Ibu Menyusui harus Tahu 10 Merek Kosmetik yang Aman agar Bisa Tampil Kece

Ibu Menyusui harus Tahu 10 Merek Kosmetik yang Aman agar Bisa Tampil Kece

Ibu menyusui tentu juga ingin tampil cantik dengan make up walau sudah melahirkan. Namun, tak semua kosmetik baik untuk ibu menyusui. Beberapa produk make up yang aman untuk ibu menyusui bisa dilihat di bawah ini.

Ibu Menyusui Perlu Berhati-hati Menjaga Asupan

Sumber gambar Shutterstock

Kosmetik adalah bagian yang tidak bisa dilepaskan dari wanita, termasuk saat sedang menyusui. Ibu menyusui harus selektif memilih kosmetik apa yang dipakainya, karena kandungan di dalam kosmetik akan berpengaruh pada kualitas ASI. Jika kosmetik yang dipakai mengandung zat kimia berbahaya, hal itu akan berdampak buruk pada perkembangan bayi.

Kosmetik untuk Ibu Menyusui Tak Boleh Sembarangan

Sumber gambar Shutterstock

Ibu menyusui memang disarankan untuk tidak memakai kosmetik sementara waktu. Namun jika kosmetik menjadi kebutuhan, misalnya untuk urusan pekerjaan dan lain sebagainya, pastikan kosmetik yang dibeli adalah kosmetik dengan kandungan yang aman. Jangan sampai bahaya kosmetik mempengaruhi kualitas ASI dan nantinya berimbas pada bayi Anda.

Tips Memilih Kosmetik Aman untuk Ibu Menyusui

Tak Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

Sumber gambar Shutterstock

Cara memilih kosmetik yang aman untuk ibu menyusui adalah jenis yang tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Kandungan yang harus dihindari oleh ibu menyusui antara lain adalah hidrokuinon, accutane atau isotretinoin, retinoid, dioksa, flatat, merkuri, paraben, benzoil peroksida, dan asam salisilat.

Baca baik-baik komposisi kosmetik yang akan dibeli, pastikan tidak mengandung satu pun dari bahan yang disebutkan di atas.

Punya Sertifikat BPOM

Sumber gambar Kabarnews

Pastikan juga kosmetik yang akan dibeli telah terdaftar secara resmi di BPOM. Produk yang memiliki sertifikasi BPOM sudah terbukti aman dan bebas dari bahan kimia berbahaya. Jangan lupa cek nomor pendaftaran kosmetik di laman resmi BPOM.

Cari Review Produk

Sumber gambar Shutterstock

Jika Anda ingin tahu kualitas sebuah produk, review atau testimoni dari para pengguna akan sangat membantu. Kini review produk dapat dengan mudah ditemukan di Youtube, blog, dan web. Baca beberapa review yang ada sebagai perbandingan apakah produk tersebut benar-benar aman dan berkualitas.

Memakai Bahan-bahan Alami

Sumber gambar Shutterstock

Kini banyak merek kosmetik yang terbuat dari bahan-bahan alami. Kosmetik jenis ini relatif aman dan tidak berbahaya untuk ibu menyusui karena bahan kimia di dalamnya sangat minim. Kosmetik dari bahan alami adalah yang paling banyak dipilih oleh ibu hamil dan ibu menyusui.

Berkonsultasi ke Para Ahli

Sumber gambar Shutterstock

Untuk benar-benar memastikan Anda tidak salah memilih kosmetik, sebaiknya konsultasikan saja dengan dokter. Dokter akan memberi rekomendasi kepada Anda tentang jenis-jenis kosmetik yang dipakai oleh ibu menyusui. Selain itu Anda juga akan mendapat tips-tips positif untuk memakai kosmetik selama hamil dan menyusui.

Ini 10 Merek Kosmetik yang Aman untuk Ibu Menyusui

Mineral Botanica

Sumber gambar Lazada

Anda pasti sudah tidak asing dengan Mineral Botanica. Jika Anda masih mencari-cari foundation yang aman untuk ibu menyusui, Mineral Botanica Original Loose Foundation - 04 Sweet Ebony bisa menjadi alternatif pilihan.

Terbuat dari mineral alami yang mampu melembapkan dan menutrisi hingga ke sel-sel kulit. Berfungsi sekaligus sebagai two way cake yang membantu ibu menyusui mendapatkan riasan sempurna. Dapatkan produk ini di Lazada dengan harga Rp 67.500.

Wardah

Sumber gambar Sociolla

Merek kosmetik halal Wardah terkenal dengan produknya yang aman dan tanpa bahan kimia berbahaya. Tidak heran jika Lightening Loose Powder dari Wardah menjadi salah satu kosmetik yang aman untuk ibu menyusui.

Bedak tabur ini terasa ringan, mencerahkan, dan membuat kulit terasa lebih halus. Hadir dalam 4 shade berbeda yaitu light beige, beige, ivory, dan natural. Dapatkan produk ini dengan harga Rp 37.000 di Sociolla.

Emina

Sumber gambar Bukalapak

Sister brand dari Wardah ini kini sedang naik daun. Selain kandungannya aman, produk Emina dijual dengan harga terjangkau. Buat Anda yang tidak suka menggunakan foundation karena terlalu berat, Emina Beauty Bliss BB Cream Foundation bisa menjadi pilihan.

Kandungan lengkap vitamin C, vitamin E, dan SPF 32 memberi perlindungan lengkap sekaligus menutrisi kulit wajah. Tersedia dalam 3 pilihan warna yaitu light, natural, dan caramel. Produk yang satu ini dijual di Bukalapak dengan harga Rp 27.900.

The Body Shop

Sumber gambar The Body Shop

Semua produk The Body Shop dikenal ramah lingkungan dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya. Ibu menyusui yang tidak ingin tampil pucat tanpa lipstik bisa mencoba The Body Shop Palette Read My Lips 7,6 gram yang dijual dengan harga Rp 349.000 di Lazada.

Lipstik ini terbuat dari bahan alami beeswax dan marula oil yang menutrisi dan melembapkan bibir. Memberikan hasil bibir yang berkilau sempurna dan tetap lembap.

Burt’s and Bees

Sumber gambar Tokopedia

Burt’s and Bees membuat semua produknya dari bahan yang alami dengan proses pengolahan yang diawali dengan ketat. Burt's Bees Lip Balm Burt Burts All Variant adalah salah satu produk mereka yang aman dipakai oleh ibu hamil dan menyusui.

Terbuat dari buah segar pilihan dan beeswax untuk melembapkan dan menutrisi bibir secara alami. Tersedia dalam banyak varian seperti beeswax, raspberry merah, sweet orange, pink grapefruit, dan masih banyak lagi. Lip balm ini dijual di Tokopedia dengan harga Rp 60.000.

Clinique

Sumber gambar Tokopedia

Clinique Dramatically Different Moisturizing Lotion 125 ml adalah pelembap yang telah teruji secara klinis tidak menimbulkan alergi pada pemakainya. Bisa didapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 575.000.

Berfungsi untuk membuat kulit terasa halus, nyaman, dan lembap. Aman untuk digunakan pada area mata dan dapat digunakan sehari-hari.

Erha

Sumber gambar Sociolla

Produk perawatan Erha telah teruji aman secara dermatologis. Satu set Erha Value Pack Truewhite Series dijual di Sociolla dengan harga Rp 389.000. Set terdiri dari Erha True White Activator Day Cream, Erha True White Activator Night Cream, Erha True White Activator Neck Cream SPF25/PA++, serta leather pouch cantik.

Liyoskin

Sumber gambar Tokopedia

Liyoskin Whitening Cream dijual satu set dengan harga Rp 275.000 di Tokopedia. Terdiri dari Day Cream 15 gram, Night Cream 15 gram, dan Collagen Soap 60 gram. Semua produknya aman dan telah terdaftar di BPOM secara resmi. Liyoskin dapat mencerahkan kulit wajah serat mencegah munculnya jerawat.

3SRD Beauty Series

Sumber gambar Tokopedia

Satu Paket Pemutih Pengencang Wajah 3SRD dijual di Tokopedia dengan harga Rp 225.000. Satu set terdiri dari day cream, night cream, facial soap, dan serum botox 20 ml. Produknya aman untuk ibu hamil dan menyusui. Mengandung vitamin C, kolagen, peptidan, dan alpha arbutin. Berfungsi untuk menyamarkan garis halus dan kerutan serta membuat kulit tampak lebih kencang.

Ecocare

Sumber gambar Green Mommy Shop

Ecocare menyediakan produk perawatan kulit bagi wanita yang terbuat dari bahan-bahan alami. Claritive – Serum bundle 1 dari Ecocare dijual dengan harga Rp 228.600 di Green Mommy Shop. Satu set terdiri dari Blooming Beauty Serum 5 ml, Flower's Bestfriend 5 ml, dam Kiss Acne Good Bye 5 ml. Pemakaian secara rutin akan menghindarkan kulit dari jerawat dan iritasi.

From our editorial team

Kosmetik Aman untuk Ibu Menyusui

Tak sulit untuk mencari kosmetik aman untuk ibu menyusui. Yang penting tak mengandung bahan kimia berbahaya. Ada baiknya bahan kosmetik menggunakan bahan natural. Ditambah lagi ibu menyusui pun tetap terlihat cantik menggunakan make up tanpa membahayakan diri dan juga si kecil.