Waspadai Kandungan Merkuri Dalam Kosmetik, Inilah 10 Rekomendasi Merek Kosmetik Lokal Indonesia yang Bebas Merkuri

Waspadai Kandungan Merkuri Dalam Kosmetik, Inilah 10 Rekomendasi Merek Kosmetik Lokal Indonesia yang Bebas Merkuri

Varian warna lipstik maupun jenis kosmetik lainnya memang sangat menggiurkan, mulai dari warna yang lembut sampai warna yang cerah selalu menarik perhatian. Tapi udah yakin belum kalau produk yang Anda pakai bebas merkuri? BP-Guide punya rekomendasi kosmetik brand lokal Indonesia yang bebas merkuri. Yuk, simak!

Merkuri Kini Semakin Banyak Digunakan Dalam Kosmetik

Sumber gambar kompasiana.com

Merkuri atau air raksa sangat berguna untuk industri, bentuk paling murninya bisa Anda lihat pada cairan pengisi termometer. Cairan keperakan dan berat itu adalah merkuri. Merkuri termasuk logam berat. Bagi kulit, merkuri bisa bersifat sebagai bleacher atau pemutih. Hal ini karena merkuri bersifat korosif, mengikis lapisan terluar kulit. Lebih dari itu, merkuri juga menghambat pertumbuhan melanin.

Kombinasi kedua efek ini bisa membuat kulit terlihat cerah dan putih dalam sekejap. Oleh karena itu merkuri sering digunakan sebagai bahan kosmetik pemutih dan pencerah kulit. Maka tidak heran jika kemudian mungkin Anda sering melihat bahan merkuri pada kemasan kosmetik, dan umumnya dalam berbagai nama yang canggih seperti calomel, mercurous chloride, mercurio, atau mercuric.

Sifat merkuri memang sangat cepat membuat kulit kinclong dalam sekejab, namun dalam jangka panjang bisa membuat kulit menderita. Kulit menjadi iritasi, dan berbintik-bintik hitam. Dalam jangka panjang merkuri merusak jaringan kulit, otak, syaraf, kerusakan ginjal, bahkan kanker.

Tips Memilih Kosmetik yang Aman

Perhatikan Label Halal dan BPOM

Sumber gambar www.seputarhalal.com

Cara paling gampang untuk mengetahui keamanan dari produk kosmetik yang ingin Anda pilih adalah dengan memperhatikan label halal MUI dan kode BPOM. Kalau hanya melihat logonya saja, mungkin kurang meyakinkan. Karena banyak produk abal-abal yang juga bisa menyematkan simbol-simbol tersebut.

Untuk amannya buka aplikasi Halal MUI (Anda bisa mengunduhnya dari Playstore Android) atau mencocokkannya di website BPOM. Jika produk yang Anda pilih ternyata terdaftar pada kedua lembaga tersebut, maka Anda bisa memastikan bahwa kosmetik yang Anda incar aman digunakan.

Cek Tanggal Kedaluwarsa

Sumber gambar kaskus.id

Bukan hanya makanan kemasan yang memiliki tanggal kedaluwarsa, produk kosmetik pun memilikinya. Jika lewat masa kedaluwarsa, maka produk pun akan menurun kualitasnya. Oleh karena itu, selalu periksa tanggal kedaluwarsa sebelum membeli produk kosmetik–demi keamanan dan kesehatan kulit Anda.

Jangan Tergiur Harga Murah

Sumber gambar kreditgogo.com

Kosmetik murah tentu saja sangat menggoda untuk dibeli. Namun begitu, umumnya ada harga, ada pula kualitas. Oleh karena itu jika Anda mendapat tawaran produk kosmetik brand terkenal dengan harga sangat miring, cobalah untuk waspada. Karena umumnya brand-brand kosmetik yang memiliki produk kosmetik memiliki harga yang setara, dan memiliki harga yang wajar. Anda bisa selalu memeriksa harga kosmetik aman yang tepat pada outlet-outlet-nya.

Bacalah Informasi pada Kemasan

Setiap produk kosmetik yang aman dan bermutu selalu mencantumkan informasi lengkap terkait bahan dasar, cara pemakaian, tanggal kedaluwarsa, cara pemakaian, dan bahkan sering pula mencantumkan peringatan bagi sebagian orang yang mungkin memiliki kulit sensitif terhadap jenis bahan tertentu di dalamnya. Semua itu dicetak dengan jelas dan mudah dibaca sesuatu yang jarang ada pada produk kosmetik murahan.

Oleh karena itu, selalu luangkan waktu 3-5 menit untuk membaca kemasan produk kosmetik sebelum Anda berniat membelinya.

Komposisi Bahan

Sumber gambar www.tampilcantik.com

Untuk produk berkualitas, dari informasi kemasan Anda mendapatkan keterangan tentang bahan kosmetik. Produk kosmetik aman umumnya menggunakan bahan-bahan yang teruji secara klinis aman untuk kulit. Selain ada bahan aman, ada pula bahan-bahan tidak aman yang perlu Anda waspadai, seperti Kolagen, Hidroquinon, Elastin, Rhodamin B, Gelatin, Ekstrak plasenta, Chivet, merkuri dan sebagainya.

10 Rekomendasi Kosmetik Indonesia yang Aman dan Tidak Mengandung Merkuri

Wardah

Sumber gambar moeslema.com

Berbicara tentang kosmetika yang aman, tentu saja ada satu nama top yang tidak boleh dilewatkan adalah Wardah. Sejak awal, produsen kosmetik lokal ini berkomitmen untuk menghasilkan produk kosmetik yang pure & safe, murni dan aman.

Lebih dari itu, Wardah berkomitmen untuk membuat produk kosmetik yang praktis, aman, dan tentu saja halal. Bahkan Wardah merupakan salah satu perintis produk kosmetik yang halal. Dan setiap produknya memiliki sertifikasi halal dari MUI. Mungkin Anda telah memiliki koleksi lengkapnya.

Salah satu produk Wardah yang harus Anda koleksi adalah Wardah Long Lasting Lipstick. Lipstik favorit make up artist dan blogger top Lizzie Parra ini akan membuat bibir Anda tampak segar setiap saat. Dapatkan produk ini di setiap mal atau Lazada, harganya Rp 45.000.

Inez

Sumber gambar elevenia.co.id

Satu lagi produk kosmetik lokal yang aman dan tidak mengandung merkuri adalah Inez. Lini produksi Inez diperkenalkan oleh PT. Kosmetikatama Super Indah, Singosari, Malang pada 1998. Semenjak itu Inez telah menawarkan berbagai produk kosmetik, baik untuk fungsi dekoratif (untuk tata rias) atau untuk fungsi treatment (perawatan tubuh).

Salah satu produk Inez yang wajib Anda coba adalah Intense Color Liquid Eye Liner. Koleksi eye liner ini hadir dalam empat warna yang segar. Bahannya berbasis air yang memudahkan Anda mengoreksi hasil riasan yang salah. Anda juga bisa mudah menghapusnya. Dapatkan produk ini di Inez atau Lazada seharga Rp 260.000.

Make Over

Sumber gambar bukalapak.com

Brand top lain yang perlu Anda jajal produknya karena memang aman dan bebas merkuri adalah Make Over. Untuk kepentingan profesional, produsen lokal ini memang sangat mumpuni. Bahan, tekstur, serta coverage-nya sangat beragam. Walau begitu, saat ini kalangan umum dan penggemar kosmetik bermutu mulai melirik Make Over pula.

Salah satu produk yang wajib Anda coba adalah Makeover Professional Highlight & Contour Palette. Jika saat ini Anda sedang demen dengan teknik contouring yang bisa menonjolkan membantu wajah Anda tampak semakin tirus dan menawan, maka produk ini adalah paket komplet yang tepat bagi Anda. Dapatkan produk ini di counter Make Over, Lazada seharga Rp 289.000.

PAC

Sumber gambar www.pusatkosmetik.com

Brand lokal yang juga sangat terkenal karena mutu dan koleksinya yang lengkap adalah PAC. Professional Artist Cosmetic atau PAC adalah salah satu lini produksi dari raksasa kosmetik Indonesia Martha Tilaar. PAC dikenal memiliki standar tinggi dan berkualitas internasional, sehingga menjadi salah satu produk favorit para pesohor lokal dan internasional.

Ada beragam produk PAC yang bisa Anda pilih, seperti misalnya PAC Liquid Foundation. Anda bisa mendapatkan produk ini di Counter PAC dengan harga Rp 177.700.

Caring Colours

Sumber gambar octavianinurhasanah.net

Satu lini produksi lain dari Marthaa Tilaar Group adalah Caring colours. Seperti namanya, produk ini menghasilkan produk-produk kosmetik dengan warna yang bergitu perhatian dengan kondisi kulit Anda. Lebih jauh lagi, setiap pproduknya dibuat dari berbagai bahan alami vitamin C, vitamin E, mulberry extract, avocado oil, jojoba oil, dan lain sebagainya.

Satu produk yang wajib Anda coba dan belum banyak produsen kosmetik lokal yang menghasilkannya adalah BB Cream. Anda bisa mendapatkan produk yang didesain khusus untuk kulit tropis ini di konter Caring Colours atau mall terdekat dengan harga Rp 60.000 – Rp 70.000, lengkap dengan lipstik dan bedak.

Emina

Sumber gambar www.jeanmilka.com

Emina merupakan kosmetik lokal bagi Anda para remaja wanita. Tujuan Emina adalah menjadikan setiap wanita cantik dalam cara yang simpel namun fun. Line produksi dari PT Paragon Technology and Innovation memang sangat bersahabat dan aman bagi kulit remaja.

Ada berbagai produk yang ditawarkan, seperti lipstik, cream blush, CC cake, blush on, pencil eyeliner, pencil eyebrow, eye shadow, maskara, lip color balm, serta banyak lainnya. Salah satu yang recommended adalah Emina Sugar Rush Lip Scrub. Produk yang segar dan keren ini bisa Anda dapatkan di konter Emina dengan harga Rp 36.000.

Sariayu

Sumber gambar detik.net.id

Bicara tentang produk aman, tentu saja tidak bisa lepas dari Sariayu. Brand yang masih dalam satu payung Martha Tilaar group ini memang telah mengakar dan menjadi salah satu favorit produk kosmetik Indonesia. Produknya sangat beragam dan selalu menggunakan bahan-bahan yang aman bagi kulit lokal.

Satu signature khusus Sariayu adalah selalu menggunakan topik warna dan nuansa alam Indonesia dalam produk-produknya, seperti misalnya produk baru Sariayu Trend Warna Krakatau. Ada pula produk unggulan Sariayu Duo Lip Color no.08 yang memiliki warna segar, simpel sekaligus stylish. Anda bisa mendapatkannya di Lazada atau konter Sariayu di mal-mal, harganya antara Rp 90.000 – Rp 110.000.

Mineral Botanica

Mineral Botanica adalah pendatang baru di dunia kosmetik Indonesia. Brand lokal ini sangat gencar memasarkan produknya secara online. Walau pun relatif baru, namun produk-produknya telah mampu bersaing dengan produk dari brand-brand yang lebih established. Ini tentunya karena kualitas produksi yang tinggi dan jaminan keamanan pada kulit lokal yang bagus. Satu produk yang recommended Anda coba adalah produk SMLC-nya. Anda bisa memesannya seharga Rp 62.000 di Lazada.

Polka Beauty

Sumber gambar www.jeanmilka.com

Polka Beauty juga nama baru di dunia kosmetik Indonesia. Brand ini baru diluncurkan pada 2015 dan menyasar pada wanita aktif fan energik. Bagi Anda yang menyukai lipstik cair (lip lacquer), cobalah produk Polka. Dengan formula tanpa merkuri dan pewangi, produk ini tentu saja aman bagi bibir Anda. Maka tidak heran jika produk lipstik cair Polka menjadi yang nomor satu di Indonesia sebagai lipstik yang paling tahan lama namun juga tidak kering. Anda bisa mendapatkan produk ini di Polkabeauty harganya Rp 185.000.

Mustika Ratu

Sumber gambar beautynesia.id

Merek terakhir produk kosmetik bebas merkuri kali ini adalah Mustika Ratu. Brand ini bisa dikatakan sebagai penerus kekayaan produk kecantikan tradisional Indonesia, sehingga bisa dinikmati generasi modern saat ini.

Setiap produknya selalu berbasis alami, sehingga selalu aman bagi kulit Anda. Brand senior ini telah menghasilkan beragam produk kecantikan, baik yang bersifat dekoratif maupun treatment.

Salah satu produk Mustika Ratu favorit adalah Mustika Ratu Lipstik Warna Favorit. Produk ini bahkan mampu bersaing kualitasnya dengan produk-produk internasional. Dan harganya sangat terjangkau. Anda bisa mendapatkannya di konter Mustika Ratu dengan harga Rp 24.000.

From our editorial team

Hindari Kosmetik Berbahan Merkuri

Efek dari merkuri memang tidak akan langsung tampak, namun setelah penggunaan kosmetik yang panjang barulah dampak buruknya akan muncul. Lebih baik menghindari segala kosmetik yang mengandung merkuri agar kulit wajah Anda tetap sehat dan berseri.