Jangan Takut, Masih Banyak Produk-produk Kecantikan yang Aman untuk Digunakan Ibu Hamil Seperti 10 Rekomendasi Produk Ini (2019)

Jangan Takut, Masih Banyak Produk-produk Kecantikan yang Aman untuk Digunakan Ibu Hamil Seperti 10 Rekomendasi Produk Ini (2019)

Ibu hamil memang harus serba hati-hati saat memilih produk untuk digunakan. Jangan sampai karena ingin cantik lalu mengabaikan kesehatan janin. Intip bersama yuk, aneka produk kecantikan yang aman untuk ibu hamil!

Kamu Harus Cermat Memilih Produk Kecantikan yang Aman Saat Hamil

Kehamilan adalah kabar yang menggembirakan bagi seorang ibu. Maka dari itu kesehatan si jabang bayi harus selalu dijaga dengan baik selama ia berada dalam kandungan. Ibu tentunya rela melakukan apa saja yang penting si bayi dalam kandungan bisa lahir dengan selamat ke dunia.

Saat hamil, wanita cenderung malas berdandan. Kendati demikian, kamu tetap harus tetap memperhatikan penampilan, ya. Jangan sampai kehamilan malah bikin kamu terkesan kusam, kusut, dan lesu tanpa semangat. Tetap rawat dirimu sebaik mungkin dan jaga kecantikan diri dengan memakai kosmetik yang sesuai.

Ibu hamil sebaiknya tidak asal memilih skin care hingga kosmetik. Kamu harus cermat dalam memilih produk kecantikan. Jangan sampai produk yang kamu gunakan malah bisa membahayakan si jabang bayi.

Berbagai Produk yang Tidak Aman untuk Ibu Hamil

Perawatan Antiaging

Banyak dari kita yang kurang menyadari bahwa ada beberapa produk kosmetik yang sebaiknya tidak digunakan saat hamil. Ini karena kandungan produknya justru bisa menimbulkan risiko untuk kesehatan bayi. Salah satu produk yang kurang aman digunakan ibu hamil adalah produk perawatan antiaging.

Dalam sejumlah pelembap anti penuaan terkandung zat retinoid. Zat tersebut berfungsi untuk mengurangi keriput dan memperbaiki warna kulit. Retinoid sendiri merupakan adalah jenis vitamin A yang dapat membantu mempercepat pembelahan sel. Retinoid juga bisa mencegah kolagen kulit dari kerusakan.

Sayangnya, retinoid justru tidak dianjurkan untuk digunakan ibu hamil. Jika tetap dipakai dalam jumlah berlebih, maka bisa membahayakan perkembangan janin dalam kandungan. Dalam kasus yang parah, retinoid bisa menyebabkan cacat lahir pada bayi.

Kuteks

Selanjutnya ada produk berupa kuteks yang tidak disarankan untuk digunakan ibu hamil. Ini karena dalam kuteks terkandung Di isobutyl phthalate dan Di-n-butyl phthalate. Kedua zat ini dinyatakan bisa memengaruhi kecerdasan atau IQ si anak kelak.

Selai itu, dalam kuteks juga ada pewarna, air, minyak, dan bahan tambahan berupa formaldehida serta toluene. Jika ibu hamil menghirup formaldehida dan toluene dalam jangka panjang, maka bisa mengganggu kesehatannya. Penggunaan kuteks berlebihan juga bisa membuat bayi terlahir cacat.

Pewarna Rambut

Kalau kamu gemar mewarnai rambut, maka sebaiknya berhenti dulu mengecat rambut saat hamil. Banyak dari ahli yang mengatakan bahwa ibu hamil sebaiknya menunggu hingga usia kehamilan sudah lebih besar untuk mewarnai rambut. Waktu pastinya yang aman adalah saat kehamilan menginjak usia trimester kedua.

Pemakaian pewarna rambut pada ibu hamil dinyatakan bisa membahayakan. Dalam pewarna rambut terdapat bahan kimia. Meski kandungannya tidak banyak, namun untuk meminimalkan efek buruk yang mungkin timbul, sebaiknya hindari saja aktivitas mengecat rambut.

Obat Jerawat

Hormon dalam tubuh mengalami peningkatan saat ibu tengah hamil. Hal ini bisa memicu timbulnya jerawat di wajah. Hormon androgen saat kehamilan akan merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak bernama sebum. Saat sebum bercampur sel kulit mati, maka pori wajah tertutup dan bakteri jerawat berkembang biak dengan cepat.

Obat jerawat bisa membahayakan kandungan karena memiliki bahan kimia. Jika tetap digunakan, dikhawatirkan bisa meningkatkan risiko bayi terlahir cacat. Ibu hamil yang berjerawat dan merasa terganggu dengan jerawatnya bisa mencoba menghindari obat jerawat untuk sementara waktu.

Produk Pemutih

Produk pemutih juga sebaiknya dihindari oleh para ibu hamil. Umumnya produk pemutih mengandung hidrokuinon yang sama dengan merkuri. Bahan ini bisa membahayakan kesehatan ibu hamil dan juga janin. Jika kamu ingin tampil lebih putih, ada baiknya kamu menghindari produk berbahan hidrokuinon dan asam salisilat yang mudah memasuki aliran darah setelah diserap oleh kulit. Bahan tersebut akan membahayakan kesehatan janin dan bisa berpotensi membuat bayi lahir cacat.

Berbagai Produk Kecantikan yang Aman untuk Digunakan Ibu Hamil

KIEHL’S Creamy Eye Treatment with Avocado

Sumber gambar www.tokopedia.com

Creamy Eye Treatment with Avocado ini merupakan produk keren dari Kiehl. Bagian area bawah mata kamu akan terhidrasi dengan baik usai memakai produk yang satu ini. Hadir dalam bentuk krim, produknya mengandung minyak alpukat yang dapat melembapkan area mata.

Produk ini sudah teruji secara dermatologis serta lolos uji dokter mata. Pemakaiannya mudah, kamu cukup oleskan secara lembut dengan ujung jari ke sepanjang tulang orbita tanpa menarik kulit di sekitarnya. Tepuk perlahan pada area mata hingga kamu merasakan mata terhidrasi dan segar kembali. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 505.000.

NEUTROGENA Ultra Sheer Dry-Touch Sunscreen

Sumber gambar id.iherb.com

NEUTROGENA Ultra Sheer Dry-Touch Sunscreen merupakan produk yang pas juga untuk menunjang kecantikan ibu hamil. Kamu yang kerap bekerja di bawah sinar matahari bisa andalkan produk yang satu ini sebagai sunscreen kala hamil. Krim penangkal sinar matahari ini sudah teruji secara dermatologis.

Neutrogena memiliki formula tahan air dan cepat diserap ke dalam kulit wajah. Produk yang satu ini memiliki SPF 100+ yang mampu melindungi kulit wajah. Untuk hasil maksimal, kamu bisa mengoleskan 15 menit sebelum terpapar sinar matahari. Jangan lupa mengoleskan kembali 80 menit setelah berenang atau berkeringat. Kamu bisa membelinya di id.iherb.com dengan harga Rp 190.407.

ORIGINS Checks and Balances Frothy Face Wash

Sumber gambar www.tokopedia.com

ORIGINS Checks and Balances Frothy Face Wash ini sayang untuk kamu lewatkan. Produk ini cocok dengan semua jenis kulit bahkan yang sensitif. Face wash ini hadir dengan limpahan busa yang sangat lembut. Cleanser ini bisa menyeimbangkan area kering dan berminyak. Diformulasikan dengan turmalin dan protein gandum, pembersih yang satu ini akan mencegah produksi minyak berlebih pada wajah. Dapatkan wajah terasa nyaman dan segar usai pemakaian produk yang satu ini. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 100.000.

Green Dream Mommy (GDM Beauty Secret) cream yogurt

Sumber gambar www.tokopedia.com

GDM Beauty Secret merupakan skin care yang populer. Kamu bisa memiliki wajah sehat dan terawat dengan rajin memakai produk dari Green Dream Mommy. Aman untuk wajah, produknya juga aman untuk buah hati dalam kandungan.

Powder Foundation Green Dream Mommy ini hadir dalam kemasan 50 gram. Alas bedak yang satu ini akan mampu mencegah penuaan dini dan juga bisa mengobati jerawat. Selain itu juga bisa mengobati eksem, melembutkan kulit, dan menghilangkan flek hitam. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 125.000.

Sensatia Botanicals facial C-serum

Sumber gambar www.sephora.co.id

Sensatia Botanicals facial C-serum merupakan produk aman untuk ibu hamil selanjutnya. Ramuan esensial ini begitu ringan dan menarik untuk digunakan.

Dengan aneka bahan alami seperti lidah buaya, alpukat, dan bengkuang, produk ini akan mampu memelihara kesehatan kulit. Produk ini juga mengandung ekstrak kakadu plum yang merupakan buah dengan sumber vitamin C terkaya di dunia.

Serum ini bisa mengurangi keriput, memperbaiki tekstur kulit, mencerahkan kulit, dan meningkatkan elastisitas kulit. Kamu bisa membelinya di Sephora dengan harga Rp 180.000.

HERBIVORE BOTANICALS Brighten Instant Glow Mask

Sumber gambar www.tokopedia.com

Herbivore Botanicals Hydrate and Glow Natural Skincare Set ini adalah produk kecantikan lain untuk ibu hamil. Di dalamnya terdapat pelembap yang bisa membuat kulit jadi lebih baik secara alami dan masker yang bisa mencerahkan warna kulit wajah.

Selain itu ada juga hydrating mist yang bisa membantu regenerasi sel dan membuat wajah lebih berkilau serta facial oil untuk meningkatkan kolagen dan menghilangkan kerut halus pada wajah. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 680.000.

CLINIQUE Superbalanced Makeup

Sumber gambar id.carethy.net

Clinique merupakan merek makeup yang didirikan pada tahun 1968. Produk-produknya selalu inovatif sehingga menjadi salah satu produk perawatan kulit terkemuka dunia. Telah dijual di 130 negara, merek ini memiliki misi untuk memberikan kualitas terbaik pada penggunanya.

Alas Bedak Clinique Superbalanced N12 Honeyed Beige 30 ml ini sayang untuk kamu lewatkan. Alas bedak ini memiliki tekstur cair yang dapat diatur dan juga disesuaikan. Kamu tidak akan merasakan rasa lengket pada wajah karena produk ini dibuat tanpa minyak. Dapatkan kulit wajah lebih lembap dan sehat dengan produk berikut ini. Kamu bisa membelinya di id.carethy.net dengan harga Rp 448.513.

KLAIRS Rich Moist Soothing Serum

Sumber gambar www.tokopedia.com

Untuk mempercantik wajah, gunakan juga serum wajah. KLAIRS Rich Moist Soothing Serum ini sayang untuk kamu lewatkan. Serum ini akan membuat wajah jadi lebih berkilau. Selain itu, kamu juga bisa mendapatkan wajah yang lebih halus dan mulus.

Serum buatan Korea ini diklaim mampu menghidrasi kulit dengan baik karena dibuat dari bahan-bahan organik termasuk seledri, wortel, dan ekstrak brokoli. Serum ini cocok digunakan semua jenis kulit. Kamu bisa membelinya di Tokopedia dengan harga Rp 250.000.

Aquila Herbal Skincare body cream bulus

Sumber gambar www.tokopedia.com

Aquila Herbal Skincare Body Cream Bulus merupakan produk berikutnya untuk kamu miliki. Dibuat oleh ahli farmasi, produknya sudah melalui uji kualitas dengan sertifikasi GMP. Produk ini tidak mengandung bahan paraben, sulfat, dan bahan berbahaya lainnya sehingga aman digunakan untuk kulit.

Produk krim ini bisa menipiskan stretchmark dan juga menghilangkan hormon di perut, ketiak, dan leher selama hamil. Selain itu, kandungannya juga dapat mengeringkan bekas luka dengan cepat. Hadir dengan formula anti lengket sehingga produknya cepat meresap ke kulit. Kamu yang memiliki kulit sensitif juga bisa menggunakan produk ini karena kandungannya tidak mengandung parfum. Yuk, segera dapatkan di Tokopedia dengan harga Rp 85.000.

RONASUTRA Mineral Press Compact Powder productnation

Sumber gambar www.ronasutra.com

RONASUTRA Mineral Press Compact Powder merupakan produk berikutnya untuk kamu. Rangkaian kosmetik ini berbasis mineral alami yang diformulasikan secara seksama sehingga aman digunakan. Cocok digunakan untuk segala jenis kulit. Formulanya juga tidak menyumbat pori-pori dan tidak menimbulkan komedo di wajah.

Selain itu, kandungannya dilengkapi juga dengan SPF 35 untuk mengahalau sinar UV. Para muslimah bisa merasa aman memakainya karena produknya halal. Bedak ini tahan lama digunakan dan bisa dipakai untuk tidur maupun solat. Kamu bisa membelinya di ronasutra.com dengan harga Rp 148.000.

From our editorial team

Ibu Hamil Tetap Bisa Cantik dengan Aneka Produk Kosmetik yang Aman

Saat hamil memang kita tidak bisa sembarangan memilih skin care maupun kosmetik. Aneka bahan kimia dalam produk yang kita gunakan, meski sedikit tetap saja bisa membahayakan janin. Supaya tetap cantik, perhatikan komposisi produk yang kamu gunakan, ya. Sebagai rekomendasi, kamu bisa cek aneka produk kecantikan di atas.

Tag