Ketahui 6 Bahan Kandungan Kosmetik yang Berbahaya dan 6 Merek Makeup yang Aman Digunakan untuk Ibu Hamil Berikut!

Ketahui 6 Bahan Kandungan Kosmetik yang Berbahaya dan 6 Merek Makeup yang Aman Digunakan untuk Ibu Hamil Berikut!

Saat hamil, bukan hanya nutrisi yang perlu diperhatikan tetapi juga apa yang digunakan pada kulit termasuk kosmetik dan makeup. Yuk, ketahui bahan kosmetik yang harus dihindari saat mengandung dan kosmetik yang aman digunakan oleh ibu hamil!

Saat Hamil, Penggunaan Makeup Harus Diperhatikan dengan Benar

Sumber gambar www.istockphoto.com

Wanita akan selalu merasa ada yang kurang jika belum tampil tanpa makeup. Meski makeup-nya minimalis, tetap bisa membuat wajah tampak lebih segar dan berseri. Lalu bagaimana jika sedang dalam kondisi hamil, apakah pemakaian makeup harus dihentikan total?

Jangan khawatir, meski hamil tentu Anda tetap bisa memakai makeup. Ibu hamil memang wajib menjaga kesehatan tubuh. Maka, ibu hamil wajib menjaga asupan gizi dalam konsumsi makanannya. Bukan itu saja, tetapi makeup yang dikenakan juga wajib diwaspadai bahannya.


Bahaya Menggunakan Makeup yang Tidak Aman Saat Hamil

Penampilan ibu hamil memang bisa dipercantik dengan memakai makeup. Namun, jangan salah pilih makeup ya. Sebaiknya Anda lebih berhati-hati saat membeli dengan cara melihat dulu komposisi bahannya.

Jika Anda memilih makeup yang asal saja, maka ada bahaya yang mengintai. Bisa jadi bahan kimia dalam makeup mempengaruhi tumbuh kembang janin. Bahkan berdasarkan penelitian dari Brooklyn, Amerika Serikat, dikatakan bahwa bahan kimia dalam kosmetik bisa meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan yang kurang ideal.

Catat! Ini Zat yang Tidak Boleh Ada dalam Kosmetik Anda!

Merkuri

Sumber gambar www.rd.com

Semua orang tentu ingin memiliki wajah putih berseri dalam waktu singkat. Namun mari kembali pada realita bahwa memperoleh hasil wajah putih tak bisa dalam tempo yang singkat. Butuh proses panjang jika bahan yang digunakan memang alami.

Ada juga cara tercepat untuk membuat wajah putih, yakni dengan memakai kosmetik yang memiliki bahan merkuri di dalamnya. Bahan yang satu ini bisa memang akan memberi efek wajah lebih putih , tapi, ada efek sampingnya juga.

Bagi Anda yang tetap memakai kosmetik berbahan merkuri, maka ada kemungkinan pertumbuhan janin jadi lebih lambat bahkan bisa membuat bayi buta atau bisu. Bahayanya lagi, kometik bahan merkuri berpotensi mengakibatkan keguguran.

Retinoid

Sumber gambar www.siobeauty.com

Bahan bahaya lain yang kerap ada dalam kosmetik adalah retinoid. Bahan yang satu ini fungsinya adalah untuk mengurangi kerutan. Fungsi lain retinoid adalah untuk membuat warna kulit lebih merata. Zat retinoid juga dipercaya bisa mengurangi tingkat kerusakan kolagen dan membantu mempercepat tumbuhnya sel baru.

Sayangnya, pemakaian kosmetik dengan retinoid untuk ibu hamil justru bisa membahayakan. Ada resiko bayi lahir cacat. Nama lain dari retinoid adalah differin, renova dan asam retinoat. Maka waspadalah pada komposisi makeup Anda mulai sekarang ya.

Salycil Acid (BHA)

Sumber gambar vineverareviews.com

Bahan salycil acid atau lebih dikenal dengan BHA ini biasanya ada dalam produk krim anti jerawat. Selain pada obat jerawat, BHA juga bisa ditemukan pada produk cleanser dan juga toner. Bahan ini aman untuk digunakan dalam kosmetik hanya jika kandungannya kurang dari atau hanya 2 persen.

Meski demikian, ibu hamil disarankan untuk menjauhi produk dengan bahan BHA ini ya. Bahan salicylid acid terbukti bisa membuat bayi lahir dalam keadaan cacat atau bahkan ibu akan mengalami komplikasi kandungan.

Hydroquinone

Sumber gambar www.arbresh.info

Memiliki wajah putih tentu jadi idaman, namun silakan menahan diri dulu jika Anda sedang hamil. Umumnya kosmetik pemutih wajah mengandung hydroquinone. Bahan kimia ini bahayanya hampir sama dengan bahan merkuri. Senyawa kimia ini akan menyebabkan kerusakan organ pada janin. Tentunya Anda tak ingin hal buruk terjadi pada buah hati, bukan?

Benzoil Peroxide

Sumber gambar www.newbeauty.com

Bahan kimia berikutnya yang sering ada dalam kosmetik adalah benzoil peroksida. Senyawa ini banyak digunakan sebagai pemutih. Umumnya bahan ini didapatkan dalam produk pewarna rambut dan produk pemutih gigi.

Sebenarnya belum ada penelitian mengenai bahaya penggunaan benzoil peroxide pada manusia. Kendati demikian, tak ada salahnya jika kita mencegah hal yang tidak diinginkan. Maka, ibu hamil sebaiknya menghindari produk apa pun dengan bahan benzoil peroxide di dalamnya.

PABA

Sumber gambar www.zmescience.com

Para amino benzoic acid atau biasa disingkat menjadi PABA adalah bahan lain yang kerap ada dalam kosmetik seperti tabir surya. Bahan ini ternyata malah bisa membuat kulit menyerap lebih banyak sinar ultraviolet. Maka, kosmetik dengan bahan PABA akan lebih cocok dipakai untuk mereka yang mendambakan kulit kecokelatan.

Produk kosmetik dengan PABA juga berbahaya untuk ibu hamil. Bahan ini bisa merusak keseimbangan hormon yang bisa berakibat memperlambat pertumbuhan janin. Selain itu, PABA juga bisa menjadikan kulit lebih gelap.

Cek 6 Merek Makeup yang Aman untuk Ibu Hamil Berikut Ini!

Burt's and Bees

Sumber gambar www.amazon.com

Burt’s and Bees merupakan merek Amerika yang menyediakan aneka produk untuk bibir. Bagi yang sedang hamil, produk dari merek kenamaan ini sangat disarankan jika sedang mencari kosmetik untuk bibir. Bahan pembuatan dari kosmetik Burt's and Bees natural dan tanpa paraben sehingga terjamin keamanannya. Anda bisa lirik produknya dari lip balm hingga lip gloss.

Tinted balm adalah produk yang bisa Anda coba dari merek yang satu ini. Tanpa bahan kimia dan bahan sintetik, kosmetik ini aman untuk Anda. Hadir dengan banyak warna cantik yang bisa bikin bibir indah dan juga super lembab. Dapatkan di Shopee dengan harga Rp 90.000.

Mineral Botanica

Sumber gambar id.priceprice.com

Selain produk dari luar negeri, ada juga produk dalam negeri seperti Mineral Botanica yang bisa Anda coba. Merek yang satu ini mempersembahkan aneka makeup berbahan alami. Bebas paraben, jadi Anda tak perlu ragu lagi akan produk-produk yang ditawarkan.

Mineral Botanica Original Loose Foundation ini bisa Anda gunakan. Bisa digunakan para ibu hamil karena bahannya aman. Hadir dalam bentuk serbuk, produk ini memiliki kandungan mineral di dalamnya. Bisa dipakai sebagai two way cake dan mampu mencerahkan kulit dengan memberi nutrisi pada sel kulit.

Terdapat juga kandungan adansonia ekstrak yang mampu melembapkan kulit. Produk ini hadir dalam 3 pilihan warna. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 57.900.

Wardah

Sumber gambar www.lazada.co.id

Wardah adalah merek kosmetik halal asal Tanah Air. Telah mendapat penghargaan dari International Award Word Halal Council, sehingga produk Wardah banyak diunggulkan untuk mereka yang mencari kosmetik halal. Kelebihan lain dari merek Wardah adalah tak memakai kandungan berbahaya dalam produknya. Maka, bagi para ibu hamil, akan aman jika Anda memilih produk dari Wardah, ya.

Anda yang ingin tampil segar dan tidak pucat tanpa mengoleskan lipstik berkali-kali, bisa coba produk multifungsi dari Wardah yakni Wardah Everyday Cheek and Lip Tint yang bisa digunakan untuk mewarnai bibir sekaligus blush on. Hadir dalam tiga warna cantik yakni pink, orange dan merah, lip tint ini dijual seharga Rp 34.000 di Tokopedia.

The Body Shop

Sumber gambar www.thebodyshop.co.id

Merek Body Shop pasti sudah tak asing di telinga. Produk kosmetik dari brand ini dijamin aman karena bahannya selalu alami. Mereka memiliki slogan bahwa produknya dibuat tanpa animal testing. Tanpa kandungan kimia berbahaya, ibu hamil bisa aman memakai aneka produk The Body Shop ya.

Loose Face Powder dari The Body Shop bisa menjadi produk pilihan untuk dipakai oleh ibu hamil. Berbentuk butiran serbuk membuat bedak ini cocok untuk dipakai dalam kegiatan keseharian. Butirannya ringan dan mudah menyatu pada kulit.

Cocok untuk Anda yang memiliki kulit berminyak, karena produk ini bisa menyerap minyak berlebihan pada wajah. Dapatkan di gerai The Body Shop dengan harga Rp 249.000.

Emina

Sumber gambar www.tokopedia.com

Emina merupakan merek lokal yang banyak diandalkan saat ini. Merek yang menyasar anak muda ini, produknya juga terjamin aman dari bahan kimia loh. Anda yang tengah hamil, bisa mencoba deretan makeup persembahan Emina.

Anda bisa lirik Emina Eye Do! Crayon Eyeliner. Hadir dengan tekstur creamy dan anti air. Cara menggunakannya juga mudah sekaligus tahan lama kala digunakan. Terdapat bagian smudger dan sharperner sekaligus sehingga praktis dipakai. Dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 50.000.

Bless

Sumber gambar www.gogobli.com

Bless merupakan merek kosmetik yang berdiri di tahun 1992 lalu. Mereka menghadirkan produk yang sangat mengutamakan kesehatan kulit. Bisa dipastikan semua produk bless cosmetics aman untuk digunakan oleh siapapun termasuk ibu hamil. Bahannya dijamin aman dan sudah sesuai dengan peraturan yang telah ditetapkan BPOM.

Anda bisa mencoba Bless Blush On Beige Blush. Produk ini memiliki formula warna vibrant, sehingga bisa memberikan tampilan akhir pipi tampak lebih cerah. Menghadirkan natural finish yang menawan, cocok digunakan dalam keseharian. Dikemas dalam kemasan compact lengkap dengan kaca. Dapatkan di Blibli dengan harga Rp 65.000.

From our editorial team

Gunakan Makeup agar Tak Pucat dan Kenali Komposisinya!

Supaya tak tampak pucat dan lesu kala hamil, Anda bisa memulaskan sedikit makeup. Tapi kenali dulu bahan komposisi apa saja yang ada dalam makeup yang Anda gunakan. Hal ini tentu saja untuk memastikan keamanan produk tersebut dan juga demi menjaga kesehatan janin dalam kandungan. Jadi, ingat ya jangan korbankan kesehatan bayi demi tampil cantik setiap saat.

Tag