Rasakan Beragam Manfaat Perawatan Kulit dengan 10 Resep Masker Teh Alami yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah!

Rasakan Beragam Manfaat Perawatan Kulit dengan 10 Resep Masker Teh Alami yang Bisa Kamu Buat Sendiri di Rumah!

Teh adalah salah satu minuman yang banyak dikonsumsi dan punya banyak penggemar. Tak cuma diminum, teh juga bisa jadi salah satu bahan alami untuk merawat kulit lho! Mau tahu lebih banyak tentang perawatan kulit dengan menggunakan masker teh? Simak ulasannya berikut ini!

Teh Hijau, Kaya Kandungan Alami yang Bermanfaat untuk Kulit

Sumber gambar www.haribhoomi.com

Teh hijau adalah minuman yang memiliki segudang bagi kesehatan tubuh. Meminum teh hijau secara rutin akan membantu untuk menangkal berbagai penyakit seperti risiko jantung, kanker, kolesterol, bahkan mengatur tekanan gula darah para penderita diabetes.

Selain nikmat diminum saat hangat, teh hijau juga dapat dimanfaatkan sebagai masker wajah. Teh hijau mengandung antioksidan yang berfungsi memerangi radikal bebas di dalam tubuh. Menggunakan teh hijau sebagai masker akan mengatasi berbagai masalah pada kulit wajah. Untuk lebih jelasnya kita bahas satu persatu, yuk.

Manfaat Masker Teh Hijau

Mencerahkan Kulit

Sumber gambar loepsie.com

Terkadang kita tidak perlu kulit yang putih untuk terlihat cantik, kulit yang cerah sudah cukup untuk membuat wajah bening berkilau. Kamu bisa menggunakan masker teh hijau sebagai solusi untuk kulit kusam.

Teh hijau mengandung beragam mineral dan vitamin yang berkhasiat mengangkat sel kulit mati, flek hitam, dan kotoran pada wajah. Gunakan ampas teh hijau yang sudah diseduh dan ratakan pada wajah. Penggunaan secara teratur akan meningkatkan kecerahan kulit wajah kamu.

Mengatasi Kulit Berminyak dan Jerawat

Jerawat adalah masalah yang sering timbul pada pemilik kulit berminyak. Mengatasi jerawat memang tidak bisa secara instan, diperlukan usaha yang lebih dan dilakukan secara rutin. Kamu bisa menggunakan masker teh hijau sebagai jalan keluar membasmi jerawat.

Antioksidan pada teh hijau bersifat sebagai agen detoksifikasi memerangi bakteri penyebab jerawat. Selain itu teh hijau juga mampu menyembuhkan radang yang timbul akibat jerawat pada wajah.

Sebagai Tabir Surya Alami

Sinar matahari yang berlebih adalah musuh bagi kulit wajah kamu. Kandungan UV-B pada matahari akan merusak kecantikan kulit dan membuat kulit menjadi kusam tidak terawat. Teh hijau pada dasarnya memiliki kandungan yang mampu menangkal sinar ultra violet yang berbahaya bagi kulit.

Tak heran saat ini berbagai kosmetik tabir surya mengambil formula dari ekstrak teh hijau. Kamu bisa memakai masker teh hijau sebagai alternatif untuk membentengi wajah dari sinar matahari yang jahat bagi kulit.

Menghilangkan Mata Panda atau Kantung Mata

Sering tidak percaya diri karena kantung mata hitam di bawah mata? Sekarang tidak lagi! Teh hijau juga bisa dimanfaatkan untuk menghilangkan mata panda yang bersarang di wajah kamu. Teh hijau memiliki formula yang juga bermanfaat melawan tanda penuaan pada kulit wajah. Kandungan vitamin K pada teh hijau juga bisa dimanfaatkan untuk mencegah dan menghilangkan kantung mata.

Resep Masker Teh Hijau yang Cocok untuk Perawatan Kulit Wajah

Teh Hijau dan Madu

Sumber gambar www.pleer.ru

Kombinasi teh hijau dan madu berkhasiat mencerahkan kulit wajah yang kusam dan melembabkannya. Madu dan teh hijau sama-sama mengandung antioksidan untuk menangkal radikal bebas yang bisa mempercepat tanda-tanda penuaan dini.

Untuk penggunaannya siapkan 1 kantung teh hijau dan madu. Gunting kantung teh hijau, masukkan isinya ke dalam mangkok dan campur dengan 1 sdm madu. Aduk sampai rata dan oleskan pada wajah. Diamkan kurang lebih 15 menit lalu bilas dengan air hangat.

Teh Hijau dan Oatmeal

Oatmeal dikenal sebagai jenis makanan yang ampuh digunakan sebagai bahan dasar masker. Masker oatmeal cocok diaplikasikan pada beragam jenis kulit mulai dari kulit berminyak sampai kulit super sensitif. Dipadukan dengan teh hijau, masker ini bermanfaat untuk mengangkat sel kulit mati dan melembabkannya.

Cara membuatnya dengan menyiapkan 2-3 sdm oatmeal dicampur dengan 3-5 sdm air ke dalam mangkuk. Setelah tercampur rata, saring oatmeal dan masukkan 1 sdm teh hijau. Aduk rata dan masker siap dioleskan pada wajah. Aplikasikan pada wajah dan diamkan 10-15 menit sampai masker meresap dan kering. Lalu bilas dengan air sampai bersih.

Teh Hijau dan Lemon

Lemon memiliki segudang manfaat bagi kecantikan kulit. Bagi kulit berjerawat, sari lemon berkhasiat melawan bakteri penyebab jerawat dan menjadikan kulit wajah kembali mulus berseri. Kamu juga bisa mengkombinasikan teh hijau dan lemon untuk mendapatkan kulit yang cerah dan senantiasa lembap.

Resep masker teh hijau dan lemon dengan mencampurkan 2 kantong teh hijau dengan 1 sdm air lemon. Aduk rata dan aplikasikan pada wajah. Diamkan selama 15 menit lalu bilas dengan air bersih. Pemakaian yang rutin akan membuat kulit lebih glowing dan lembap.

Teh Hijau dan Lumpur Mineral

Sumber gambar holisticsaffron.com

Lumpur sangat cocok digunakan sebagai masker pada berbagai jenis kulit. Lumpur dapat mengencangkan kulit wajah, menyerap minyak, dan melembapkannya. Teh hijau juga dapat digunakan bersama lumpur sebagai alternatif masker wajah kamu. Penggunaannya akan menghasilkan efek wajah yang cerah dan lembap.

Siapkan 50 gram teh hijau dan 50 gram lumpur mineral. Aduk teh hijau, lumpur, dan air hingga tercampur rata. Aplikasikan pada wajah dan diamkan 20 menit. Setelah meresap, bilas wajah dengan air hangat.

Durasi penggunaan masker ini bergantung kepada jenis kulit kamu. Untuk kulit berminyak gunakan masker 3 kali seminggu, kulit kombinasi gunakan 2 kali seminggu, dan kulit kering gunakan 1 kali seminggu. Penggunaan yang tepat akan menyembuhkan berbagai masalah pada wajah sesuai jenis kulit kamu.

Teh Hijau dan Lidah Buaya

Sumber gambar www.awaaznation.com

Membuat masker berbahan dasar teh hijau juga bisa dikombinasikan dengan lidah buaya. Selain bermanfaat untuk kecantikan rambut, lidah buaya juga berguna untuk memperbaiki kulit wajah akibat paparan sinar matahari.

Untuk menggunakannya campurkan gel lidah buaya dengan 1 sdt teh hijau. Bisa juga ditambahkan sedikit air agar tidak terlalu kental. Aplikasikan pada wajah dan diamkan selama 30 menit. Lalu bilas dengan air. Pemakaian masker secara teratur akan membantu mencerahkan kulit wajah dan mengobati kulit yang belang karena sinar matahari.

Teh Hijau dan Yoghurt

Selain fungsinya yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, yoghurt memiliki kegunaan lain untuk kecantikan wajah. Yoghurt dan teh hijau memiliki efek yang sangat mumpuni sebagai masker wajah. Kandungan protein di dalam yoghurt memberikan efek glowing dan lembut pada wajah.

Jika wajah terasa agak kasar dan kusam, kamu bisa mengaplikasikan masker yoghurt dan teh hijau. Antioksidan alami pada teh hijau berguna untuk melawan radikal bebas dan cocok dipadukan dengan yoghurt sebagai masker wajah.

Untuk membuatnya, masukan secangkir daun teh hijau ke dalam gelas. Tuang air yang telah direbus ke dalam cangkir. Minumlah teh dengan dicampur 1 sdm yoghurt. Untuk adonan masker, campurkan air teh hijau yang telah dingin dengan yoghurt secukupnya. Oleskan ke wajah dan diamkan selama 15-20 menit lalu bilas.

Teh Hijau dan Cuka Sari Apel

Cuka apel bersifat melawan bakteri penyebab jerawat, sedangkan teh hijau mampu menghilangkan kemerahan akibat jerawat. Teh hijau dan cuka apel adalah kombinasi maut untuk menghilangkan jerawat, mengobati peradangan, memperbaiki kulit rusak, dan berperan sebagai anti aging.

Masker kombo ini akan mengurangi kemerahan pada kulit berjerawat dan mencegah timbulnya jerawat dikemudian.

Resepnya dengan menyiapkan 1 sdt sari cuka apel, 2 sdt air teh hijau, 5 sdt gula pasir, dan 1 sdt madu. Campurkan semua bahan-bahan tersebut dalam mangkok dan aduk rata. Aplikasikan pada wajah secara merata, diamkan 10-15 menit lalu bilas hingga bersih.

Teh Hijau dan Minyak Zaitun

Minyak zaitun dapat dicampurkan dengan teh hijau sebagai masker. Minyak zaitun dapat digunakan untuk melawan tanda penuaan pada wajah. Penggunaan minyak zaitun dalam jangka panjang akan membuat kulit senantiasa lembap, bebas keriput dan kulit kendor. Aplikasikan minyak zaitun bersamaan dengan teh hijau untuk mendapatkan manfaat yang lebih maksimal.

Cara meraciknya, siapkan minyak zaitun dan teh hijau dalam komposisi yang sama. Aduk rata dan oleskan pada wajah. Diamkan sampai masker meresap lalu bilas dengan air bersih.

Teh Hijau dan Air Bunga Mawar

Sumber gambar www.trend.az

Air bunga mawar memiliki khasiat menyegarkan kulit wajah. Tak heran banyak kosmetik yang mengandung air mawar sebagai bahan dasarnya. Kandungan vitamin C yang berlimpah, berperan sebagai agen anti aging dan melawan tanda penuaan pada kulit wajah.

Cara meraciknya dengan menyiapkan 1 kantung teh hijau, 250 ml air mawar, dan 1 mentimun. Pertama ambil ekstrak mentimun dengan menghaluskannya dan saring untuk diambil airnya.

Seduh teh hijau dan diamkan selama 7 menit. Campurkan air teh hijau yang telah disaring dengan air mentimun dan 250 ml air bunga mawar. Simpan di dalam lemari es. Gunakan formula tersebut dengan memercikkan air ke wajah setiap hari. Hasilnya kulit akan terasa segar terutama saat cuaca terik.

Teh Hijau dan Tepung Beras

Sumber gambar bloggioitre.net

Beras dapat dimanfaatkan sebagai produk perawatan wajah dengan menghaluskannya menjadi tepung. Tepung beras berkhasiat memutihkan kulit dan membuatnya menjadi lebih cerah.

Kamu bisa memadukan tepung beras dan teh hijau sebagai masker wajah. Kombinasi keduanya juga mampu membasmi bekas jerawat yang menahun di kulit wajah kamu.

Cara membuatnya cukup mudah, cukup dengan menyeduh teh hijau dan diamkan selama 10 menit. Tambahkan 2 sdm tepung beras ke dalam larutan teh hijau. Sebagai variasi, kamu juga bisa menambahkan 1 sdm madu ke dalamnya. Aduk sampai rata dan aplikasikan pada muka. Biarkan selama 10-15 menit. Setelah meresap bilas dengan air bersih.

From our editorial team

Manfaatkan Teh Hijau untuk Merawat Kecantikan Kulitmu!

Kamu suka mengonsumsi teh hijau? Kalau iya, jangan langsung membuang ampas sisa teh hijau yang sudah kamu minum, ya. Kamu bisa memanfaatkan ampas teh hijau untuk membuat masker dan juga untuk mengompres kulit dan matamu yang menghitam. Gunakan masker teh hijau secara rutin supaya hasilnya lebih terlihat. Selamat mencoba!

Tag