Jangan Khawatir, 10 Merek Kosmetik dan Skincare Lokal Ini Sudah Teruji Tanpa Bahan Kimia

Jangan Khawatir, 10 Merek Kosmetik dan Skincare Lokal Ini Sudah Teruji Tanpa Bahan Kimia

Berbagai macam merek kosmetik seringkali membuat kita bingung saat harus memilih dan menggunakan merek mana yang aman untuk wajah. Jika kamu memilih merek lokal sebagai kosmetik dan skincare, maka kamu perlu tahu merek-merek lokal ini. Dijamin aman dan tidak mengandung bahan berbahaya. Yuk, simak ulasannya!

Kini, Pasar Indonesia sudah Menginginkan Produk Kosmetik yang Alami dan Tidak Berbahaya

Sumber gambar gshop.com

Industri kosmetik tanah air terus berkembang pesat. Hal ini terbukti dengan makin banyaknya produsen lokal baru yang bergerak di bidang kosmetik dan juga kecantikan. Aneka merek baru tersebut menawarkan berbagai produk kecantikan wajah yang alami dan aman untuk digunakan.

Permintaan pasar Indonesia akan kosmetik alami dan bebas merkuri makin meningkat tinggi. Masyarakat sudah banyak yang paham mengenai bahayanya zat kimia dalam kosmetik, maka banyak produsen kosmetik Indonesia berlomba menyuguhkan produk kosmetik alami terbaiknya untuk memenuhi kebutuhan pasar.

Produk dengan bahan alami cenderung lebih disukai karena aman dan bebas efek samping. Harga dari produk berbahan alami pun tercatat lebih terjangkau. Meski tak memberi hasil yang instan, namun produk kecantikan bahan alami tetap unggul dan banyak dipilih karena segi keamanan pemakaiannya.

Tips Memilih Kosmetik yang Alami

Perhatikan Komposisi Bahan

Sumber gambar www.herworld.co.id

Memilih kosmetik alami tak begitu sulit untuk dilakukan. Kamu hanya tinggal jeli dalam memilih produk dan memperhatikan kandungan apa saja yang ada dalam kosmetik tersebut. Perhatikan kemasannya lalu bacalah komposisi bahannya.

Jika kamu memiliki alergi terhadap bahan tertentu maka kamu wajib mengecek juga apakah dalam kosmetik tersebut sudah terkandung bahan bebas alergen. Hindari kosmetik yang memiliki zat berbahaya dalam komposisinya. Zat berbahaya yang wajib dihindari meliputi merkuri, phthalate hingga asam sulfat.

Jika dalam kemasan tak dicantumkan komposisinya maka bisa jadi produknya ilegal dan tak dikelola dengan cara profesional.

Memiliki Petunjuk Pemakaian

Sumber gambar journal.sociolla.com

Kosmetik yang aman sudah tentu memiliki informasi lengkap pada kemasannya. Lebih bagus lagi jika produk tersebut memiliki petunjuk pemakaian yang tepat. Ini supaya pengguna tak salah pakai produknya.

Bacalah petunjuk pemakaian kosmetik. Memang dibilang sepele dan banyak diabaikan. Namun justru penggunaan kosmetik yang salah bisa berakibat fatal seperti menyebabkan infeksi dan masalah lainnya. Menggunakan kosmetik sesuai dengan petunjuk yang tertera bisa membuat hasil yang didapat juga lebih maksimal lho.

Tercantum Nama dan Alamat Produsen yang Lengkap

Sumber gambar talkativetya.com



Usahakan memilih kosmetik yang mencantumkan nama serta alamat produsen secara lengkap. Dengan demikian maka kamu bisa mengadukan kepada pihak berwenang jika ada masalah mengenai produk yang kamu gunakan. Kamu akan lebih mudah mengajukan komplain dan juga mencari informasi terkait produk dan juga produsennya.

Memiliki Kode Legal

Sumber gambar elshinta.com

Membeli produk kosmetik yang aman mudah kok. Kamu hanya tinggal mencari kode legal pada produk yang kamu beli. Produk tersebut harus memiliki keterangan izin dari BPOM yang bisa meyakinkan kamu bahwa produk sudah lolos uji dan aman untuk digunakan.

Produk dengan kode legal artinya sudah memiliki izin edar dan juga aman untuk kulit. Kamu bisa juga cek produk dengan adanya kode MUI. Ini artinya produk tersebut halal dan berbahan alami.

Memiliki Tanggal Kedaluwarsa

Sumber gambar fimela.com

Membeli kosmetik bukan berarti kita asal beli karena produknya branded. Karena ada hal penting yang tak boleh kita lewatkan begitu saja yakni melihat tanggal kedaluwarsanya.

Produk branded sekalipun jika sudah lewat tanggal kedaluwarsa sudah pasti tak layak lagi untuk digunakan.
Jika kamu tetap ngotot memakai produk kedaluwarsa maka bersiaplah dengan efek sampingnya mulai dari iritasi hingga masalah kulit lainnya.

10 Merek Kosmetik Alami Lokal yang Aman Digunakan

Sensatia Botanical

Sumber gambar femaledaily.com

Sensatia Botanical merupakan salah satu produsen kosmetik lokal yang patut kamu jajal. Mereka mempersembahkan kosmetik alami yang aman digunakan. Didirikan tahun 2000 lalu, brand asal Bali ini masuk dalam jajaran produk toiletries luks di beberapa hotel berbintang lima.

Brand satu ini membuat produknya secara organik dan bisa tercermin dari kemasannya yang menyimbolkan anti hewan percobaan, bebas paraben hingga sulfat.

Sensatia Botanical berbasis di Karangasem Bali dan menjadi sebuah perusahaan profit-sharing cooperation. Produknya telah terdaftar pada BPOM sehingga terjamin keamanannya.

Sensatia Botanicals Acne Clarifiying Facial Cleanser ini bisa dicoba sebagai salah satu produk andalan. Kulit berminyak dan berjerawat akan cocok memakai produk satu ini. Berbahan alami dan mampu mengatasi masalah jerawat. Produk ini dikemas dalam kemasan ukuran 220 ml. Produk bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 125.000.

Agts & Sptmbr (ANS)

Sumber gambar journal.sociolla.com

ANS merupakan produk kosmetik lokal yang mempersembahkan masker wajah berbahan alami. Bahan-bahan yang digunakan sangat alami seperti kopi, oatmeal, teh hijau, jeruk lemon, madu, cokelat, dan susu. Karena berbahan alami dan hanya mampu bertahan selama dua bulan saja dalam lemari pendingin.

Masker buatan ANS hadir untuk pria dan juga wanita. Maskernya tak hanya bisa digunakan di wajah namun juga di tubuh lho. Masker wajah dari ANS ini ampuh mengatasi berbagai masalah kulit. Dari penuaan dini sampai kantong mata bisa teratasi. Selulit pun bisa diatasi dengan mudah oleh masker ini.

The Bath Box

Sumber gambar jd.id

The Bath Box juga tercatat sebagai perusahaan lokal yang memproduksi kosmetik bahan alami. Didirikan tahun 2013 pada bulan September, brand ini memenuhi kebutuhan masyarakat akan perawatan kulit dan perawatan rambut alami. Produk mereka dibuat handmade dengan bahan alami sehingga keamanannya terjamin.

Berbahan susu kambing sehingga cocok untuk kamu yang memiliki kulit sensitif. Produknya bebas kimia dan juga bebas paraben sert bebas sulfat. Tanpa detergen berbahaya sehingga baik untuk mengatasi kulit sensitif, kering, psoriasis, eksem, hingga kulit berjerawat.

The Bath Box Goats Dont Lie Tea Tree Liquid Soap ini hadir dalam kemasan 300 ml. Produk ini ampuh mengatasi aneka keluhan pada kulit. Bisa menghilangkan jerawat di badan dan cocok untuk kulit sensitif. Bisa dibeli di Lazada dengan harga Rp 135.000.

Sariayu Solusi Organik

Sumber gambar jd.id

Sariayu Martha Tilaar merupakan brand kosmetik ternama Indonesia. Brand ini sudah sejak lama menghadirkan produk solusi organik yang aman untuk masyarakat. Bekerja sama dengan perkebunan organik dari Prancis, mereka menghasilkan aneka produk untuk perawatan wajah dan alas bedak cair.

Solusi Organic Renewage Face Cleanser ini bisa kamu coba. Produk ini ampuh mengangkat sisa make up dan debu pada wajah. Memiliki tekstur lembut dan produknya aman tanpa bikin kulit iritasi. Produk ini juga bisa memperlambat penuaan pada wajah. Bahannya organik sehingga nyaman di wajah. Bisa dibeli di JD dengan harga Rp 250.000.

Pavettia Skincare

Sumber gambar shopify.com

Pavettia adalah merek perawatan kulit lokal yang aman digunakan. Produk dari Pavettia Skincare dijamin berkualitas. Brand yang didirikan Erika Simangunsong dan Dian Adhy Feryanto ini memberikan deretan produk perawatan yang aman dan organik untuk masyarakat Indonesia.

Produk-produknya menggunakan bahan tanaman yang diambil dari kebun milik sendiri di area Subang. Kualitas tanaman diawasi ketat dan dikembangkan secara organik. Tanpa pestisida dan tanamannya dipanen dan diproses secara manual juga.

Pavettia Brightening Lotion bisa dijajal sebagai salah satu produk bermutu dari Pavettia. Pelembap ini ampuh mengurangi bintik gelap sehingga wajah tampak bersih merata. Sel kulit mati pada wajah terangkat dan bikin wajah lebih halus. Wajah jadi lebih cerah dan tampak lebih muda. Bisa dibeli di Pacettia Skin Care dengan harga Rp 250.000.

Gulaco

Sumber gambar facetofeet.com

Gulaco didirikan tahun 2014 silam dan merupakan home industry di bidang kecantikan dan kosmetik. Merek ini meracik produknya secara tradisional. Produk persembahannya pun beragam dari lip scrub hingga serum. Brand yang didirikan Natasha Alexandra ini bebas kimia berbahaya dan aman digunakan loh.

Varian lip scrub dari produk ini memakai gula alami sebagai bahan utamanya. Yummy Lip Scrub Coffee bisa dijajal untuk produknya. Produk ini bisa mengangkat sel kulit mati pada bibir tanpa membuatnya kering. Mudah diaplikasikan karena tinggal dioleskan lalu gosok searah jarum jam selama beberapa saat dan bilas. Produk kemasan 20 gram ini bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 40.000.

Klen and Kind

Sumber gambar www.onni.co.id

Klen and Kind adalah brand kenamaan dalam bidang skincare organik. Brand lokal ini sudah mendapatkan pengakuan dari Komunitas Organik Indonesia. Produknya bermacam mulai dari skincare, essential oil, hingga carrier oil. Semua produknya berbahan organik dan dijamin keamanannya.

Vanilla Bourbon Dry Shampoo adalah salah satu produk yang patut kamu coba. Sampo ini praktis dan hadir dalam bentuk bubuk. Dry shampoo ini ampuh menyerap minyak berlebih dan memberikan volume pada rambut. Tak akan ada sisa bubuk putih pada rambut dan aromanya harum alami vanila. Gunakan sikat foundation atau jari untuk mengaplikasikannya. Bisa dibeli di klenandkind.com dengan harga Rp 60.000.

Organic Supply Co.

Sumber gambar milamili.com

Organic Supply Co diawali dari keinginan pendirinya untuk memproduksi minyak esensial organik yang mudah dijangkau namun tetap berkualitas. Brand lokal ini menyediakan ragam perawatan tubuh hingga kosmetik.

Castile Soap adalah sabun lembut yang mudah digunakan. Produk ini bisa dipakai sebagai sampo hingga sabun badan. Bisa juga untuk sabun tangan bahkan untuk pencuci piring juga. Berbahan alami seperti aqua, olive oil, hingga coconut derived salt. Bisa dibeli di Tokopedia seharga Rp 140.000.

Vimala

Sumber gambar milamili.com

Vimala merupakan brand yang menghadirkan produk kosmetik bermutu. Memakai bahan natural dari minyak, tanaman herbal, bunga, hingga biji-bijian membuat produknya dikenal sangat alami. Berkualitas dan juga memiliki harga yang terjangkau.

Yoga Mist dari Vimala ini bisa kamu lirik. Produk minyak essensial ini bisa membersihkan udara dan juga memotivasi pikiran. Tinggal semprot di wajah dan kulit karena aman tanpa alkohol. Bisa dibeli di Blibli dengan harga Rp 96.000.

Spoil Organics

Sumber gambar femaledaily.com

Spoil Organics mempersembahkan aneka skincare organik yang aman. Berbasis minyak, produknya bisa membuat kulit lebih sehat dan awet muda. Produknya cocok untuk semua kalangan dengan berbagai masalah kulit. Mereka memfokuskan produknya pada face oil dan face mist.

Tea Tree Oil dari Spoil Organics ini bisa dicoba. Produk ini bisa membuat kulit kamu lebih sehat dan juga lebih awet muda. Berbahan tanaman melaleuca alternifolia asal Australia, produk ini dikombinasikan dengan minyak jojoba yang ampuh melawan bakteri pada kulit. Bisa dibeli di Tokopedia dengan harga Rp 120.000.

From our editorial team

Jangan Ragu Menggunakan Produk Lokal

Kualitas produk kosmetik atau skin care baik itu merek lokal maupun luar negeri sangat ditentukan dari kandungannya. Tidak semua produk luar negeri pun aman digunakan dan sebaliknya merek lokal yang mungkin dianggap sebelah mata justru punya kualitas yang bagus. Jadi, selektiflah dalam memilik kosmetikmu.