat kulit dengan baik, kamu tentu harus mengetahui jenis pelembap yang tepat dan produk yang sesuai dengan jenis kulitmu. Simak tips dan rekomendasi moisturizer dari BP-Guide berikut!

Moisturizer, Komponen Penting dalam Perawatan Kulit

Sumber gambar www.rd.com

Wajah dan tubuh memerlukan perawatan kulit setiap hari agar kulit tetap lembap dan ternutrisi sekaligus mencegah kulit mengalami kekeringan. Penggunaan moisturizer secara teratur dapat membuat kulit Anda menjadi lebih cantik dan sehat.

Setiap produk moisturizer selalu mengandung emollient, zat-zat occlusive, dan humectant yang merupakan komponen penting dalam merawat kulit.

Emollient dalam moisturizer bekerja aktif untuk mengentalkan tekstur, melembapkan kulit, sekaligus mengisi celah dan kerak yang terdapat dalam sel-sel kulit. Zat occlusive dalam moisturizer mampu memberikan lapisan pelindung untuk mencegah terjadinya kadar air dalam tubuh berkurang.

Humectant dalam moisturizer secara aktif mengikat air dari udara dan menempelkannya pada kulit sehingga permukaan kulit terhidrasi sempurna.



Manfaat Menggunakan Moisturizer bagi Kulit

Melembapkan Kulit Wajah

Setelah melakukan beragam aktivitas baik didalam ataupun diluar ruangan, biasanya kulit akan menjadi terasa tidak nyaman atau bahkan terlihat kusam. Untuk itu Anda membutuhkan moisturizer yang dapat melembapkan kulit sekaligus membuatnya terlihat lebih segar dan mencegah kulit menjadi kering.

Selain itu moisturizer dapat membantu mengembalikan protein keratin pada kulit wajah yang sangat dibutuhkan oleh kulit. Penggunaan moisturizer secara teratur dapat membantu kadar pH dan produksi keratin meningkat, sehingga kulit tetap terhidrasi sempurna.

Melindungi Kulit dari Sinar UV

Sumber gambar www.essilorindia.com

Penggunaan moisturizer secara teratur tak hanya dapat melembapkan wajah dan kulit saja, namun juga dapat melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang membahayakan kulit. Paparan sinar ultraviolet dapat membuat kulit mengalami iritasi atau bahkan menyebabkan kanker kulit.

Sebelum Anda berpergian ataupun melakukan aktivitas di luar ruangan sebaiknya oleskan pelembap wajah terlebih dahulu agar terhindar dari risiko buruk dari paparan sinar UV pada wajah. Anda dapat memilih menggunakan moisturizer yang memiliki kandungan SPF dan vitamin E. Kandungan ini dapat berfungsi sebagai antioksidan yang dapat melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas ataupun polusi.

Menutrisi Kulit Wajah

Sumber gambar www.shefinds.com

Moisturizer memiliki kandungan mineral dan vitamin yang baik untuk kesehatan kulit wajah sehingga dapat ternutrisi dengan baik. Meskipun begitu Anda tetap harus menerapkan pola makan teratur dan penuh gizi agar kulit wajah tetap sehat dan cantik optimal. Kandungan vitamin dalam moisturizer berupa vitamin A dan B5 dapat membuat kulit menjadi kencang dan lembap, sedangkan vitamin C dan E bisa melindungi kulit dari kerusakan.

Tips Menggunakan Moisturizer yang Aman dan Efektif

Pilih yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Sumber gambar tudosisdiaria.com

Untuk membeli moisturizer sebaiknya cocokkan dengan jenis kulit Anda agar memperoleh hasil maksimal. Apabila kulit Anda cenderung berminyak sebaiknya jangan pilih moisturizer dengan bahan dasar minyak, namun pilihlah yang berbahan dasar air.

Untuk kulit kering sebaiknya pilihlah moisturizer yang mempunyai kandungan hyaluronic acid dan ceramides agar tekstur kulit menjadi lebih lembut sekaligus melindunginya. Kedua kandungan tersebut memiliki kemampuan tinggi dalam menahan air sehingga sangat tepat untuk menghidrasi kulit.

Untuk kulit berjerawat sebaiknya pilihlah moisturizer yang mengandung alkohol, minyak dengan konsentrasi berat, petrolatum, adapalene, benzoyl peroxide, dan salicylic acid.

Lakukan Test Patch Saat Mencoba Moisturizer Baru

Sumber gambar solarderm.net

Ketika memutuskan untuk membeli moisturizer, sebaiknya Anda mencoba produk tersebut untuk mencocokkan pada kulit Anda. Untuk mencobanya Anda harus mengaplikasikan terlebih dahulu pada bagian leher.

Hal ini untuk memastikan agar produk yang dipilih benar-benar tidak menutup pori-pori, membuat bruntusan atau justru menimbulkan reaksi alergi. Tindakan seperti ini perlu dilakukan terutama bagi Anda yang memiliki jenis kulit sensitif.

Setelah pengaplikasian pertama kali menggunakan moisturizer, sebaiknya cermati reaksi yang terjadi yaitu normal, sedang dan parah. Reaksi normal pada kulit setelah pemakaian moisturizer ditandai dengan tidak munculnya reaksi apa-apa, sedangkan reaksi sedang menimbulkan reaksi tertentu seperti kemerahan. Untuk reaksi parah pada kulit terjadi jika kemerahan pada kulit, bumpy ataupun splotchy, terasa gatal dan perih.

Gunakan Moisturizer dengan SPF di Siang Hari

Sumber gambar www.wellandgood.com

Untuk melindungi kulit Anda selama beraktivitas sebaiknya selalu pergunakan moisturizer dengan kandungan SPF. Moisturizer dengan kandungan SPF sangat tepat untuk melindungi kulit dari paparan sinar ultraviolet yang dapat menyebabkan kerutan dini atau bahkan menimbulkan kanker kulit.

Apabila Anda terlanjur membeli moisturizer tanpa menggunakan SPF, maka dapat dengan menambahkan pemakaian tabir surya setelah menggunakan pelembap.

10 Rekomendasi Moisturizer yang Aman Digunakan Setiap Hari

Emina Moist in a Bottle Face Moisturizer

Sumber gambar www.gogobli.com

Emina Moist In A Bottle Moisturizer merupakan pelembap yang tepat untuk wajah Anda karena mampu memenuhi kebutuhan hidrasi kulit di setiap hari. Produk ini memiliki tekstur ringan dan mengandung minyak macadamia yang baik untuk melindungi kulit Anda dari kekeringan.

Selain itu produk ini sangat mudah menyatu dengan lembut di kulit. Anda dapat membeli Emina Moist In A Bottle Moisturizer tersedia dalam ukuran 50 ml yang dapat dibeli di Blibli dan jd.id dengan harga Rp 29.000. 

Rivera Moisturizer SPF 17 Pelembab Wajah

Sumber gambar shopping.line.me

Rivera Moisturizer Whitening Phyto Aromatic SPF 17 dapat menjadi pilihan pelembab Anda. Pelembab wajah ini dilengkapi dengan Whitening Phyto Aromatic mempunyai kandungan vitamin B3, AHA & Essensial Oil yang efektif untuk melembapkan, mencerahkan, serta menenangkan kulit.

Pelembab ini diperkaya dengan UV Filter SPF 17 yang baik untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung. Produk ini tersedia dalam ukuran 40 ml yang dapat Anda beli di Shopee dengan harga Rp 39.100 atau di Tokopedia dengan harga Rp 35.500.

Cetaphil Daily Facial Moisturizer SPF 15

Sumber gambar www.dermstore.com

Cetaphil Daily Facial Moisturizer SPF 15 / PA++ Pelembab Wajah dapat menjadi pelembap pilihan Anda. Produk ini diformulasikan khusus non comedogenic yang dapat melindungi kulit dari komedo. Selain itu produk ini juga mengandung sun protection SPF 15 yang baik untuk melindungi kulit dari radiasi sinar ultraviolet.

Pelembab ini cocok digunakan semua jenis kulit dan bebas dari kandungan berbahaya ataupun parfum. SPF 15 dalam produk ini sangat baik untuk melindungi kulit dari berbagai permasalahan kulit, seperti kulit kusam, penuaan dini ataupun kerutan pada wajah.

Cetaphil Daily Facial Moisturizer SPF 15 / PA++ memiliki tekstur creamy dan berwarna putih bersih. Produk ini tersedia dalam ukuran 118 ml yang  dapat membeli produk ini di Blibli dengan harga Rp 213.900 atau di jd.id dengan harga Rp 274.000.

Palmers Skin Perfecting Moisturizing Day Cream SPF 15

Sumber gambar www.feelunique.com

Palmers Skin Perfecting Moisturizing Day Cream SPF 15 merupakan krim siang yang dapat menyerap ringan dan cepat. Moisturizer ini mengandung SPF 15 yang dapat memproduksi kolagen serta membantu meredakan iritasi. Selain itu produk ini juga memiliki kandungan antioksidan, kompleks peptida, vitamin A, B1, B2, B3, C dan E yang dapat membalikkan efek kerusakan kulit serta mengembalikan kelembapan yang hilang.

Tak hanya itu saja, moisturizer ini juga mengandung asam oleat yang dapat meningkatkan regenerasi sel serta meredakan jerawat. Produk ini cocok untuk semua jenis kulit dan dapat mempromosikan penyembuhan kulit. Moisturizer ini bersifat nonkomedogenik, aman untuk kulit sensitif, dan telah diuji dermatologis. Anda dapat membelinya di Tokopedia dan Bukalapak dengan harga Rp 190.000.

Erha Essential Moisturizer Pelembab Wajah

Erha Essential Moisturizer merupakan pelembap wajah yang memiliki formulasi dapat mempercepat regenerasi sel. Moisturizer ini memiliki kandungan anti penuaan dini dan antioksidan yang dapat menjaga kelembapan kulit.

Dengan penggunaan secara teratur dapat membuat kulit wajah tampak lebih cerah, kenyal, kencang sekaligus terlindung dari paparan sinar matahari UVA dan UVB. Pengaplikasian dari produk ini sangat mudah yaitu dengan mengoleskan secara merata di wajah dan leher.

Erha Essential Moisturizer tersedia dalam ukuran 30 gram yang dapat Anda beli di Shopee dengan harga Rp 149.900 atau di Tokopedia dengan harga Rp 144.500.

The Body Shop Seaweed Mattifying Moisture Lotion SPF 15

Sumber gambar www.thebodyshop.ie

The Body Shop Seaweed Mattifying Moisture Lotion SPF 15 merupakan gel bertekstur ringan yang sangat ideal untuk kulit kombinasi. Produk ini dapat menghidrasi kulit dan membantu menyeimbangkan minyak ataupun kelebihan sebum.

Penggunaan produk ini dapat membuat kulit bebas kilap dan meninggalkan warna matte. The Body Shop Seaweed Mattifying Moisture Lotion SPF 15 sangat tepat untuk kulit kombinasi ataupun berminyak karena mengandung rumput laut yang kaya akan mineral, aloe vera, serta tabir surya SPF 15 PA+++.

Produk ini tersedia dalam ukuran 50 ml yang dapat Anda beli di thebodyshop.co.id dan Tokopedia dengan harga Rp 259.000.

BIOAQUA Pearl Moisturizing Smoothing Moisturizing Cream

Sumber gambar www.jd.id

BIOAQUA Pure Pearl Cream merupakan produk perawatan kulit yang mengandung hyaluronic acid dan mutiara. Kandungan tersebut sangat baik untuk melembapkan kulit, mencerahkan wajah, anti kerut, menutrisi wajah, memperkuat elastisitas kulit, menyegarkan kulit, serta mengontrol kelebihan minyak.

Pelembap ini sangat tepat untuk semua jenis kulitdant ersedia dalam ukuran 60 gram yang dapat dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 140.400.

Kiehl's Ultra Facial Moisturizer

Sumber gambar www.kiehls.com

Ultra Facial Cream merupakan pelembap wajah yang dapat digunakan sepanjang hari. Selain mampu melembakan kulit, krim ini mampu menghidrasi kulit dan melindungi dari cuaca buruk.

Ultra Facial Cream memiliki kandungan Squalane, Glacial Glycoprotein Extract dan Imperata Cylindrica yang baik untuk kulit. Squalane dalam Ultra Facial Cream dapat membantu merawat kelembapan kulit dan membuat kulit menjadi halus dan elastis. Imperata Cylindrica dapat membantu kulit menyimpan dan mempertahankan kelembapannya walau dalam kondisi cuaca paling kering. Ada pula Glacial Glycoprotein Extract yang dapat memberikan tampilan kulit menjadi lebih halus sekaligus melindungi dari radikal bebas.

Kiehl's Ultra Facial Cream dapat menjadi pilihan pelembap Anda karena memiliki tekstur ringan dan cocok untuk semua jenis kulit serta aman untuk digunakan.

Kiehl's Ultra Facial Cream tersedia dalam ukuran 7 ml yang dapat Anda beli di Lazada dengan harga Rp 120.000. Sedangkan untuk ukuran 75 ml dapat Anda beli di Tokopedia dengan harga Rp 400.000.

Wardah Hydramild Moisturizer Cream

Sumber gambar shopee.co.id

Wardah Hydramild Moisturizer Cream Aloe merupakan pelembap yang aman digunakan dan sudah teruji secara dermatologi.

Produk ini mengandung Hydramild Aloe Vera Extract yang dapat menenangkan serta melembapkan kulit, Moisturizing Duo yang mampu menjaga kelembapan kulit secara optimal, dan Olive Oil yang dapat menghaluskan sekaligus melembutkan ke seluruh jaringan kulit.

Wardah Hydramild Moisturizer Cream Aloe tersedia dalam ukuran 40 ml yang dapat Anda beli di Tokopedia dengan harga Rp 22.500 atau di Blibli dengan harga Rp 29.000.

Elshe Skin Hydrating Moisturizer Cream

Sumber gambar www.tokopedia.com

Elshe Skin Hydrating Moisturizer merupakan pelembab yang dapat digunakan untuk merawat beragam jenis kulit termasuk kulit sensitif sekalipun. Kemasan dari produk ini dalam bentuk jar yang terbuat dari bahan plastik cukup tebal dan kokoh dengan isi bentuk gel yang teksturnya mirip dengan lotion.

Meskipun begitu produk ini tidak lengket di kulit dan justru lebih lebih cepat meresap di kulit. Elshe Skin Hydrating Moisturizer Cream dapat menjadi pilihan tepat untuk merawat kulit Anda. Cara penggunaan dari moisturizer ini sangat mudah yaitu dengan mengoleskan secara tipis-tipis.

Produk ini tersedia dalam ukuran 15 gram yang dapat Anda beli di Tokopedia dan Shopee dengan harga Rp 80.000 atau di Shopee dengan harga Rp 80.000.

From our editorial team

Usapkan Moisturizer secara Perlahan dan Merata pada Wajah

Untuk mendapatkan penampilan maksimal dari penggunaan moisturizer, sebaiknya jangan dilakukan asal oles saja. Anda harus mengaplikasikannya secara tepat dan merata. Langkah pertama pengaplikasiannya dengan mengoleskan moisturizer terlebih dahulu pada seluruh wajah menggunakan jari. Kemudian ratakan dengan gerakan memutar ke atas mulai dari sisi terluar wajah sampai menuju ke bagian tengah. Lakukan dengan lembut dan perlahan setiap mengaplikasikan pelembap.

Tag